Advertisement

Apa Itu Key Performance Indicators atau KPI Marketing

Rancakmedia.com – Berikut adalah penjelasan dari apa itu key performance indicators, atau KPI untuk pemasaran, mengacu pada metode kuantitatif yang digunakan untuk mengevaluasi efektivitas program pemasaran dan inisiatif departemen.

Bauran pemasaran yang tepat terdiri dari banyak faktor yang saling berhubungan, masing-masing dengan kepentingan relatifnya sendiri. Faktor-faktor tersebut dapat dibagi menjadi empat bidang berikut produk, harga, lokasi, dan promosi. Untuk memastikan kami tidak mengabaikan bagaimana mereka membantu orang berkumpul dan menemukan mitra untuk usaha bisnis.

Dalam mengukur kinerja area ini, sangat penting untuk memiliki beberapa pemasaran dasar dari berbagai item. Dalam konteks ini, Anda perlu mempelajari dan memikirkan tentang pendapatan, volume penjualan, pangsa pasar, indeks kepuasan pelanggan, indeks kesadaran merek, serta akuisisi dan retensi pelanggan.

Ukuran yang paling sering digunakan untuk mengukur efektivitas pemasaran adalah pendapatan penjualan. Ini digunakan sebagai referensi karena lebih mudah dipahami daripada perhitungan yang lebih rumit.

Tolok ukur ini mengevaluasi dan mengidentifikasi seberapa sukses suatu bisnis. Ukurannya dinyatakan dalam mata uang, dan pertumbuhannya berbasis persentase. Yang lain menganggap undang-undang ini sebagai perputaran uang dan perputaran uang.

Key Performance Indicators Unit Barang

Unit barang yang dijual adalah volume penjualan, sebagai lawan dari keseluruhan produk uang yang dihasilkan melalui penjualan. Pengukuran referensi penjualan tergantung pada ukuran penjualan. Untuk mengukur pangsa pasar, kami melihat persentase total produk yang kami jual dibandingkan dengan produk yang ditawarkan pesaing kami.

Apa Itu Key Performance Indicators

Formulir ini menggunakan persentase pangsa pasar berdasarkan data yang disediakan oleh perusahaan riset pasar dan asosiasi bisnis, yang memberikan informasi tentang volume penjualan barang industri yang berbeda. Bagaimana kinerja satu perusahaan dibandingkan dengan kinerja pesaing mereka terutama tentang mengukur proporsi pasar yang lebih besar.

Manajemen dan kinerja pekerja Anda untuk melacak kebahagiaan pelanggan pada produk perusahaan, digunakan indeks kepuasan pelanggan. Skor dapat berkisar dari 1 hingga 5 atau 1 hingga 10.

Untuk memperoleh pengukuran ini, Anda dapat melakukan studi Anda sendiri atau mendapatkannya dari nomor yang ditetapkan secara independen untuk melakukan penelitian semacam ini. Untuk implementasinya, lembaga riset pasar dan majalah perbatasan mengadopsi ICSA (singkatan dari Information Communication Strategy Alliance)

Indeks Kesadaran Merek

Kami dapat mengetahui seberapa terkenal dan disukai produk merek perusahaan kami melalui indeks kesadaran merek.

Dengan cara yang sama bahwa indeks kepuasan pelanggan memberikan skor nilai dari 1 hingga 5, mendapatkan nilai pada skala 1 hingga 5 juga menghasilkan hasil tersebut. Bedanya, dengan ICSA majalah SWA, lembaga otonom dapat melakukan pencarian sendiri dengan menerapkan STBP. Dan Mars Market Research Institute adalah rute lain yang memungkinkan.

Akhirnya, untuk mengevaluasi berapa banyak pelanggan sebelumnya yang tersisa dan berapa banyak pelanggan baru yang mereka peroleh, metrik ini adalah ukuran akuisisi dan retensi pelanggan. Ukuran pelanggan ini berfungsi untuk memisahkan pelanggan.

Untuk jumlah, menempatkan semua orang ke dalam tanda kurung berdasarkan pendapatan dan pengeluaran mereka. Ketika pendapatan setiap pelanggan meningkat, jumlah uang yang dikeluarkan meningkat, dan oleh karena itu, pendapatan perusahaan akan tumbuh lebih baik lagi.

Berikut ini adalah contoh metrik KPI yang dapat digunakan oleh departemen pemasaran untuk membangun dan mendistribusikan serangkaian kegiatan di sore hari yang layak dan wajar untuk mendukung pemasaran perusahaan.

  • Pengukuran: persen peningkatan pendapatan penjualan
  • Metrik: total pendapatan penjualan kategori produk baru dan lama
    Satuan Ukur: Rupiah

Pertumbuhan peningkatan penjualan terhadap total pengeluaran iklan atau pemasaran. Untuk mengukur manfaat investasi periklanan atau pemasaran, di mana seseorang ingin mengetahui apakah sejumlah pengeluaran pemasaran tertentu berhasil atau tidak, ukuran ini memberikan efektivitas yang nyaman.

  • Satuan : jumlah Rupiah (Rp). Target: Rasio produk baru terhadap pesaing.
  • Metrik: 5

Key Performance Indicators Nilai Merek Berbasis Pelanggan

Indeks tersebut mengukur kepuasan pelanggan terhadap produk, yang ditemukan melalui pertanyaan seperti seberapa sering pelanggan membeli lebih banyak produk dan seberapa senang pelanggan dengan produk tersebut

  1. Persentase tumpang tindih antara permintaan rantai pasokan dan permintaan yang diharapkan untuk produk.
  2. Satuan ukuran adalah persentase.
  3. KPI adalah tingkat produk di setiap kategori.
  4. Berapa banyak uang yang digunakan untuk iklan dan unit sebagai persentase dari keseluruhan penjualan.
  5. Persen Satuan Pengukuran

FAQ

Apa Itu KPI Dalam Marketing?

KPI pemasaran adalah metrik pemasaran numerik yang dilacak perusahaan untuk mengukur kemajuan mereka dalam mencapai tujuan di departemen pemasaran.

Apakah KPI Setiap Perusahaan Sama?

Karena key performance indicator merupakan alat untuk mengukur kinerja suatu perusahaan, maka key performance indicator juga harus mencerminkan tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan. Artinya, setiap indikator kinerja utama perusahaan dapat berbeda-beda sesuai kebutuhan.

Siapa Yang Harus Membuat KPI?

Manajemen menetapkan KPI perusahaan dan menentukan departemen mana yang bekerja dan bertanggung jawab untuk mencapai tujuan tersebut. Kemudian departemen SDM bersama para kepala departemen membuat KPI pegawai atau KPI operasional berdasarkan jabatannya masing-masing.

Kesimpulan:

Di Indonesia, Key Performance Indicators (KPI) adalah metode kuantitatif yang digunakan untuk mengevaluasi efektivitas program pemasaran dan inisiatif departemen. KPI termasuk pendapatan, volume penjualan, pangsa pasar, indeks kepuasan pelanggan, indeks kesadaran merek, dan akuisisi dan retensi pelanggan.

Untuk implementasinya, lembaga riset pasar dan majalah perbatasan mengadopsi ICSA (Information Communication Strategy Alliance). KPI adalah tingkat produk di setiap kategori, dan mengukur berapa banyak uang yang dihabiskan untuk periklanan dan pemasaran sebagai persentase dari keseluruhan penjualan.

Tombol kembali ke atas