How to Check the Latest Covid-19 Vaccine Certificate 2022

Rancakmedia.com – Berikut ini beberapa cara cek sertifikat vaksin covid-19 bisa tanpa download aplikasi peduli lindungi juga loh, yuk caritahu informasi nya dalam artikel berikut ini.

Pandemi Covid-19 ini tetap aktif dan belum ada tanggal akhir yang ditetapkan. Pentingnya sertifikat vaksin Covid-19 tidak bisa dilebih-lebihkan selama pandemi masih ada. Karena pertarungan sertifikat vaksin C-19 masih krusial, maka perlu diketahui cara download dan cek sertifikat vaksin Covid-19.

Beberapa layanan dan tempat umum memerlukan sertifikat vaksinasi untuk ditunjukkan agar bisa masuk. Jika kamu tidak tahu cara mengunduh sertifikat vaksin C-19, maka kamu tidak akan dapat membuktikan bahwa kamu telah divaksinasi. Hal ini kemungkinan akan berdampak pada kegagalan kamu mengakses berbagai fasilitas umum.

Pada kenyataannya, ada beberapa hambatan yang mencegah munculnya sertifikat vaksinasi, bahkan setelah seorang anak menerima vaksin. Jika hal ini terjadi pada kamu, maka tidak perlu khawatir. Selalu ada jalan keluar dan obat untuk gagal mengunduh atau tidak menampilkan vaksin Covoid-19 meskipun imunisasi telah dilakukan.

Apa itu Sertifikat Vaksin Covid-19?

Kepemilikan sertifikat vaksin Covid-19 berfungsi sebagai konfirmasi bahwa seseorang telah terlindungi dari Covid-19. Sertifikat vaksin Covid-19 ini akan diberikan setelah kamu berhasil melakukan imunisasi C-19. Secara umum, sertifikat vaksin Covid-19 ini dapat diakses dan kamu dapat melihatnya di aplikasi dan website PeduliLindung.

Apa itu Sertifikat Vaksin Covid-19

Padahal, PeduliLindung adalah gudangnya semua data vaksin Indonesia. Informasi sertifikat vaksin masih dapat diperoleh melalui SMS atau Chatbot WhatsApp Cares Protect. kamu akan mendapatkan sertifikat setiap berhasil menyelesaikan imunisasi 3 tahap.

Artinya, kamu akan mendapatkan sertifikat vaksin Covid-19 tahap 1 hingga 3. Sertifikat vaksin Covid-19 bisa dicetak sendiri. Sertifikat ini memberikan data berupa nama, NIK, tanggal lahir, KTP, dan keterangan telah melakukan vaksin Covid-19 tahap pertama, kedua, dan atau ketiga.

Selain itu, ada kode QR dan banyak lencana instansi pemerintah dapat dilihat. Sertifikat vaksin Covid-19 berperan penting jika ingin menjangkau situs tertentu, misalnya tahi lalat. Selain itu, sertifikat vaksin Covid-19 juga menjadi prasyarat untuk mengakses fasilitas atau layanan publik tertentu.

Untuk Apa Sertifikat Vaksin Covid-19?

Seseorang yang disertifikasi untuk vaksin C-19 (apapun tahapnya) mendapat akses ke berbagai lokasi dan layanan publik. Siapapun yang tidak memiliki sertifikat vaksin C-19 yang masih berlaku akan dikenakan pembatasan akses dan larangan menggunakan fasilitas umum. Peraturan ini asli dan berwibawa.

Hingga pandemi berakhir, sertifikat vaksin C-19 ini akan memberikan 5 keuntungan bagi masing-masing pemiliknya.

Ketentuan Menggunakan Transportasi Umum

Inilah yang mungkin diklaim mengapa sertifikat vaksin Covid-19 begitu krusial di masa pandemi. Transportasi umum memerlukan sertifikat vaksin Covid-19 sebelum penumpang dapat naik kereta atau bus. Sebelumnya, individu dapat dengan mudah bepergian dengan kereta api, kapal laut, dan maskapai penerbangan.

Di era pandemi ini, untuk dapat bepergian dengan angkutan umum, kamu harus memiliki dan menunjukkan sertifikat vaksin Covid-19. Jika tidak, maka kamu tidak akan bisa memanfaatkan fasilitas angkutan umum tersebut. Akibatnya, mobil pribadi adalah satu-satunya pilihan yang masuk akal.

Ketentuan Mengakses Area/Gedung Publik

Alasan kedua mengapa kamu harus tahu cara mengunduh dan memeriksa sertifikat vaksin Covid-19 adalah karena untuk masuk ke situs tertentu harus menggunakan sertifikat vaksin Covid-19. Beberapa fasilitas umum, seperti museum, restoran, pusat kebugaran, tempat wisata ditampilkan di sini.

Memang, tidak semua tempat umum memerlukan sertifikat vaksin Covid-19 yang dibutuhkan untuk dapat mengakses fasilitas di dalamnya. Sementara kebutuhan akan sertifikat vaksin Covid-19 dapat dianggap opsional di kota-kota kecil, di wilayah metropolitan utama mungkin dianggap perlu, dengan penerapan yang meluas.

Syarat Mengikuti Kegiatan

Menghadiri acara pernikahan, menghadiri konser musik, menonton pertandingan sepak bola, dan mengikuti kegiatan tertentu di era pandemi ini mungkin merupakan kegiatan yang hanya bisa dilakukan oleh mereka yang sudah divaksinasi. Tak perlu dikatakan bahwa kamu memerlukan sertifikat untuk membuktikan bahwa kamu telah diimunisasi.

Namun, jika kamu memiliki sertifikat vaksin Covid-19 dan pedoman ini diikuti, kamu seharusnya tidak memiliki masalah. Sertifikat vaksin C-19 seringkali diperlukan untuk berpartisipasi dalam program atau kampanye perusahaan.

Sertifikat vaksin C-19 diperlukan karena tiga alasan berikut, sesuai dengan informasi yang diberikan. Sudah divaksin tapi tidak tahu cara menunjukkan sertifikat vaksin adalah kesalahan. Jika masih bingung bagaimana cara membuatnya, segera buruan cari tutorial cek dan dapatkan sertifikat vaksin C-19.

Car Cek dan Download Sertifikat Vaksin

Ada 4 cara untuk mendapatkan dan memeriksa sertifikat vaksin Covid-19. Pendekatan pertama adalah dengan memanfaatkan website PeduliLindung. Pendekatan kedua adalah dengan memanfaatkan aplikasi Android/iOS PeduliLindung. Mengirim dan menerima pesan SMS ke dan dari nomor 1199 adalah opsi ketiga.

Car Cek dan Download Sertifikat Vaksin

Chatbot WhatsApp CaresLindung dapat dicapai dengan metode keempat dan terakhir. Semua pendekatan yang telah dijelaskan telah dicoba. Tidak perlu menekankan apakah salah satu dari empat pendekatan itu tepat atau tidak. Hanya teknik paling sederhana dan tercepat yang harus dipertimbangkan.

kamu dapat mengunduh dan memeriksa sertifikat vaksin Covid-19 dalam empat metode berbeda, yang akan kita bahas sekarang.

Cek Sertifikat Vaksin di Aplikasi PeduliLindung

Banyak orang menggunakan aplikasi PeduliLindung untuk memverifikasi dan mendapatkan sertifikat vaksin Covid-19. Ini adalah metode yang banyak digunakan. Melalui aplikasi ini, kamu dapat membaca sertifikat vaksin Covid-19 sekaligus mengunduhnya tanpa batas. Sertifikat vaksin Covid-19 selalu ada.

Ditengah pandemi C-19 saat ini, aplikasi PeduliLindung cukup bermanfaat. Menggunakan aplikasi ini memiliki banyak keuntungan. Jadi, kamu disarankan untuk menggunakan dan memiliki aplikasi ini untuk tujuan tidak hanya membaca sertifikat vaksin.

Jika kamu adalah aplikasi iOS atau Android, aplikasi PeduliLindung dapat diunduh secara gratis dari masing-masing app store (Android). Aplikasi ini ringan pada sumber daya sistem dan tidak akan memperlambat komputer kamu. Tampaknya menggunakan aplikasi ini untuk memeriksa dan mendapatkan sertifikat vaksin Covid-19 adalah pilihan yang paling nyaman selama kamu memiliki akses ke smartphone dan koneksi internet.

Dengan menggunakan aplikasi PeduliLindung, kamu dapat memperoleh salinan sertifikat vaksin Covid-19 dan memeriksa validitasnya.

  1. Pertama, instal PeduliLindung di aplikasi kamu.
  2. Jika ini masalahnya, lanjutkan dan luncurkan aplikasi.
  3. Masuk ke aplikasi dengan memasukkan nomor hp yang kamu masukkan saat imunisasi Covid-19 dilakukan.
  4. Selanjutnya, kamu akan mendapatkan SMS dengan nomor OTP 6 digit.
  5. Untuk menyelesaikan verifikasi, masukkan kode OTP 6 digit.
  6. PeduliLindung telah menerima aplikasi kamu dan sekarang menampilkan profil kamu.
  7. Di halaman utama aplikasi, pilih opsi Sertifikat Vaksin.
  8. Setelah kamu melakukannya, cukup sentuh Nama.
  9. Sertifikat vaksin Covid-19 kamu akan ditampilkan di sana jika tersedia.
    Kamu berhasil memverifikasi catatan vaksin.
  10. Untuk mendapatkan sertifikat, tekan Download (pojok kanan bawah) (pojok kanan bawah).
  11. Harap bersabar sementara sertifikat vaksin diunduh ke komputer kamu.
  12. Kamu sekarang telah berhasil menyimpan sertifikat vaksin Covid-19 ke ponsel cerdas kamu.

Cek Sertifikat Vaksin Melalui Website PeduliLindung

Situs web PeduliLindung adalah cara lain untuk mengakses aplikasi. Selain melalui aplikasi, verifikasi dan mendapatkan sertifikat vaksin Covid-19 juga mudah dilakukan yaitu melalui situs ini. Di situs PeduliLindung, kamu juga dapat memperoleh informasi lain terkait pandemi Covid-19 dan catatan kesehatan kamu.

Situs ini dapat diakses dan digunakan baik di HP maupun PC. Verifikasi melalui SMS dan email akan menjadi suatu keharusan untuk dapat masuk ke akun PeduliLindung. Selain itu, untuk mencari dan mendapatkan sertifikat vaksin Covid-19 di situs tersebut sangatlah mudah.

Berikut cara mendapatkan dan mengecek sertifikat vaksin Covid-19 melalui website PeduliLindung.

  1. Buka browser web di ponsel atau PC kamu.
  2. Kunjungi website PeduliLindung selanjutnya.
  3. Di sini: https://www.pedulilindungi.id/ kamu akan menemukan halaman webnya.
  4. Di sana, di bawah teks Sudah divaksinasi melawan COVID-19…, cukup klik di sini.
  5. Kamu dapat memasukkan alamat email atau nomor telepon yang digunakan selama vaksinasi.
    Jika bisa, berikan contohnya.
  6. Kamu akan dibuat ngeri dengan kode OTP 6 digit yang diterima melalui SMS atau email.
  7. Menyelesaikan prosedur verifikasi memerlukan memasukkan kata sandi satu kali (OTP).
  8. Kemudian, klik I’m not a robot dan selesaikan CAPTCHA.
  9. Jika sudah, klik Masuk.
  10. Sekarang, pilih Nama Akun dari daftar drop-down (pojok kanan atas).
  11. Klik Sertifikat Vaksin dan pilih Nama.
  12. Sertifikat vaksin Covid-19 kamu akan ditampilkan di sana jika tersedia.
  13. Klik Unduh untuk menyimpan sertifikat ke hard drive komputer kamu.
  14. Harap bersabar sementara sertifikat vaksin diunduh ke komputer kamu.
  15. Sertifikat vaksin Covid-19 kini telah berhasil disimpan di ponsel atau PC kamu.

Cek Sertifikat Vaksin Covid Menggunakan Nomor SMS 1199

Dengan bantuan SMS nomor 1199, kamu dapat memeriksa dan mendapatkan salinan sertifikat vaksin Covid-19. Sebenarnya, kamu akan mendapatkan SMS ini dari nomor 1199 ketika vaksinasi berhasil (langkah apa pun) telah dilakukan. Kemudian, kamu akan diberikan link sertifikat vaksin C-19 yang bisa didapatkan melalui website PeduliLindung.

Dari sana, kamu bisa mendapatkan sertifikat vaksin Covid-19 dengan masuk ke akun PeduliLindung kamu. Langkah-langkahnya sama seperti sebelumnya. Hanya saja cara kamu mengakses situs tersebut berbeda. Berikut cara mendapatkan dan mengecek sertifikat vaksin C-19 melalui SMS.

  1. SMS dari 1199 akan dikirimkan kepada kamu setelah kamu berhasil divaksinasi Covid-19.
  2. Selain itu, SMS tersebut berisi tautan ke sertifikat vaksin Covid-19, yang disertai dengan informasi jadwal vaksinasi kedua.
  3. Tautan cukup diketuk.
  4. Kamu akan diarahkan ke website PeduliLindung setelah mengklik link ini.
  5. Langkah selanjutnya adalah memeriksa sertifikat di situs sekali lagi.
  6. Demi kesederhanaan, saya telah memasukkannya di sini.
  7. Kamu dapat memasukkan alamat email atau nomor telepon yang digunakan selama vaksinasi.
  8. Kamu akan mendapatkan 6 digit nomor OTP yang dikeluarkan melalui SMS atau email.
  9. Menyelesaikan prosedur verifikasi memerlukan memasukkan kata sandi satu kali (OTP).
  10. Kemudian, klik I’m not a robot dan selesaikan CAPTCHA.
  11. Jika sudah, klik Masuk.
  12. Sekarang, pilih Nama Akun dari daftar drop-down (pojok kanan atas).
  13. Klik Sertifikat Vaksin dan pilih Nama.
  14. Sertifikat vaksin Covid-19 kamu akan ditampilkan di sana jika tersedia.
  15. Klik Unduh untuk menyimpan sertifikat ke hard drive komputer kamu.
  16. Harap bersabar sementara sertifikat vaksin diunduh ke komputer kamu.
  17. Setelah beberapa kali mencoba, sertifikat vaksin Covid-19 berhasil disimpan di ponsel!

Melalui Chatbot WhatsApp Kementerian Kesehatan RI

Chatbot WhatsApp resmi Kementerian Kesehatan RI kini dapat diakses untuk penanganan pengaduan dan pertanyaan terkait verifikasi sertifikat vaksin Covid-19. Selain verifikasi, kamu juga bisa mendapatkan sertifikat vaksin Covid-19 di sana. Namun, kamu tetap harus memasukkan data yang terdaftar di PeduliLindung.

Berikut cara mendapatkan dan mengecek sertifikat vaksin Covid-19 menggunakan Chatbot WA Kemenkes RI.

  1. Gunakan aplikasi WhatsApp smartphone kamu untuk berkomunikasi dengan orang lain.
  2. Kemudian hubungi hotline bebas pulsa Departemen Kesehatan Rhode Island di (800) 811-1050 dan minta uang tunai WA.
  3. Di sana, kamu diminta untuk memasukkan nomor telepon yang terdaftar di aplikasi Cares Protect.
  4. Nomor OTP 6 digit akan dikirimkan kepada kamu melalui SMS.
  5. Setelah itu, kamu hanya perlu memasukkan one-time password (OTP).
  6. Jika sudah, kamu cukup menekan Download Certificate.
  7. Silahkan masukkan nama dan NIK yang terdaftar pada akun PeduliLindung.
  8. Kamu hanya perlu memilih sertifikat vaksin Covid-19 untuk mengunduh.
  9. Sertifikat sekarang telah berhasil di ponsel kamu.

Bagaimana Jika Sertifikat Vaksin Covid-19 Tidak Tersedia?

Sudah latihan cara download dan cek sertifikat vaksin Covid di atas tapi ternyata sertifikat vaksin Covid-19 masih belum bisa diakses, apa yang harus dilakukan? Dalam waktu 24 jam setelah menerima vaksinasi C-19, kamu harus dapat mencetak sertifikat vaksinasi untuk vaksin Covid-19.

Bagaimana Jika Sertifikat Vaksin Covid-19 Tidak Tersedia

Namun, kamu tentu tidak bisa mengantisipasi agar sertifikat segera muncul setelah imunisasi Covid-19 dilakukan. Menunggu lebih dari 24 jam hingga sertifikat vaksin Covid-19 muncul dan diunduh membuktikan bahwa ada sesuatu yang perlu dilakukan.

Jika kamu menemukan diri kamu dalam situasi ini, langkah-langkah yang tercantum di bawah ini dapat membantu.

Buat Akun PeduliLindung

Cara mengurus sertifikat vaksin di PeduliLindung yang belum keluar dulu, daftar akun. Pasalnya, mereka yang sudah mendapatkan imunisasi COVID-19 dalam aplikasinya belum memiliki akun PeduliLindung.

PeduliLindung menawarkan prosedur berikut untuk mendapatkan sertifikat vaksin:

  1. Kunjungi https://pedulilindungi.id/ melalui HP atau PC.
  2. Di pojok kanan atas, klik login/daftar. Pilih ‘buat akun CaresProtect’ selanjutnya.
  3. Isi identitas diri seperti nama lengkap dan nomor HP aktif saat mendaftar imunisasi COVID-19.
  4. Masukkan 6 digit kode OTP yang diberikan ke nomor ponsel.

Kamu telah berhasil mendaftarkan akun di PeduliLindung. kamu dapat login dan memeriksa sertifikat vaksin COVID-19.

Lapor Melalui E-mail

  1. Kamu dapat mengajukan keluhan melalui email ke PeduliLindung.
  2. Silakan buat email dengan format nama lengkap, NIK KTP, tanggal lahir, nomor handphone yang tercatat pada saat vaksinasi, dan lampiran berupa gambar dengan KTP dan kartu vaksinasi kamu.
  3. Selanjutnya, ajukan pengaduan ke alamat certificate@pedulilindungi.id.
  4. Pengaduan juga dapat dilakukan melalui Chatbot WA Kemenkes RI nomor 081110500567.

Hubungi Call Center

Pendekatan lain untuk melaporkan kekhawatiran tentang sertifikat vaksin yang belum diberikan adalah dengan menghubungi pusat telepon PeduliLindung. Masyarakat dapat menghubungi nomor 119 untuk melapor.

Saat menelepon call center PeduliLindung, komunikasikan hal tersebut kepada petugas. Kemudian petugas akan memeriksa sertifikat vaksin dan menyarankan obat.

Ada beberapa hal yang perlu diingat sebelum menghubungi nomor bebas pulsa. Pastikan nomor yang kamu hubungi valid untuk menghindari penipuan yang mengatasnamakan contact center PeduliLindung.

Sertifikat Vaksin Covid-19 Jangan Dicetak

Sertifikat vaksin Covid-19 tentunya dibuat dalam bentuk digital. Sertifikat ini dapat ditunjukkan kepada petugas yang melakukan pemeriksaan hanya dengan menampilkannya di layar ponsel. Tidak semua orang nyaman dengannya. Memiliki dan mempertahankan sertifikat vaksin dalam bentuk nyata lebih disukai.

Sayangnya, tidak disarankan untuk memiliki dan menggunakan sertifikat fisik vaksin Covid-19. Ada berbagai kerugian dan bahaya jika kamu ingin membuat sertifikat vaksin Covid-19. kamu tidak boleh mempublikasikan bagian mana pun dari sertifikat vaksin Covid-19 karena alasan berikut.

Penyalahgunaan Data

Vaksin Covid-19 mencakup serangkaian statistik demografis dan informasi pribadi yang, jika dirilis dan di pihak yang salah, dapat dieksploitasi. Data pribadi telah menjadi komoditas berharga di pasar saat ini. kamu pasti tidak ingin seseorang menggunakan NIK KTP kamu untuk mengajukan syarat pinjaman online.

Sebelumnya, ada beberapa macam penyedia jasa pembuatan sertifikat vaksin Covid-19. Ada bahaya kebocoran data yang signifikan karena layanan pencetakan yang digunakan. Upaya untuk melarang penyedia layanan menggunakan istilah pencarian juga telah dilakukan oleh pemerintah untuk mengantisipasi kejadian mengerikan ini.

Tidak Perlu

Banyak situasi memerlukan presentasi sertifikat vaksinasi. Cek Sertifikat Vaksin Covid ini dilakukan secara digital. Menggunakan aplikasi PeduliLindung atau hanya menyimpan sertifikat vaksin ke ponsel kamu sudah cukup. Pemerintah sendiri tidak membuat aturan yang mewajibkan pembuatan sertifikat.

Bagaimana kalau membuat sertifikat vaksin Covid-19 secara mandiri menggunakan printer sendiri? Ini layak dan, tentu saja, melindungi privasi data. Memang ada sebagian yang menganggap berjaga-jaga harus memiliki sertifikat fisik vaksin Covid-19. Terlepas dari kenyataan bahwa itu tidak perlu, ini adalah praktik yang dapat diterima di Amerika Serikat.

Conclusion

Jika kamu sudah pernah divaksin Covid-19 dan belum mengetahui apakah sertifikat vaksin Covid-19 sudah sampai atau belum, maka segera praktikkan salah satu teknik download dan cek sertifikat vaksin Covid-19 di atas.

Jika ada masalah dengan sertifikat, jangan ragu untuk segera melaporkannya ke pihak yang berwenang, demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Check other Rancakmedia.com News and Articles at Google News

Back to top button

Adblock Detected

Please Turn OFF Your AdbLock Browser For Continue. Thanks / Please Turn Off Your AdBlock First. Thank you