Advertisement

ATM Link Dan Daftar Bank Yang Tergabung Di Himbara

Rancakmedia.com – Apa Itu ATM Link dan Daftar Bank yang bergabung? ATM Link ialah semua ATM yang terdiri dari empat bank yang terdaftar tergabung ke Himpunan Bank Negara (Himbara) yakni Bank Mandiri, BNI, BRI dan BTN dengan logo ATM Link. Sekarang ini telah ada 53 ribu ATM Link yang menyebar di semua daerah Indonesia.

Apa itu ATMLink?

ATM Link merupakan jaringan ATM Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara) dan terdiri dari bank-bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) seperti OCBC NISP, BNI, BRI, BTN dan Mandiri.

Pelanggan Himbara memiliki akses ke lebih dari 45.000 ATM Link berfitur lengkap di seluruh Indonesia. Kamu dapat melihat link ATM melalui logo link dan logo masing-masing bank pemilik link ATM yang menghubungkan Himbara (BRI, BNI, BTN atau Mandiri) di bagian bawah mesin.

Fungsi Tautan ATM

Penjelasan fungsi ATM link adalah sebagai berikut.

1. Tarik Tunai 24 Jam

Fungsi pertama dari ATM Link adalah dapat menarik uang tunai kapan saja selama 24 jam.

2. Setor Tunai

ATM Link juga menawarkan pilihan setoran tunai atau tabungan, sehingga tidak perlu mengantri di cabang hanya untuk menyetor uang.

3. Transfer

Fungsi lain dari ATM Link adalah untuk memudahkan nasabah dalam mengirim uang, baik kepada orang lain maupun antar bank.

4. Bayar Tagihan

Koneksi ATM juga dapat digunakan untuk membayar tagihan, baik itu listrik telepon, Internet, kartu kredit, PAM, biaya sekolah, TV kabel, dan asuransi.

5. Pembelian Produk

Fungsi ATM Link selanjutnya adalah pembelian produk mulai dari token listrik, pulsa hingga tiket pesawat.

6. Top Up Uang Elektronik

Saat ini pengisian uang elektronik semakin mudah karena telah dipermudah dengan ATM Link.

Selain fitur, keuntungan menggunakan ATM Link adalah nasabah dapat melakukan penarikan tanpa harus mencari di ATM, tergantung pada bank mana nasabah menabung.

Feature yang dimiliki ATM Link

Nasabah bisa lakukan transkasi :

  • Cash Withdrawal / Penarikan Tunai
  • Balance Inquiry / Check Saldo
  • Transfer Antar Bank
  • Pembayaran Bill
  • Pembelian Pulsa
  • Isi ulang / top-up uang elektronik Himbara (e-Money, Brizzi, Tap kontan dan Blink)

Khusus untuk isi ulang uang elektronik, untuk sekarang ini masih dilaksanakan di ATM Bank Himbara penerbit, yakni :

  • Kartu e-Money ke ATM Link dengan logo Bank Mandiri atau Bank BTN
  • Kartu Brizzi ke ATM Link dengan logo Bank BRI
  • Kartu Tapcash ke ATM Link dengan logo Bank BNI
  • Kartu Blink ke ATM Link dengan logo Bank BTN atau logo Bank Mandiri

Manfaat Menggunakan ATM Link

ATM Link tawarkan beberapa keuntungan untuk nasabah Bank Himbara (Bank Mandiri, BNI, BRI dan BTN), yang lakukan transaksi bisnis lewat ATM Link yakni:

  • Gratis biaya Cash Withdrawal / Penarikan Tunai di semua jaringan ATM Link
  • Gratis biaya Balance Inquiry / Check Saldo di semua jaringan ATM Link

Biaya yang tambah murah untuk transaksi bisnis transfer antar Bank Himbara di semua jaringan ATM Link diperbandingkan dengan jaringan ATM yang lain, yakni sejumlah Rp 4.000,- (empat ribu rupiah)

Mudah dijangkau, dengan jumlah ATM 53 ribu yang menyebar di semua Indonesia dan mencapai sampai penjuru terpencil di tanah air.

Daftar Bank Yang Tergabung

Berikut di bawah ini jenis bank yang bergabung dengan Himbara, yaitu:

1. Bangku Mandiri

PT Bank Mandiri sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), didirikan pada 2 Oktober 1998, memulai sejarahnya dengan mengakuisisi saham di empat bank milik negara. Kini Bank Mandiri memiliki pinjaman, aset, dan simpanan terbesar di Indonesia.

Ekspor Impor Bank Indonesia (Bank Exim), Bank Dagang Negara (BDN), Bank Bumi Daya (BBD) dan Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo) adalah empat bank yang melakukan merger pada 31 Juli 1999.

Setelah merger, Bank Mandiri melalui proses panjang adaptasi budaya dan kemajuan teknologi dari waktu ke waktu.

Bank Mandiri telah dianugerahi predikat “The Best Bank in Service Excellence” oleh Marketing Research Indonesia (MRI) selama tujuh tahun berturut-turut dan predikat “Highly Trusted Company” oleh Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG).

Pada tahun 2022, Bank Mandiri kembali masuk dalam daftar bank terbaik di dunia versi majalah Forbes. Bank Mandiri masuk dalam peringkat tiga besar bank di dunia untuk kategori wilayah Indonesia.

Kepercayaan pelanggan, biaya, dan digitalisasi bank adalah peringkat utama dari analisis terhadap 45.000 pelanggan di 27 negara di seluruh dunia.

2. Bank Negara Indonesia (BNI)

PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk awalnya didirikan di Indonesia pada tahun 1946 sebagai bank sentral dengan nama Bank Negara Indonesia, yang kemudian disebut sebagai Bank Negara Indonesia 1946.

Peran BNI sebagai bank diamanatkan untuk meningkatkan perekonomian nasional dan ikut serta dalam pembangunan hukum nasional yang dikukuhkan dengan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 1968 tentang Bank Negara Indonesia 1946.

BNI merupakan BUMN pertama yang melakukan IPO setelah saham perdananya ditawarkan kepada publik pada tahun 1996.

Pandemi ini merupakan peluang dan dorongan yang tepat bagi BNI untuk berubah dalam evolusinya menuju digitalisasi perbankan digital di masa depan.

BNI mengoptimalkan peluang digitalisasi dengan mentransformasi bisnis permodalan dan berkontribusi pada pemulihan ekonomi.

BNI mendukung pemulihan perekonomian Indonesia, khususnya di segmen UMKM. Tahun ini, BNI meraih 23 penghargaan pada 11th Infobank Digital Brand Awards 2022.

3. Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Pada awal berdirinya pada tahun 1895, Bank Rakyat Indonesia (BRI) didirikan dengan nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden, artinya Bank Bantuan dan Simpanan Priyayi Purwokerto.

Awalnya, BRI adalah lembaga keuangan yang hanya melayani masyarakat lokal atau warga negara Indonesia.

Setelah kemerdekaan Negara Indonesia pada tahun 1945, BRI menjadi bank pemerintah pertama di Republik Indonesia berdasarkan Keputusan Pemerintah Nomor 1 Tahun 1946, Pasal 1.

BRI resmi menjadi perseroan terbatas pada tahun 1992, dengan 100 persen sahamnya menjadi milik pemerintah Indonesia. Saham BRI dibuka untuk umum pada tahun 2003 hingga 30 persen.

Pada malam 7th Public Relations Indonesia Awards 2022, bank terbesar di Indonesia ini berhasil meraih 8 (delapan) penghargaan sekaligus.

4. Bank Tabungan Negara (BTN)

Ketika didirikan pada tahun 1897, Staatliche Sparkasse (BTN) menggunakan nama Postspaarbank. Setelah 45 tahun, Postspaarbank diambil alih oleh pemerintah Jepang dan berganti nama menjadi Tyokin Kyoku.

Setelah Indonesia merdeka pada tahun 1945, Tyokin Kyoku diambil alih oleh pemerintah Indonesia dan berganti nama menjadi Kantor Pos Tabungan Indonesia.

Pada tahun 1950 namanya diubah lagi menjadi Postsparkasse. Dengan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1963, Bank Tabungan Pos berubah nama menjadi Bank Tabungan Negara.

Pada tahun 1992, status BTN menjadi perseroan terbatas karena keberhasilannya dalam bisnis perumahan melalui fasilitas KPR. Status Persero ini memungkinkan BTN untuk melangkah lebih jauh sebagai bank umum komersial.

Keberhasilan BTN dalam program KPR membuat mereka mendapatkan status bank devisa pada tahun 1994. Layanan BTN antara lain penerbitan Letter of Credit (L/C), pembiayaan perusahaan dalam dolar dan sebagainya.

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk juga menawarkan kemudahan proses pinjaman bagi pengembang dengan rekam jejak yang baik. Kenyamanan ini tidak hanya tersedia dalam bentuk suku bunga khusus, tetapi juga dalam bentuk aturan relaksasi.

Apa Perbedaan ATM Link, Link Aja dan ATM Bersama

ATM Link ialah service ATM dari Bank Himbara yang memungkinkannya nasabah lakukan transaksi bisnis kontan withdrawal / penarikan tunai, balance inquiry / check saldo, transfer antar bank, pembayaran bill, pembelian pulsa, isi ulangi / hebat up uang electronik atau transaksi bisnis perbankan yang lain.

Link Saja ialah dompet virtual berbasiskan program smartphone yang simpan saldo yang dipakai untuk bayar bermacam transaksi bisnis electronik. Silakan datangi linkaja.id untuk info lebih komplet berkenaan Link Saja.

ATM Link dan Daftar Bank Yang Tergabung

Perbedaan antara ke-3 dari masing masing ialah ciri-ciri fisik mesin ATM-nya, sepintas tidak berbeda jauh keduanya di antara ATM Link dan ATM Bersama. Yang membandingkan malah logo yang berada di mesin ATM ke-2 nya baik ATM Link dan ATM Bersama.

Hingga saat kamu berbisnis lakukan ambil tunai, check saldo, pembayaran atau yang lain. Dapat untuk ketahui tipe ATM apa yang dipakai dengan menyaksikan logo yang tertempel pada unit mesin ATM-nya.

Selainnya ketidaksamaan fisik di atas, ATM Link dan ATM Bersama mempunyai ketidaksamaan pada warna mesin ATM. Yang mana ATM Link makin lebih mempunyai warna menonjol dari ATM Bersama-sama dengan warna merah putihnya.

Bagaimana bila nasabah alami permasalahan atau masalah saat bertansaksi di ATM Link

Nasabah bisa sampaikan keluh kesah transaksi bisnis ke Bank Penerbit Kartu

Apakah ATM Link Dapat digunakan Untuk Bank BCA

Secara Umum ATM link sama peranan nya dengan ATM bersama, tetapi ATM link memberi kelabihan yakni biaya transaki yang tambah murah diperbandingkan ATM bersama

Seumpama ini, pemakai yang mempunyai rekening pada bank dan kartu ATM punya bank negara atau BUMN makin lebih murah biaya nya daripada bank lain nya atau bank swasta

Apa ATM link dapat untuk BCA

tidak berlaku untuk bank swasta, misalnya CIMB Niaga, BCA, BPD Jawa tengah, Danamon, Mybank, Panin dan lain-lain tetap berlaku biaya normal

untuk selainnya bank BUMN akan dikenai biaya normal sejumlah Rp. 7.500. apa atm link dapat untuk bca? Jawaban nya “Dapat” tetapi di gunakan biaya normal Rp. 7.500

Apa Ciri Dari ATM Link

Saat itu, ATM Link punyai ciri-ciri tertentu. Di mana yang paling menonjol dari ATM Link yaitu mempunyai warna merah putih seperti bendera Indonesia. Tetapi, ada ciri-ciri yang lain dari ATM terbitan 4 perusahaan perbankan negara itu. Lalu apa beberapa cirinya ATM Link tersebut?

ATM Link akan tampilkan logo 4 Perusahaan Perbankan Negara dilayar mesin ATM. Disamping itu, ciri-ciri yang lain adalah boks mesin ATM dikuasai warna merah dan putih. Seterusnya yakni tanda terima ATM Link akan tampilkan logo link. Disamping itu, ongkos transfer ATM Link tambah murah yakni Rp. 4.000.

Apa Ciri dari ATM link

Penting untuk kamu untuk ketahui beberapa ciri ATM Link. Pasalnya ada beberapa kasus mereka tertipu dengan ATM Link.

Apakah itu dari segi logo Link atau dari segi logo perusahaan perbankan Di mana bila lakukan transaksi bisnis melalui mesin ATM Link tanpa persyaratan di atas akan dikenakan ongkos tambah mahal.

ATM Bank Apa Saja Yang Bisa Digunakan

Sama seperti yang telah tercantum pada keterangan di atas ATM Link dapat untuk bank punya negara (BUMN), yakni : Bank Mandiri, BNI, BRI dan BTN

Biaya Tarik Tunai ATM Link 2021

Mulai 1 Juni 2021, jaringan ATM Link punya Bank Himbara (Mandiri, BNI, BRI, dan BTN) kenakan ongkos untuk check saldo dan ambil tunai. Awalnya, beberapa nasabah di empat bank itu dapat lakukan ke-2 transaksi bisnis ini dengan ongkos Rp 0 atau cuma-cuma.

“Ongkos administrasi ini berlaku terhitung mulai 01 Juni 2021 dan sebagainya sampai karena ada perubahan dimasa datang,” begitu info di website sah BNI, diambil pada Jumat, 21 Mei 2021.

Info sama dikatakan bank plat merah yang lain di website mereka semasing. Dimulai dari Bank Mandiri, BRI, sampai BTN.

Biaya tarik tunai ATM link 2021

Untuk check saldo, nasabah harus bayar ongkos Rp 2.500 dan untuk ambil tunai sejumlah Rp 5.000. Sementara untuk transfer, ongkosnya tetap sama yakni masih Rp 4.000.

Walau ada pengubahan, jaringan bank pemerintahan ini menyebutkan beberapa nasabah masih memperoleh faedah. Karena, mereka tetap bisa berbisnis dengan ongkos yang lebih irit daripada transaksi bisnis di ATM non Link.

Di website resminya, BNI juga memberikan perbedaan ongkos transaksi bisnis dengan ATM non Link yang tambah mahal. Dimulai dari check saldo Rp 4.000, ambil tunai Rp 7.500, dan transfer Rp 6.500.

Untuk menyaksikan info lengkap dan penampilan fisik dari ATM Link, silakan akses halaman berikut ini: https://www.bni.co.id/id-id/teras/informasi/informasi/articleid/7556

FAQ

Di bawah ini kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan tentang ATM link dan daftar bank, sebagai berikut:

Berapa Biaya Tarik Tunai di ATM Link?

Dengan regulasi tersebut, jawaban atas pertanyaan berapa biaya tarik tunai Mandiri di ATM Links adalah gratis atau tanpa biaya transaksi.

Apa Fungsi ATM Link?

Dengan fitur ATM link, kamu dapat menarik uang tunai kapan pun kamu membutuhkannya selama 24 jam. ATM Link juga berfungsi untuk setor tunai atau simpan uang, jadi tidak perlu antri di cabang hanya untuk setor tunai.

Apakah Saldo di LinkAja Bisa di Tarik Tunai?

Dikutip dari laman linkaja.id, untuk menarik uang tunai, pengguna akun LinkAja tidak memerlukan kartu (penarikan tanpa kartu).

Jadi jika sudah memiliki akun LinkAja, pengguna seperti memiliki nomor rekening bank baru. Penarikan tunai dari pulsa LinkAja dari HP dapat dilakukan di ATM Himbara mana saja.

Kesimpulan

Demikian artikel yang dapat kami sampaikan mengenai pembahasan ATM Link dan Daftar Bank di atas, semoga informasi di atas bisa bermanfaat, jangan lupa untuk baca informasi terbaru yang lainnya di web kami ini, sekian dan terimakasih.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas