Advertisement

Cara Jualan di Shopee untuk Pemula Lewat Hp 100% Cuan

Rancakmedia.com – Jika kamu seorang pemula, berikut ini cara jualan di Shopee yang akan kami berikan informasi nya secara detail, simak terus dalam artikel berikut ini, selamat membaca!

Apakah kamu ingin jualan di aplikasi shopee? berikut ini kami akan memberikan tutorial untuk pemula yang bisa kamu lakukan di handphone tanpa modal besar, silahkan simak pembahasan ini.

Shopee adalah salah satu platform e-commerce yang paling populer dan banyak digunakan di Indonesia. Banyak pebisnis memilih platform ini untuk menjual produknya.

Bagaimana cara jualan di Shopee untuk pemula? Cara jualan di Shopee atau cara menjual barang di secara online sebenarnya relatif sederhana. Namun, sebagian orang tidak memahami cara dan langkah-langkahnya.

Padahal, panduan cara berjualan di Shopee sudah tersebar di website resmi dan media sosial. Jika kamu calon penjual, kamu hanya perlu mempelajari beberapa proses yang mudah untuk mulai berjualan di Shopee ini.

Tentunya bagi kamu yang tertarik untuk berjualan di marketplace ini, kamu harus mengetahui terlebih dahulu cara jualan di Shopee. Agar produk atau barang yang kamu jual cepat laku di Shopee.

Semua orang sudah tahu bahwa bisnis online atau jual beli di internet saat ini sudah menjadi gaya hidup baru bagi masyarakat. Tidak sedikit yang menggunakan aplikasi shopee ini untuk menjadikan bisnis disini sebagai bisnis sampingan.

Selain itu, menjalankan bisnis online tidak memerlukan toko fisik, sehingga penjual dapat menghemat biaya.  Banyak penjual Shopee yang bekerja hanya dari rumah saja loh, bahkan desa terpencil juga bisa ada.

Untuk reseller, pelaku bisnis hanya membutuhkan modal untuk membeli persediaan barang yang akan kamu jual. Bahkan beberapa orang menjalankan bisnis online ini dengan hampir tanpa modal ketika menggunakan sistem dropship. Lalu bagaimana cara berjualan di Shopee untuk orang awam?

Memulai Bisnis di Shopee

Baiklah, langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum mulai berjualan di Shopee yaitu memiliki akun terlebih dahulu. Terdapat dua cara untuk membuat akun di Shopee yaitu melalui website Shopee dan juga bisa mrlalui aplikasi Shopee.

  1. Buka website Shopee atau download aplikasi Shopee di PlayStore atau AppStore. Klik “Daftar” atau daftar dengan akun Facebook, Google, dan Apple juga.
  2. Masukkan nomor telepon yang aktif.
  3. Selanjutnya, masukkan kode Captcha dan kode verifikasi yang dikirimkan Shopee ke nomor yang terdaftar.
  4. Kamu harus memasukkan alamat email aktif untuk verifikasi.

Ketika akun Shopee kamu sudah siap, langkah selanjutnya adalah melengkapi profil toko kamu. Kamu dapat melengkapi profil bisnis kamu melalui aplikasi Shopee atau Seller Center.

Melengkapi Profil Melalui Aplikasi

  1. Buka aplikasi Shopee di ponsel kamu.
  2. Pilih “Saya” dan kemudian “Toko Saya”.
  3. Kemudian pilih “Asisten penjual”, “Profil Toko”, kemudian lengkapi “Nama Toko”, “Deskripsi Gambar” dan “Deskripsi”.
  4. Setelah itu, klik ikon “Centang” di sudut kanan atas menu.
  5. Profil toko lengkap

Melengkapi Profil Melalui Seller Center

  1. Masuk ke Seller Center Shopee, pilih “Profil Toko” lalu lengkapi “Nama Toko”, “Deskripsi Gambar”, “Deskripsi” lalu klik “Simpan”.
  2. Pilih nama toko untuk bisnis yang khas dan mudah diingat.
  3. Upload hingga 5 foto dan video untuk memberi toko kamu identitas merek yang kuat.
  4. Buat deskripsi singkat dan ringkas untuk menarik pembeli mengunjungi toko kamu.
  5. Kamu dapat menambahkan berbagai informasi seperti riwayat bisnis, jenis produk, atau waktu respons obrolan.

Tetapkan Alamat Toko

Untuk mempermudah proses pengiriman pesanan, kamu bisa mengatur koordinat alamat utama melalui aplikasi Shopee atau Seller Center.

  1. Pada tab saya, klik pengaturan akun.
  2. Klik alamat saya, pastikan kamu telah mengisi alamat dan menjadikannya sebagai alamat utama.
  3. Pilih alamat yang ingin kamu ubah, lalu klik untuk lokasi yang lebih tepat.
  4. Temukan lokasi. Pastikan koordinatnya sesuai dengan alamat kamu, lalu klik confirm dan submit.

Cara mengatur koordinat alamat melalui aplikasi Shopee:

  1. Buka halaman Seller Center.
  2. Pilih alamat yang ingin kamu berikan koordinatnya dan klik ubah.
  3. Klik pilih lokasi dan berikan koordinat alamat.
  4. Jika koordinat sudah benar, klik Konfirmasi lalu klik simpan.

Cara Berjualan di Shopee untuk Pemula

Kamu bisa mulai berjualan di Shopee dengan mengunggah produk melalui aplikasi Shopee atau Seller Center. Pastikan produk yang diunggah tidak termasuk dalam daftar produk terlarang.

Cara Berjualan di Shopee untuk Pemula

Kamu dapat mengunggah hingga 9 foto untuk 1 produk berukuran maksimal 2MB dalam format JPG, JPEG, atau PNG dengan dimensi foto yang disarankan 1024 x 1024 piksel.

Berikut cara jualan di Shopee untuk pemula:

  1. Buka aplikasi Shopee
  2. Klik saya, toko saya.
  3. Klik tambah produk baru, tambah Foto (Ambil Foto, Galeri Foto atau Instagram).
  4. Isi informasi produk yang ingin kamu jual yaitu nama produk, deskripsi produk, kategori, produk berbahaya, harga, stok, variasi, grosir dan pengiriman.
  5. Klik Simpan untuk langsung menjual produk, atau klik lihat untuk melihat tampilan produk di toko kamu.

Cara berjualan di Shopee untuk Pemula menggunakan Seller Center:

  1. Buka situs resmi seller shopee
  2. Klik “Tambahkan produk baru”.
  3. Lengkapi nama produk, pilih kategori produk, lalu klik Next. Lengkapi informasi produk yang ingin kamu jual yairu informasi produk, informasi penjualan, pengaturan media, pengiriman dan lainnya.
  4. Klik simpan dan lihat untuk segera menjual produk atau klik simpan dan arsipkan jika kamu berencana untuk menjual produk di kemudian hari.

Tips Jualan Online

Berikut beberapa tips berjualan di Shopee agar cepat menemukan pembeli pertama kamu:

  1. Sebelum menjual, pastikan harga produk yang kamu tawarkan kompetitif dan dapat bersaing dengan produk lain.
  2. Jangan lupa untuk memperbanyak variasi produk yang dijual. Jika kamu menjual tunik wanita, tawarkan berbagai produk dalam bentuk full size dan tawarkan berbagai warna. Semakin beragam produknya, semakin besar peluang produk kamu terjual.
  3. Selalu gunakan fitur upgrade produk di Shopee. Upgrade produk dapat diaktifkan setiap 4 jam hingga 5 produk. Semakin sering kamu menggunakan fitur ini, semakin banyak pembeli yang akan melihat produk kamu. Produk kamu juga memiliki kemungkinan besar untuk muncul di hasil pencarian teratas.
  4. Untuk meningkatkan keinginan pembeli untuk membeli produk dari toko kamu, tawarkan promosi yang menarik. Kamu dapat menggunakan fitur Kupon toko saya di bagian promosi saya di Seller Center. Setelah “Buat kupon baru”, pilih jenis kupon, masukkan semua informasi di kolom “Informasi kupon” dan klik “Simpan”.
  5. Buat akun media sosial khusus untuk mempromosikan bisnis kamu contohnya di Instagram dan Facebook. kamu juga dapat menjalankan promosi melalui aplikasi perpesanan seperti WhatsApp, LINE, Telegram, dan lainnya. Berikan deskripsi lengkap tentang produk yang kamu jual, misalnya bahan, ukuran, harga dan nilai individual produk.
  6. Kamu bisa mendapatkan program gartis ongkos kirim dengan mendaftarkan toko kamu di program gratis ongkir dari aplikasi atau situs Shopee.

Proses pendaftaran gratis pengiriman Shopee membutuhkan waktu maksimal dua hari kerja sejak dokumen diterima secara lengkap (Sabtu, Minggu dan hari libur tidak termasuk).

FAQ

Berikut ini pertanyaan dan jawaban yang berkaitan dengan cara jualan di shopee, simak artikel ini

Berapa Pajak untuk Penjualan di Shopee?

Jika telah disertifikasi sebagai PKP, PPN 10 persen harus dibebankan pada setiap penjualan oleh penjual. PPN Shopee dikenakan 10 persen atas produk dan layanan digital dari penjual luar negeri ke konsumen Indonesia.

Berapa Pajak untuk Penjualan di Shopee

Siapa yang Membayar Biaya Administrasi Shopee?

Dibayar berdasarkan perhitangan seperti yang sudah dijelaskan dari laman Shopee Indonesia, biaya admin Shopee untuk non-star adalah 1,6 persen dari transaksi setelah dikurangi diskon atau kupon yang ditanggung penjual. Biaya admin Shopee non star = (harga produk asli – diskon produk atau kupon diskon yang dibayarkan oleh penjual) x 1,6 persen.

Apakah Pengiriman Shopee Ditanggung Oleh Penjual?

Program gratis ongkir adalah program yang menawarkan kesempatan kepada penjual untuk menawarkan pengiriman gratis khusus untuk pembeli. Gratis ongkos kirim ditanggung Shopee sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku, sehingga tidak ada biaya tambahan yang dibebankan kepada penjual.

Kesimpulan

Shopee adalah salah satu platform e-commerce yang paling populer dan banyak digunakan di Indonesia. Calon penjual hanya perlu mempelajari beberapa langkah praktis untuk mulai berjualan di Shopee. Menjalankan bisnis online tidak memerlukan toko dalam bentuk fisik, sehingga penjual dapat menghemat biaya.

Cara jualan di Shopee dengan mengunggah produk melalui aplikasi Shopee atau Seller Center, jika kamu ingin tahu lebih lengkapnya silahkan simak artikel di atas ya.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas