Apa itu Cryptocurrency dan Jenisnya

ADVERTISEMENT

Rancakmedia.com – Apakah kamu sudah mengetahui apa itu cryptocurrency? cryptocurrency ini adalah mata uang digital yang sedang di minati di seluruh dunia, bahkan negara Indonesia.

Meskipun masyarakat umum pertama kali menunjukkan sedikit minat untuk memiliki mata uang kripto, saat ini ada permintaan yang tinggi akan minat untuk berinvestasi dalam aset kripto.

Meski begitu, ada kelebihan dan kekurangan menggunakan cryptocurrency. Di Indonesia, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) telah membuat pembatasan yang menangani perdagangan aset kripto.

Jadi, apa itu uang kripto dan jenisnya? Berikut penjelasan detailnya.

Apa itu cryptocurrency?

Dengan kata dasar, cryptocurrency adalah uang digital yang memanfaatkan kriptografi sebagai jaminan. Dengan mengadopsi kriptografi, cryptocurrency tidak dapat dipalsukan atau dimanipulasi.

Untuk membuat daftar cryptocurrency, mekanisme yang dikenal sebagai teknologi blockchain sering digunakan. Blockchain adalah buku besar digital yang mencatat dan memverifikasi semua transaksi secara real time.

Sistem blockchain memvalidasi blok baru dengan mengikuti seperangkat aturan, dan secara kolektif memeliharanya secara peer-to-peer.

Cryptocurrency ada di setiap negara, oleh karena itu transaksi dapat dilakukan lintas negara tanpa dipengaruhi oleh nilai tukar mata uang.

Jenis Cryptocurrency

Dibawah ini terdapat beberapa jenis cryptocurrency, antara lain yaitu:

1. Bitcoin (BTC)

Bitcoin adalah salah satu cryptocurrency paling populer dan paling banyak diperdagangkan. Kenaikan nilai aset kripto ini terus meningkat.

Sejak awal kemunculannya, Bitcoin ditujukan untuk mencapai skala perdagangan global, termasuk transaksi peer-to-peer yang digunakan sebagai mata uang digital, sehingga permintaannya tinggi.

2. Ethereum (ETH)

Cryptocurrency terpopuler kedua dalam kategori likuiditas adalah Ethereum. Volume transaksi aset kripto Ethereum sangat besar, dan proses pencairan uang tunai sangat mudah.

Ethereum adalah mata uang digital berdasarkan konsep kontrak pintar, yang memungkinkan pembuatan aplikasi seluler.

3. Cardano (ADA)

Cryptocurrency berkinerja terbaik ketiga di pasar adalah Cardano. Blockchain yang lebih efisien, Cardano, adalah yang pertama dari jenisnya di dunia.

Cardano, cryptocurrency paling aman hingga saat ini, adalah cryptocurrency ketujuh yang paling berharga pada Mei tahun ini, dan harganya masih tinggi.

4. Litecoin (LTC)

Aset kripto Litecoin juga memiliki likuiditas tinggi. Ada sekitar 84 juta Litecoin yang ada di pasar terbuka.

Kelebihan Litecoin adalah prosedur penambahannya cepat, yang hanya membutuhkan waktu 2 menit dibandingkan dengan aset kripto lainnya. Hingga hari ini, Litecoin tetap menjadi pilihan investasi masuk bagi banyak orang.

5. Dogecoin (DOGE)

Baru-baru ini, nilai cryptocurrency Dogecoin di pasar telah meningkat, dan tahun ini tingkat pertumbuhannya telah mencapai 12.000 persen.

kamu dapat membeli produk dan layanan dengan Dogecoin atau menukarnya dengan mata uang lain. Dogecoin adalah uang digital.

6. Binance Coin (BNB)

Binance Coin memiliki penilaian pasar sebesar 4 persen, dan kenaikan harganya melebihi Bitcoin dan Ethereum.

Nilai koin BNB dalam satuan melebihi US$641,43 atau sekitar 9,1 juta rupiah. Bahkan nominalnya, disebutkan, diperkirakan akan meningkat ke depan.

7. Ripple (XRP)

Mata uang XRP atau Ripple adalah aset kripto yang dicari investor karena memiliki penilaian pasar terbesar. Kapitalisasi pasar sekarang 2,8% dan diperkirakan akan meningkat 500% pada tahun 2021.

Ripple cryptocurrency terbaik berasal dari perusahaan Amerika. Metode pembayaran dan transfer jelas karena XRP bukanlah konsep yang terdesentralisasi.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel di atas, kamu telah mengetahui apa itu cryptocurrency dan apa saja jenis cryptocurrency.

Demikian artikel tentang Apa itu Cryptocurrency dan Jenisnya, semoga artikel di atas dapat membantu dan bermanfaat untuk kamu semua.

Pencarian Populer

Apa Itu Cryptocurrency Bitcoin - Apa Itu Cryptocurrency Exchange - Apa Itu Cryptocurrency Indonesia - Apa Itu Cryptocurrency Investment - Apa Itu Cryptocurrency Kaskus - Apa Itu Cryptocurrency Malaysia - Apa Itu Cryptocurrency Mining - Apa Itu Cryptocurrency Wikipedia - Apakah Itu Cryptocurrency-

Related Articles

Back to top button