Advertisement

5 Kesalahan Membuat Profil LinkedIn, Pengguna Perlu Tahu

Rancakmedia.com – Bagi kamu yang memiliki akun LinkedIn, kamu perlu mengetahui 5 kesalahan membuat profil LinkedIn yang sering dilakukan oleh banyak pengguna pada akunnya, untuk mendapatkan informasi lebih lengkap simak di bawah ini.

Profesional tidak dapat hidup tanpa profil LinkedIn yang indah, dan itu hampir merupakan kebutuhan untuk jaringan. Platform saat ini menawarkan sekitar 740 juta akun.

Dan yang diperlukan hanyalah beberapa kesalahan mahal untuk membuat rekan profesional Anda memutar mata dan beralih ke profil lain. Lebih buruk lagi, kebanyakan orang bahkan tidak menyadari ketika mereka membuat kesalahan di situs.

Daftar Kesalahan Membuat Profil LinkedIn

Ini dapat diterima karena tidak semua orang akrab dengan kartu nama internet yang efektif. Namun, aturan dan prinsip tidak resmi tertentu memastikan profil Anda menunjukkan kepada Anda sebaik mungkin.

Profil apa pun dapat ditingkatkan dan dibuat lebih efektif secara signifikan dalam mengidentifikasi peluang dan mempertahankan jaringan bisnis yang solid dengan menghilangkan kesalahan yang sering terjadi ini.

Daftar Kesalahan Membuat Profil LinkedIn

Berikut kesalahan membuat profil LinkedIn yang perlu kamu ketahui:

Judul yang Buruk Ketika Membuat Profil LinkedIn

Jika judul Anda tidak memiliki kaitan, profil Anda tidak akan menarik banyak perhatian. Judul LinkedIn yang efektif harus berfungsi sebagai iklan singkat untuk konten berikutnya, seperti halnya judul majalah atau buku. Karena ini adalah hal pertama yang dilihat orang, sangat penting untuk membuat kesan yang baik.

Ini tidak selalu berarti Anda harus menyalin dan menempelkan judul pekerjaan Anda. Alih-alih, fokuslah pada penggunaan frasa dan aktivitas yang relevan dengan bisnis Anda, karena ini dapat meningkatkan asosiasi peringkat pencarian Anda.

Judul yang baik adalah yang ringkas (beberapa menyarankan di bawah 120 karakter), mudah diingat, dan menciptakan kesan pada pembaca. Layak untuk mengotak-atik dan bereksperimen dengan milik Anda sendiri sampai Anda puas dengan hasilnya.

Gambar Tidak Profesional

Judul yang Buruk Ketika Membuat Profil LinkedIn

LinkedIn adalah situs media sosial yang sangat berbeda dari Facebook dan Instagram, dan kriteria untuk foto yang disetujui sangat penting untuk dipahami. Profil profesional dan gambar sampul adalah komponen penting dari LinkedIn.

Profil Anda akan terlihat steril dan tanpa kepribadian jika Anda tidak memasukkannya. Gambar Anda harus menunjukkan perasaan kualitas, ketenangan dan sedikit karakter.

Mereka tidak boleh menjadi iklan kebugaran Anda, liburan Anda yang paling eksotis, atau apa pun yang mengalihkan perhatian audiens dari bakat profesional dan masa lalu Anda. Pesan dasar harus dibuat di kedua profil dan gambar sampul, dan lebih baik tidak mengambil risiko di sini.

Bagian ‘Tentang’ yang meniru resume

Ketika datang ke akun LinkedIn, salah satu kesalahan paling umum adalah memperlakukan bagian “Tentang”, yang merupakan riwayat singkat pengguna, seperti resume.

Keduanya melayani tujuan yang cukup berbeda. Resume harus disesuaikan agar sesuai dengan kriteria posisi yang Anda ajukan aplikasi. Secara alami, ini lebih aspiratif dan berfungsi sebagai presentasi efektif Anda tentang mengapa Anda cocok dengan posisi itu.

Bagian Tentang LinkedIn adalah untuk presentasi diri profesional Anda, tidak harus mencari pekerjaan tertentu, tetapi menjelaskan siapa Anda, apa yang telah Anda capai, dan apa yang mampu Anda capai.

Jika dilakukan dengan benar, ini berpotensi membuka pintu ke jalur karier baru. Di sini, penekanannya harus pada membuat klaim yang berani dengan suara yang kuat.

Ingatlah untuk membuatnya ringkas karena penelitian menunjukkan bahwa bagian Tentang yang paling efektif dapat dijelajahi dalam 30 detik atau kurang.

Bagian ini, bukan gambarnya, adalah tempat Anda benar-benar dapat memamerkan kepribadian Anda dan menonjol dari keramaian. Kesalahan tipikal lainnya adalah terlalu membosankan di bagian Tentang, jadi tambahkan beberapa suar dan warna pribadi untuk menonjol.

Keterampilan dan pengalaman dengan kurang fokus

Pernyataan bagian Tentang Anda harus didukung dengan bagian tentang keterampilan dan pengalaman Anda yang relevan. Rekan-rekan idealnya harus mendukung ini untuk memberi mereka lebih banyak kekuatan. Bagian ini sangat penting karena 69 persen profesional menghargai keterampilan yang dapat diverifikasi lebih dari gelar sarjana.

Gambar Tidak Profesional

Kesalahan sederhana di sini adalah memasukkan setiap bakat dan keahlian yang mungkin Anda miliki. Sebaliknya, tetap fokus dan relevan dengan tujuan profesional Anda.

Tidak semua orang akan terkesan dengan resume relevan yang mencantumkan beberapa keterampilan dan pengalaman yang tidak ada hubungannya dengan area profil Anda. Jika tampaknya serampangan dan tidak fokus, itu bukan kesan yang ingin Anda tinggalkan kepada pembaca Anda.

Anda dapat memutuskan keterampilan dan pengalaman apa yang ditampilkan pertama kali di profil, jadi berhati-hatilah dalam cara Anda ingin menggambarkan pengetahuan Anda.

Tidak ada URL Pribadi di Profil LinkedIn

Membuat URL pribadi untuk profil LinkedIn Anda adalah langkah sederhana yang memberikan kesan validitas ke profil apa pun. Sayangnya, individu yang hanya menggunakan konfigurasi default angka dan huruf acak tampak kurang profesional daripada orang lain yang berusaha untuk memodifikasi.

Tidak memiliki URL pribadi memiliki berbagai efek negatif, yang paling jelas adalah menjadi lebih sulit bagi orang untuk mengingat atau menemukan profil Anda. Kemalasan atau ketidakmampuan teknis adalah konotasi lain yang mungkin, tidak ada yang menyanjung untuk seorang profesional.

Jika dilihat secara keseluruhan, profil LinkedIn adalah langkah kunci dalam menciptakan profil yang efektif kehadiran digital untuk diri profesional Anda. Membuat profil online yang efektif tidak sesulit kelihatannya, dan manfaat melakukannya mungkin mengubah hidup.

FAQ

Di bawah ini kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan tentang linkedIn, sebagai berikut:

Apakah LinkedIn Harus Menggunakan Bahasa Inggris?

Tidak ada larangan dalam pengunaan bahasa Inggris atau bahasa Indonesia di dalam profil LinkedIn kamu. Dalam profil dibebaskan dengan pengguna, hanya saja terkadang kamu perlu menyesuaikan dengan perusahaan yang kamu tuju. Jika kamu ingin melamar di perusahaan nasional, maka gunakanlah bahasa Indonesia.

Kesimpulan

Profil LinkedIn adalah hal pertama yang dilihat orang, jadi sangat penting untuk membuat kesan yang baik. 99 persen profil LinkedIn mengandung kesalahan dan dapat ditingkatkan dengan gambar sampul dan judul yang profesional.

Platform ini menawarkan sekitar 740 juta akun, dan yang diperlukan hanyalah beberapa kesalahan mahal untuk membuat profil Anda menonjol. Resume harus disesuaikan agar sesuai dengan kriteria posisi yang Anda lamar.

Bagian ‘Tentang’ yang meniru surat lamaran aplikasi adalah salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pengguna LinkedIn. Jika dilakukan dengan benar, ini berpotensi membuka pintu ke jalur karier baru.

Profil LinkedIn adalah langkah kunci dalam menciptakan kehadiran digital yang efektif untuk diri profesional Anda. Membuat profil online yang efektif tidak sesulit kelihatannya, dan manfaat melakukannya mungkin mengubah hidup.

Demikian artikel tentang 5 kesalahan membuat profil LinkedIn, semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas