Advertisement

Jangan Cemas! Tidak Perlu Jadi PNS, PPPK Dipastikan Dapat Jaminan Pensiun

Jangan Cemas! Tidak Perlu Jadi PNS, PPPK Dipastikan Dapat Jaminan Pensiun – Jangan cemas. Pegawai pemerintahan yang dengan status perjanjian kerja atau PPPK tak perlu berpindah jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Alasannya, fasilitas yang didapat dan tunjangan PPPK sama dengan PNS.

Memang diakui, yang membandingkan dari ke-2 Aparat Sipil Negara (ASN) itu hanya jaminan pensiunnya.

“ASN itu terbagi dalam PPPK dan PNS, jadi sebenarnya itu sama dengan. Yang membandingkan cuman pensiunnya. Jika PNS memperoleh (agunan) pensiun, PPPK tidak memperoleh pensiun. Bukan berarti yang tidak mendapatkan pensiun itu tidak boleh mendapatkan (jaminan) pensiun,” kata Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana dalam konfrensi jurnalis virtual, Selasa (29/12/2020).

Bima menerangkan, dana pensiun untuk PPPK tidak ada pemangkasan untuk jaminan pensiun. Tetapi, BKN tengah berbicara dengan PT Taspen (Persero) menyarankan karyawan pemerintahan dengan perjanjian kerja ini diberi jaminan pensiun.

“Kami telah berunding dengan PT Taspen, bila diharapkan PPPK ini dipotong pensiunnya hingga mengharap untuk memperoleh pensiun. Itu sedang dalam perbincangan. Jika itu dapat dilakukan karena itu PPPK dan PNS itu akan sama,” tutur Bima.

“Dengan informasi itu, sebetulnya tidak dibutuhkan beralih dari PPPK ke PNS sebab seluruh sarana yang diterima sama,” lanjut ia.

Akan tetapi, jika ada seorang PPPK pengin beralih posisi jadi PNS, masih dibolehkan. Seandainya, katanya, skema PNS yang diputuskan berbeda dan PPPK dapat penuhi persyaratan itu.

“Dalam kasus guru, adanya skema satu juta guru PPPK, kedepan rasanya tidak dibuka kembali posisi guru dengan posisi PNS. Yang saat ini PNS, itu kelak akan menanti batasan umur pensiunnya dan semua kelak bisa menjadi PPPK,” katanya.

Sumber : kontan.co.id

Related Articles

Back to top button