Advertisement

Cara Cek Pajak NTB Melalui Website Online

Rancakmedia.com – Apakah kamu sebagai warga NTB sudah mengetahui bahwa terdapat cara cek pajak NTB melalui Web online yang dapat memudahkan kamu untuk melakukan pengecekkan pajak, jika kamu belum mengetahui cara menggunakan website tersebut kamu dapat simak artikel ini sampai selesai ya.

Pengecekan pajak kendaraan secara online melalui Samsat Provinsi NTB dapat dilakukan dengan cepat. Bahkan website Samsat provinsi NTB menawarkan website interaktif sebagai bagian dari layanan.

Berbagai layanan dapat diakses di situs web provinsi NTB yang diproduksi oleh baappenda NTB untuk memberikan layanan kepada penduduknya.

Cek Pajak Kendaraan Papua Secara Online

Pengecekan pajak kendaraan bermotor lebih mudah dan cepat karena tidak melibatkan pemasangan aplikasi.

Cara Cek Pajak NTB Menggunakan Website

Website layanan Samsat dari Bapenda NTB ini merupakan hasil penemuan tim Samsat NTB untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakatnya.

Kunjungi website e-samsat provinsi NTB untuk informasi lebih lanjut dan petunjuk cara melakukan pemeriksaan pajak kendaraan.

1. Buka Halaman Website Resmi e-samsat NTB

Perhatikan halaman pengecekan e-samsat resmi dari tim samsat provinsi NTB. Agar tidak tertipu kami telah menyediakan link yang tepat, yaitu: esamsat.ntbprov.go.id.

Jika kamu tidak teliti dalam memilih situs resmi Pemprov NTB, kamu bisa terkena penipuan. Situs web palsu ada di mana-mana akhir-akhir ini, berkat era digital.

2. Isikan Data Dengan Benar

Ada dua cara untuk menyelesaikan cek pajak NTB online di website ini. Seperti yang kamu lihat, ada bagian yang harus diisi untuk NIK kendaraan, nomor polisi, dan lima nomor terakhirnya untuk mendapatkan informasi terbaru.

Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Provinsi Papua

Namun, pajak kendaraan juga dapat diperiksa dengan memasukkan nomor plat kendaraan di bagian bawah sisi kiri halaman.

Jika kamu ingin memperoleh seluruh informasi, kamu dapat menggunakan format isian di sebelah kanan layar. Sedangkan jika kamu ingin mengecek rincian pajak kendaraan, kamu dapat memanfaatkan fitur yang ada di kiri layar.

Setelah data dimasukkan dengan benar, jalankan atau info untuk mendapatkan informasi yang diinginkan.

3. Tunggu Proses

Dalam kebanyakan kasus, prosedur verifikasi cepat dan tidak lebih dari lima menit. Pastikan semua data yang dimasukkan sudah benar, karena jika ada data yang salah maka harus mengulang kembali data tersebut.

Cara Bayar Pajak NTB Secara Online

Di website Samsat NTB, selain menawarkan alat cek pajak NTB kendaraan bermotor. Dimungkinkan juga untuk mempelajari informasi pembayaran e-samsat NTB atau cara melakukan pembayaran pajak online secara umum.

Untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor dapat dilakukan dengan dua cara. Yang pertama melalui SMS gateway dan yang kedua melalui website.

Situs Resmi Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Provinsi Papua

Pembayaran melalui SMS bisa dilakukan dengan mengirim format : ESAMSAT (spasi) nomor polisi (spasi) nomor mesin kendaraan.

Kemudian kirim ke nomor 0212 3393 4000, setelah mengirim SMS kamu akan mendapat balasan berupa kode bayar yang bisa dibayar menggunakan ATM atau transfer.

Untuk pengecekan pajak kendaraan melalui website dapat dilakukan pada data PKB dengan cara memasukan plat nomor kendaraan.

Selain itu, kamu akan diberikan nomor pembayaran, yang dapat digunakan untuk melakukan ATM atau transfer kawat, selain jumlah pajak yang harus dibayar.

Ada berbagai teknik yang dapat dilakukan untuk membuat pembayaran online lebih sederhana tanpa perlu pergi ke kantor. Selain memudahkan cek pajak kendaraan secara online, hal di atas juga akan lebih aman, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini.

FAQ

Di bawah ini kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan tentang pajak, sebagai berikut:

Kapan Pemutihan Pajak Kendaraan 2022 NTB?

Program ini dilakukan setiap wilayah dengan waktu yang berbeda, namun semuanya mencakup untuk bebas biaya denda tunggakan pajak. Pada wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB), mengacu pada pergub nomor 74 tahun 2022, program pemutihan ini masih bisa dimanfaatkan oleh wajib pajak hingga 31 Oktober 2022.

Kesimpulan

Demikian artikel mengenai Ketahui Cek Pajak NTB Via Web Online, kini bagi kamu warna Nusa Tenggara Barat, tidak perlu lagi khawatir jika tidak memiliki waktu luang untuk mengecek pajak kendaraan ke kantor samsat.

Sebab, kini terdapat web untuk mengecek pajak kendaraan NTB yang aman, dan terpercaya yang dapat kamu gunakan dimana saja, semoga membantu.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas