Tips Membangun Bisnis Ekspedisi Berikut Rincian Modalnya

Lovata Andrean

Tips Membangun Bisnis Ekspedisi Berikut Rincian Modalnya
Tips Membangun Bisnis Ekspedisi Berikut Rincian Modalnya

Rancakmedia.com – Untuk memulai bisnis baru tentu saja tidak mudah, nah dalam artikel kali ini kami akan memberkan tips membangun bisnis ekspedisi untuk para pemula 100% anti gagal silahkan baca infonya dibawah ini ya, terimakasih.

Jika beberapa perusahaan terkena dampak negatif akibat wabah Covid-19 dan harus menutup gerainya, maka yang lain memiliki peluang sebaliknya. Misalnya, bisnis ekspedisi, di tengah wabah yang parah, Usaha ini mungkin benar-benar berkembang pesat.

Kecenderungan belanja internet di masa epidemi ini sebenarnya membuat potensi bisnis ekspedisi jauh lebih layak. Ini mungkin pilihan bisnis yang tepat, bagi kamu yang berniat memulai bisnis baru.

Namun sebagai bisnis dengan potensi yang sangat besar, tentunya akan memiliki banyak pesaing di luar sana. Pastikan kamu merencanakan dan benar-benar siap untuk terjun ke bisnis ini.

Jika kamu serius ingin terjun ke bisnis ekspedisi, maka pastikan kamu memiliki rencana yang tepat sejak awal. Hal ini penting, agar selanjutnya mereka dapat mengelola berbagai risiko yang ada dalam bisnis. Selain itu, kamu mempersiapkan jumlah modal usaha yang tepat, agar semuanya dapat berjalan dengan lancar.

Jika pada tahap awal ini kamu hanya ingin menjalankan bisnis ekspedisi dalam skala sederhana, maka kamu dapat menjadi mitra dari salah satu perusahaan pelayaran yang sudah sangat besar. Ini mungkin diluncurkan dengan modal kecil, bahkan mulai dari Rp 5 juta.

Namun jika kamu berniat untuk membangun bisnis ekspedisi sendiri dalam skala besar, maka tentunya kamu harus memiliki modal yang lebih. Berikut rincian modal yang perlu kamu investasikan untuk membangun bisnis ekspedisi:

Perkiraan biaya investasi:

  • Biaya sewa tempat usaha: Rp 15 juta
  • Biaya pembelian transportasi bisnis (mobil/motor): Rp 100 juta.
  • Biaya peralatan (meja, kursi, rak): Rp 10 juta.
  • Pembelian timbangan dan alat penunjang lainnya : Rp 6 juta.
  • Biaya perijinan usaha: Rp 1 juta
  • Total proyeksi biaya investasi: Rp 132 juta.

Perkiraan biaya operasional

  • Gaji 2 karyawan: Rp 5 juta
  • Biaya listrik, air, telepon dan internet: Rp 1 juta.
  • Biaya tak terduga: Rp 1 juta
  • Total biaya operasional yang diproyeksikan: Rp 7 juta

Berdasarkan perkiraan di atas, total biaya yang kamu perlukan untuk membangun bisnis ekspedisi adalah sekitar Rp 139 juta.

Tips Membangun Bisnis Ekspedisi Yang Sukses Tips membangun bisnis ekspedisi yang sukses

Selain menyusun rencana yang tepat, kamu juga harus menjalankan bisnis ini dengan pendekatan yang cerdas. Ini akan memungkinkan kamu untuk mengelola risiko yang berbeda secara efektif dan pada saat yang sama mengeksplorasi berbagai langkah untuk membuat bisnis sukses.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat digunakan dalam membangun bisnis ekspedisi:

1. Tentukan layanan pengiriman

Item pertama yang harus ditentukan terkait dengan layanan pengiriman apa yang akan kamu tawarkan dalam bisnis. Ada banyak layanan yang perlu dipertimbangkan, termasuk:

Jasa pengiriman barang.

  • Layanan pengiriman antar wilayah dan provinsi.
  • Layanan pengiriman domestik dan seluruh dunia.
  • Kamu dapat memilih salah satu atau campuran dari dua layanan di atas, tentunya sesuai dengan kapasitas dan rencana bisnis.

2. Tentukan target pasar

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menentukan target pasar untuk bisnis ekspedisi. Kamu dapat mencapai ini dengan melihat kemungkinan atau prospek pasar tertentu.

Misalnya: jika kamu menargetkan pelaku bisnis atau toko online sebagai pelanggan, maka kamu mungkin perlu berkonsentrasi pada layanan lintas wilayah atau provinsi dalam bisnis ini.

Baca Juga

Bagikan:

Lovata Andrean

Hai saya Lovata saya bukan Ai namun saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua. Thanks