Advertisement

Berikut 10 Hal Yang Harus Anda Lakukan Sebelum Mengikuti Seleksi CPNS 2021

Berikut 10 Hal Yang Harus Anda Lakukan Sebelum Mengikuti Seleksi CPNS 2021 – Ada beberapa yang harus kamu kerjakan saat sebelum mengikut penyeleksian CPNS yang akan kembali lagi dibuka pada Maret 2021 akan datang. Hal itu perlu kamu kerjakan supaya mempermudah untuk bisa lolos CPNS 2021. Sekarang ini, masih ada 11.580 formasi kosong di CPNS 2021, tetapi kompetitormu juga dapat lebih banyak dari kamu dipikirkan.

Oleh karenanya, di bawah ini panduan yang dapat kamu kerjakan saat sebelum turut penyeleksian CPNS 2021 supaya kesempatan bisa lolos makin terbuka :

  • Kecepatan dan Ketepatan.
    Ketika mengisi jawaban tes, Anda memerlukan kecepatan dan ketepatan. Hal ini dilakukan agar Anda bisa tepat mengisi dalam batas waktu yang telah ditentukan.
  • Banyak berlatih soal.
    Pendaftaran CPNS harus sering mempelajari soal-soal CPNS terdahulu, Anda bisa cari google atau disitus pencarian.
  • Latihan membaca.
    Pada soal Tes Intelegensi Umum (TIU), setiap pendaftar diharuskan untuk sering melakukan latihan membaca serta mengamati pola pertanyaan dan jawaban dari soal sebelumnya, Hal tersebut dilakukan karena rata-rata soal yang diberikan memiliki pola yang hampir sama.
  • Belajar dari buku dan aplikasi.
    Anda juga bisa mencari buku-buku latihan soal SKD dan aplikasi yang kini sudah banyak tersedia di Google Play Store. Akan tetapi, Anda harus hati-hati dalam memilih aplikasi, maka carilah aplikasi yang bagus dan pastinya sesuai dengan soal yang pernah keluar di tes sebelumnya.
  • Pelajari Makna Pancasila dan Undang-Undang.
    Pada soal tes Wawasan Kebangsaan (TWK), pendaftar harus sering membaca tentang Undang-Undang, Pancasila serta penerapannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
  • Posisikan Diri sebagai PNS saat Mengerjakan soal TKP.
    Saat mengerjakan soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Anda harus bisa memposisikan diri sebagai ASN, yang memiliki karakteristik yang profesional, berintegritas, siap mengabdi pada negara dan sangat mengutamakan kepentingan publik, sebelum ke kepentingan pribadi.
  • Tenang dan Teliti dalam Mengerjakan Soal.
    Saat mengerjakan soal sebaiknya tetap tenang dan jangan panik. Jangan lupa juga untuk selalu memahami. Untuk strategi pengerjaan soal, pendaftar tetap harus berhati-hati dan harus teliti. Jika telah selesai cek kembali jawaban yang telah Anda isi dengan teliti
  • Jaga Kesehatan.
    Usahakan Anda harus selalu menerapkan pola hidup sehat seperti mengkonsumsi makanan yang sehat dan berolahraga ringan secara teratur. Apalagi ketika menjelang seminggu sebelum tes dilaksanakan. Tips tersebut dapat Anda terapkan jika ingin lulus passing grade saat tes seleksi CPNS.
  • Survei lokasi ujian.
    Tidak ada salahnya Anda mengsurvei lokasi tempat ujian CPNS nanti. Pastikan juga Anda menguasai medan pertempuran seperti lokasi tempat sholat makan, atau transportasi menuju ke lokasi ujian.
  • Luangkan waktu khusus.
    Anda harus meluangkan waktu kamu dalam mempelajari latihan soal tes SKD, luangkan waktu khusus untuk belajar dan jangan lupa suasana belajar yang tenang dan nyaman akan membuat Anda lebih cepat fokus dalam mengerjakan soal.

Sumber : pikiran-rakyat.com

Tombol kembali ke atas