Rencana Penawaran Umum Perdana Saham IPO GOTO

ADVERTISEMENT

Rancakmedia.com – Dalam penawaran umum perdana, PT GoTo Gojek Tokopedia (GOTO) berencana menerbitkan hingga 52.000.000.000 saham baru dengan nilai nominal masing-masing Rp1,- yang mewakili hingga 4,35 persen dari modal ditempatkan dan disetor Emiten.

Saham tersebut diharapkan akan ditawarkan kepada masyarakat dengan harga penawaran berkisar antara Rp316,- sampai dengan Rp346,- per saham, dengan jumlah maksimal Rp17.992.000.000,00 yang diperoleh dari penawaran umum perdana.

Sehubungan dengan Penawaran Umum Perdana (IPO), PT GoTo Gojek Tokopedia bersama dengan Penjamin Emisi mengusulkan untuk menstabilkan harga dengan mengeksekusi Opsi Penjatahan Lebih, yang bukan merupakan bagian dari penyesuaian kelebihan pesanan penjatahan pusat.

Pelaksanaan Opsi Penjatahan Lebih hanya dapat dilakukan dalam hal jumlah pemesanan saham melebihi jumlah Saham yang Ditawarkan kepada Publik. Cara beli saham goto di masa penawaran awal.

Opsi Penjatahan Lebih akan memberdayakan Penjamin Emisi, yang merupakan Penjamin Pelaksana Emisi Efek, untuk membagikan hingga 7.800.000.000 Saham Seri A dari saham treasury Emiten pada Harga Penawaran.

Hasil penjualan saham tambahan tersebut selanjutnya akan digunakan untuk menstabilkan harga dengan membeli saham emiten di pasar sekunder melalui Agen Stabilisasi untuk menjamin harga saham tidak lebih rendah dari Harga Penawaran.

Perolehan saham tersebut dapat dilakukan dalam satu kali transaksi atau lebih sejak Tanggal Pencatatan dan akan berakhir pada I tanggal yang terjadi pada 30 Hari Kalender sejak Tanggal Pencatatan atau (ii) tanggal dimana Agen Stabilisasi telah mengakuisisi melalui BEI sejumlah 7.800.000.000 Saham Seri A.

Pihak yang menjadi Agen Stabilisasi adalah PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia (YU). Sehubungan dengan Penawaran Umum Perdana, PT GoTo Gojek Tokopedia akan menerbitkan saham baru I sebanyak-banyaknya 1,5 persen setiap tahun, untuk jangka waktu 10 tahun setelah Tanggal Efektif, yang dihitung dari modal ditempatkan dan disetor penuh Perseroan.

Emiten sejak pengumuman RUPS yang diselenggarakan pada tanggal 15 Desember 2021 yang menyetujui (Program Kepemilikan Saham); dan (ii) paling banyak 10,0 persen dari jumlah seluruh saham yang ditempatkan dan disetor penuh atau modal disetor yang tercantum dalam perubahan anggaran dasar yang telah diberitahukan dan diterima oleh menteri yang berwenang pada saat penambahan modal akan dilakukan. dibuat, dengan risiko pengenceran terkait, untuk ditawarkan dan dicatatkan di bursa saham yurisdiksi lain (Penawaran Internasional).

Perseroan menunjuk PT Indo Premier Sekuritas (PD), PT Mandiri Sekuritas (CC) dan Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk (TRIM/LG) sebagai Managing Underwriters, sedangkan PT CIMB Niaga Sekuritas (YU) dan PT Value Inti Sekuritas (RO) sebagai penjamin emisi. Penerbitan efek dalam rangka Penawaran Umum Perdana (IPO) saham tersebut.

Jadwal Estimasi Penawaran Umum Perdana GOTO

  1. Masa Penawaran Awal: 15-21 Mar 2022
  2. Perkiraan Tanggal Efektif: 25 Mar 2022
  3. Perkiraan Masa Penawaran Umum: 29-31 Mar 2022
  4. Perkiraaan Tanggal Penjatahan: 31 Mar 2022
  5. Perkiraan Tanggal Distribusi Saham Secara Elektronik Dan Waran Seri I: 01 Apr 2022
  6. Perkiraan Tanggal Pencatatan Saham Di Bursa Efek Indonesia: 04 Apr 2022

Setelah dikurangi biaya-biaya penerbitan sehubungan dengan Penawaran Umum, seluruh dana yang diperoleh akan digunakan sebagai berikut:

  1. Emiten akan menggunakan sekitar 30,0 persen dari total;
  2. PT Tokopedia akan mendapatkan dana sekitar 30,0 persen;
  3. Sekitar 25,0 persen akan dialokasikan untuk PT Dompet Anak Bangsa (GoPay);
  4. Dari jumlah tersebut, sekitar 5% akan dialokasikan ke PT Multifinance Anak Bangsa, sebelumnya PT Rama Multi Finance (anak perusahaan GoFinance);
  5. Sekitar 5,0 persen akan dialokasikan untuk VDIGI SG Ltd. (Gojek Singapura); dan
  6. Untuk Go Viet Ltd., diperkirakan 5% akan dialokasikan (Gojek Vietnam).

Tokopedia akan meningkatkan partisipasinya di PT Tokopedia, PT Dompet Anak Bangsa, PT Multifinance Anak Bangsa, VDIGI SG Ltd., dan Go Viet Ltd. secara bertahap.

Mengenai PT GoTo Gojek Tokopedia (GOTO) adalah sebuah usaha yang didirikan dengan nama PT Aplikasi Karya Anak Bangsa pada tanggal 10 Desember 2015 dengan kantor pusat terletak di Gedung Pasaraya Blok M lantai 6-7 Jl. Iskandarsyah II No.2, Jakarta 12160 – Indonesia.

Layanan on-demand, e-commerce, barang digital, dan layanan teknologi keuangan adalah bagian dari PT GoTo Gojek Tokopedia, sebuah perusahaan induk yang berbasis di Jakarta Selatan yang juga menyediakan platform digital.

Kesimpulan

PT GoTo Gojek Tokopedia (GOTO) berencana menerbitkan hingga 52.000.000.000 saham baru dengan nilai nominal masing-masing Rp1. Saham tersebut diharapkan akan ditawarkan ke publik dengan harga penawaran berkisar antara Rp316 hingga Rp346 per saham.

PT GoTo Gojek Tokopedia akan menerbitkan saham baru I maksimal 1,5 persen setiap tahun, untuk jangka waktu 10 tahun setelah Tanggal Efektif. Perseroan menunjuk PT Indo Premier Sekuritas (PD) sebagai Managing Underwriter dalam Penawaran Umum Perdana (IPO).

Pencarian Populer

Cara Beli Saham Goto- E-ipo Goto - Goto Beli Saham Mlpl - Goto Beli Saham Mppa - Saham Buka -

Related Articles

Back to top button