Advertisement

Tahun Depan Pemerintah Buka 1 Juta Lowongan CPNS

Tahun Depan Pemerintah Buka 1 Juta Lowongan CPNS – Pemerintahan pastikan akan buka kembali lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun depan. Minimal ada 1 juta lowongan yang akan dibuka untuk formasi spesifik.

Ini dikatakan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo.

Menurut dia, sekarang ini ada seputar 4,2 juta PNS di semua Indonesia baik di Kementerian Instansi (K/L) sampai Pemerintah Wilayah (Pemda). Tetapi, jumlah itu masih tidak cukup untuk beberapa profesi.

“Tahun depannya kita lebih kembali 1 juta (ASN),” katanya yang diambil lewat account Youtube Kemenag, Selasa (29/12/2020).

Tjahjo menguraikan, penyeleksian 1 juta CPNS ini akan dibuka untuk karier guru untuk Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan tenaga Kesehatan dimulai dari dokter sampai perawat.

Untuk profesi guru akan dibuka formasi sekitar 260 ribu sesuai keperluan pemerintahan. Selanjutnya untuk tenaga medis akan dibuka lowongan seputar 100 beberapa ribu.

“Semoga melalui rencana dan recruitment dan lain-lain dapat teratur, terdata berapakah ASN yang kita perlukan,” terangnya.

Awalnya, Tjahjo, menjelaskan pemerintahan memutuskan upah minimum PNS naik jadi Rp 9 juta per bulan. Menurut dia, peningkatan upah ini sebab pemerintahan meningkatkan tunjangan kinerja PNS di 2021.

Kenaikan tunjangan ini akan diberikan kepada semua PNS di Indonesia. Bahkan juga, kenaikan tunjangan untuk PNS ini disebutkan sudah diulas bersama-sama dengan Kementerian Keuangan.

Sumber : cnbcindonesia.com

Tombol kembali ke atas