Advertisement

Cara Ganti Kartu ATM BCA ke Chip Tanpa Ribet

Rancakmedia.com – Bank Central Asia (BCA) menghimbau kepada seluruh nasabah yang saat ini menggunakan Non Chip untuk segera menggantinya, berikut cara ganti kartu ATM BCA ke Chip.

Di situs resmi BCA, bca.co.id, terdapat informasi mengenai batas waktu bagi nasabah di atas untuk mengubah Kartu ATM menjadi Kartu Debit Chip.

Kartu Debit BCA Non Chip tidak dapat digunakan untuk transaksi mulai 1 Desember 2021. Jadi, nasabah yang memiliki kartu ATM yang kedaluwarsa dapat melakukan perubahan ke Kartu Debit Chip terbaru pada tanggal 30 November 2021.

Diketahui, Kartu Debit Non Chip ini terdiri dari Kartu ATM BCA dan Paspor BCA lama yang memanfaatkan teknologi magnetic stripe.

Teknologi strip magnetik tidak lagi aman bagi pelanggan untuk menyimpan uang dan data. Jadi, penting untuk memperbarui kartu ATM baru dengan teknologi Chip yang lebih kompleks dan aman.

Kebijakan tersebut tertuang dalam pengumuman Standard Chartered berdasarkan Surat Edaran Bank Indonesia No. 17/52/DKSP tanggal 30 Desember 2015 tentang Penerapan Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan 6 (Enam) Digit Online Personal Identification Number untuk Kartu ATM atau Kartu Debit.

Sesuai Surat Edaran Bank Indonesia, mulai 1 Januari 2022, seluruh transaksi Kartu ATM atau Kartu Debit dalam negeri wajib menggunakan kartu dengan teknologi chip berstandar nasional.chip

Prosedur penggantian dan perpanjangan tersebut sudah berlangsung sejak 1 Juli 2016 dan kini pihak bank kembali mengingatkan nasabahnya.

Cara Mengganti Kartu Debit Non-Chip Menjadi Chip Debit ATM

Cara Mengganti Kartu Debit Non-Chip Menjadi Chip Debit ATM dikutip dari bca.co.id

1. Datang ke Kantor Cabang BCA terdekat

Pengalihan Kartu Debit Non-Chip ke Kartu Debit Chip dapat dilakukan di seluruh kantor cabang BCA di seluruh Indonesia. Anda cukup datang ke kantor BCA terdekat di lingkungan Anda.

Mintalah bantuan dari customer service atau pekerja di bidang jasa (bukan teller) untuk membantu Anda mengubah Kartu ATM Anda menjadi Kartu Debit Chip.

2. Melalui Layanan CS Digital BCA

CS Digital adalah layanan Client Service (CS) untuk setiap nasabah BCA. Nasabah dapat menghubungi CS jika ingin melakukan transaksi perbankan dalam satu mesin digital menggunakan layanan mandiri di cabang.

3. Hubungi Halo BCA 1500888

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Syarat dan Ketentuan Perubahan Kartu Debit Non Chip menjadi Kartu Debit Chip, silahkan hubungi Halo BCA.

Kartu Debit Chip ini menawarkan keamanan yang lebih baik daripada Kartu Debit Non Chip. Chip dalam kartu mempromosikan kenyamanan dan kesederhanaan transaksi.

Berikut adalah keuntungan menggunakan Kartu Debit Chip:

1. Memiliki berbagai tujuan

Kartu Debit BCA Chip dapat digunakan untuk transaksi di mesin ATM dan EDC. Contoh penggunaan Kartu Debit Chip adalah Kartu Debit Chip Mastercard BCA. Selain itu, kamu juga dapat melakukan transaksi secara online dengan mengaktifkan opsi di BCA Mobile.

Kamu dapat membeli secara online, berlangganan layanan streaming musik/film, dan bahkan membeli voucher game di berbagai platform melalui Mastercard.

2. Mendukung kebijakan Bank Indonesia

Bank Indonesia telah memulai penerapan Standar Nasional Teknologi Chip dan penggunaan PIN 6 Digit untuk Kartu ATM atau Kartu Debit yang diterbitkan di Indonesia mulai tahun 2015.

Kebijakan ini wajib diberlakukan bagi perbankan di Indonesia, termasuk BCA.

Penggunaan Kartu Debit Chip merupakan tanda dukungan terhadap inisiatif pemerintah.

3. Mengurangi risiko kejahatan Kartu

Teknologi yang digunakan pada Kartu Debit Non Chip hanya menggunakan teknologi strip magnetik yang lebih mudah untuk ditiru oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Dengan demikian, risiko pencurian data melalui strip magnetik lebih tinggi daripada menggunakan Kartu Debit Chip dengan teknologi yang lebih canggih.

4. Penggantian Kartu ATM Debit Chip Gratis

Nasabah yang ingin mengganti kartu ATM lama menjadi Kartu Debit Chip dapat menghubungi BCA terdekat dan tidak dikenakan biaya penggantian kartu.

Tahapan Implementasi Kebijakan dari Bank Indonesia. Berdasarkan pengumuman di situs Indonesiabaik.com yang digagas Kominfo, juga terdapat beberapa informasi mengenai penggantian Kartu Debit Chip. Implementasi lengkap Kartu Debit Chip NSICCS direncanakan selesai pada tanggal 31 Desember 2021.

1 2Laman berikutnya
Tombol kembali ke atas