Advertisement

Apa Itu Perusahaan Jasa Lengkap dengan Jenis-Jenisnya

Rancakmedia.com – Apakah kamu sudah tahu apa itu perusahaan jasa? dalam artikel ini kami akan memberikan informasinya secara lengkap jadi silahkan baca detailnya dibawah ini ya, selamat membaca! Bertambah tahun perusahaan jasa semakin berkembang bentuknya sesuai dengan keadaan zaman. Hubungan saling mempengaruhi antara perusahaan dan masyarakat berada dalam sisi yang saling membutuhkan.

Umumnya, perusahaan melakukan kegiatan produksi baik barang maupun jasa untuk menyediakan kebutuhan dari para klien. Lalu apa saja jenis-jenis perusahaan yang bergerak di bidang jasa di negara ini, dan apa saja contohnya? Temukan jawabannya pada artikel di bawah ini.

Apa Itu Perusahaan Jasa, Bentuk dan Jenisnya

Menurut Big English Dictionary, perusahaan jasa adalah perusahaan yang produk usahanya berupa jasa bukan barang, misalnya Pariwisata, jasa, dll. Menurut Phillip Kotler, perusahaan jasa adalah perusahaan yang menawarkan produk yang tidak berwujud tetapi dapat dirasakan manfaatnya.

Adalah unit usaha yang model bisnis barang produksi tidak berwujud yang bertujuan untuk memperoleh suatu keuntungan.

Bisa kita simpulkan sebagai perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya supaya dapat memenuhi kebutuhan para konsumen dan menghasilkan suatu keuntungan lebih.

Perusahaan ini bisa berupa fisik atau berwujud seperti transportasi umum yang menawarkan suatu jasa berupa transportasi kepada konsumen untuk mengantarkannya ke suatu titik tertentu.

Transportasi bisa berupa kapal laut, pesawat, bus dan alat transportasi lainya. Suatu perusahaan harus memiliki alat transportasi untuk melakukan suatu kegiatan tersebut.

Apa Itu Perusahaan Jasa

Perusahaan Jasa Dan Jenisnya

Memiliki dua unsur kata yang memiliki arti berbeda, yaitu perusahaan dan jasa. Perusahaan memiliki makna sebuah organisasi terstruktur yang diselenggarakan untuk mencapai tujuan tertentu. sedangkan jasa adalah produk abstrak yang dihasilkan dalam rangka memenuhi permintaan pasar.

Bisa diartikan sebagai jenis perusahaan yang bergerak untuk memproduksi jasa berupa layanan sesuai dengan jenisnya masing-masing. Oleh karena itu Anda harus mengetahui berbagai jenis perusahaan di bidang jasa berikut ini

Jasa Keuangan

Keuangan adalah salah satu aspek penting dalam perekonomian negara kita. Keuangan berkaitan langsung dengan uang yang menjadi alat tukar utama di Indonesia, maupun di seluruh dunia.

Perilaku masyarakat yang berkaitan langsung dengan peredaran uang seringkali menyebabkan mereka mengalami surplus maupun kekurangan jumlah uang.

Dalam arti lain, ada kalanya sebagian kecil kelompok masyarakat mengaku kekurangan uang. Dan ada juga yang bingung akan menginvestasikan uangnya dimana karena kelebihan uang.

Nah, perusahaan yang bergerak di bidang jasa keuangan bertugas membantu masyarakat dalam hal pengelolaan finansial.

Telekomunikasi

Perusahaan yang bergerak di bidang jasa telekomunikasi biasanya menangani masalah komunikasi dalam garis besar.

Cakupan dari perusahaan yag bergeerak di bidang jasa ini cukup luas, meliputi jasa pengiriman barang, jasa penerjemah, jasa penulisan, dan lainnya

Pendidikan

Bidang jasa pendidikan tak luput dari perhatian para wirausaha, dan dijadikan ladang uang yang cukup strategis. Contoh dari perusahaan yang bergerak di bidang jasa pendidikan adalah lembaga bimbingan belajar atau Bimbel.

Bank Konvensional atau Syariah

Berbicara mengenai masalah perusahaan bidang jasa keuangan, bank tidak boleh luput dari perhatian. Bank yang menganut sistem konvensional maupun syariah membantu masyarakat dalam menyimpan dan menginvestasikan dana mereka.

Pegadaian Konvensional atau Syariah

Lembaga Pegadaian juga termasuk perusahaan bidang jasa keuangan, yang berfungsi untuk mengadakan pembiayaan serta menyediakan berbagai jenis jasa lain. Seperti halnya pembayaran tiket, tabungan emas, pembayaran listrik dan internet, serta masih banyak lainnya.

Asuransi Konvensional atau Syariah

Perusahaan asuransi bisa dibilang sebagai lembaga yang bertugas mengelola investasi dana dan mengalokasikannya sesuai dengan perjanjian dengan nasabah

  1. Bank Tabungan Indonesia (Persero) Tbk (BBTN)
  2. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI)
  3. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI)
  4. Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI)
  5. Bank Central Asia Tbk (BBCA)
  6. Dan lain – lainya

Transportasi Jalur Laut

Berorientasi pada penyeberangan antar pulau maupun negara menggunakan laut, perusahaan transportasi jalur laut cukup banyak contohnya.

Diantaranya adalah PELNI yang menjual tiket kapal laut, PT ASDP Indonesia Ferry, dan masih banyak lainnya.

  1. PT. Garuda Indonesia (pesawat)
  2. PT. Kereta Api Indonesia (kereta api)
  3. PT. Trans Jakarta (Bus Trans)
  4. PT. Kalla Coorperation (Taxi, jual beli otomotif)
  5. PT. Toyota (mobil)
  6. PT. Yamaha (motor)

FAQ

Berikut ini sesi tanya jawab seputar artikel di atas.

Apa Tujuan Dari Perusahaan Jasa?

Perusahaan jasa adalah perusahaan yang memiliki kegiatan untuk menghasilkan produk (jasa) yang tidak berwujud dengan tujuan memperoleh keuntungan atau profit. Tujuan perusahaan jasa selain untuk mencari keuntungan adalah untuk mewujudkan keinginan konsumen dan memenuhi kebutuhan konsumen.

Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Jasa?

Jasa adalah setiap tindakan atau kegiatan yang dapat diberikan satu pihak kepada pihak lain yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan apa pun. Produksi jasa dapat dikaitkan dengan produk fisik atau sebaliknya.

Apa Kelebihan Dari Perusahaan Jasa?

  1. Bisa hemat modal
  2. Tidak diperlukan stok barang
  3. Tidak ada kontribusi modal
  4. Tidak diperlukan gudang dan distribusi
  5. Tantangan dalam strategi periklanan
  6. Tidak ada pengembalian atau pengembalian produk
  7. Tentukan bisnis yang ingin kamu jalankan
  8. Harga untuk layanan Anda

Kesimpulan:

Perusahaan jasa adalah unit bisnis yang model bisnisnya berupa barang tidak berwujud dengan tujuan memperoleh keuntungan. Suatu perusahaan dapat berbentuk fisik atau berwujud seperti angkutan umum yang menawarkan jasa berupa angkutan kepada konsumen.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas