Advertisement

Kode Bank BSI dan Kode SWIFT yang Terbaru

Rancakmedia.com – Berikut ini informasi terbaru mengenai kode bank bsi yang akan kami bahas, untuk detail lengkapnya silahkan baca artikel ini sampai habis ya. Karena ketika kamu ingin mentransfer uang ke bank lain, kamu benar-benar memerlukan kode bank tujuan.

Setiap bank memiliki kode tersendiri yang telah diatur sedemikian rupa oleh Bank Indonesia. Apakah kamu sudah mengetahui kode bank BSI?

BSI sendiri merupakan pendatang baru di pasar perbankan Indonesia. Dapat dimengerti bahwa begitu banyak individu yang masih belum mengetahui kode tersebut. Jangan khawatir karena pada kesempatan kali ini kami akan mengajarkan tentang kode bank, kode SWIFT BSI, termasuk cara transfer.

Mengenal BSI

Kamu harus membiasakan diri dengan BSI sebelum mempelajari kode bank BSI dan cara mentransfer dana ke rekening bank.

Mengenal BSI

Bank Syariah Indonesia disebut sebagai BSI. Jika kamu belum tahu, BSI adalah produk merger antara tiga bank syariah yang sudah lama berdiri di Indonesia. Berikut lembaga keuangan Islam yang termasuk dalam pembahasan ini:

  1. Bank Mandiri Syariah
  2. Bank Rakyat Indonesia Syariah (BRI Syariah)
  3. Bank Negara Indonesia Syariah (BNI Syariah)

Penggabungan ketiga bank tersebut dimulai pada 1 Februari 2021 dan selesai pada 1 November 2021. Perencanaannya sendiri telah dilakukan mulai tahun 2020. Penggabungan tiga bank syariah milik negara ini menjadi katalis pertumbuhan mereka.

Nasabah Mandiri, BRI, dan BNI Syariah dihimbau untuk melakukan transfer rekening selama proses integrasi. Jika sudah pindah, konsumen akan mendapatkan buku tabungan, kartu debit, dan rekening mobile banking baru.

Bank Syariah mengacu pada bank keuangan yang melakukan operasinya sesuai dengan syariah, kode hukum Islam. Bank syariah beroperasi dan memberikan layanan dengan cara yang sama seperti bank biasa. Satu-satunya variasi adalah aturan yang digunakan.

Kode Bank BSI untuk Transfer

Setiap bank memiliki kode uniknya sendiri. Kode ini mewakili identitas suatu bank sehingga tidak bisa sama antara satu bank dengan bank lainnya. Kode tiga digit mengidentifikasi bank keuangan tertentu.

Dalam kebanyakan kasus, kode ini digunakan untuk mentransfer uang dari satu bank ke bank lain. Baik melalui mesin ATM, online banking, mobile banking, maupun SMS banking. Akibatnya, siapa pun yang terlibat dalam transfer antar bank harus terbiasa dengan kode bank.

Kembali ke pokok bahasan kode bank BSI, kode untuk bank khusus ini adalah 451. Namun, kode ini tidak berlaku untuk semua nasabah karena BSI adalah hasil penggabungan dari 3 bank yang berbeda.

Kode Bank 451 dapat diterima oleh nasabah BSI eks pemegang rekening Bank Syariah Mandiri. Kode ini juga dapat digunakan untuk mantan nasabah BRI dan BNI Syariah yang telah pindah rekening ke BSI.

Nasabah BSI yang masih menggunakan nomor rekening lama dari BNI Syariah atau BRI Syariah dapat tetap menggunakan kode bank sebelumnya. Berikut adalah spesifikasinya.

Nasabah Bank Rakyat Indonesia Syariah (BRIS) yang belum pindah rekening ke BSI masih menggunakan kode 427. Seperti kode BRIS sebelum bergabung dengan BSI.

Begitu pula dengan nasabah Bank Negara Indonesia Syariah (BNIS) yang belum pindah atau pindah ke rekening BSI. Sebelum merger dengan Bank of Scotland International (BSI), kode bank BNIS adalah 422.

Pada titik ini, kamu benar-benar tidak perlu bingung lagi untuk memilih kode bank yang tepat saat mentransfer ke rekening BSI. Agar lebih yakin tidak akan ada masalah transfer, sebaiknya tanyakan langsung ke penerima transfer, apakah sudah pindah ke BSI atau belum.

Jika penerima transfer telah beralih ke BSI, kamu dapat langsung menggunakan kode BSI yaitu 451. Kode bank sebelumnya harus digunakan jika kamu belum melakukan migrasi.

Kode SWIFT Bank BSI Terbaru

Sekarang setelah kamu menguasai kode bank BSI, saatnya mempelajari kode SWIFT BSI terbaru. Kode SWIFT adalah sesuatu yang mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya. Kecuali kamu melakukannya, harap luangkan waktu sejenak untuk membaca sisa penjelasan ini.

Kode SWIFT merupakan format kode standar untuk mengidentifikasi suatu bank atau biasa disebut dengan Bank Code Identifier (BIC). Dengan menggunakan kode ini, kamu dapat mengetahui bank mana yang kamu hadapi. Sifatnya unik, persis seperti kode bank yang sudah disebutkan tadi.

SWIFT adalah singkatan dari Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication, jika kamu belum pernah mendapatkannya. Pendaftaran kode SWIFT untuk semua bank di dunia ditangani oleh organisasi ini.

Jika kode bank digunakan untuk transaksi antar bank di dalam negeri atau di Indonesia, kode SWIFT ini digunakan untuk transfer pembayaran antar negara. Metode umum mengirim uang kembali ke Indonesia untuk ekspatriat.

Format kode SWIFT terdiri dari 8 atau 11 karakter. Kantor pusat bank diidentifikasi dengan kode SWIFT 8 digit. Atau, kode SWIFT 11 digit digunakan untuk mengidentifikasi cabang kantor bank. Berikut adalah format kode SWIFT.

AAAABBCCDDD

Informasi:

  1. AAAA: adalah 4 karakter yang merupakan kode bank. Hanya huruf yang digunakan dalam kode ini.
  2. BB: dua huruf yang merupakan kode negara menurut ISO 3166-1 alpha-2 .
  3. CC: Kode untuk mengidentifikasi lokasi tertentu. Khusus untuk peserta pasif akan mendapatkan kode 1 pada karakter kedua.
  4. DDD: 3 karakter terakhir untuk mengidentifikasi kantor cabang bank. Terdiri dari angka dan huruf, seperti biasa.

Untuk bank BSI sendiri, kode SWIFTnya adalah BSMDIDJA. Kantor pusat Bank Syariah Indonesia Tbk di bsi memiliki kode SWIFT/BIC untuk wire transfer internasional. Hingga saat ini, BSI sendiri belum memberikan kode SWIFT untuk kantor cabangnya.

Jadi, ketika kamu berencana untuk mentransfer uang dari luar negeri ke rekening BSI, kode SWIFT yang harus digunakan adalah BSMDIDJA seperti yang dijelaskan di atas.

Cara Transfer ke Bank BSI

Setelah mengetahui kode bank BSI beserta kode SWIFT-nya, kini saatnya mencari cara bagaimana cara transfer uang ke rekening Bank BSI. Di bawah ini akan dirinci tata cara pengiriman uang melalui mesin ATM secara umum.

Pengaturan mesin ATM bervariasi dari satu bank keuangan ke bank keuangan lainnya. Jadi kamu juga perlu memodifikasi.

Cara Transfer ke Bank BSI

Transfer ke BSI Ex Mandiri Syariah

Rekening BSI (bagi eks nasabah BNIS dan BRIS yang pindah) atau rekening eks Bank Syariah Mandiri dapat digunakan untuk transfer dana. 451 adalah kode bank. Berikut ini adalah spesifikasi tentang cara mentransfer.

  1. Pertama, kunjungi lokasi ATM terdekat dengan posisi kamu saat ini.
  2. Selanjutnya, masukkan kartu debit atau kartu ATM kamu. Pastikan kamu memasukkan kartu ke dalam mesin pada posisi yang sesuai agar dapat diproses.
  3. Setelah kartu dimasukkan ke dalam mesin dan diproses, kamu akan diminta untuk memilih bahasa. Agar tidak bingung saat bertransaksi, disarankan untuk menggunakan bahasa Indonesia saja. Bahasa Inggris juga merupakan pilihan.
  4. Selanjutnya masukan PIN berupa angka 6 digit. Pastikan kamu memasukkan PIN dengan benar. Hanya ada tiga peluang tersisa. Kartu debit akan dihentikan jika kamu membuat tiga entri kata sandi yang salah.
  5. Pilih Transaksi Lain dari daftar drop-down untuk melanjutkan.
  6. Sekarang pilih opsi Transfer.
  7. Karena disini akan transfer ke BSI, maka pilih Transfer ke Bank Lain.
  8. Kamu akan diminta untuk memasukkan kode bank diikuti dengan nomor rekening. Jadi, kamu harus memasukkan kode 451 diikuti dengan nomor rekening. Pastikan kamu memasukkan nomor rekening yang benar.
  9. Jangan bingung jika kamu tidak ingin mentransfer ke individu yang salah.
  10. Klik pada pilihan yang Benar.
  11. Sekarang kamu dapat memasukkan jumlah uang yang akan dikirim. Klik Benar.
  12. Layar pada mesin ATM akan menampilkan informasi mengenai nama penerima, nomor rekening, dan jumlah uang yang akan dikirim. Pastikan semua data yang ditampilkan akurat.
  13. Jika kamu telah memeriksa bahwa semuanya akurat, tekan opsi Ya.
    Tunggu beberapa detik untuk menyelesaikan transaksi pengiriman uang.
  14. Jika transaksi berhasil, ATM biasanya akan mencetak konfirmasi transfer. Simpan sebagai bukti transaksi yang sah.
  15. Pilih Tidak jika kesempatan untuk melakukan transaksi lain diberikan kepada kamu. Kartu debit kamu akan dikeluarkan di mesin ATM. Setelah kamu mendapatkan kartu, kamu bebas untuk meninggalkan tempat ATM.

Transfer ke BSI Ex BNI Syariah

Berikut instruksi cara transfer ke rekening eks BNI Syariah yang belum pindah ke BSI. Prosedurnya sangat mirip dengan yang disebutkan sebelumnya.

Kode bank inilah yang membedakan kedua sistem tersebut. Agar kamu mengerti, kamu hanya perlu membaca deskripsi di bawah ini.

  1. Kamu harus menyiapkan beberapa hal sebelum memulai transfer. Berikut beberapa hal yang harus dipersiapkan:
  2. Periksa untuk melihat apakah kamu masih memiliki kartu debit yang berfungsi.
  3. Transfer dimungkinkan karena keadaan saat ini.
  4. Mantan nomor rekening BNI Syariah yang dananya harus dikirim.
  5. Jika semua barang yang ditentukan di atas sudah kamu siapkan, kini saatnya mengunjungi mesin ATM terdekat.
  6. Ketika kamu pergi ke ATM, periksa untuk melihat apakah itu berfungsi dengan benar dan apakah tidak ada masalah yang terjadi.
  7. Chip harus menghadap ke atas dan menjadi hal pertama yang kamu masukkan ke dalam mesin saat menggunakan kartu debit.
  8. Tunggu sebentar karena mesin ATM mungkin memerlukan beberapa detik untuk memproses kartu yang kamu masukkan.
  9. Jika layar memberikan pilihan bahasa, kamu dapat memilih bahasa Indonesia atau Inggris. Cukup pilih bahasa yang paling kamu sukai. Bahasa pengantarnya adalah bahasa Indonesia.
  10. Selanjutnya, kamu akan melihat banyak menu utama. Jika ada opsi transfer, pilihlah. Pilih Transaksi Lainnya, lalu Transfer jika tidak ada.
  11. Selanjutnya, pilih opsi Transfer ke Bank Lain.
  12. Kamu akan langsung diminta untuk memasukkan nomor rekening tujuan diikuti dengan kode bank. Kode yang digunakan untuk eks BNI Syariah adalah 422, seperti yang telah dijelaskan di atas. Setelah kamu memasukkan kode bank 422, ketikkan nomor rekening tujuan pengiriman uang.
  13. Periksa kembali nomor rekening untuk memastikan itu benar. Jika sudah akurat, klik opsi Benar.
  14. Kamu akan diminta untuk memasukkan jumlah uang yang ingin kamu transfer di layar berikutnya. Jangan sampai membingungkan diri sendiri atau penerima yang dituju dengan memasukkan nominal yang salah.
  15. Klik OK lagi setelah memasukkan nominal uang.
  16. Sekarang saatnya untuk memverifikasi rincian transfer yang ditampilkan di layar tampilan mesin ATM. Ada beberapa informasi seperti nama pemilik rekening dan jumlah yang akan ditransfer.
  17. Jika kamu telah memeriksa bahwa semuanya akurat, klik tombol Ya.
  18. Transaksi transfer akan langsung ditangani. Setelah ini, jumlah kamu akan diturunkan dan dikirimkan ke rekening penerima.
  19. Beberapa ATM menawarkan tanda terima transfer segera setelah transfer selesai. Yang lain membiarkan pemilik mesin memilih apakah akan mencetak atau tidak.
    kamu dapat menghentikan transaksi kapan saja dan mendapatkan kembali kartu debit kamu.

Transfer ke BSI Ex BRI Syariah

Terakhir, kami akan menunjukkan cara menggunakan akun BSI eks BRI Syariah yang belum dimigrasikan ke akun BSI baru di postingan ini. Akibatnya, 427, bukan 451, adalah kode bank yang tepat untuk digunakan di sini.

Saat ini, kamu dapat mempelajari cara menggunakan ATM untuk mentransfer uang dari BRI Syariah ke BSI Syariah.

  1. Sama seperti panduan terakhir, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengunjungi outlet ATM setempat.
  2. Logo ATM Bersama dapat terlihat di ATM bank manapun, sehingga kamu tidak perlu menggunakan ATM dari bank kamu sendiri.
  3. Saat kamu tiba di ATM, masukkan kartu debit kamu dan pilih preferensi bahasa. Ada dua kemungkinan yang populer, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
  4. Selanjutnya, cukup klik Transaksi Lain dan pilih Transfer.
  5. Pilih opsi Transfer ke Bank Lain karena di sini kamu akan mentransfer ke rekening BSI (ex BRIS).
  6. Cukup masukkan kode bank (427) diikuti dengan beberapa nomor rekening BRIS yang dimiliki oleh penerima transfer. Untuk melanjutkan transaksi, kamu harus memberikan informasi akun yang diperlukan.
  7. Tentukan “Benar” sebagai jawaban kamu.
  8. Masukkan jumlah uang yang ingin kamu kirim sekarang. Sekali lagi, klik pada kotak centang Benar.
  9. ATM akan memberikan detail transfer yang dapat kamu tinjau kembali untuk memastikan kebenarannya. Jika semuanya benar mulai dari nomor rekening, nama penerima, dan jumlah yang akan ditransfer, pilih opsi Ya.
  10. Prosedur transfer akan segera diproses. Jika transaksi berhasil, pesan konfirmasi akan ditampilkan di layar.
  11. Beberapa mesin ATM juga akan mencetak bukti transfer secara otomatis.
  12. Pilih opsi Tidak ketika pertanyaan Apakah kamu ingin melakukan transaksi lagi?. kamu akan dapat segera memiliki kartu kamu setelah diberikan oleh ATM.
  13. Selain cara-cara yang dijelaskan di atas untuk melakukan transfer di ATM, kamu juga dapat menggunakan mobile banking untuk mempercepat prosesnya. kamu tidak perlu mengetahui kode bank saat menggunakan aplikasi mobile banking karena kamu cukup memilih bank yang diinginkan dari menu drop-down.

Berapa Biaya Admin Transfer ke BSI

Sebagian besar bank mengenakan biaya admin saat kamu melakukan transfer ke bank lain. Jumlahnya fluktuatif, tapi yang paling biasa adalah Rp 6.500 per transfer.

Berapa Biaya Admin Transfer ke BSI

Beberapa bank, khususnya bank digital, membebaskan biaya transfer antar bank berdasarkan kriteria dan keadaan tertentu. Misalnya, jumlah minimum dalam rekening adalah Rp 1.000.000 selama sebulan terakhir.

Di akhir artikel ini, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan kode bank BSI, serta kode rekening eks BRI Syariah dan BNI Syariah. kamu juga telah mengetahui cara melakukan transfer kawat ke akun yang berafiliasi dengan BSI. Jadi, sekarang tidak perlu ragu lagi untuk mencobanya sendiri.

Kesimpulan

Kode SWIFT Bank BSI 2022 adalah yang terbaru. Kode tiga digit mengidentifikasi bank keuangan tertentu. Nasabah Mandiri, BRI, dan BNI Syariah dihimbau untuk melakukan transfer rekening selama proses integrasi.

Nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) yang belum migrasi ke BSI dapat tetap menggunakan kode bank sebelumnya dari BNI Syariah, BRI atau BNI-Syariah. Kode ini juga dapat digunakan untuk mantan nasabah BRI dan BNI yang telah pindah rekening.

SWIFT adalah singkatan dari Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication. Pendaftaran kode SWIFT untuk semua bank di dunia ditangani oleh organisasi ini. Dengan menggunakan kode ini, kamu dapat mengetahui bank mana yang kamu hadapi.

Related Articles

Back to top button