BISNIS

Cara Membuat CV yang Baik dan Benar

rancakmedia.com – Curriculum vitae (CV) tentunya menjadi suatu keharusan bagi individu yang ingin melamar pekerjaan. Hampir pasti, di setiap lowongan yang disebarluaskan oleh sebuah perusahaan, pelamar akan diminta untuk menyerahkan surat lamaran mereka bersama dengan pekerjaan sehingga mereka dapat mempertimbangkan siapa saja yang memenuhi persyaratan untuk tes lain.

Dalam postingan kami ‘Tips dan poin dalam membuat resume’ kami banyak membahas tentang apa itu resume dan betapa pentingnya memiliki resume bagi anda yang ingin melamar pekerjaan. Jadi, jika Anda ingin informasi lebih lanjut, klik saja tautan yang diberikan.

Kami hanya akan membahas cara membuat CV yang baik dan benar untuk posting ini. Tentu menjadi salah satu hal yang sangat berat bagi orang yang membuat CV pada awalnya, mengingat kebersihan dan orisinalitas sangat diperhatikan oleh perusahaan tertentu.

Saat ini banyak individu, mulai dari desain hingga penulisan, yang belajar membuat CV dengan informasi terbaik dan orisinal yang tersedia. Hal ini jelas karena semakin baik materi CV yang Anda buat, semakin besar kemungkinan Anda untuk mengikuti ujian kerja nanti. Namun yang harus diperhatikan, jangan sampai hal itu terjadi karena khawatir dengan isi CV yang bagus lalu cepat lupa cara membuat CV yang benar.

Oleh karena itu, tujuan kami adalah untuk meningkatkan cara pandang bahwa banyak hal yang harus diperhatikan untuk membuat CV yang baik dan benar. Nah, mari kita simak bersama untuk informasi lebih lanjut cara membuat CV yang baik dan benar di bawah ini:

1. Ketahui Perusahaan yang Ingin Anda Lamar

Tentu saja sangat penting untuk mempelajari suatu perusahaan sambil mempersiapkan CV (Curriculum Vitae). Ini umumnya dikenal sebagai penelitian pekerjaan. Mengapa begitu penting? Karena CV adalah awal dari HRD perusahaan, kami ingin melamar apakah kami lulus ujian administrasi atau tidak. Dengan demikian, ini sangat penting untuk dicapai.

Bagaimana cara membuat CV yang baik dan benar di Job Research?

Tentu saja, pendekatan yang paling penting adalah mencari tahu apa yang dibutuhkan perusahaan. Hal ini tentu penting karena semua perusahaan ingin tahu seberapa siap kita untuk melamar. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan segala sesuatu yang dibutuhkan perusahaan, seperti bagian-bagian yang relevan dengan pekerjaan yang ditawarkannya, yaitu kualifikasi yang dibutuhkan pelamar, pengalaman kerja, dan usia pelamar.

Selain kriteria yang diberikan oleh perusahaan, perhatikan juga profil perusahaan. Misalnya kita membaca visi, tujuan, etos kerja para pekerja perusahaan dan juga prinsip-prinsip yang selalu dipegang oleh perusahaan. Tentu saja, dengan menggunakan informasi yang dikumpulkan, kita dapat memilah bagian mana yang harus dimasukkan nanti di CV.

🔥TRENDING:  IHSG koreksi perhatiin saham ACES, ASII, BMTR

2. Sumber Daya yang Baik dan Tepat Untuk CV

Sangat penting untuk membuat contoh resume yang baik dan benar, terutama bagi mereka yang baru pertama kali melamar pekerjaan dan membutuhkan resume sebagai kebutuhan.

Kenapa sih?

Karena kita bisa menghasilkan CV yang bagus dan menarik HRD perusahaan dari beberapa contoh yang kita lihat. Jika kita sering melihat banyak contoh CV yang bertebaran di internet, maka kita akan mengetahui bahwa substansi CV kurang lebih sebagai berikut:

  1. Identitas: Berisi nama lengkap, nomor telepon, email dan alamat kontak.
  2. Personality : berisi tentang gambaran karakter diri.
  3. Pendidikan : berisi update pendidikan, IPK dan jurusan yang diambil. Pendidikan:
  4. Keterampilan: Berisi keterampilan yang dimiliki.
  5. Pengalaman Kerja: Termasuk pengalaman kerja sebelum melamar pekerjaan baru.
  6. Pelatihan atau Pelatihan: berisi berbagai jenis pelatihan yang diambil selama 3 tahun terakhir atau lebih.
  7. Informasi tambahan: Berisi banyak hal yang disukai, mulai dari hobi, referensi atau hal lain yang berhubungan dengan pekerjaan yang akan dilamar.
  8. Tentukan desain CV potensial yang paling menarik
  9. Setelah mengetahui berbagai jenis contoh CV, pekerjaan selanjutnya adalah menentukan desain yang menarik sebagai layak. Misalnya, ada sejumlah desain CV menarik yang tersebar di internet.

Contoh CV yang Baik dan Benar

 

Fungsi dari desain curriculum vitae yang menarik ini adalah untuk membuat perusahaan Anda terpesona dan berpikir bahwa Anda adalah individu yang tepat untuk langkah-langkah berikut. Perusahaan yang Anda lamar juga akan merasa bahwa Anda serius untuk melamar pekerjaan.

Meskipun Anda dapat memilih desain CV yang menarik tanpa biaya, ini tidak berarti bahwa keuntungan sebenarnya dari CV dilupakan. Buatlah CV yang menarik, namun setia pada fungsinya. Buatlah agar desain CV yang Anda pilih mampu membuat pembaca ( HRD perusahaan ) memahami informasi yang ada di CV. Selain itu, hal ini juga dapat membantu perusahaan HRD untuk memahami apa yang Anda sampaikan dengan memilih warna sebagai latar belakang dan juga memberikan batasan untuk setiap bagian resume.

3. Mulai Menulis CV

CV yang tepat tidak hanya menarik, tetapi juga CV tertulis.

Haha tentu saja. Tentu saja. Bagaimana Anda akan melamar pekerjaan jika resume yang Anda miliki hanyalah angan-angan? Untuk mencapai hal ini, setelah Anda melakukan penelitian tentang perusahaan, CV dan juga memilih desain CV yang baik, buatlah CV yang baik dan benar sesegera mungkin.

🔥TRENDING:  Penjelasan Mengenai Crypto Idx di Dunia Trading

Prosedur yang harus diikuti saat menyiapkan resume adalah sebagai berikut:

1. Sertakan selalu identitas Anda

Untuk membuat CV atau apapun, memberikan identitas tentu menjadi hal yang tidak boleh diabaikan. Memberikan identitas pribadi dapat membantu perusahaan mengetahui profil dasar Anda dan juga dapat membantu perusahaan untuk menghubungi Anda jika tersedia informasi lebih lanjut.

Termasuk banyak hal, seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon, email dan media sosial. Juga, jangan lupa untuk mengirimkan foto Anda saat ini untuk memberikan kesan tentang diri Anda. Sekedar saran, jika lulus ujian administrasi, kirimkan foto sambil mengenakan pakaian formal dengan gaya yang tidak ketat. Saat Anda melampirkan foto.

2. Sertakan tingkat pendidikan yang jelas

Isi CV tentu saja memuat tingkat pendidikan. Sertakan dengan demikian tingkat pendidikan yang jelas untuk menghasilkan resume yang baik. Jenjang pendidikan harus berdasarkan yang terkecil sampai yang terbesar, untuk jenjang TK sampai SD, SMP sampai SMA. Namun, sebagian besar bisnis sekarang meminta kami untuk menyebutkan tingkat pendidikan terbaru. Perhatikan baik-baik kriteria perusahaan yang Anda lamar.

3. Buat daftar keterampilan dan prestasi Anda

Deskripsi keterampilan dan prestasi pasti akan membuat CV sangat menarik. Hal ini tentu saja dapat dilakukan dengan banyak metode, seperti membuat paragraf, butir dan angka atau membuat grafik yang menggambarkan keahlian dan pencapaian Anda. Ini jelas sebuah kemungkinan, tetapi yang jelas, jangan lupa untuk menonjolkan keahlian dan pencapaian Anda untuk menghasilkan resume yang baik dan akurat.

4. Cantumkan pengalaman kerja dan pelatihan yang dilakukan

Seperti halnya kemampuan dan prestasi kerja di atas, pelatihan dan pengalaman kerja ini dapat dibuat dalam tiga kategori di atas (paragraf, butir dan penomoran, atau diagram). Sertakan pekerjaan dan pelatihan sehubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar sehingga HRD percaya bahwa Anda adalah kandidat yang layak untuk dipilih. agar terlihat profesional,

Tentu, kami akan mengingatkan Anda di sini bahwa bagian ini tidak dilupakan karena ini adalah modal pertama bagi Anda untuk menunjukkan siapa Anda dan berapa banyak pengalaman yang Anda alami.

5. Membaca dan menganalisa CV yang dibuat.

Ini adalah langkah terakhir sebelum Anda mengirimkan CV untuk melamar pekerjaan. CV yang dibuat di awal biasanya tidak sempurna. Oleh karena itu, membaca dan menganalisis CV yang telah Anda buat pasti akan membuka peluang Anda untuk membuat CV yang baik dan akurat.

🔥TRENDING:  Stock Beras di Bulog Tembus 923.000 Ton

Anda dapat mengetahui apa yang kurang dengan membaca dan menganalisis curriculum vitae, dan Anda dapat menambahkannya segera sebelum Anda akhirnya memutuskan untuk mengirimkannya.

Jangan pernah malas membaca dan menganalisa CV untuk CV yang bagus dan menarik bukan?

Nah, itulah cara-cara membuat resume yang baik dan akurat. Anda mungkin yakin bahwa jika Anda benar-benar dapat melamar apa yang kami nyatakan di sini, nanti Anda akan menerima CV yang Anda buat oleh bisnis yang ingin Anda lamar.

Kesimpulan

Curriculum vitae (CV) tentunya menjadi suatu keharusan bagi individu yang ingin melamar pekerjaan. Kebersihan dan orisinalitas dipertimbangkan oleh perusahaan tertentu. Semakin baik materi CV yang Anda buat, semakin besar kemungkinan Anda untuk mengikuti ujian kerja nanti.

Sangat penting untuk membuat contoh resume yang baik dan benar, terutama bagi mereka yang baru pertama kali melamar pekerjaan dan membutuhkan resume sebagai kebutuhan. Kami dapat menghasilkan CV yang bagus dan menarik HRD perusahaan dari beberapa contoh yang kami lihat secara online.

CV yang tepat tidak hanya menarik, tetapi juga CV tertulis. Buatlah agar desain CV yang Anda pilih mampu membuat pembaca ( HRD perusahaan ) memahami informasi yang ada di CV. Sertakan tingkat pendidikan yang jelas untuk menghasilkan resume yang baik.

Sangat penting untuk membuat contoh resume yang baik dan benar, terutama bagi orang-orang yang melamar pekerjaan untuk pertama kalinya. Deskripsi keterampilan dan prestasi pasti akan membuat CV sangat menarik.

Back to top button