Advertisement

Cari Tahu Harga Emas Antam Hari, Naik atau Turun

Rancakmedia.com – Jika kamu sedang cari tahu harga emas Antam hari ini, kamu dapat cek artikel ini hingga selesai. PT Aneka Tambang TBK atau biasa di sebut dengan ANTAM, mengalami kenaikkan.

Harga satu gram emas Antam saat ini adalah 941.000 rupiah. Harga emas Antam melonjak 1.000 rupiah dari harga kemarin sebesar 940.000 rupiah per gram.

Sementara satu gram emas dijual seharga Rp 835.000 dengan harga Antam. Harga emas jual kembali naik 1.000 rupiah dari sebelumnya sebesar 834.000 rupiah per gram.

Jumlah Supply dan Demand barang

Daftar Harga Emas Antam

Berikut harga emas batangan terbaru Antam per gram (belum termasuk pajak):

  1. Harga emas 0,5 gram: 520.500 rupiah
  2. Harga emas 1 gram: 941.000 rupiah
  3. Harga emas 5 gram: 4.480.000 rupiah
  4. Harga emas 10 gram: 8.905.000 rupiah
  5. Harga emas 25 gram: 22.137.000 rupiah
  6. Harga emas 50 gram: 44.195.000 rupiah
  7. Harga emas 100 gram: 88.312.000 rupiah
  8. Harga emas 500 gram: 440.820.000 rupiah
  9. Harga emas 1.000 gram: 881.600.000 rupiah

Penyebab Harga Emas Naik atau Turun

Dibawah ini terdapat beberapa penyebab harga emas naik atau turun, cek di bawah ini:

1. Inflasi

Kekuatan pasar seperti permintaan, penawaran, dan sentimen investor semuanya berperan dalam menentukan harga emas. Meskipun kelihatannya mudah, elemen-elemen ini berfungsi bersama.

Misalnya, banyak investor menganggap emas sebagai lindung nilai inflasi. Ini masuk akal, karena uang kertas bisa turun nilainya, tetapi emas agak konstan.

Apalagi penambangan emas tidak menambah pasokan dari tahun ke tahun. Oleh karena itu, individu memilih untuk melindungi investasi mereka dalam emas daripada uang karena nilainya tidak akan hilang oleh inflasi.

2. Jumlah Permintaan dan Pasokan

Saat Resesi Hebat melanda, harga emas meroket. Erb dan Harvey mendemonstrasikan dalam karya mereka yang berjudul “The Golden Dilemma” bahwa elastisitas harga emas adalah positif.

Penyebab Harga Emas Naik Turun

Kenaikan harga emas adalah tanda pasti dari permintaan emas yang meningkat. Jika investor mulai terburu-buru untuk membeli emas, harganya akan naik terlepas dari keadaan ekonomi atau kebijakan moneter.

Namun, karena permintaan berkurang, harganya mungkin juga turun. Minyak dan kopi sama-sama bisa dimakan, tapi emas tidak.

3. Kebijakan Bank Sentral

Penggerak pasar harga emas terkadang adalah bank sentral. Bank sentral masing-masing negara independen dari yang lain. Bank sentral negara kamu adalah Bank Indonesia.

Ketika cadangan mata uang asing sangat besar dan ekonomi terus ‘berjalan’ dengan baik, bank sentral ingin menurunkan jumlah emas yang mereka simpan.

Pasalnya, emas adalah aset mati, tidak seperti obligasi atau bahkan uang di rekening bank, emas tidak menciptakan imbal hasil. Setiap kali investor lain kehilangan minat pada emas, harga emas turun.

FAQ

Di bawah ini kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan tentang emas, sebagai berikut:

Emas Berasal Dari Batuan Apa?

Bahwa emas berasal dari batu meteorit. Tepat 200 tahunan setelah bumi terbentuk, batuan dari angkasa tersebut jatuh ke bumi dan terkubur besamaan dengan tanah di atasnya.

Kesimpulan

Pada artikel di atas kami telah memberikan infromasi tentang daftar harga emas Antam dan penyebab harga emas turun atau naik.

Demikian artikel tentang Cari Tahu Harga Emas Antam Hari, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu kamu semua.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas