Advertisement

Cara Melakukan Perdagangan Internasional

Rancakmedia.com – Bagaimana cara melakukan perdagangan internasional? pada dasarnya tidak ada negara yang dapat memenuhi semua tuntutan rakyatnya sendiri. Hal inilah yang menyebabkan suatu negara melakukan kerjasama dengan negara lain dalam perdagangan atau yang biasa disebut dengan perdagangan internasional.

Perdagangan internasional dilakukan untuk memenuhi kebutuhan suatu negara akan barang atau jasa yang tidak dapat dipasok secara lokal karena keadaan tertentu. Sedangkan perdagangan internasional adalah kegiatan perdagangan antara satu negara dengan negara lain berdasarkan kesepakatan bersama, dikutip dari materi pembelajaran IPS di website Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi atau Kemendikbudristek.

Selain itu, perdagangan internasional dapat digambarkan sebagai transaksi komersial pihak lebih dari satu negara sebagai konsekuensi dari Perdagangan Internasional Wahono Diphayana (2018), yang menjelaskan buku tersebut.

Ekspor dan impor barang, perolehan bahan baku dari luar negeri hingga penanaman modal di negara lain merupakan contoh transaksi komersial. Penduduk suatu negara dengan warga negara lain, individu dari berbagai negara, orang dengan pemerintah negara lain atau pemerintah satu negara dengan negara lain dapat melakukan kegiatan perdagangan internasional.

Manfaat Melakukan perdagangan internasional

Memang, kegiatan perdagangan internasional telah berlangsung sejak SM selama ribuan tahun. Kegiatan perdagangan antar negara semakin lancar seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi dan teknologi.

Oleh karena itu, perdagangan internasional merupakan komponen penting dari pembangunan ekonomi negara manapun. Banyak negara diuntungkan dari perdagangan internasional untuk meningkatkan PDB (GDP).

Manfaat Perdagangan Internasional

Membangun Hubungan Baik Antar Negara

Perdagangan antar negara juga membantu mengembangkan hubungan baik dengan negara lain. Jika hubungan antar negara berjalan lancar, kerja sama antara keduanya kemungkinan akan meluas ke berbagai sektor dan tidak terbatas pada perdagangan. Kerjasama ini juga dapat mencakup bidang lain, termasuk budaya, politik, pendidikan, militer dan teknologi.

Efisiensi dan Penciptaan Spesialisasi

Sebuah negara yang mengkhususkan diri dalam bidang ekonomi akan memiliki perdagangan internasional yang berkelanjutan. Dalam artian, Negara dan penduduknya akan memiliki bakat unik yang berbeda-beda dalam memproduksi barang dan jasa dari negara lain.

Meningkatkan Kemakmuran Negara

Kegiatan para pelaku ekonomi termasuk produsen, konsumen dan pemerintah merupakan indikator kemakmuran suatu negara. Hal tersebut akan memberikan kesejahteraan bagi masing-masing pelaku ekonomi tersebut melalui kegiatan perdagangan internasional.

Produsen akan menikmati kemakmuran jika mereka dapat meningkatkan pendapatannya dengan meningkatkan penjualan barang atau jasa ke negara lain dengan hambatan tarif atau non-tarif yang minimal.

Menurunkan Pengangguran

Jika pasar perdagangan internasional tumbuh, maka kegiatan produksi barang atau jasa juga akan meningkat di suatu negara. Ini juga telah meningkatkan permintaan untuk bekerja di berbagai sektor. Jika itu terjadi, tingkat pengangguran juga akan segera berkurang.

Transfer Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)

Perdagangan internasional juga berperan dalam memobilisasi ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya di negara-negara miskin dari negara-negara kaya.

Perdagangan internasional akan memungkinkan suatu negara untuk menjual barang-barang berteknologi canggih, seperti mesin dan peralatan modern ke negara-negara yang lebih membutuhkannya. Mobilisasi teknologi di negara pengimpor dengan demikian akan lebih cepat.

Stabilitas Harga

Perdagangan internasional di pasar domestik suatu negara secara tidak langsung dapat mempengaruhi harga. Dengan perdagangan internasional, impor dapat mengatasi kelangkaan barang yang menghasilkan harga tinggi untuk meningkatkan stok di pasar lokal.

Sebaliknya, kegiatan ekspor untuk menurunkan barang dapat dilakukan jika negara tersebut memiliki kelebihan stok yang menyebabkan harga barang menjadi rendah.

1 2Laman berikutnya
Tombol kembali ke atas