Tips Membangun Bisnis Ekspedisi Berikut Rincian Modalnya

Rancakmedia.com – Jika beberapa perusahaan terkena dampak negatif akibat wabah Covid-19 dan harus menutup gerainya, maka yang lain memiliki peluang sebaliknya. Misalnya, bisnis ekspedisi, di tengah wabah yang parah, Usaha ini mungkin benar-benar berkembang pesat.

Kecenderungan belanja internet di masa epidemi ini sebenarnya membuat potensi bisnis ekspedisi jauh lebih layak. Ini mungkin pilihan bisnis yang tepat, bagi Anda yang berniat memulai bisnis baru.

Namun sebagai bisnis dengan potensi yang sangat besar, tentunya akan memiliki banyak pesaing di luar sana. Pastikan Anda merencanakan dan benar-benar siap untuk terjun ke bisnis ini.

Jika Anda serius ingin terjun ke bisnis perkapalan, maka pastikan Anda memiliki rencana yang tepat sejak awal. Hal ini penting, agar selanjutnya mereka dapat mengelola berbagai risiko yang ada dalam bisnis. Selain itu, Anda mempersiapkan jumlah modal usaha yang tepat, agar semuanya dapat berjalan dengan lancar.

Jika pada tahap awal ini Anda hanya ingin menjalankan bisnis ekspedisi dalam skala sederhana, maka Anda dapat menjadi mitra dari salah satu perusahaan pelayaran yang sudah sangat besar. Ini mungkin diluncurkan dengan modal kecil, bahkan mulai dari Rp 5 juta.

šŸ”„TRENDING:  Apakah Bantuan UMKM Harus di Kembalikan?

Namun jika anda berniat untuk membangun bisnis ekspedisi sendiri dalam skala besar, maka tentunya anda harus memiliki modal yang lebih. Berikut rincian modal yang perlu Anda investasikan untuk membangun bisnis ekspedisi:

Perkiraan biaya investasi:

  • Biaya sewa tempat usaha: Rp 15 juta
  • Biaya pembelian transportasi bisnis (mobil/motor): Rp 100 juta.
  • Biaya peralatan (meja, kursi, rak): Rp 10 juta.
  • Pembelian timbangan dan alat penunjang lainnya : Rp 6 juta.
  • Biaya perijinan usaha: Rp 1 juta
  • Total proyeksi biaya investasi: Rp 132 juta.

Perkiraan biaya operasional

  • Gaji 2 karyawan: Rp 5 juta
  • Biaya listrik, air, telepon dan internet: Rp 1 juta.
  • Biaya tak terduga: Rp 1 juta
  • Total biaya operasional yang diproyeksikan: Rp 7 juta

Berdasarkan perkiraan di atas, total biaya yang Anda perlukan untuk membangun bisnis ekspedisi adalah sekitar Rp 139 juta.

Tips Membangun Bisnis Ekspedisi Yang SuksesĀ Tips membangun bisnis ekspedisi yang sukses

Selain menyusun rencana yang tepat, Anda juga harus menjalankan bisnis ini dengan pendekatan yang cerdas. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengelola risiko yang berbeda secara efektif dan pada saat yang sama mengeksplorasi berbagai langkah untuk membuat bisnis sukses.

šŸ”„TRENDING:  Rupiah Berhasil Ditutup Dolar AS Menguat

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat digunakan dalam membangun bisnis ekspedisi:

1. Tentukan layanan pengiriman

Item pertama yang harus ditentukan terkait dengan layanan pengiriman apa yang akan Anda tawarkan dalam bisnis. Ada banyak layanan yang perlu dipertimbangkan, termasuk:

Jasa pengiriman barang.

  • Layanan pengiriman antar wilayah dan provinsi.
  • Layanan pengiriman domestik dan seluruh dunia.
  • Anda dapat memilih salah satu atau campuran dari dua layanan di atas, tentunya sesuai dengan kapasitas dan rencana bisnis.

2. Tentukan target pasar

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menentukan target pasar untuk bisnis ekspedisi. Anda dapat mencapai ini dengan melihat kemungkinan atau prospek pasar tertentu.

Misalnya: jika Anda menargetkan pelaku bisnis atau toko online sebagai pelanggan, maka Anda mungkin perlu berkonsentrasi pada layanan lintas wilayah atau provinsi dalam bisnis ini.

1 2Next page
Back to top button