Usaha Kecil Menengah (UKM), Peran, dan Manfaatnya

Lutfi

Usaha Kecil Menengah UKM Peran dan Manfaatnya
Usaha Kecil Menengah UKM Peran dan Manfaatnya

Manfaat Usaha Kecil dan Menengah (UKM)

Di Indonesia ekspansi UKM memiliki efek positif pada pembangunan ekonomi. Persentase kredit bermasalah yang perlu mendapat perhatian (NPL). Berdasarkan data statistik Bank Indonesia (BI), NPL gross perbankan pada semester I 2009 sebesar 4,5% dan akhirnya turun menjadi 3,8% pada akhir 2009.

Julita Wikana, Associate Director FitchRatings, mengindikasikan, berdasarkan percakapan dengan perbankan, kredit UKM dan korporasi menjadi penyumbang NPL terbesar. Sementara itu, NPL sebagian besar konstan di sektor kredit konsumsi.

UKM juga memiliki peran tambahan yang signifikan dalam kuantitas penerimaan negara. Berbagai macam UKM telah menjadi sumber devisa negara, dengan kata lain UKM merupakan investasi bagi negara. Terutama usaha kecil dan menengah di bidang pertanian dan perdagangan.

Sektor pertanian Indonesia telah menjadi salah satu komoditas utama untuk kebutuhan lokal atau bahkan untuk komoditas ekspor Indonesia. Dengan produksi seni dan kerajinan Indonesia di berbagai daerah di Indonesia, produksi seni dan kerajinan tidak hanya dipasarkan di pasar dalam negeri, tetapi juga mampu memasuki pasar global, khususnya negara-negara di Asia.

Selain bermanfaat bagi pembangunan ekonomi Indonesia, UKM di masyarakat juga dapat mengurangi pengangguran, sekaligus meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat. Pasalnya, jumlah UKM yang didirikan mampu mempekerjakan jutaan orang yang baru pertama kali menganggur. Ini akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan membuatnya lebih aman.

Kesimpulan:

Pengertian usaha kecil di Indonesia bersifat relatif, oleh karena itu harus ada batasan yang dapat menimbulkan pengertian usaha kecil dari berbagai aspek. Usaha kecil adalah pengusaha dengan total penjualan bersih per tahun sampai dengan Rp1.000 juta (satu miliar rupiah).

Demikian artikel yang dapat kami sampaikan semoga informasi tersebut bermanfaat, sebelum kami mengakhiri artikel kali ini, berikut ini rekomendasi ide bisnis dengan modal kecil yang bisa kamu lakukan di reumah, nah itulah informasinya, sekian dan terimakasih.

Baca Juga

Bagikan:

Lutfi

Hai perkenalkan saya Lutfi Hulasoh, Saya adalah seorang penulis dan bloger tekno. saya mulai membuat blog pribadi menulis artikel-artikel informatif tentang tren dan perkembangan terbaru dalam teknologi. Tulisan saya mencakup berbagai topik, mulai dari aplikasi mobile hingga kecerdasan buatan, dan Saya juga dapat memberikan penjelasan yang mudah dipahami untuk membantu pembaca memahami konsep yang kompleks.