Advertisement

Perjalanan Mentri Perdagangan Baru Muhammad Lutfi

Perjalanan Mentri Perdagangan Baru Muhammad Lutfi – Muhammad Lutfi masuk ke kabinet menteri baru Presiden Jokowi. Itu berarti Lutfi sudah 2x memegang Menteri Perdagangan sepanjang profesinya. Apa yang membuat Muhammad Lutfi pantas jadi Mendag untuk ke-2 kalinya? Silahkan lihat reputasi Muhammad Lutfi dalam penjelasan berikut.

Presiden Joko Widodo menunjuk Muhammad Lutfi selaku Menteri Perdagangan yang baru, gantikan Agus Suparmanto, pada Selasa (22/12/2020). Presiden Joko Widodo umumkan 6 calon Menteri baru di Kabinet Indonesia Maju. Muhammad Lutfi adalah orang yang pernah memegang di beberapa status penting sampai saat ini.

Bahkan juga awalnya, Muhammad Lutfi sempat juga menempati status paling tinggi yang lain pada suatu instansi pemerintah. Dia juga menjadi dubes di dua negara.

Lalu bagaimanakah reputasi Muhammad Lutfi, Menteri Perdagangan yang baru? Baca penuturannya di bawah ini.

Muhammad Lutfi terlahir di Jakarta, 16 Agustus 1969 dari pasangan Firdaus Wadjdi yang berdarah Minangkabau dan Suhartini yang dari Kebumen, Jawa tengah.

Muhammad Lutfi adalah alumnus Purdue University, Indiana, Amerika Serikat. Sesudah lulus dari pengajaran tingginya, dia bersama Erick Thohir, Wishnu Wardhana dan Harry Zulnardy membangun Mahaka Group. Mahaka Group sebuah perusahaan yang bergerak dalam sektor pertambangan, keuangan dan medium. Muhammad Lutfi juga memegang selaku Presiden Direktur dan CEO Mahaka Group.

Waktu dia berumur 29 tahun, Dia pernah menggenggam kedudukan selaku Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia untuk Jakarta Raya (HIPMI JAYA) pada masa 1998-2001 dan jadi Ketua Umum Nasional HIPMI pada masa 2001-2004.

Di tahun 2005, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengusung Muhammad Lutfi jadi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKM) Indonesia.

Lalu tahun 2010, Dia jadi Duta Besar Indonesia untuk Jepang dan Liga Mikronesia di bulan Agustus 2010. Muhammad Lutfi adalah orang paling muda yang pernah bekerja di Kedutaan paling besar Indonesia dan waktu itu jadi salah satunya duta paling muda yang sebagai wakil Indonesia secara internasional.

Di bulan Februari 2014, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengusung Muhammad Lutfi jadi Menteri Perdagangan Kabinet Indonesia Bersatu II gantikan Gita Wirjawan. Muhammad Lutfi dikukuhkan pada tanggal 14 Februari 2014.

Muhammad Lutfi memegang selaku Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat (AS) yang mulai memegang pada 14 September 2020. Pada 22 Desember 2020, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin umumkan 6 status Menteri baru diantaranya ialah Muhammad Lutfi selaku Menteri Perdagangan.

Sumber : suara.com

Related Articles

Back to top button