Advertisement

Apa Itu Jaminan Bank, Pengertian dan Keuntungannya

Rancakmedia.com – Jaminan yang diberikan sebuah institusi peminjaman yang disebut dengan jaminan bank atau bank guarantee, simak dibawah ini untuk mengetahui apa itu jaminan bank.

Jaminan yang ditawarkan oleh lembaga pemberi pinjaman disebut bank jaminan atau bank jaminan. Pemberi pinjaman mungkin tenang mengetahui bahwa jika peminjam memiliki jaminan bank, pinjaman akan dilunasi tepat waktu.

Menurut interpretasi ini, bank akan bertanggung jawab jika debitur gagal memenuhi kewajiban pembayarannya. Nasabah atau debitur dapat membeli barang atau meminjam sejumlah uang dengan bantuan bank jaminan.

Apa Itu Jaminan Bank

Apa itu jaminan Bank? jaminan Bank adalah janji untuk mengganti kerugian jika debitur gagal memenuhi kewajibannya. jaminan ini memungkinkan bisnis untuk membeli barang atau peralatan yang tidak akan mungkin terjadi tanpa pinjaman. Mereka juga membantu bisnis tumbuh dan menjadi lebih berwirausaha.

Pengertian Jaminan Bank

Pihak yang Terlibat Dalam Jaminan Bank

Bank jaminan dapat menawarkan keamanan untuk aplikasi dan penerima. Dalam proses penerbitan bank jaminan, ada tiga pihak yang terlibat:

Pemberi Jaminan

Sebagai pihak yang menawarkan jaminan dan menerbitkan surat jaminan kepada nasabah yang berkepentingan dengan pihak lain, bank berfungsi sebagai pihak sekaligus penerbit dokumen-dokumen tersebut.

Pihak yang Terjamin

Dalam perjanjian ini, pihak tertanggung adalah siapa saja yang memberikan jaminan. jaminan diminta dari PNK dalam rangka memenuhi perjanjian dengan pihak lain.

Pihak yang Menerima Jaminan

Pihak ketiga yang mendapat jaminan bank adalah orang yang menyepakati jaminan dengan pihak yang memberikannya. Mereka berhak mendapatkan jaminan jika terjadi wanprestasi dalam perjanjian yang telah disepakati, serta penggantian atas segala kerusakan yang mereka alami.

Bank jaminan tidak bisa diberikan begitu saja. Nasabah bank ini wajib memiliki deposito berjangka atau giro dengan jumlah minimal sama dengan jumlah uang yang akan diberikan sebagai jaminan dari pihak ketiga yang dijamin. Bank yang bertindak sebagai penjamin akan meminta ketentuan dari pihak tertanggung.

Keuntungan Jaminan Bank

Baik bagi pihak yang mengajukan maupun bagi pihak penerima, bank jaminan memiliki keunggulan tersendiri.

Keuntungan Jaminan Bank

Keuntungan Bagi yang Mengajukan

  1. Karena potensi risiko outsourcing pekerjaan kepada pihak ketiga, usaha kecil sekarang dapat memperoleh pinjaman atau menjalankan bisnis yang tidak dapat mereka lakukan sebaliknya.
  2. Kegiatan wirausaha dan perluasan perusahaan dapat dibantu dengan pemberian bank jaminan.
  3. Biasanya, premi asuransi untuk bank jaminan hanya 1% dari total nilai transaksi.

Keuntungan Bagi Pihak yang Menerima

  1. Bank jaminan memberikan kredit ekstra baik kepada pemohon maupun penerima.
  2. Risikonya lebih kecil karena asuransi bank akan menanggung utang mereka jika gagal.
  3. Karena risikonya sangat rendah, bank jaminan mendorong para pelaku bisnis untuk memperluas operasinya.
  4. tingkat kepercayaan yang tinggi dalam semua transaksi yang dilakukan.

Kerugian Jaminan Bank

Ada kemungkinan untuk menderita beberapa kerugian berikut bersama dengan banyak keuntungan yang tercantum di atas.

  1. Keterlibatan bank dalam suatu transaksi dapat menyebabkan keterlambatan dan menambah birokrasi.
  2. Jika ini terjadi, transaksi akan memakan waktu lebih lama untuk diselesaikan.
  3. Jika transaksi memiliki nilai nominal yang besar, bank mungkin menginginkan agunan sebagai ganti asuransi yang mereka tawarkan.

Karena bank menggunakan metode penilaian yang rumit, maka akan sulit bagi perusahaan atau perusahaan yang merugi untuk mendapatkan agunan.

Kegunaan Jaminan Bank

Bank jaminan yang diberikan oleh bank dapat digunakan untuk keperluan sebagai berikut:

  1. Ketika sebuah perusahaan besar melakukan pembelian dari vendor kecil, mereka biasanya meminta penjual untuk menyerahkan sertifikat jaminan dari bank sebelum melakukan kontrak.
  2. Dalam kebanyakan kasus, ini digunakan dalam transaksi berbasis kredit. Jika pembeli gagal, bank memberikan jaminan pembayaran kepada penjual.
  3. Bantu seseorang atau organisasi membuktikan bahwa mereka dapat dipercaya sehingga mereka bisa mendapatkan pinjaman untuk membantu bisnis mereka berjalan lebih lancar.

Keuntungan dan aplikasi bank jaminan banyak, tetapi bank tidak dapat menerbitkan surat jaminan atas kebijaksanaan mereka sendiri. Hanya jika keuangan atau perusahaan pemohon stabil barulah mereka akan mengeluarkan aplikasi penjaminan.

Bank harus menilai dengan baik risiko pemberian jaminan. Beberapa hal yang akan dilihat bank adalah riwayat keuangan pemohon, skor kredit, dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Jaminan Bank

Jenis bank jaminan Sebagian besar waktu, ada dua jenis bank jaminan yang banyak digunakan dalam bisnis:

Jenis-Jenis Jaminan Bank

Jaminan Finansial (financial guarantee)

Adalah jaminan yang sering ditawarkan sebagai pengganti jaminan simpanan. Penerima mungkin diminta untuk membuat komitmen keuangan di bawah pengaturan jaminan tertentu.

Dalam situasi ini, penerima tidak perlu menyetor sejumlah uang tetapi harus memberikan jaminan yang dapat digunakan secara finansial untuk mengganti atau membayar ganti rugi atas segala kerusakan.

Jaminan Performa (performance guarantee)

Tujuan dari jaminan ini adalah untuk menjamin bahwa suatu tugas akan diselesaikan dengan standar yang tinggi. Jika terjadi wanprestasi pada suatu pekerjaan, kerugian penerima manfaat menjadi tanggung jawab bank.

Misalnya, A menandatangani kontrak dengan B untuk berkolaborasi dalam sebuah proyek, yang didukung oleh dukungan bank. B berjanji akan menuntut bank atas segala kerugian yang dideritanya karena A tidak menyelesaikan proyek tepat waktu dan tidak membayar B.

Konten Youtube Bisa Jadi Jaminan Bank

Ada kabar gembira bagi para youtuber yang membuat materi original. Presiden Joko Widodo telah menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2022 tentang Ekonomi Kreatif. Salah satu hal yang diatur dalam aturan tersebut adalah memungkinkan penggunaan video YouTube sebagai jaminan pinjaman bank dan non-bank.

Hal ini lebih lanjut dikemukakan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Laoly. Ia mengatakan, dalam PP yang baru saja dikeluarkan presiden tersebut, memuat rencana pembiayaan yang dapat dilakukan oleh lembaga keuangan kreatif melalui lembaga keuangan bank dan non bank.

Rencana ini didasarkan pada kekayaan intelektual. Yasonna, yang disebut-sebut di YouTube pada 24 Juli 2022, mengatakan bahwa bank fidusia dapat mendukung sertifikat kekayaan intelektual.

Dokumen yang dapat digunakan untuk mendukung argumen

Sebuah lagu atau video dengan sertifikat YouTube dan jutaan pengunjung dapat digunakan sebagai jaminan untuk menerima pinjaman dari bank, menurut Yasonna “Artinya, sertifikat kekayaan intelektual dapat dijaminkan di bank fidusia,”

Konten yang Bisa dijadikan Jaminan

Seperti yang dikatakan Yasonna, “Jika kita memiliki lagu di YouTube dengan jutaan tampilan, sertifikat itu sudah bernilai sesuatu jika kita membutuhkan uang.”

Nantinya, lembaga keuangan akan memeriksa nilai video YouTube jika seorang YouTuber ingin menjamin sertifikatnya. Ketika karya berhak cipta seorang YouTuber memiliki nilai pasar dan potensi ekonomi yang lebih besar, maka nilai pinjamannya akan lebih tinggi.

Yasonna mengatakan, ini juga sebagai upaya untuk melindungi hak kekayaan intelektual orang yang membuat video atau mempostingnya di YouTube.

Namun, dengan penafian, video YouTube dapat dilihat dengan yakin bahwa video tersebut telah terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual.

Syarat Konten YouTube Dijadikan Jaminan

Bank, apakah itu swasta atau milik pemerintah, dapat langsung berbicara dengan seorang YouTuber jika dia telah memenuhi standar ini dan ingin menjamin videonya.

Setelah itu, patuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan. Setiap bank memiliki prosedurnya sendiri, jadi jangan mengharapkan hal yang sama setiap saat. Saat mendaftar, kamu harus memenuhi berbagai persyaratan, antara lain:

Syarat Konten YouTube Dijadikan Jaminan

  1. Mengajukan proposal pinjaman di lembaga keuangan yang ingin dituju.
  2. Bisa membuktikan kepemilikan usaha ekonomi kreatif.
  3. Mempunyai hubungan kekayaan intelektual produk ekonomi kreatif miliknya, dengan mengantongi hak cipta dan memiliki surat pencatatan atau sertifikat kekayaan intelektual.

FAQ

Di bawah ini kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan tentang jaminan bank, sebagai berikut:

Apakah Surat Berharga Dapat Dijadikan Sebagai Jaminan Kredit?

Bagi pengusaha yang memiliki saham pada sebuah perusahaan, kamu dapat menjadikannya sebagai jaminan saat mengajukan kredit. Namun kamu perlu memastikan bila saham tersebut masih aktif diperdagangkan di bursa saham atau tidak. Sementara itu, surat berharga juga bisa di jadikan sebagai agunan pinjaman di bank.

Kesimpulan

Jadi apa Itu Jaminan Bank? Jaminan Bank adalah janji untuk mengganti kerugian jika debitur gagal memenuhi kewajibannya. jaminan ini memungkinkan bisnis untuk membeli barang atau peralatan yang tidak akan mungkin terjadi tanpa pinjaman. Demikian artikel yang dapat kami sampaikan semoga informasi ini dapat membantu kamu.

Back to top button