Apa itu HODL dan Tujuannya Dalam Investasi Cryptocurrency

nafa cahyani

Apa itu HODL Cryptocurrency

Rancakmedia.com – Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang apa itu HODL dalam investasi crypto, bagi kamu yang penasaran dengan pengertian, sejarah, keuntungan dan kerugian, serta mengapa banyak investor melakukan HODL simak di bawah ini ya.

Istilah HODL memang menjadi metode yang menjanjikan para para investor jenis tertentu, oleh karena itu HODL bukan hanya sebuah istilah saja, melainkan strategi investasi yang patut untuk dipertimbangkan.

Apa itu HODL

Dalam dunia uang digital, istilah “HODL” mengacu pada metode investasi yang melibatkan pembelian aset dan menahannya untuk jangka waktu yang lama.

Volatilitas jangka pendek di pasar cryptocurrency sering kali mengharuskan penggunaan strategi HODL untuk melindungi investor dari kerugian lebih lanjut. Tujuan strategi ini adalah menghasilkan uang dalam jangka panjang.

Istilah HODL yang sebenarnya berasal dari kata “hold” atau “tahan”, kemudian mendapat anggapan bahwa singkatan dari hold on for dear life.

Hal ini tentunya sesuai dengan konsep yang termasuk dalam strategi HODL, jadi apa itu Hold? Hold atau HODL adalah istilah yang digunakan di dunia bitcoin untuk menyatakan aset bahwa kamu tidak boleh menjual aset lancar apa pun.

Mempertahankan aset di dunia bitcoin tidak semudah kelihatannya. Misalnya, kamu memperoleh aset bitcoin. Dimungkinkan untuk menahan kerugian atau mempertahankan saham jika harganya turun. Akibatnya, HODL menjadi pilihan yang layak dalam strategi ini.

Umumnya untuk menjaga aset yang dimiliki akan dilakukan cut loss. Hal ini dilakukan agar kerugian tidak bertambah dengan ekspektasi harga akan terus turun. Namun, kebalikannya benar dengan strategi HODL.

Orang yang mempraktikkan strategi HODL berpikir bahwa di masa depan harga aset mereka akan naik lagi.  Dalam harga untuk menggunakan strategi HODL, seseorang harus memiliki keyakinan akan kenaikan harga di masa depan setelah harga aset mencapai harga beli.

Asal Usul Penggunaan Istilah HODL

Ketika kamu pertama kali mendengar “strategi HODL”, kamumungkin percaya itu salah ketik. Sebuah forum bitcoin adalah tempat kejadian, yang berlangsung pada tahun 2013.

Kejadian itu terjadi pada tahun 2013 di sebuah forum bitcoin. Ketika itu, seorang pengguna forum bernama Game Kyuubi membuat sebuah postingan dengan kalimat “I’M HODLING” menganut strategi buy-and-hold.

Kalimat tersebut merupakan kesalahan ketik karena seharusnya “I’M HOLDING”. Namun, kalimat tersebut dibicarakan dan terus dikukuhkan menjadi istilah yang tidak salah di berbagai forum.

Padahal, itu hanyalah ungkapan kekecewaan karena menurunnya harga bitcoin setelah sempat naik drastis.

Selama periode waktu itu, pada tahun 2013, harga bitcoin meningkat dari $15 menjadi $1.100 pada periode Januari hingga awal Desember.

Namun, harga bitcoin kemudian anjlok pada pertengahan Desember 2013 menjadi 716 dolar. Kejadian ini membuat banyak orang kesal dan menyebabkan Game Kyuubi memposting ketidakpuasannya.

Terlepas dari kenyataan bahwa kalimat “I AM HODLING” salah, Game Kyuubi menunjukkan tindakan yang benar.

Akhirnya, harga bitcoin mencapai rekor tertinggi $19.167 pada penutupan tahun 2017 menurut data. HODLers mungkin yakin bahwa harga bitcoin, yang mencapai $58.000 pada awal 2021, tidak akan turun di bawah level itu.

Strategi dan Filosofi HODL

Strategi HODL dibangun di atas filosofi untuk tidak memperdagangkan aset berdasarkan fluktuasi harga jangka pendek, seperti yang dilakukan oleh Game Kyuubi.

Strategi HODL didasarkan pada gagasan bahwa memegang aset memiliki potensi kerugian yang lebih rendah daripada menukarnya dengan cepat.

Dengan menerapkan HODL, perdagangan akan mencegah ketakutan kehilangan (FOMO) dan ketakutan, ketidakpastian, dan keraguan (FUD).

Ketika berbicara tentang cryptocurrency, world of missing out (FOMO) akan menyebabkan investor menjadi terlalu percaya diri dan membayar lebih untuk aset. Akibat ketakutan dan keengganan yang ditimbulkan oleh FUD, perusahaan akan lebih rela menjual dengan harga murah.

Alih-alih “Bertahan untuk Kehidupan yang Terhormat,” mungkin lebih salah jika memegang HODL “Bertahan untuk Kehidupan yang Lebih Baik” untuk menekankan perlunya memegang aset-aset ini.

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan HODL

Jika seorang investor yakin bahwa aset kripto yang dimilikinya akan meningkat nilainya di masa depan, maka ia dapat menggunakan strategi HODL. Dalam hal ini, investor tidak terlalu memperhatikan fluktuasi harga dalam jangka pendek.

Namun, investor perlu mempelajari fundamental aset kripto yang dimilikinya, serta tujuan investasinya. Hal ini sangat penting untuk menentukan strategi investasi yang akan digunakan.

Namun, strategi HODL tidak menjamin memberikan keuntungan 100 persen. Investor perlu mempertimbangkan dengan baik keuntungan dan kerugian yang mungkin terjadi dengan menggunakan strategi HODL sebelum menerapkannya.

Memulai Bisnis Dengan Pendanaan Modal Rakyat

Memulai bisnis membutuhkan modal yang cukup. Pada kenyataannya, sangat jarang modal yang diharapkan sebelumnya meningkat seiring dengan berkembangnya bisnis dan menjadi lebih produktif. Untungnya, People’s Capital sekarang memungkinkan untuk merencanakan keuangan bisnis.

Person’s Capital adalah platform yang memungkinkan pelaku bisnis untuk mengidentifikasi sumber dana. Mereka yang membutuhkan bantuan keuangan akan terhubung dengan penyedia bantuan yang dapat diandalkan.

Tujuan Investor Melakukan HODL

Tujuan utama pelaku HODL adalah untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang sambil mendorong hodlers untuk tidak menjual aset mereka.

Dengan begitu, mereka bisa menghindari risiko beli mahal-jual murah yang kerap dialami oleh para pemula. Alasannya sederhana, yaitu HODL dapat membuat harga aset menjadi lebih tinggi.

HODL bisa diibaratkan seperti komoditas yang ditimbun oleh tengkulak. Ketika jumlah barang yang tersedia di pasar semakin berkurang, maka harga akan cenderung meningkat seiring dengan permintaan yang terus bertambah.

Namun, risiko juga dapat terjadi, seperti adanya produk alternatif atau pengganti. Oleh karena itu, para investor harus tetap memperhatikan risiko, seperti perubahan regulasi atau sudut pandang publik, meskipun HODL terkesan lebih aman.

Perlu diingat bahwa HODL dapat memberikan keuntungan jangka panjang yang besar, namun tetap memerlukan perhitungan dan pertimbangan yang matang.

Jika tidak, cara ini dapat berujung pada kerugian yang besar. Oleh karena itu, HODL tidak bisa dilakukan secara sembarangan atau hanya karena ingin memegang aset dalam jangka waktu yang lama, melainkan harus didasarkan pada sudut pandang dan strategi investasi yang matang.

Kesimpulan

HODL adalah istilah yang digunakan di dunia bitcoin untuk menyatakan aset bahwa kamu tidak boleh menjual aset lancar apa pun.

Demikian artikel tentang apa itu HODL dan tujuannya dalam investasi Cryptocurrency, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Baca Juga

Bagikan:

nafa cahyani

Saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua.