Advertisement

Cara Pengembalian Barang Shopee Lewat J&T Mudah

Rancakmedia.com – Apakah kamu sedang mencari informasi tentang cara mengembalikan barang? nah untuk pengembalian barang shopee lewat J&T tentu saja bisa kamu lakukan, artikel ini akan mudah kamu pahami.

Pengembalian barang Shopee melalui J&T Express diperlukan ketika kamu membeli barang yang tidak sesuai dengan keinginan kamu. Cara ini dapat dilakukan selama pemesanan masih dalam masa garansi Shopee dan memenuhi persyaratan tertentu.

Garansi Shopee dikutip dari situs resmi Shopee dan merupakan fitur penyimpanan pembayaran dari Shopee. Uang tersebut kemudian diteruskan ke penjual jika pesanan diterima dengan baik dan sampai di lokasi pengiriman pembeli.

Jika barang yang diterima memiliki masalah seperti: rusak atau tidak sesuai, pembeli berhak mengembalikan barang selama belum mengklik tombol “pesanan diterima”.

Ada banyak proses yang bisa dilakukan untuk mengembalikan barang Shopee ke penjual. Salah satunya pengembalian barang Shopee melalui J&T Express.

Sejarah Singkat J&T

Ekspedisi J&T adalah salah satu ekspedisi kurir yang bekerja sama dengan Shopee. Perusahaan ini menawarkan jasa pengiriman barang dari penjual ke pembeli.

Sejarah Singkat J&T

Pergeseran pasar dari pasar tradisional ke pasar digital melalui internet membuat kebutuhan masyarakat akan jasa ekspedisi sangat tinggi.

Perubahan ini tercermin dari kenyataan bahwa pengiriman barang yang dulunya umum untuk barang-barang manufaktur dan manufaktur, kini semakin didominasi oleh barang-barang perdagangan.

Dalam menghadapi peluang tersebut, J&T hadir untuk memberikan keunggulan kompetitif dan inovatif. Penyedia jasa ekspedisi J&T didirikan pada tanggal 20 Agustus 2015. PT. Global Jet Express didirikan dan membuka kantor pusatnya di Pluit, Jakarta Utara.

Meski perusahaan ini merupakan perusahaan baru di bidang jasa ekspedisi, namun J&T optimis akan berkembang menjadi layanan yang unggul dan menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia.

Keberhasilan yang diraih mungkin sangat bagus mengingat sejarah J&T sendiri tidak begitu panjang. Pasalnya, pendiri J&T, Jet Lee, telah membangun jaringan Oppo Indonesia selama tiga tahun terakhir.

Jadi ketika J&T Express didirikan dan mulai beroperasi, mereka tidak harus memulai dari awal karena sudah memiliki saluran distribusi di Indonesia.

Selain Jet Lee sebagai pendiri dan CEO pertama J&T, ada tokoh berpengaruh lainnya. Dia adalah Robin Lo, yang menjabat sebagai Managing Director atau tangan kanan langsung CEO saat J&T dibentuk.

Berkat strategi ekspansif Robin, J&T Express dengan cepat dikenal masyarakat luas dan menjadi penantang serius bagi perusahaan logistik yang sudah berdiri puluhan tahun.

Layanan unggulan J&T Express

Kehadiran J&T Express yang menawarkan jasa ekspedisi bukan tanpa keuntungan. Layanan yang ditawarkan oleh J&T Express tentunya memiliki banyak keunggulan yang menjadi strategi setiap orang untuk mempercayakan ekspedisi pengiriman melalui J&T Express.

Apa saja keuntungan yang ditawarkan J&T Express, antara lain sebagai berikut:

Layanan 24 Jam Nonstop

Dimana akan ada layanan pengiriman setiap hari selama 365 hari tanpa libur nasional atau jam kerja. Menurut pemilik J&T Express, perusahaan berupaya memberikan pelayanan berupa pengiriman harian tanpa terkecuali, baik pada hari libur nasional maupun pada hari merah dan hari libur nasional. Hal ini tentunya akan sangat memudahkan pelanggan untuk mengirimkan barang setiap saat.

Cakupan wilayah di Seluruh Indonesia

J&T Express kini sudah bisa menjangkau hampir seluruh wilayah Indonesia, bahkan pelosok. Dimana terdapat 100 pusat atau gateway distribusi parsel dan lebih dari 4.000 titik pengiriman parsel di seluruh Indonesia.

Selain itu, perusahaan ini memiliki lebih dari 30.000 karyawan yang unggul dan terlatih di bidangnya. Ditambah ribuan armada J&T Express yang mendukung setiap pengiriman antar pulau di Indonesia.

Pemantauan Sistem Secara Real Time

Dengan sistem ini, setiap pelanggan dapat melacak semua paket J&T Express yang terkirim dengan memasukkan nomor nota pengiriman secara online, baik melalui aplikasi maupun website resmi.

Cara Mengembalikan Barang Shopee Melalui J&T Express

Dikutip dari Pusat Bantuan Shopee tentang cara mudah mengembalikan barang Shopee melalui J&T Express. Berikut adalah prosedur yang dapat diikuti untuk cara pengembalian barang Shopee melalui J&T Express:

Barang Shopee Melalui J&T Express

Buka Aplikasi Shopee

Buka aplikasi Shopee yang terpasang di ponsel. Kemudian pilih menu “Saya” untuk membuka profil riwayat pembelian dan proses pengiriman barang pesanan.

Pilih Item yang Akan Dikembalikan

Kemudian dari profil klik menu ‘Pesanan Diterima’, lalu ‘Detail Pesanan’ lalu pilih menu ‘Ajukan Pengembalian’ untuk barang yang ingin kamu kembalikan.

Pilih Alasan Pengembalian

Aplikasi akan menampilkan opsi untuk berbagai alasan pengembalian barang. Ini termasuk kegagalan untuk menerima pesanan, penerimaan produk yang tidak lengkap, ukuran produk yang salah, produk yang rusak, dan produk yang tidak asli.

Pilih Jasa Ekspedisi J&T dan Masukkan Nomor Resi

Selanjutnya, pilih layanan J&T express sebagai kurir untuk mengembalikan barang ke penjual. Kemudian tuliskan nomor resi pengembalian barang pada halaman detail pengembalian. Jika kamu ingin mengunduh tanda terima, klik menu “Email saya”; untuk mengirim tanda terima untuk dicetak nanti.

Kemas Barang

Kemas barang yang akan dikembalikan dengan rapi dan aman. Jangan lupa untuk menempelkan struk yang sudah dicetak pada kotak barang yang dikemas.

Datang ke Kantor J&T Terdekat

Kemudian pergi ke kantor ekspedisi J&T terdekat dengan barang yang akan dikembalikan. Serahkan paket dengan catatan bahwa kamu ingin mengembalikan barang.

Datang ke Kantor J&T Terdekat

Tunggu Resi Dari J&T

Tunggu nomor resi dari J&T, nomor resi dapat diberikan kepada penjual berdasarkan permintaan.

Unggah Bukti Pengembalian

Unggah informasi pengiriman (contoh: nomor resi, dokumen pengiriman, atau resi) menggunakan tombol “Masukkan Bukti Pengiriman” pada halaman Detail Pengembalian di aplikasi Shopee.

Selesai

Proses pengembalian barang Shopee melalui J&T diteruskan ke penjual atau Shopee oleh J&T Express. Selanjutnya, uang kamu akan dikembalikan melalui ShopeePay.

Biaya pengiriman pengembalian barang Shopee melalui J&T Express akan ditanggung oleh Shopee. Asalkan barang kamu berukuran panjang 50cm x lebar 50cm x tinggi 50cm dan berat 50kg.

Untuk pengembalian merchandise Shopee Mall, Shopee akan menanggung ongkos kirim untuk pengembalian produk yang dibeli dari penjual Shopee Mall dengan menggunakan metode drop-off.

Sedangkan untuk pengembalian barang ke luar negeri, kamu akan diberikan alamat lokal tujuan pengembalian barang.

Berikut penjelasan cara pengembalian barang Shopee melalui J&T yang cukup sederhana. Semoga informasi di atas dapat membantu.

FAQ

Tanya jawab yang akan kami uraikan dibawah ini:

Mengapa Tidak Bisa Melakukan Retur Shopee

Permintaan pengembalian di Shopee harus disetujui oleh penjual. Penjual dapat menolak permintaan pembeli untuk mengembalikan barang jika alasannya tidak sah. Pembeli harus memiliki bukti foto kondisi barang pada saat diterima.

Berapa Biaya Retur Dari Shopee

Biaya pengiriman hanya ada jika kesepakatan antara penjual dan pembeli. Jadi, bagi kamu penjual, jika kamu mendapatkan konsumen yang ingin mengembalikan barang yang kamu jual, kamu tidak perlu khawatir.

Berapa Biaya Retur Dari Shopee

Berapa Lama Pengembalian Dana Shopee?

Pembeli dapat mengembalikan produk maks 5 (lima) hari setelah permohonan disetujui. Tim Shopee akan memeriksa produk terlebih dahulu selama 3-5 hari kerja setelah produk dikembalikan ke gudang Shopee.

Bagaimana Jika Shopee Menolak untuk Mengembalikan Barang?

Apa yang terjadi jika pengembalian dana Shopee ditolak? Jika permohonan ditolak, pembeli dapat bernegosiasi terlebih dahulu dengan penjual sampai tercapai kesepakatan. Jika pembeli dan penjual masih tidak dapat mencapai kesepakatan, penjual dapat meminta bantuan dari tim Shopee.

Kesimpulan

Ekspedisi J&T merupakan salah satu ekspedisi kurir yang bekerjasama dengan Shopee. Perusahaan ini menawarkan jasa pengiriman dari penjual ke pembeli. Pengembalian barang Shopee melalui J&T Express diperlukan ketika kamu membeli barang yang tidak kamu sukai.

Itulaj pembahasan yang sudah kami sampaikan di atas, semoga informasi tersebut dapat memudahkan kamu dalam melakukan retur barang dari shopee.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas