Advertisement

Cek Pajak Kendaraan Sumsel Menggunakan e-Dempo

Rancakmedia.com – Tahukah kamu bahwa kini kamu dapat cek pajak kendaraan Sumsel dengan menggunakan e-dempo, aplikasi ini dapat kamu download di ponsel ataupun pc. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu dapat mengetahui besaran pajak bermotor yang perlu kamu bayarkan dengan satu aplikasi saja.

Hal ini berbeda dengan beberapa tahun terakhir yang mengharuskan kamu bepergian ke Samsat jika ingin mengetahui besaran PKB. Meski begitu, teknik ini tidak diketahui oleh banyak orang.

Apakah Polisi Berhak Menilang Karena Pajak Mati

Sehingga sebagian orang masih beranggapan bahwa memeriksa pajak kendaraan adalah urusan yang kompleks. Sehingga mereka ragu untuk memeriksa dan membayar pajak kendaraan tepat waktu.

Bahkan jika ini terjadi, akan ada banyak kerugian yang terjadi. Berikut ini kami akan memberikan penjelasan tentang cara cek pajak kendaraan online dan kerugiannya jika tidak melakukannya.

Kerugian Jika Tidak Bayar Pajak Kendaraan Tepat Waktu

Pemerintah memberikan mekanisme pengecekan pajak kendaraan secara online untuk memudahkan konsumen dalam mengurus pajak. Namun sayangnya masih banyak yang belum mengetahui strategi ini sehingga tidak mau mengurus pajak.

Bagaimanapun, pajak adalah tugas, seperti yang harus kamu ketahui. Akibatnya, denda akan dikenakan jika utang tidak dibayar tepat waktu. Jika kamu tidak membayar pajak, kamu akan dikenakan hukuman berikut.

Denda

Akibat atau kerugian pertama yang akan kamu alami jika tidak membayar pajak tepat waktu adalah denda. Hukuman mungkin sebanyak 25% dari seluruh nilai PKB, yang signifikan.

Cara Cek Pajak Kendaraan Sulteng Online Melalui Web E-Samsat

Selain itu, denda pajak kendaraan juga bisa bertambah jika kamu tidak segera membayarnya. Jadi pastikan kamu memeriksa pajak kendaraan untuk membayarnya dengan cepat agar kamu tidak dihukum.

Dikandangkan

Polisi akan menyita kendaraan yang belum membayar pajak untuk jangka waktu tiga tahun atau lebih. Selain itu, kamu juga akan terkena sanksi lanjutan dengan nominal yang cukup signifikan.

Jika kendaraan yang dikurung tidak segera dipulihkan, jumlah denda dapat meningkat menjadi lebih besar. Oleh karena itu, jangan sampai terlambat membayar pajak kendaraan karena tidak mau mengeceknya.

Cara Cek Pajak Kendaraan Sumsel Online dengan e-Dempo

Aplikasi e-Dempo memudahkan siapa saja di Sumatera Selatan untuk mencari status pajak kendaraan mereka. Berikut cara cek PKB dengan cepat dan mudah menggunakan e-Dempo, yaitu:

  1. Buka smartphone Android milik kamu dan pastikan terkoneksi dengan internet
  2. Buka Play Store, Ketik e Dempo di pencarian
  3. Atau kunjungi Link Disini
  4. Klik install pada aplikasi e-Dempo
  5. Tunggu hingga pemasangan selesai
  6. Masuk ke aplikasi e-Dempo
  7. Klik pada menu Info Pajak Kendaraan
  8. Masukkan informasi yang dibutuhkan seperti nomor polisi dan NIK
  9. Informasi pajak akan keluar di layar
  10. Selesai

Keberadaan aplikasi seperti e-Dempo memang sangat memudahkan untuk melakukan pengecekan. Sehingga dengan cara cek pajak kendaraan online ini, kamu tidak perlu lagi kerepotan dalam mengetahui besaran PKB.

Cek Pajak Kendaraan Online Sulteng Melalui Aplikasi E-samsat

FAQ

Di bawah ini kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan tentang pajak, sebagai berikut:

Kapan Pemutihan Pajak Sumsel 2022?

Pemerintah provinsi atau pemprov Sumatera Selatan mengadakan pemutihan pajak kendaraan hingga 31 Desember 2022. Kebijakan tersebut telah tertuang dalam peraturan gubernur (Pergub) Sumatera Selatan no.18 tahun 2022.

Kesimpulan

Demikian artikel mengenai E-Dempo untuk Cek Pajak Kendaraan Online Sumsel, kami harap kamu dapat memahami dan mengerti langkah-langkah menggunakan E-Dempo untuk pengecekkan pajak kendaraan online Sumsel.

Tombol kembali ke atas