Advertisement

Cara Pengembalian Barang di Shopee COD 100% Berhasil

Rancakmedia.com – Apakah kamu sedang mencari bagaimana cara pengembalian barang di shopee COD? nah kamu sudah berada di tempat yang tepat untuk mengetahui cara dan keluar dari permasalah tersebut, jadi silahkan simak artikel ini sampai habis ya.

Konsumen seringkali merasa tidak puas atau mengalami kendala dalam menggunakan layanan cash on delivery Shopee. Tentunya jika produk tidak sesuai, kamu wajib mengembalikan barang COD Shopee untuk keadilan.

Pengertian COD Secara Umum

Jika kamu tidak tahu, COD adalah singkatan dari Cash On Delivery. Kata demi kata kita ketahui bahwa istilah ini berasal dari bahasa Inggris.

Cash artinya tunai sedangkan On Delivery artinya saat dikirim. Secara harfiah, cash on delivery berarti pembayaran tunai pada saat barang dikirim dan sampai di tempat tujuan.

Menurut asal katanya, yang dimaksud cash on delivery adalah alat pembayaran dalam transaksi jual beli, dimana konsumen membayar pada saat barang yang dipesan sampai di tempat tujuan.

Dalam hal transaksi jual beli dengan metode pembayaran cash on delivery, pembeli melakukan pembayaran pada saat barang yang telah dibelinya sampai di rumah atau di tempat yang telah ditentukan. Dengan kata lain, penjual dan pembeli bertemu langsung di tempat yang disepakati untuk menyelesaikan transaksi.

Pengertian COD Secara Umum

Pada umumnya cash on delivery hanya dapat dilakukan jika penjual dan pembeli berada di kota yang sama. Sedangkan pembayaran biasanya dalam bentuk tunai, cek atau giro tergantung kesepakatan antara pembeli dan penjual.

Cash on delivery dapat digunakan untuk mengirim berbagai jenis barang dengan ongkos kirim yang murah dan terjangkau. Selain itu COD JNE dan ekspedisi lainnya juga sangat mudah dan ada pilihan penjemputan.

Pengembalian barang cash on delivery Shopee memungkinkan kamu untuk melakukan komplain kepada penjual jika kamu menerima produk yang rusak, tidak lengkap atau bahkan tidak sesuai. Pada prinsipnya, barang cash on delivery Shopee harus dikembalikan dengan melampirkan bukti berupa foto atau video.

Kini layanan pengiriman yang menawarkan cash on delivery di Shopee antara lain Shopee Express Standard, Shopee Express Save, ID Express, J&T Economy dan juga J&T Express. Kamu dapat mengembalikan barang-barang Shopee secara tunai pada saat pengiriman dengan mengikuti syarat dan prosedur yang benar.

Syarat dan Ketentuan Pengembalian Barang Shopee COD

Tentu saja, konsumen yang mengembalikan barang yang diterima dari shopee dapat melakukannya dengan tunduk pada ketentuan yang berlaku. Pada dasarnya status pengiriman harus belum diterima dan pengguna belum boleh mengklik tombol Order Received.

Kamu memiliki waktu maksimal 3 hari untuk meninjau barang-barang cash on delivery Shopee. Jika tidak sesuai atau barang rusak, kamu dapat meminta pengembalian dana atau barang.

Kemudian proses pengembalian barang di Shopee COD kurang lebih sama dengan cara pengiriman lainnya. Lalu bagaimana ketentuan pengembalian barang COD Shopee?

Syarat dan Ketentuan Pengembalian Barang

  1. Konsumen memiliki waktu 3 x 24 jam untuk mengecek barang, jika tidak sesuai dapat meminta pengiriman cash on delivery.
  2. Pelanggan perlu menyiapkan bukti berupa video unboxing dan foto barang yang ingin dikembalikan.
  3. Foto kondisi kemasan jika terjadi kerusakan dalam perjalanan dan foto isi kemasan jika produk tidak lengkap.
  4. Foto label pengiriman yang valid dengan nomor resi.
  5. Chat dengan penjual di Shopee dan laporkan ada masalah dengan barang yang dikirim.
  6. Berikan bukti status pengiriman dari aplikasi Shopee.
  7. Foto penerima.
  8. Berikan alasan yang jelas untuk pengembalian barang COD Shopee.
  9. Siap mengembalikan barang Shopee Cash on Delivery dalam waktu maksimal 5 hari setelah persetujuan aplikasi.
  10. Kerusakan atau kehilangan barang bukan menjadi tanggung jawab konsumen. Jika barang menjadi bermasalah karena tindakan konsumen, pengaduan tidak dapat dilakukan.

Dokumen Pengembalian Barang di Shopee COD

Konsumen harus memberikan bukti konkrit agar proses retur bisa cepat diproses. Kemudian berlaku ketentuan khusus kwitansi untuk pengembalian cash on delivery barang sebagai berikut.

  1. Siapkan minimal 3 foto yang menjelaskan kondisi barang.
  2. Ukuran file maksimum adalah 10 MB per foto.
  3. Siapkan video dengan durasi 1 menit dan ukuran maksimal 30 MB.
  4. Foto dan video harus terlihat jelas, tidak buram dan berpiksel.
  5. Khusus untuk produk yang rusak, gunakan foto atau video close-up agar lebih jelas.
  6. Khusus untuk barang palsu, disarankan untuk menggunakan video sebagai bukti.
  7. Berikan penjual tangkapan layar obrolan atau riwayat obrolan.

Contoh Barang yang Akan Dikembalikan

Bagaimana dengan contoh foto atau video barang yang akan dikembalikan? Itu semua tergantung pada alasan apa kamu mengembalikan barang Shopee Cash on Delivery, masing-masing memiliki kriteria sendiri sebagai berikut.

Barang Rusak

  1. Tunjukkan dengan jelas item yang tidak berfungsi.
  2. Jika memungkinkan, rekam simulasi penggunaan produk dengan memberikan penjelasan.
  3. Pastikan informasi pengiriman pada paket dapat terbaca dan sesuai dengan catatan pengiriman.
  4. Tunjukkan kemasan barang yang diterima, baik di luar maupun di dalam.

Tidak Lengkap

  1. Harap tunjukkan jumlah barang yang diterima dengan jelas pada paket.
  2. Lihat detail pengiriman untuk melihat apakah sesuai dengan nomor resi.
  3. Tunjukkan kemasan barang dari luar dan dalam.

Barang Salah

  1. Lihat semua item yang diterima dengan jelas.
  2. Lihatlah data pengiriman dan baca dengan benar sesuai dengan tanda terima.
  3. Ambil foto bagian luar dan dalam kemasan paket.

Barang Tiruan

  1. Dokumentasikan proses pemindaian kode QR pada barang yang diterima untuk memverifikasi keasliannya.
  2. Perbandingan langsung produk asli dengan barang yang diterima.
  3. Perbandingan kemasan barang asli dan barang yang diterima.

Cara Mengembalikan Barang Shopee COD

Lalu bagaimana cara pengembalian barang Shopee COD? Tentunya lebih mudah jika menggunakan aplikasi Shopee karena bisa langsung mengakses menu pengembalian barang jika ada yang tidak sesuai.

Cara Mengembalikan Barang Shopee COD

Kamu wajib mengambil foto dan video sebagai bukti proses penerimaan barang agar tidak asal kirim kembali. Di bawah ini kami tunjukkan cara mengembalikan uang tunai Shopee pada barang pengiriman dalam urutan penuh.

Ketika kurir tiba dan mengirimkan barang cash on delivery, harap terima. Selanjutnya siapkan handphone atau alat perekam lainnya.

  1. Pertama ambil gambar paket dari paket dan nomor resi.
  2. Lanjutkan dengan mengambil video membongkar paket dari bagian pengepakan dan kemudian melihat nomor resi pengiriman. Catat sampai item keluar dari kotak dan kemudian pastikan jelas. Setelah kamu selesai memotret, ambil foto dari sudut yang hampir sama dengan halaman produk.
  3. Jika ada kerusakan atau barang tidak sesuai atau masalah lain, bisa chat ke seller lalu ambil screenshot sebagai bukti. Untuk pengembalian barang di Shopee COD, silahkan buka aplikasi Shoppe lalu tekan menu saya
  4. Jika sudah masuk ke profil Shopee, lanjutkan dengan menekan menu terkirim
  5. Pesanan saya muncul, silahkan cari barang yang dikirim. Berhati-hatilah untuk tidak mengklik tombol terima pesanan tetapi pada area penulisan item untuk memasukkannya
  6. Setelah memasukkan rincian pesanan barang kamu, cukup gulir ke bawah layar dan klik tombol “Kirim Kembali”.
  7. Menu kembali muncul, kamu dapat langsung ke pilih alasan
  8. Lanjutkan dengan memilih salah satu alasan untuk mengembalikan item Cash on Delivery Shopee yang relevan.
  9. Sebagai cara selanjutnya silahkan tekan add photo, kemudian upload foto kemasan dan isi barang dan chat dengan penjual.
  10. Kemudian pada menu penjelasan masukkan secara singkat dan jelas alasan pengembalian barang di Shopee COD.
  11. Setelah itu kamu dapat menekan pilih solusi untuk memilih bagaimana kamu ingin mengembalikannya
  12. Kamu dapat memilih menu pengembalian dan pengembalian uang atau refund (sebagian atau penuh) tanpa pengembalian barang. Akan lebih baik jika kamu memilih untuk mengembalikan barang dan dana agar semua pihak tidak mengalami kerugian.
  13. Pengembalian dana kemudian akan ditampilkan dan tekan kirim
  14. Setelah itu, tinggal tekan submit untuk konfirmasi
  15. Akan muncul menu detail pengembalian beserta pemberitahuan bahwa permintaan kamu telah berhasil dikirimkan.
  16. Tunggu notifikasi dari email atau aplikasi Shopee bahwa pengembalian telah berhasil diterima. Setelah itu, masukkan pesanan saya dan tekan detail pengembalian barang kamu.
  17. Selanjutnya ada status menunggu kamu untuk mengembalikan barang, maka ada batas waktu maksimal. Lanjutkan menekan Pilih layanan pengiriman
  18. Kamu dapat memilih pengiriman drop-off secara gratis, sehingga kamu tidak akan dikenakan biaya apapun. Selanjutnya tekan Konfirmasi
  19. Setelah itu akan muncul informasi pengiriman, silahkan simpan nomor resi.
  20. Kemas barang yang diterima dengan rapi, dilanjutkan dengan persiapan kertas dan pulpen. Tulis nomor resi dari Shopee di bagian atas, diikuti dengan nama penerima, nomor ponsel, dan alamat. Sedangkan informasi pengirim ada di bagian bawah.
  21. Bawa paket ke agen atau kantor pengiriman layanan COD Shopee terdekat, lalu lakukan pengiriman.
  22. Setelah barang terkirim, status di aplikasi Shopee akan berubah menjadi diproses.
  23. Biasanya, tunggu antara 3 dan 5 hari kerja sampai barang sampai ke penjual. Jika penjual sudah mengkonfirmasi, uang kamu akan dikembalikan dalam bentuk kredit ShopeePay.

FAQ

Berikut ini tanya jawab yang akan kami bahas, jadi simak terus informasinya dibawah ini ya

Bisakah Menolak Barang Saat COD?

Jika pembeli menolak kiriman cash on delivery karena dia yakin tidak memesan, kurir akan memberitahukan melalui aplikasi kurir terkait bahwa pembeli tidak merasa memesan dan barang akan dikembalikan ke gudang untuk kemudian dikirim kembali ke penjual.

Cara pengembalian barang di shopee

Bagaimana Jika Pesanan Shopee Sudah dibatalkan Tapi Tetap Dikirim?

Jadi pesanan dibatalkan tapi tetap dikirim. Bisa dibatalkan jika ada konfirmasi dari penjual. Ketika barang sudah sampai, kamu tinggal memberitahukan bahwa barang tersebut telah dibatalkan dan kurir dapat mengembalikan barang tersebut kepada penjual di Shopee.

Kesimpulan

Shopee COD adalah singkatan dari Cash On Delivery. Jika kamu ingin melakukan pengembalian barang di Shopee cod maka kamu melengkapinya dengan bukti berupa foto atau video. Konsumen dapat mengembalikan barang Shopee secara cash on delivery dengan ketentuan yang sudah kami berikan penjelasannya di atas silahkan di baca ya.

Tombol kembali ke atas