Pengertian Financial Planning dan Cara Menyusunnya

Manfaat Financial Planning

Tentu saja, ketika kamu melihat betapa pentingnya Financial Planning bagi setiap individu, ada banyak manfaat yang mungkin kamu terima. Berikut ini adalah manfaat dari Financial Planning:

Panduan Manajemen Keuangan

Jika ada ungkapan “hidup membutuhkan pegangan”, inilah panduan kamu untuk hidup dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan uang. Rencana keuangan seperti buku atau panduan yang harus selalu kamu lihat untuk mencegah situasi keuangan kamu menyimpang dari ‘jalan’ yang direncanakan.

Panduan ini juga akan membuat kamu lebih dekat dengan tujuan keuangan kamu. Jadi setiap langkah yang Anda ambil tidak akan membawa penyesalan karena kamu tahu kamu sedang bergerak ke tujuan yang Anda impikan.

Maksimalkan Sumber Penghasilan

Memaksimalkan sumber pendapatan dapat dicapai melalui peningkatan arus kas keuangan Anda sendiri. Arus kas adalah pencatatan uang setiap hari mengalir masuk dan keluar. Jadi Anda akan menyadari bagaimana Anda telah menghabiskan uang Anda sampai sekarang. Jika Anda berhati-hati untuk melacak arus kas Anda, Anda akan tahu item pengeluaran mana yang lebih besar dan mana yang dapat dikurangi.

Jika Anda memiliki perencanaan keuangan yang baik, Anda akan menyadari bahwa Anda sangat boros dan seharusnya bisa menghemat lebih banyak uang.

Membuat Ekonomi

Anda masih harus menabung, tidak peduli berapa banyak uang yang Anda miliki, jika Anda ingin mencapai tujuan keuangan yang lebih besar. Sadarilah bahwa hemat tidak sama dengan pelit.

Dengan demikian Anda harus mengetahui perbedaan antara keduanya. Berhemat mengandung pengertian pengertian mana prioritas yang harus diberikan dan mana yang dapat ditunda, siapa yang membutuhkan dan kebutuhan siapa yang harus diprioritaskan dan mana yang dapat dikurangi.

Berhemat adalah salah satu pendekatan untuk memaksimalkan sumber pendapatan Anda.

Mulai Investasi Dan Dapatkan Penghasilan Pasif

Apakah Anda sadar akan kebebasan finansial? Kemandirian finansial adalah tujuan akhir yang ingin dicapai oleh setiap individu. Kemandirian finansial dapat dicapai melalui pendapatan pasif. Penghasilan pasif dapat diperoleh melalui investasi itu sendiri.

Dengan kata lain, Anda tidak bekerja untuk uang, tetapi uang bekerja untuk Anda. Salah satu contohnya adalah ketika Anda berinvestasi melalui pembelian saham. Anda cukup duduk santai di rumah dan langsung untung dari jumlah saham yang Anda pegang.

Jika Anda memiliki persiapan keuangan yang tepat, Anda dapat mencapai keinginan untuk berinvestasi. Anda dapat memilih berbagai jenis investasi dan menyesuaikannya dengan kebutuhan, tujuan keuangan, dan kondisi keuangan pribadi Anda.

Mengurangi Rasa Takut Akan Masa Depan

Tidak ada yang bisa meramalkan apa yang akan terjadi di masa depan. Meskipun Anda sudah memiliki pekerjaan yang stabil dan gaji yang cukup, Anda tidak merasa aman dan nyaman. Tidak ada yang bisa menjanjikan bahwa Anda tidak akan kehilangan pekerjaan atau lebih buruk lagi, Anda akan mengalami kecelakaan yang mencegah Anda bekerja untuk beberapa waktu.

Tidak akan ada sumber uang tanpa pekerjaan. Namun selama kamu memiliki rencana keuangan yang matang, Anda tidak perlu khawatir karena selama kamu tidak bekerja, uang yang Anda simpan hingga saat ini dapat terus mendanai hidup Anda.

Membuat Mimpi Menjadi Kenyataan

Ini adalah salah satu keuntungan dari rencana keuangan. Seperti yang sering dinyatakan sebelumnya, memiliki rencana keuangan dapat membantu Anda mencapai tujuan keuangan apa pun yang Anda inginkan. Keinginan membeli rumah, perkebunan dan banyak lagi, misalnya.

Bagaimana Cara Membuat Financial Planning?

Berikut adalah lima langkah mudah untuk mulai mengembangkan rencana keuangan kamu sendiri:

Tentukan Tujuan Keuangan

Tujuan keuangan yang ingin kamu capai akan sangat mempengaruhi penyusunan rencana keuangan kamu. Hal ini terkait langsung dengan aktivitas yang kamu lakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Pertama, tentukan apa tujuan Anda. Anda ingin membeli rumah, mengumpulkan uang investasi, dan banyak lagi.

Kumpulkan Informasi Keuangan

Catat secara rinci berapa banyak uang dan aset likuid yang kamu miliki. Ini termasuk deposito, real estat, tabungan, dan kemudian membandingkannya dengan sisa hutang kamu . Fakta penting lainnya adalah bagaimana arus kas keuangan Anda dan berapa banyak uang yang kamu habiskan untuk setiap pos keuangan.

Tetapkan Langkah-Langkah Jangka Pendek, Menengah dan Panjang

Semua tujuan keuangan tidak dapat dicapai secara bersamaan, tergantung seberapa besar tujuan tersebut, waktu yang dibutuhkan bervariasi. Siapkan rencana langkah keuangan yang komprehensif untuk dimasukkan ke dalam Financial Planning untuk jangka pendek, menengah dan panjang.

Buat Rencana Yang Sudah Disiapkan

Setelah kamu memiliki semua tujuan keuangan dan rencana untuk mencapainya, tugas yang tersisa sekarang adalah membuat kamu dapat membuat semua rencana tersebut. Penting untuk menetapkan tujuan yang realistis sehingga kamu dapat merencanakan dengan mudah.

Bersiaplah Untuk Perubahan

Financial Planning bersifat dinamis dan akan terus berubah tergantung pada keadaan dan fase kehidupan kamu. Bersiaplah untuk perubahan ini, kapan pun itu terjadi.

Kesimpulan

Pengertian financial planning adalah proses mencoba untuk mencapai tujuan keuangan pribadi yang berbeda dengan menerapkan dan mengembangkan rencana keuangan. Ini adalah proses menyederhanakan pendapatan keluarga yang berbeda, pengeluaran, aset dan tanggung jawab untuk mengelola kebutuhan sekarang dan masa depan.

Demikian penjelasan dari pengertian financial planning lengkap yang bisa kamu sampaikan mulai sekarang. Jangan menunggu dan mengatur Financial Planning pribadi kamu dengan cepat.

Laman sebelumnya 1 2
Tombol kembali ke atas