Advertisement

Pengertian Financial Planning dan Cara Menyusunnya

Rancakmedia.com – Menurut Financial Planning Standards Board Indonesia FPSB pengertian financial planning adalah suatu proses untuk mencapai tujuan hidup seseorang melalui pengelolaan keuangan yang terpadu dan terencana.

Anda pasti sering mendengar kata ‘Financial Planning’ ketika kamu memasuki dunia kerja dan mulai menghasilkan uang sendiri. Namun, tidak semua orang benar-benar paham dan belum banyak yang menerapkan konsep Financial Planning. Financial Planning sangat penting untuk mencapai tujuan keuangan yang diinginkan.

Financial Planning atau Perencanaan Keuangan juga akan membantu kamu untuk mengidentifikasi keinginan mana yang perlu dan mungkin ditunda dan diprioritaskan. Financial Planning seseorang berbeda dengan yang lain berdasarkan pada situasi keuangan masing-masing orang dan tujuan apa yang ingin mereka capai.

Anda akan mengerti apa itu Financial Planning dan betapa pentingnya bagi setiap orang untuk membuat Financial Planning mulai dari sekarang, setelah membaca artikel ini.

Pengertian Financial Planning Lengkap

Sebelum kamu melangkah lebih jauh dan menjelaskan betapa pentingnya Financial Planning, apa kelebihannya dan bagaimana membuat Financial Planning yang benar, kamu perlu terlebih dahulu memahami konsep perencanaan keuangan.

Financial Planning adalah proses di mana seseorang mencoba untuk mencapai tujuan keuangan pribadi yang berbeda dengan menerapkan dan mengembangkan rencana keuangan.

Ini adalah proses menyederhanakan pendapatan keluarga, pengeluaran, aset dan tanggung jawab yang berbeda untuk mengelola kebutuhan sekarang dan masa depan. Ini termasuk Financial Planning. Penyederhanaan pasti berusaha untuk mencapai tujuan keuangan masing-masing individu.

Financial Planning harus dilihat sebagai proses yang berkesinambungan. Mereka harus membuat strategi keuangan untuk menjamin bahwa keadaan ekonomi mereka tetap stabil selama orang ada.

Jika satu tujuan keuangan tercapai, tujuan utama lainnya akan muncul. Tidak hanya itu, tujuan keuangan juga cenderung bervariasi tergantung pada situasi keuangan, gaya hidup dan kebutuhan seseorang.

Misalnya, kebutuhan seorang individu berbeda dengan kebutuhan orang yang sudah menikah. Hal yang sama berlaku untuk tujuan keuangan. Tujuan finansial yang ingin dicapai seseorang sebelum dan sesudah menikah sangat berbeda dan prioritasnya tentu berbeda.

Elemen Financial Planning

Ada banyak elemen dalam Financial Planning. Elemen yang harus diperhatikan antara lain:

Tujuan Keuangan Yang Ingin Dicapai

Ada baiknya kamu memaparkan tujuan keuangan kamu sedetail mungkin sehingga kamu dapat menentukan tindakan apa yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Jangka Waktu Yang Dibutuhkan

Ketika diterapkan pada rencana keuangan kamu, semakin cepat semakin baik. Tentukan target waktu untuk mencapai tujuan yang telah kamu tetapkan pada butir sebelumnya. Ini akan membuat kamu lebih.

Rencana Aksi

Sebuah rencana tidak akan selesai jika tindakan nyata tidak diambil untuk mencapai tujuan. Jelas dan realistis mendefinisikan tindakan jangka pendek dan jangka pendek. Pastikan kamu semakin dekat dengan tujuan kamu setiap langkah yang kamu ambil.

Sumber Keuangan

Tentu saja, apa yang disebut dengan Financial Planning harus menjadi sumber keuangan yang menjadi “mesin” untuk semua tujuan kamu. Sumber daya ini dapat mengambil berbagai bentuk, seperti pendapatan, pendapatan tambahan, keuntungan operasional, dividen saham dan banyak lagi. Sumber daya keuangan akan secara langsung terkait dengan tujuan keuangan kamu di masa depan.

Faktor Risiko

Mempertimbangkan semua bahaya yang terkait dengan rencana saat melakukan Financial Planning. Pertimbangan risiko sering dikaitkan dengan sumber daya keuangan. Misalnya, jika sumber daya utama adalah upah bulanan, maka elemen risiko yang terkait adalah apakah kamu suatu hari dipecat dari pekerjaan atau pensiun.

Lima unsur berikut ini penting dan saling berpengaruh. Jika hanya satu aspek yang hilang, Financial Planning tidak akan dibangun dengan baik.

Mengapa Penting Untuk Financial Planning?

Anda yang masih baru dalam Financial Planning pasti akan bertanya-tanya kenapa ada yang mempersiapkan. Pernahkah kamu lupa dan bingung ke mana perginya semua uang kamu, jika kamu termasuk orang yang tidak memahami pentingnya Financial Planning?

Setelah kamumendapatkan penghasilan bulanan, uang kamu hampir habis tanpa Anda sadari, namun tabungan Anda minim. Financial Planning berbeda dengan melacak pengeluaran. perencanaan keuangan jauh lebih rumit karena mencakup tujuan yang ingin Anda capai secara finansial.

Pengertian Financial Planning

Nah, disinilah pentingnya Financial Planning. Anda memerlukan rencana keuangan untuk mencapai semua tujuan keuangan Anda. Ini akan mencegah kamu menghabiskan lebih banyak uang daripada yang seharusnya dan lebih dari yang kamu bisa. Hidup bahagia dan sukses akan menjadi impian yang tidak akan pernah terwujud tanpa persiapan finansial yang memadai.

Financial Planning juga merupakan salah satu perlindungan terbesar bagi semua orang. Kita tidak pernah tahu semua yang akan terjadi di masa depan. Misalnya, tidak ada yang bisa menjanjikan bahwa, bahkan jika saat ini kamu memiliki pekerjaan yang stabil dengan penghasilan yang baik, kamu tidak akan kehilangan pekerjaan kamu.

Siapa tahu bisnis kamu harus mengurangi stafnya dan kamu akan kehilangan pekerjaan. Atau kamu mengalami kecelakaan yang mengharuskan Anda berhenti dari pekerjaan untuk sementara waktu. Jika Anda memiliki strategi keuangan yang matang, selama krisis ini, kamu tidak perlu khawatir tentang hidup Anda. Bahkan jika situasi keuangan Anda memburuk, Anda masih dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga Anda.

1 2Laman berikutnya
Tombol kembali ke atas