Advertisement

Apa Itu EBITDA, Fugsi, Kegunaan Beserta Rumus

rancakmedia.com – Tahukah kamu apa itu EBITDA? Salah satu metode terbaik untuk membagikan kesehatan keuangan kedua perusahaan yang tergantung pada siapa kamu bertanya. Untuk mengetahui lebih jelasnya, kamu dapat simak di bawah ini.

Jika sederhana untuk menganalisis kekuatan keuangan perusahaan, kita semua akan menjadi Warren Buffett. Sebaliknya, investor harus menyelidiki serangkaian data dan indikasi keuangan yang tidak hanya kompleks, tetapi juga sering kontradiktif.

Apa Itu EBITDA

Terkadang, berdasarkan perhitungan yang saling bertentangan, satu laporan pendapatan triwulanan memberikan dua gambaran yang sangat berbeda tentang kinerja bisnis. Perhitungan mana yang harus kita percayai sebagai investor?

Ingin tahu lebih dalam apa itu EBITDA? Baca terus sampai akhir artikel ini.

Apa Itu EBITDA

EBITDA dalam definisi yang paling sederhana ukuran kinerja keuangan perusahaan yang merupakan alternatif untuk metrik lainnya, seperti pendapatan, pendapatan dan laba bersih.

EBITDA adalah jumlah individu yang menentukan nilai perusahaan karena berfokus pada konsekuensi finansial dari pilihan bisnis.

Ini adalah dengan menghilangkan dampak dari pilihan non-operasional manajemen saat ini seperti sebagai beban bunga, tarif pajak atau aset tak berwujud yang substansial.

Teknik perhitungan ini memberikan gambaran yang lebih jelas mencerminkan profitabilitas operasional bisnis, yang dapat dibandingkan secara efektif oleh pemilik, pembeli, dan investor di seluruh perusahaan.

Inilah sebabnya mengapa banyak yang menggunakan EBITDA dengan alasan dengan metrik lain untuk memutuskan organisasi mana.

Untuk Apa EBITDA?

Arti singkatan EBITDA adalah sebagai berikut:

Apa Perbedaan Antara EBIT dan EBITDA

E – Earnings (Penghasilan)

B – Before (Sebelum)

I – Interest (Bunga)

T – Tax (Pajak)

D –  Depreciation (Depresiasi)

A – Amortization (Amortisasi)

Penjelasan rinci lebih lanjut dari konsep-konsep utama untuk pendapatan sebelum bunga, pajak, depresiasi dan amortisasi disediakan di bawah ini:

  • Bunga – pengeluaran bisnis karena suku bunga, seperti pinjaman bank atau pihak ketiga yang sebanding.
  • Pajak – pengeluaran untuk perusahaan yang disebabkan oleh tarif pajak kota, provinsi dan nasional.
  • Penyusutan — biaya non-tunai yang mengacu pada penurunan yang stabil dalam nilai aset perusahaan
  • Amortisasi — biaya non-tunai yang mengacu pada biaya dari waktu ke waktu dari aset non-ekuilibrium.

Apa Perbedaan Antara EBIT dan EBITDA?

Perbedaan utama dalam jumlah langkah yang dilakukan antara EBITDA dan EBIT. Hanya nilai pendapatan tanpa dampak suku bunga dan pajak (EBIT). Laba sebelum bunga dan pajak.

EBITDA melangkah lebih jauh dengan juga mendeteksi dan menghilangkan biaya depresiasi dan depresiasi.

Oleh karena itu, ini bukan masalah EBITDA terhadap EBIT. Keduanya membantu untuk menggambarkan dengan jelas pengeluaran bisnis dan dampak proporsionalnya terhadap nilainya dalam menciptakan gambaran nilai untuk bisnis.

Varian tambahan EBITDA adalah sebagai berikut:

  • Ebit EBIT (Penghasilan Sebelum Bunga Setelah Pajak)
  • BODY (Penghasilan Sebelum Bunga dan Penyusutan)
  • AIDS (Laba Sebelum Bunga, Penyusutan dan Amortisasi)
  • EVERYTHING (Penghasilan Sebelum Bunga, Pajak, Penyusutan, Amortisasi dan Eksplorasi)
  • EBITDAR (Pendapatan bunga, pajak, depresiasi, amortisasi dan restrukturisasi dan pengeluaran sewa)
  • EDIT EBITDARM (Penghasilan Sebelum Bunga, Pajak, Penyusutan, Amortisasi, Sewa dan Biaya Manajemen)

Semua perhitungan ini mungkin sangat membantu dalam mencari nilai bisnis, dan dengan demikian calon pembeli dan investor sering menggunakannya untuk membandingkan perusahaan. Untuk alasan ini, banyak ahli dan perusahaan yang berpengalaman menggunakan EBITDA, bersama dengan banyak instrumen dan teknik lainnya, sebagai elemen penting dari rencana pelanggan kami untuk meninggalkan bisnis mereka.

Apa yang Dilakukan EBITDA Bisnis?

Untuk pemilik bisnis, perhitungan dan penggunaan EBITDA sangat penting karena dua alasan utama:

Untuk Apa EBITDA

Dapatkan pemahaman yang lebih baik tentang nilai perusahaan Anda.
Tunjukkan kepada pembeli dan investor nilai dari memanfaatkan peluang yang menguntungkan.

EBITDA, sebagaimana disebutkan di atas, memungkinkan Anda untuk mengevaluasi dan membandingkan profitabilitas di seluruh perusahaan dan industri dengan menghilangkan dampak pilihan pembiayaan, pemerintah, atau akuntansi. Ini memberikan gambaran yang lebih jelas dan lebih matang tentang penghasilan Anda.

Di atas segalanya, pentingnya EBITDA sebagai bisnis dan perdebatan yang digunakan oleh pembeli profesional, investor ekuitas swasta, dan banyak lainnya untuk mengevaluasi nilai perusahaan.

Hal ini sering digunakan sebagai proxy untuk arus kas dan dapat membantu untuk menilai rentang evaluasi seluruh perusahaan Anda menggunakan beberapa EBITDA.

Rumus Perhitungan EBITDA

Rumus Perhitungan EBITDA

EBITDA dapat dihitung di perusahaan Anda menggunakan salah satu dari dua rumus berikut, keduanya dengan hasil yang sama. EBITDA

Anda harus meletakkan di neraca Anda semua informasi yang diperlukan untuk melengkapi rumus EBITDA. Ini menunjukkan, bagaimanapun, perlunya menjaga keuangan yang akurat.

Kesalahan dalam nilai-nilai tersebut menyebabkan EBITDA salah yang dapat melebih-lebihkan atau meremehkan profitabilitas perusahaan Anda.

Oleh karena itu, kami sangat menyarankan agar Anda berinvestasi dalam sistem akuntansi yang berkualitas atau bekerja sama dengan akuntan yang dapat dipercaya untuk menjamin bahwa informasi dan laporan keuangan Anda selalu mutakhir dan akurat.

FAQ

Di bawah ini kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan tentang EBITDA, sebagai berikut:

Jenis EBITDA Yang Bagus?

Rasio EV/EBITDA merupakan metrik yang sangat sering di gunakan sebagai alat valuasi sebuah perusahaan. Biasanya, nilai EBITDA di bawah 10 adalah kondisi yang sehat.

Kesimpulan

Perhitungan pendapatan yang dikenal sebagai EBITDA adalah salah satu metode terbaik untuk membandingkan kesehatan keuangan kedua perusahaan tergantung pada siapa Anda bertanya. Ini dengan menghilangkan dampak dari pilihan non-operasional manajemen saat ini seperti beban bunga, tarif pajak atau aset tidak berwujud yang substansial.

Ini memberikan gambaran yang lebih jelas tentang profitabilitas operasional bisnis, yang dapat dibandingkan secara efektif oleh pemilik, pembeli, dan investor di seluruh perusahaan.

EBITDA (laba sebelum bunga, pajak, depresiasi, amortisasi dan restrukturisasi) adalah salah satu alat keuangan utama yang digunakan oleh pemilik bisnis untuk menunjukkan nilai perusahaan mereka kepada calon pembeli dan investor.

Ini memungkinkan Anda untuk menghilangkan dampak pilihan pembiayaan, pemerintah, atau akuntansi pada profitabilitas perusahaan Anda.

Tombol kembali ke atas