Advertisement

Cara Registrasi Akun LTMPT SNMPTN 2022 Lengkap

Rancakmedia.com – Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang cara registrasi akun LTMPT 2022/2023 untuk daftar SNMPTN dan UTBK SBMPTN.

Materi ini diperuntukan bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri dan mendaftar melalui jalur SNMPTN atau SBMPTN. Cukup lihat detail yang tercantum di bawah ini untuk mempelajari lebih lanjut.

Perubahan langkah pendaftaran terjadi pada jalur SNMPTN dan SBMPTN. Dulu, alur pendaftaran SNMPTN dimulai dengan memasukkan data di PDSS SNMPTN, namun sekarang dimulai dari pembuatan akun LTMPT.

Begitu juga dengan pendaftaran UTBK. Registrasi dulunya diawali dengan pemasukan data NISN dan NPSN, namun sekarang diawali dengan pembuatan akun LTMPT. Tentunya baik pihak sekolah maupun siswa sebagai calon peserta seleksi harus mewaspadai perkembangan ini.

Langkah- Langkah Registrasi Akun LTMPT

Jalur SNMPTN dan UTBK SBMPTN ke lembaga negara harus disosialisasikan lebih luas kepada siswa SMA agar tidak terjadi kesalahan dalam menentukan pilihan antara jalur SNMPTN dan UTBK SBMPTN pada saat proses pendaftaran.

Kesalahan pendaftaran dapat menyebabkan permainan gagal bahkan sebelum tahap pemilihan dimulai. Jelas, ini adalah kemunduran yang signifikan. Kamu mungkin berpendapat bahwa kamu belum bertarung, tetapi kamu telah kalah. Alhasil, jangan sampai hal ini terjadi.

Nah, bagi siswa yang akan mengikuti seleksi jalur SNMPTN atau SBMPTN, secara umum tata cara pendaftaran hingga pengumuman adalah sebagai berikut:

Alur Pendaftaran hingga Pengumuman SNMPTN secara umum:

Pembukaan akun LTMPT -> Pemeringkatan -> Pengisian Pendaftaran dan Verifikasi PDSS SNMPTN -> Pendaftaran SNMPTN -> Pengumuman Kelulusan SNMPTN

Baca Juga:  Simak 10 program pascasarjana terdekat tahun lalu, Cek Selengkapnya

Alur Pendaftaran hingga Pengumuman SBMPTN secara umum:

Daftar akun LTMPT -> Daftar UTBK -> Ikuti Tes UTBK -> Pengumuman Kelulusan SBMPTN. Sesuai dengan peraturan LTMPT, proses pendaftaran yang diuraikan di atas dapat diubah.

Sesuai dengan urutan pendaftaran di atas, mahasiswa yang berminat untuk mengikuti harus membuat akun LTMPT terlebih dahulu. Membuat akun LTMPT diperlukan karena calon peserta tidak dapat mendaftar SNMPTN atau UTBK SBMPTN tanpa itu.

Waktu Registrasi Akun LTMPT untuk Mendaftar SNMPTN dan UTBK SBMPTN

  1. Pendaftaran SNMPTN dengan akun LTMPT jauh lebih mudah karena diselesaikan jauh lebih awal.
  2. Sementara itu, masa pendaftaran akun LTMPT untuk UTBK SBMPTN selanjutnya dibuka setelah rangkaian kegiatan SNMPTN selesai.

Untuk mendaftarkan akun LTMPT, buka portal.ltmpt.ac.id, situs resmi pendaftaran. Halaman ini khusus ditujukan untuk pendaftaran akun LTMPT. Ketahui juga syarat registrasi akun LTMPT SNMPTN dan SBMPTN 2022 dalam artikel ini.

Perlu diketahui bahwa pendaftaran akun LTMPT ini dilakukan oleh pihak sekolah dan juga oleh siswa. Sebelum siswa dapat menggunakan LTMPT, sekolah harus membuat akun terlebih dahulu.

Pendaftaran akun LTMPT oleh sekolah berupaya agar siswa dapat mendaftar akun LTMPT dan pada akhirnya dapat mendaftar SNMPTN atau UTBK SBMPTN. Artinya, jika sekolah tidak mendaftar akun LTMPT, maka siswa tidak dapat mendaftar akun LTMPT. Akibatnya, sekolah harus membuat akun LTMPT.

Baca Juga:  Cara Membuat Akun LTMPT untuk Lulusan 2020

Pada website portal.ltmpt.ac.id, pihak sekolah membuat akun LTMPT kemudian memilih menu sekolah, dimana input kombinasi NPSN dan kode registrasi Dapodik/EMIS,

Saat membuat akun LTMPT, siswa harus masuk ke menu siswa dan memberikan NISN, NPSN, dan tanggal lahir mereka untuk masuk ke portal.ltmpt.ac.id.

Ada Banyak Metode untuk Menentukan NPSN:

  1. Kunjungi situs resmi data.kemdikbud.go.id
  2. Klik menu Data Induk Pendidikan Klik submenu Pendidikan Dasar & Menengah (Kategori Satuan Pendidikan NPSN) (Kategori Satuan Pendidikan NPSN)
  3. Klik nama provinsi
  4. Klik nama kabupaten
  5. Klik nama kecamatam
  6. Nomor NPSN juga dapat diklik untuk mengetahui alamat sekolah yang tepat

Sementara itu, NISN dapat diverifikasi dengan Cara Sebagai Berikut:

  1. Klik link ini untuk menuju nisn.data.kemdikbud.goid
  2. Selanjutnya, pilih Data untuk Siswa dari opsi drop-down.
  3. Klik opsi Cari berdasarkan Nama; Isi informasi yang benar pada kolom Nama Siswa, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, dan Nama Ibu

Selanjutnya dibawah ini akan dijelaskan secara detail bagaimana cara membuat akun LTMPT untuk sekolah dan siswa agar dapat mendaftar SNMPTN dan UTBK SBMPTN

1 2Next page
Back to top button