La différence entre l'ID utilisateur et le mot de passe et leur objectif

Rancakmedia.com – Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai perbedaan user ID vs password, bagi kamu yang belum mengetahui nya kamu dapat simak artikel yang kami sediakan di bawah ini hingga selesai.

Pada saat ini user id dan password bukanlah suatu yang baru, namun ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui perbedaan di antara keduanya.

Secara dasar, untuk mendapatkan akun seperti Google dan Email, maka setiap pengguna harus memiliki nama pengguna atau user ID dan juga password.

Sebelum membahas mengenai perbedaan antara user ID vs password, kamu perlu mengetahui pengertian kedua nya terlebih dahulu.

Pengertian User ID

Sebelum kamu mengetahui perbedaan user ID vs password, kamu perlu mengetahui pengertian keduanya terlebih dahulu, berikut penjelasannya.

Pengertian User ID

User ID atau username ialah sebuah rangkaian kata dari beberapa huruf, angka atau simbol yang unik dan digunakan sebagai pengenal pengguna untuk masuk ke dalam halaman tertentu di internet.

User ID atau username biasanya digunakan untuk mengakses sistem atau aplikasi dan memverifikasi identitas seorang pengguna.

User ID biasanya ditentukan oleh sistem atau aplikasi yang digunakan, namun bisa juga ditentukan oleh pengguna itu sendiri.

Kamu perlu membuat user ID atau username yang unik dan tidak bisa digunakan oleh pengguna lain dalam sistem atau aplikasi tersebut.

User ID atau username biasanya terdiri dari kombinasi huruf, angka, atau karakter lain yang ditentukan oleh sistem atau aplikasi yang digunakan.

Username ini bisa kamu gunakan dalam berbagai macam sistem dan aplikasi, seperti sistem login pada website, aplikasi mobile banking, aplikasi e-commerce dan banyak lagi.

Contohnya yaitu semisalnya kamu sudah mendaftarkan username di Instagram dengan nama @carramel maka, username @carramel tidak akan bisa lagi digunakan oleh orang lain.

Seperti misalnya ada pihak lain yang memohon kepada Insatagram untuk meggunakan username yang sama, maka aplikasi Instagram pun akan menolak permohonan tersebut.

Instagram hanya memberikan pernyataan bahwa username telah digunakan atau tidak tersedia. Nama username yang berbeda juga berlaku pada platform media sosial lainnya, seperti Twitter, Facebook dan lainnya.

Apa Itu Password

Namun terdapat sedikit perbedaan dari username pada Facebook, sebab jika kamu membuat username di Facebook sebaiknya kamu bisa memikirkannya dengan baik.

Tujuannya ialah supaya kamu tidak menyesal dengan username yang telah kamu buat, karena username pada Facebook memiliki batasan untuk kamu ganti.

Au des médias sociaux seperti Twitter dan Instagram tidak menyediakan batasan minimal penggantian username, kamu bisa mengganti seberapa banyak sesuai dengan keinginan kamu.

Namun dengan catatan, username yang kamu gunakan belum dipakai atau tidak dipakai dengan akun lain.

Apa Itu Password

Password adalah pendamping dari username atau user id, karena dimana ada user id atau username maka disitulah akan ada password.

Pengertian password ini sendiri ialah serangkaian kombinasi angka dan huruf yang dipakai untuk mengamankan akses ke akun sosial media.

Password adalah sebuah kode atau kombinasi karakter yang digunakan untuk memverifikasi identitas akun dalam sistem atau aplikasi tertentu.

Untuk membuat password juga harus sesuai dengan kriteria yang ditentukan oleh sistem atau aplikasi, seperti panjang kata, kombinasi karakter, atau pembaruan periodik.

Password memiliki sifat rahasia, sehingga tidak boleh diberitahukan kepada siapapun. Jika kamu memberitahu orang lain, maka resiko yang kamu akan dapat ialah kebocoran semua data.

Tujuan Dibuatnya User ID vs Password

Maka dari itu, sebelum kamu ingin membuat password kamu bisa pikirkan lebih dulu untuk menggunakan password yang kamu ingikan.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang super canggih, banyak sekali akun-akun yang di hack walaupun kamu sudah simpan dan konfigurasii password dengan baik.

Beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk mengamankan password, yaitu:

  1. Jangan menggunakan kata yang sederhana atau mudah ditebak seperti nama, tanggal lahir atau nomor telepon
  2. Tidak menggunakan kata yang sama untuk akun yang berbeda
  3. Pakai kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka dan simbol
  4. Jangan simpan password pada perangkat yang sekira nya tidak aman
  5. Selain itu kamu bisa gunakan password manager untuk menyimpan password secara aman

Tujuan Dibuatnya User ID vs Password

Di bawah ini terdapat tujuan dibuatnya user ID dan password, yaitu:

Di buatnya user ID atau username ialah untuk memberikan kamu identitas melalui dunia maya, yang mempunyai jutaan identitas dan supaya memudahkan kamu untuk menemukan identitas yang kamu buat.

Selain itu user ID juga digunakan sebagai alat verifikasi identitas pengguna dan menjamin bahwa hanya pengguna yang sah yang bisa mengakses sistem atau aplikasi tersebut.

Sedangkan dibuatnya password ialah bertujuan unrtuk mengamankan identitas kamu dari pencurian data dan membedakannya dari idenitas user id atau user name yang hampir mirip dengan milik kamu.

Cara Membuat User ID atau Username

Selain itu dibuatnya password yaitu untuk meningkatkan keamanan yang lebih tinggi dalam sistem atau aplikasi tertentu.

Password juga bisa digunakan bersama dengan user ID atau username untuk memverifikasi identitas pengguna dan memberikan akses yang aman ke fitur dan layanan yang tersedia.

Cara Membuat User ID atau Username

Berikut cara membuat user ID atau username yang bisa kamu coba, antara lain yaitu:

1. Buat Nama User ID yang Menarik

User ID adalah salah satu hal pertama yang dilihat oleh semua yang ingin mengikuti media sosial kamu. Apaabila kamu membuat nama yang menarik, tentu saja akan membuat pengguna lain tertarik untuk mengikuti akun kamu.

Hal ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk menambahkan followers atau orang yang mengikuti akun kamu.

Kamu bisa menggunakan unsur nama pribadi kamu untuk menampilan image tertentu, kamu juga harus menghindari menggunakan username yang tidak sesuai.

2. Pastikan Tidak Ada Nama yang Sama

Secara garis besar, bahwa penggunaan usename tidak bisa digunakan lebih dari satu pengguna, walaupun pengguna sosialnya berbeda.

Pastikan Tidak Ada Nama yang Sama

Walaupun keinginan kamu tetap ingin menggunakan user ID yang sama, maka username kamu akan tetap ditolak oleh pihak media sosial itu.

Atau jika kamu tetap ingin menggunakan nama yang sama, kamu bisa mengubah username itu sedikit dengan memberikan perbedaan kecil.

Seperti halnya nama username yang ingin kamu gunakan namun sudah dipakai pengguna lain ialah @mella, nah kamu bisa menambahkan satu huruf atau angka pada user ID tersebut menjadi @mellaaa itu bisa saja disetujui oleh pihak aplikasi.

3. Gunakan Username yang Mudah Diingat

Selanjutnya kamu bisa membuat username yang mudah diingat dan mudah untuk dicari oleh pengguna lain.

Username tersebut akan kamu gunakan untuk login pada akun media sosial, maka dari itu username ini tidak perlu terlalu rumit.

Jika kamu pemilik username nya lupa, maka akses masuk kamu juga akan ditolak dan kamu akan diminta untuk mengikuti beberapa langkah rangkaian verifikasi.

Cara Membuat Password

Berikut cara membuat password untuk keamanan akun kamu, yaitu:

1. Buat Password Kombinasi

Semua akun sosial media menyarankan untuk membuat password kombinasi, tujuannya supaya tidak ditebak oleh hacker. Walaupun kamu membuat password kombinasi, usahakan kamu sendiri bisa mengingat kombinasi tersebut.

Cara Membuat Password

Jika kamu lupa, maka kamu tidak bisa lagi masuk ke akun dan harus membuat password lagi. Namun sangat sulit jika membuat password lagi, sehingga membuat kamu mengulang dari awal.

Salah satu tips membuat kamu mengulang dari awal, salah satu tips membuat password kombinasi ialah dengan mengkombinasikan angka, nama hewan peliharan, nama kamu, kesukaan dan masih banyak lainnya.

2. Hindari Menggunakan Password yang Sering Digunakan

Banyak sekali pengguna yang membuat password secara asal, password asal yang dimaksud itu seperti “123456” atau “abcdef” dan seterusnya.

Semua tahu bahwa password tersebut sudah ditebak oleh para hacker, bahkan semua orang pun hampir juga bisa menebahknya.

Maka buatlah password baru yang menurut kamu tidak mudah disamai apalagi diretas oleh pengguna lain atau hacker.

3. Gunakan Simbol yang Unik

Password juga bisa dibuat menggunakan simbol yang unik, seperti halnya 9*-_-*8, >,<17, ^-^1919 dan masih banyak simbol lainnya yang bisa kamu gunakan.

Kamu bisa menggabungkan semua simbol, seperti angka serta huruf besar dan kecil sehingga akan menjadi kombinasi yang bagus.

Perbedaan User ID vs Password

Jadi dapat disimpulkan bahwa perbedaan diantara user ID vs password keduanya ialah bahwa user ID merupakan rangkaian kata dari beberapa huruf, angka ataupun simbol yang unik dan dapat digunakan sebagai pengenal bagi para pengguna untuk masuk ke alam halaman tertentu di internet.

Sedangkan password merupakan sebuah kode atau kombinasi karakter yang digunakan untuk memverifikasi identitas akun dalam sistem atau aplikasi tertentu

Conclusion

User ID atau username biasanya terdiri dari kombinasi huruf, angka, atau karakter lain yang ditentukan oleh sistem atau aplikasi yang digunakan.

Password adalah pendamping dari username atau user id, karena dimana ada user id atau username maka disitulah akan ada password.

Demikian informasi tentang perbedaan user ID vs password serta tujuannya, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Bouton retour en haut de la page