Berikut Cara Membeli Saham Online

Rancakmedia.com – Investasi saham merupakan strategi investasi yang menawarkan beberapa keuntungan dibandingkan berinvestasi di bidang lain. Mulai dari kemudahan, kepraktisan, dan hasil yang tinggi. Sekarang berinvestasi di saham sangat mudah dilakukan, bahkan bisa dilakukan secara online.

Kita dapat membeli saham secara online melalui internet, di rumah, di mana saja selama kita terhubung dengan internet. Tetapi tidak banyak orang biasa yang tahu cara membeli saham secara online. Esai ini akan sepenuhnya menjawab pertanyaan ini.

Berikut Tata Cara Pembelian Saham Secara Online

Berikut Tata Cara Pembelian Saham Secara Online

1. Buka Akun Saham

Untuk dapat membeli saham kita harus terdaftar sebagai nasabah sekuritas (broker/broker). Perusahaan sekuritas adalah perantara bagi kita untuk bisa membeli saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). Kita perlu mendaftar sebagai pelanggan di salah satu broker.

Jika Anda ingin membeli saham secara online, pastikan broker yang Anda pilih memiliki kemampuan software trading online yang sangat baik dan mudah digunakan. Untuk membuka rekening saham tidak dikenakan biaya apapun, gratis. Anda hanya perlu mengisi formulir dan melengkapinya dengan salinan surat-surat yang diperlukan. Jika Anda ingin membuka rekening saham, silakan klik di sini.

2. Deposit Dana

Setelah akun stok selesai, biasanya 1-3 hari jika Anda mendaftar secara online, kami akan diberikan email konfirmasi pembuatan akun stok. Email tersebut berisi username, password, PIN, dan nomor Rekening Dana Investor (RDI) atau kadang disebut Rekening Dana Nasabah (RDN) (RDN). Kita perlu menyetorkan uang ke RDI dengan jumlah minimum yang ditentukan oleh broker tempat akun dibuka.

Rekening Dana Investor ini adalah rekening bank atas nama kami sendiri, tetapi tidak ada buku tabungan atau kartu ATM. RDI ini semata-mata digunakan untuk menyimpan uang kita sebelum digunakan untuk membeli saham. Untuk menyetor uang, kami dapat mentransfer melalui teller bank, atau melalui ATM, internet banking.

🔥TRENDING:  Jenis Kegiatan Public Relations Membangun Relasi

3. Install Software Online Trading

Unduh dan instal perangkat lunak perdagangan online yang disediakan oleh broker tempat Anda membuka akun. Biasanya ada versi PC, atau mobile (Android atau iPhone) (Android atau iPhone). Pilih saja sesuai kebutuhan. Umumnya software ini gratis, tidak ada biaya penggunaan. Kemudian Anda dapat login menggunakan username dan password yang telah diberikan sebelumnya melalui email.

Setelah masuk, Anda biasanya diminta untuk memperbarui kata sandi dan PIN untuk keamanan. Dalam perangkat lunak perdagangan online ini, Anda dapat melihat jumlah setoran yang telah ditempatkan. Gambar di bawah ini adalah contoh salah satu software online trading yang digunakan untuk membeli atau menjual saham.

4. Beli / Jual Saham Menggunakan Software

Pada software trading online terdapat menu jual beli saham. Masukkan PIN, tanpa PIN kita tidak bisa trading saham. Pilih menu untuk membeli saham (Buy) (Beli). Kemudian Anda cukup memasukkan kode saham yang ingin Anda beli. Setiap saham diberi kode 4 huruf, misalnya saham PT Aneka Tambang Tbk ditunjuk ANTM.

Masukkan harga saham yang ingin Anda beli dan masukkan jumlah lot saham yang ingin Anda beli. Minimum pembelian adalah 1 lot atau 100 buah. Kemudian klik tombol Kirim. Mudah Untuk menjual saham, juga melalui software. Pilih saja menu jual (Sell) (Jual). Jika ada keuntungan dari penjualan saham, keuntungan tersebut akan langsung masuk ke saldo kita.

5. Pelajari Strategi Investasi Saham

Tentu saja kita tidak bisa begitu saja membeli dan menjual saham, kita mungkin tidak untung tapi malah rugi. Kita perlu memahami pendekatan yang benar dalam berinvestasi, dimulai dengan memilih saham dan memutuskan kapan saat terbaik untuk membeli atau menjual saham.

🔥TRENDING:  Apakah Bitcoin Aman Sebagai Alat Pembayaran

Anda dapat membaca berbagai artikel di website kami untuk meningkatkan pengetahuan Anda tentang investasi saham atau Anda juga dapat membaca berbagai buku tentang investasi dan perdagangan saham

Demikian penjelasan singkat tentang cara membeli saham secara online. Jadi saat ini berinvestasi sangat praktis dan mudah. Kita bisa membeli saham melalui internet, baik melalui komputer maupun smartphone. Jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang seluk beluk transaksi saham online, Anda disarankan untuk membaca buku Memulai Investasi Saham.

Buku ini mengajarkan seluk beluk saham dan memberikan pelajaran tentang pemanfaatan software trading online untuk jual beli saham. Buku ini untuk pemula yang ingin belajar saham.

Kesimpulan

Investasi saham menawarkan beberapa keuntungan dibandingkan berinvestasi di bidang lain. Mulai dari kemudahan, kepraktisan, dan hasil yang tinggi. Untuk membuka rekening saham tidak dikenakan biaya apapun, gratis. Kita perlu menyetorkan uang ke RDI dengan jumlah minimum yang ditentukan oleh broker tempat akun dibuka. Setelah masuk, Anda biasanya diminta untuk memperbarui kata sandi dan PIN untuk keamanan.

Dalam perangkat lunak perdagangan online ini, Anda dapat melihat jumlah setoran yang telah ditempatkan. Setiap saham diberi kode 4 huruf, misalnya saham PT Aneka Tambang Tbk ditunjuk ANTM.

Back to top button