BISNIS

Cash flow Quadrant, Pengertian dan 5 Bagiannya

Rancakmedia.com – Cash flow quadrant Kuadran Arus Kas, yang diusulkan oleh Robert T. Kiyosaki, membantu mengidentifikasi status keuangan seseorang dan dari mana pendapatan mereka berasal. Pendapatan seseorang dapat dibagi menjadi empat kategori.

Misi Robert Kiyosaki adalah membuat kebebasan finansial dapat dicapai oleh individu dengan mengekspos mereka ke kuadran arus kas. Begitu seseorang memperoleh kemandirian finansialnya, mereka akan dapat fokus pada minat lain seperti berkarir atau menikmati waktu bersama keluarga.

Cash flow Quadrant, Manfaat Karyawan

Orang-orang yang bekerja sebagai karyawan termasuk dalam kuadran E. Bagi orang-orang di kuadran ini, pendapatan yang mereka peroleh setiap orang sama dengan pendapatan di perusahaan sebelumnya (dengan gaji yang stabil), tetapi majikan mereka tidak berbagi bisnis dengan mereka . Di wilayah ini, orang dapat memegang jabatan setinggi presiden/CEO sebuah perusahaan.

Dalam mencari pekerjaan, orang-orang di kuadran ini cenderung berfokus pada memperoleh rasa pasti dan rasa aman. Mereka jarang berpikir seperti ini: Saya mencari pekerjaan yang stabil dan dapat diandalkan dengan fasilitas yang bagus.

Cash flow Quadrant, Wiraswasta

Orang-orang yang memiliki bisnis kecil dan melakukan semuanya sendiri beroperasi di kuadran S. Dalam hal ini, uang yang dihasilkan seseorang berbanding lurus dengan usaha atau pekerjaan yang mereka lakukan.

Jika mereka mencurahkan lebih banyak waktu dan usaha ke dalamnya, pendapatan mereka akan meningkat. Semakin sedikit waktu dan usaha yang dilakukan, semakin sedikit pendapatan yang dihasilkan.

🔥TRENDING:  Rekomendasi Aplikasi Trading Saham Terbaik untuk Para Pemula

Orang-orang seperti pemilik usaha kecil seperti pemilik restoran, konsultan, dan bisnis jasa yang menyediakan hal-hal seperti halaman dan pembersihan rumah menghuni kuadran ini.

Cash flow Quadrant, Manfaat Karyawan

Mereka juga membentuk kuadran ini, seperti halnya karyawan yang mendapatkan komisi atas penghasilan mereka. Agen real estate, dokter, dan pengacara, misalnya. Dalam diskusi saya dengan mereka, mereka sering memberi tahu saya hal-hal seperti gaji mereka beberapa rupiah per jam atau tarif mereka beberapa rupiah untuk pekerjaan itu.

Orang-orang di kuadran ini biasanya memiliki ketekunan dan lebih suka menangani proyek mereka sendiri. Banyak pengusaha berpikir bahwa jika Anda dipekerjakan oleh orang lain, Anda seharusnya tidak pernah puas bekerja untuk mereka, melainkan bekerja untuk diri sendiri. Atau, jika Anda menginginkan pekerjaan dengan perspektif tinggi, lakukan sendiri.

Cash flow Quadrant, Seorang Individu yang Memiliki Bisnis Akan Mendapatkan B Dalam Bisnis.

Kuadran B terdiri dari pemilik bisnis yang mengumpulkan pendapatan tetapi memiliki sedikit keterlibatan pribadi dalam operasi perusahaan mereka. Inilah yang membedakan anggota kuadran B dan S: tidak harus melakukan tindakan langsung.

Karena individu kuadran B cenderung menjadi pengusaha yang sangat besar yang telah dapat meninggalkan perusahaan mereka di tangan orang yang kompeten di kuadran E, mereka memiliki kebebasan untuk beristirahat sejenak dari pekerjaan mereka. laba.

🔥TRENDING:  Kebutuhan Bisnis Muslim Di Indonesia

Di sisi lain, orang kuadran S cenderung terjebak dalam karir atau bisnis mereka dan tidak bisa keluar. Dalam kebanyakan kasus, jika kelompok kuadran S berhenti berfungsi, pendapatan mereka segera berhenti.

Investor Untuk Saya

Kuadran Di antara orang-orang yang pendapatannya berasal dari investasi di sebuah perusahaan, saya termasuk dalam kuadran di mana pendapatan saya berada. Orang-orang di kuadran I tidak perlu terlibat dalam operasi sehari-hari perusahaan, seperti yang ada di kuadran B.

Pembiayaan Kebebasan

Robert Kiyosaki merekomendasikan bahwa orang yang tertarik pada kebebasan moneter harus beroperasi di kuadran B atau I. Dia percaya bahwa pemilik bisnis mendapatkan kebebasan finansial karena mereka memiliki bisnis mereka sendiri, sedangkan orang atau mereka yang bekerja untuk bisnis tidak pernah melakukannya.

Untuk menjalankan dan mengelola bisnis mereka, mereka yang berada di kuadran B dan I memiliki banyak waktu luang karena mereka mempekerjakan orang-orang dari kuadran E dan S. Jika Anda ingin bebas, sebaiknya Anda keluar dari urusan orang lain. Itulah yang dia katakan. Bisnis Robert Kiyosaki tidak masuk ke kuadran S, tapi malah masuk ke kuadran B.

Dia berpendapat bahwa ketika seseorang mengejar stabilitas pekerjaan atau mengkhususkan diri dalam suatu bidang, mereka “kehilangan kebebasan mereka.”

Anda yang ingin mengubah waktu Anda sepenuhnya harus tahu bahwa berpindah dari satu kuadran ke kuadran lain adalah proses yang panjang. Dia menekankan bahwa bimbingan juga diperlukan untuk perubahan kuadran ini.

🔥TRENDING:  Perkembangan Hukum Bisnis Internasional

Kesimpulan:

Kuadran Arus Kas, yang diusulkan oleh Robert T. Kiyosaki, membantu mengidentifikasi status keuangan seseorang. Pendapatan seseorang dapat dibagi menjadi empat kategori: E, S, B, dan I. Begitu seseorang memperoleh kemandirian finansialnya, mereka akan dapat fokus pada minat lain seperti berkarir atau menikmati waktu bersama keluarga. Robert Kiyosaki merekomendasikan bahwa orang yang tertarik pada kebebasan moneter harus beroperasi di kuadran B atau I. Dia percaya bahwa pemilik bisnis mendapatkan kebebasan finansial karena mereka memiliki bisnis sendiri, sedangkan orang yang bekerja untuk bisnis tidak pernah melakukannya. Mereka yang berada di kuadran B dan I memiliki banyak waktu luang karena mereka mempekerjakan orang dari kuadran E dan S.

Back to top button