Pendaftaran PPG Dalam Jabatan Tahun 2022 Sudah dibuka

Lutfi

Pendaftaran PPG Dalam Jabatan Tahun 2022 Sudah dibuka
Pendaftaran PPG Dalam Jabatan Tahun 2022 Sudah dibuka

Tata Cara Pendaftaran PPG Jabatan Tahun 2022:

  1. Permohonan pendaftaran calon peserta seleksi administrasi PPG Tahun 2022 dapat dibuka melalui website https://pendaftaran.ppg.kemdikbud.go.id/ dengan menggunakan rekening SIMPKB masing-masing
  2. Guru mengakses situs untuk mendaftar sebagai calon peserta menggunakan rekening SIMPKB tersendiri. Guru mengunggah (upload) hasil scan ijazah S-1/D-IV asli. Bagi guru yang terkendala akses internet, pendaftaran bisa dibantu oleh kepala sekolah atau dinas pendidikan
  3. Guru menentukan bidang studi yang akan dipelajari di PPG. Aturan pendirian prodi PPG sejalan dengan prodi/jurusan pada ijazah S-1/D-IV yang dimiliki. Lampiran II berisi daftar linieritas kurikulum mata kuliah PPG.
  4. Guru mengisi nama institusi dan program studi sesuai ijazah S-1/D-IV

Untuk memastikan berkas tersebut memenuhi seluruh kriteria administratif, termasuk linearitas antara prodi PPG dengan prodi/jurusan S-1/D-4, LPMP melakukan pengecekan dan konfirmasi.

Setelah proses verifikasi dan validasi, temuan dibagi menjadi tiga kelompok berikut:

  1. “Disetujui” jika berkas sesuai standar dan PPG mata kuliah yang dipilih linier dengan program studi/jurusan pada diploma S-1/D-IV
  2. “Tolak (permanen)” apabila berkas tidak sesuai standar dan atau bidang studi PPG yang dipilih tidak linier dengan ijazah S-1/D-IV dan tidak layak untuk dilakukan modifikasi. Contoh: Seorang guru dengan sertifikasi akademik Sarjana Hukum tidak linier dengan program studi PPG saat ini
  3. “Tolak (koreksi)” jika berkas tidak lengkap dan/atau PPG bidang studi yang dipilih tidak linier dengan ijazah S-1/D-IV namun layak untuk dilakukan penyesuaian.

Program studi PPG Guru Kelas SD dipilih oleh guru yang bergelar Sarjana Bahasa Inggris. Jika seorang guru ingin mengambil guru PPG, ia harus terlebih dahulu meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisnya.

Kesimpulan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mulai membuka pendaftaran dan seleksi untuk pendidikan profesi guru (PPG) di kantor pada tahun 2022. PPG adalah program pasca sarjana yang dirancang untuk memberikan siswa pelatihan khusus yang diperlukan untuk memasuki bidang pendidikan sebagai calon guru.

Kriteria administrasi pendaftaran PPG Jabatan Tahun 2022 meliputi lulus ujian S-1/D-4 dan NUPTK. Program studi PPG Guru Kelas SD dipilih oleh guru yang bergelar Sarjana Bahasa Inggris. LPMP memeriksa dan memastikan bahwa berkas memenuhi seluruh kriteria administrasi, termasuk linieritas antara prodi PPG dengan prodi/jurusan S-1/D-4.

Baca Juga

Bagikan:

Lutfi

Hai perkenalkan saya Lutfi Hulasoh, Saya adalah seorang penulis dan bloger tekno. saya mulai membuat blog pribadi menulis artikel-artikel informatif tentang tren dan perkembangan terbaru dalam teknologi. Tulisan saya mencakup berbagai topik, mulai dari aplikasi mobile hingga kecerdasan buatan, dan Saya juga dapat memberikan penjelasan yang mudah dipahami untuk membantu pembaca memahami konsep yang kompleks.