NASIONALPENDIDIKAN

Cara Dan Syarat Mendapatkan Kartu Indonesia Pintar, Besaran Dana Serta Manfaatnya

Cara Dan Syarat Mendapatkan Kartu Indonesia Pintar, Besaran Dana Serta Manfaatnya – Pemerintah mempunyai Program Indonesia Pintar (PIP) lewat Kartu Indonesia Pintar (KIP), Ini merupakan pemberian bantuan tunai pendidikan ke anak sekolah umur 6 sampai 21 tahun.

Program itu ditargetkan oleh pemerintah untuk menolong beberapa anak umur sekolah dari keluarga miskin, rentan miskin, dan fokus masih memperoleh layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah.

Baik lewat lajur pendidikan formal (mulai SD/MI sampai anak lulus SMA/SMK/MA) atau pendidikan non formal (Paket A sampai Paket C dan pelatihan terstandar).

Lalu, bagaimanakah cara daftar KIP dan siapa yang berhak menerima KIP?

Siapa yang berhak mendapatkan KIP?

Diambil dari situs resmi Kementerian Pendidikan, ada banyak persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah untuk dapat memperoleh KIP. Salah satunya:

  1. Anak umur sekolah umur 6 sampai 21 tahun.
  2. Berasal dari keluarga miskin, rentan miskin: pemilik Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), peserta Program Keluarga Harapan (PKH), yatim piatu, penyandang disabilitas, korban bencana alam/musibah.
Trending:  Kemendikbud percepat evaluasi tatap muka di sekolah

Cara memperoleh Kartu Indonesia Pintar

Cara memperoleh Kartu Indonesia Pintar ialah murid dapat mendaftarkan dengan membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) orangtuanya ke instansi pendidikan paling dekat atau ke sekolah.

Sekolah akan mendaftarkan ke dalam aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Bila murid itu tidak mempunyai KKS, orangtuanya bisa minta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari RT/RW dan Kelurahan/Desa lebih dulu agar melengkapi persyaratan registrasi.

Tiap anak penerima bantuan pendidikan PIP hanya berhak mendapatkan satu KIP. Sementara bila kartu KIP hilang atau rusak maka pemilik kartu bisa lekas mengontak contact aduan PIP. Untuk pergantian kartu baru, pemilik harus menginformasikan nomor KIP dan menyertakan identitas diri.

Kartu Indonesia Pintar
Kartu Indonesia Pintar

Cara menggunakan KIP

  1. Penerima KIP harus tercatat selaku peserta didik di instansi pendidikan formal (SD/SMP/SMA/SMK) atau non formal (PKBM/SKB/LKP).
  2. KIP harus tercatat di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) instansi pendidikan.

Besaran dana manfaat PIP

  1. Peserta didik SD/MI/Paket A memperoleh Rp 450.000 per tahun.
  2. Peserta didik SMP/MTs/Paket B memperoleh Rp 750.000 per tahun.
  3. Peserta didik SMA/SMK/MA/Paket C memperoleh Rp 1.000.000 per tahun.

Detail jumlah untuk kelas akhir di tiap tingkatan bisa dibaca di Panduan penerapan PIP Kemendikbud Tahun 2016.

Dana PIP bisa dipakai untuk membantu biaya pribadi peserta didik, seperti beli peralatan sekolah/pelatihan, uang belanja, dan ongkos transportasi, ongkos praktek tambahan dan ongkos tes kompetensi.

Sumber : kontan.co.id

Trending:  6 Tips Jadi Pengusaha Muda, Simak Info Selengkapnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button