Apa itu Airdrop dan Jenisnya dalam Dunia Cryptocurrency

nafa cahyani

Apa itu Airdrop dan Jenisnya dalam Dunia Cryptocurrency

Rancakmedia.com – Jika kamu ingin mengetahui penjelasan tentang apa itu Airdrop dan jenisnya, kamu dapat dengan mudah mendapatkan informasi tersebut pada artikel yang sudah kami sediakan di bawah ini.

Perlu kamu ketahui airdrop adalah sebuah aksi pemasaran dalam bisnis mata uang crypto serta memiliki fungsi yang sangat penting.

Untuk menjaga pelanggan tetap terhubung dengan layanan mereka, beberapa bisnis memberikan cryptocurrency gratis kepada mereka yang memilikinya.

Pendekatan airdrop ini baru bagi industri crypto. Jadi peraturan yang melibatkan airdrop masih dibuat. Airdrop menjadi lebih populer dan digunakan secara luas, oleh karena itu penting bagi semua orang dengan cryptocurrency untuk memahami apa itu.

Apa itu Airdrop Secara Lengkap

Crypto Airdrop adalah sebuah kampanye pemasaran di mana proyek crypto atau blockchain membagikan token secara gratis kepada pemegang kripto yang telah memenuhi syarat tertentu atau kepada peserta yang memenuhi persyaratan kampanye.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang proyek tersebut, memperluas basis pengguna, dan memperkuat komunitas crypto.

Airdrop merupakan salah satu aktivitas promosi dalam sebuah marketing, yang biasa dilakukan untuk meningkatkan awareness masyarakat terhadap produk aset kripto baru.

Airdrop ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan trading volume di platform exchange ketika pertama kali meluncur ke bursa ICO. Salah satu aset digital yang pernah melakukan airdrop secara murni adalah Auroracoin.

Pada tahun 2014 silam, Auroracoin (AUR) tercatat sebagai aset kripto pertama yang melakukan pembagian koin secara cuma-cuma sebesar 31.8 AUR kepada masyarakat Islandia yang menjadi partisipan d dalam pengisian data kependudukan.

Sebelum membagikan aset kripto ke pengguna, biasanya perusahaan atau penyelenggara akan mengumumkan tanggal tertentu untuk melakukannya.

Pada saat itu, tim yang mengelola kegiatan ini akan mengambil snapshot dari blockchain, sehingga pemilik aset kripto atau pihak yang sudah ditentukan akan menerima e-token secara gratis.

Jenis-Jenis Airdrop Crypto

Di bawah ini terdapat beberapa jenis dari Airdrop Crypto yang perlu kamu ketahui, sebagai berikut:

  • Random Airdrop Jenis airdrop ini dilakukan secara acak oleh proyek blockchain tertentu untuk memperkenalkan token mereka ke masyarakat. Pemegang token yang beruntung akan menerima token baru secara gratis tanpa harus membayar apa pun.
  • Bounty Airdrop Dalam jenis airdrop ini, proyek blockchain memberikan imbalan kepada pengguna yang menyelesaikan tugas tertentu, seperti mengikuti mereka di media sosial atau mempromosikan proyek mereka. Hadiah biasanya diberikan dalam bentuk token.
  • Holder Airdrop Jenis airdrop ini diberikan kepada pemegang token yang sudah ada dalam dompet mereka. Pemegang token yang memenuhi syarat akan menerima sejumlah token baru secara gratis berdasarkan jumlah token yang mereka pegang.
  • Forked Airdrop Forked airdrop terjadi ketika proyek blockchain melakukan fork dan pemegang token yang ada pada saat itu juga akan menerima token baru yang dihasilkan dari fork tersebut. Contohnya, pemegang Bitcoin menerima Bitcoin Cash secara gratis ketika Bitcoin di-fork menjadi Bitcoin Cash

Kenapa Harus Menggunakan Airdrop

Cryptocurrency sebenarnya bukan fenomena baru. Namun masih banyak orang yang belum mencobanya. Industri crypto sedang booming dan digunakan secara luas.

Ada berbagai macam cryptocurrency yang dibentuk dengan tujuan agar lebih unggul dari mata uang sebelumnya. Ketika cryptocurrency baru diperkenalkan, ini adalah saat yang tepat untuk memanfaatkan airbud sebagai promosi.

Selain itu, airdrop adalah cara yang efektif untuk menemukan pemegang cryptocurrency baru. Untuk dapat memperoleh airdrop, pemegang dompet biasanya harus mengisi banyak formulir online.

Dengan cara itu, perusahaan dapat menarik pelanggan yang memiliki pilihan untuk tetap setia pada layanan mereka.

Bagaimana Cara Mendapatkan Info Tentang Airdrop

Airdrop cryptocurrency sering digunakan sebagai alat promosi. Berdasarkan cara memperolehnya, terdapat beberapa jenis airdrop, antara lain:

1. Standard Airdrop

Jenis airdrop ini hanya meminta kamu untuk mendaftar dan menerima update atau newsletter melalui situs penyedia. Kamu hanya perlu memberikan nama dan alamat emailmu.

2. Bounty Airdrop

Biasanya, kamu harus melakukan beberapa tugas di media sosial, seperti membagikan tautan situs web atau mengajak pengikutmu untuk berpartisipasi dalam kampanye atau kegiatan yang diselenggarakan oleh perusahaan. Kamu akan diberi hadiah aset kripto untuk setiap tugas yang berhasil kamu selesaikan.

3. Holder Airdrop

Jenis airdrop ini mengharuskan kamu memiliki aset crypto tertentu yang disimpan di dompet digitalmu, seperti Bitcoin (BTC) atau Ethereum (ETH). Kamu akan menerima aset yang di-airdrop sesuai dengan rasio yang ditetapkan oleh pihak penyedia.

4. Exclusive Airdrop

Jenis airdrop ini biasanya dihosting oleh situs web atau akun media sosial yang memiliki banyak pengikut. Kamu sebagai anggota situs atau pengikut akun media sosial tersebut berhak untuk berpartisipasi dalam pembagian aset kripto eksklusif ini.

Kelebihan dan Kekurangan Airdrop

Saat ini ada banyak perusahaan yang memproduksi cryptocurrency baru. Jadi wajar saja jika persaingan di antara perusahaan-perusahaan ini cukup kuat.

Karena itulah mereka memanfaatkan airdrop sebagai bentuk promosi. Diharapkan perusahaan mereka dapat menonjol lebih dari yang lain. Beberapa perusahaan startup juga mencantumkan keunggulan airdrops yang mereka sediakan.

Tentu dalam bisnis apapun selalu ada baik dan buruknya. Jika sejumlah besar orang bersedia membayar dengan itu, itu akan mendapatkan nilai.

Untuk menarik sebanyak mungkin orang, perlu menetapkan harga untuk mempromosikan layanan. Inilah yang dicapai perusahaan startup menggunakan airdrops.

Oleh karena itu, airdrop tidak selalu menguntungkan. Ada berbagai perusahaan yang berusaha menipu pelanggan dengan janji airbuds, padahal ini sangat merugikan pelanggan.

Penipuan Airdrop dalam Crypto

Sebagai pemegang crypto wallet, kita harus bijak dan mencari informasi sebanyak-banyaknya. Jangan cepat percaya pada iming-iming yang berlebihan. Beberapa contoh airdrop yang bersifat hoax antara lain:

1. Dump Airdrop

Tidak semua airdrop bertujuan untuk fokus membangun komunitas dan meningkatkan nilai mata uang crypto baru.

Sebagian hanya bertujuan untuk membuat sensasi jangka pendek agar token atau koin tertentu langsung laku di pasaran dan mencapai tingkat pertukaran.

Begitu sudah bisa ditukar, perusahaan akan menjual (dump) semua tokennya untuk mendapatkan untung. Begitu mereka menjual semua token, perusahaan itu bubar begitu saja.

Ketika proyek airdrop menjadi gelap, itu menjadi gelap dengan cepat. Token itu masih berharga, itu benar. Akibatnya, pemegang mata uang crypto tidak perlu takut. Namun sejak awal tujuan perusahaan hanyalah mencari keuntungan.

2. Private Key Airbud

Penipuan jenis kedua sepenuhnya fiktif dalam segala hal. Proyek airbud terutama ditujukan untuk menipu pemegang dompet. Dengan menipu pemilik dompet untuk menyerahkan kunci pribadi ke dompet kamu.

Airdrop yang valid akan meminta info tentang alamat dompet penerimanya yang dapat dipublikasikan. Airbud akan meminta kunci pribadi agar dapat mengakses dompet kamu. Jelas ini adalah penipuan. Jangan pernah memberikan informasi pribadi jenis ini.

3. Mengumpulkan Data Pribadi

Jenis penipuan kedua adalah memperoleh data pribadi pembawa dompet. Tujuannya adalah untuk menjualnya kepada pihak ketiga atau menggunakannya untuk kegiatan penipuan lebih lanjut.

Tujuan utamanya adalah untuk mengumpulkan informasi pribadi tentang pemilik dompet, seperti alamat email, akun media sosial, dan sebagainya.

Airdrops memainkan fungsi penting di dunia crypto. Karena masih dalam tahap prototipe, semuanya akan menjadi lebih menarik mulai sekarang.

Kesimpulan

Crypto Airdrop adalah sebuah kampanye pemasaran di mana proyek crypto atau blockchain membagikan token secara gratis kepada pemegang kripto yang telah memenuhi syarat tertentu atau kepada peserta yang memenuhi persyaratan kampanye.

Demikian informasi tentang apa itu Airdrop dan jenisnya dalam dunia cryptocurrency, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Baca Juga

Bagikan:

nafa cahyani

Saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua.