Advertisement

Cara Mengembalikan Barang Shopee 100% Berhasil

Rancakmedia.com – Jika kamu sedang mencai cara untuk mengembalikan barang shopee yang tidak sesuai dengan orderan kamu, berikut ini proses untuk pengembalian barang di shopee, simak detailnya dibawah ini ya.

Apakah kamu tahu cara untuk mengembalikan pesanan kamu dari shopee? Tentunya hal ini bisa kamu lakukan jika merasa barang yang kamu beli dari Shopee tidak sesuai dengan deskripsi produk. Tentu saja, ada ketentuan yang berlaku untuk permintaan pengembalian barang ini.

Kamu hanya dapat meminta pengembalian jika produk cacat atau rusak, produk salah dalam ukuran, warna atau produk berbeda dari deskripsi dan ada kesepakatan antara penjual dan pembeli. Jika tidak ada elemen yang terpenuhi, kamu tidak dapat meminta pengembalian barang.

Sekilas Tentang Aplikasi Shopee

Sebelum langsung ke tutorial mengembalikan barang di shopee, jika kamu seorang pemula mungkin belum familiar dengan Shopee. Shopee adalah salah satu perusahaan e-commerce terbesar yang berbasis di Singapura dengan kantor di Indonesia.

Sekilas Tentang Aplikasi Shopee

Di Indonesia, Shopee tidak hanya menjadi e-commerce, tetapi Shopee dikenal juga dengan keunggulan dalam penjualan online atau pembelian online yang tidak dimiliki oleh perusahaan e-commerce lainnya. Apabila kamu belum punya aplikasi shopee silahkan cek artikel sebelumnya tetang Cara Buat Toko di Shopee Terlengkap untuk Pemula

Yang paling utamanya adalah fitur gratis ongkos kirim atau sering disebut dengan gratis ongkir. Dengan syarat dan ketentuan yang sudah disediakan shopee. Tentunya hal ini bisa meringankan kamu saat berbelanja di shopee.

Fitur Shopee juga lengkap, banyak diskon atau potongan harga, serta masih banyak promo menarik lainnya yang bisa kamu dapatkan. Bahkan kamu juga dapat menggunakan fitur atau layanan pengembalian produk apabila produk tersebut tidak sesuai.

Pengembalian barang di shopee sangatlah mudah, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang akan kami berikan di bawah ini.

Pengembalian Dana dan Kebijakan Barang

Tentunya kamu pengguna aplikasi shopee bukan? Misalnya, saat kamu berbelanja melalui Shopee, produk yang kamu terima  tidak sesuai dengan foto produk yang kamu lihat saat melakukan pemesanan.

Ada kemungkinan produk rusak selama pengiriman. Untuk mengatasi ini, kamu bisa meminta pengembalian. Akan tetapi ada kebijakannya untuk melakukan hal tersebut, berikut rinciannya:

Permintaan Pengembalian Barang atau Dana

Tunduk pada ketentuan dalam kebijakan pengembalian uang dan barang dagangan ini serta ketentuan layanan, pembeli dapat meminta pengembalian barang yang dibeli (“Barang”) atau pengembalian dana sebelum berakhirnya masa garansi Shopee sebagaimana ditentukan dalam ketentuan pembelian.

Garansi Shopee adalah layanan yang disediakan oleh Shopee atas permintaan pengguna untuk membantu pengguna dalam menangani konflik tertentu yang mungkin timbul selama transaksi.

Pengguna dapat berkomunikasi satu sama lain secara pribadi untuk menyelesaikan perbedaan mereka atau menghubungi pihak berwenang setempat untuk membantu mereka menyelesaikan perselisihan yang timbul sebelum, selama, atau setelah menggunakan garansi Shopee.

Pembeli hanya dapat meminta pengembalian barang atau pengembalian dana dalam situasi berikut:

  1. Barang belum diterima oleh pembeli.
  2. Barang tersebut cacat dan atau rusak saat diterima.
  3. Penjual telah mengirimkan barang kepada pembeli yang tidak memenuhi spesifikasi yang disepakati (misalnya salah ukuran, warna, dll.)
  4. Barang yang diserahkan kepada pembeli sangat berbeda dengan uraian yang diberikan oleh penjual dalam daftar barang atau melalui perjanjian pribadi dengan penjual, penjual harus mengirimkan konfirmasi perjanjian kepada Shopee.

Permohonan Pembeli Dikirimkan Lewat Situs

Shopee akan meninjau setiap permohonan pembeli berdasarkan kasus per kasus dan atas kebijakannya sendiri, akan menentukan apakah permohonan pembeli berhasil atau tidak.

Jika pembeli telah mengambil tindakan hukum terhadap penjual, pembeli dapat memberikan pemberitahuan resmi kepada Shopee dari otoritas terkait dan meminta agar Shopee terus menahan uang pembelian sambil menunggu keputusan resmi. Shopee akan menentukan, atas kebijakannya sendiri, apakah perlu untuk terus menahan uang pembelian.

Tidak Berubah Pikiran

Kecuali sebagaimana diatur dalam kebijakan pengembalian dana dan barang ini, pembeli tidak dapat meminta pengembalian barang atau dana melalui garansi Shopee karena telah berubah pikiran.

Hak Penjual

Jika Shopee menerima permintaan pengembalian barang atau pengembalian dana dari pembeli, Shopee akan melakukan peninjauan dan penyelidikan atas permintaan pembeli sebelum memberi tahu penjual secara tertulis.

Kecuali dalam hal permintaan pembeli memerlukan konfirmasi lebih lanjut atau verifikasi lebih lanjut yang melibatkan penjual, Shopee akan meninjau setiap tanggapan penjual berdasarkan kasus per kasus dan menentukan, atas kebijakannya sendiri, apakah permintaan pembeli valid terhadap situasi yang disajikan oleh penjual berhasil atau tidak.

Dalam beberapa kasus di mana penjual keberatan dengan keputusan yang dibuat oleh Shopee, penjual dapat menanggapi permintaan pembeli dalam pemberitahuan tertulis sesuai dengan langkah-langkah yang diberikan oleh Shopee. Penjual harus menanggapi dalam jangka waktu yang ditentukan dalam pemberitahuan tertulis (“Batas waktu yang Ditentukan”).

Jika Shopee tidak menerima tanggapan dari penjual dalam jangka waktu yang ditentukan, Shopee akan menganggap bahwa penjual tidak memiliki tanggapan lebih lanjut atas permintaan pembeli dan akan terus mengambil keputusan atas permintaan pembeli tanpa pemberitahuan lebih lanjut kepada penjual.

Syarat Pengembalian

Untuk menikmati pengembalian barang tanpa kerumitan, pembeli harus memastikan bahwa barang, termasuk barang gratis atau bawaan seperti aksesori yang dikasih oleh penjual dengan barang yang di pesan, dikembalikan ke penjual dalam kondisi diterima oleh pembeli waktu pengiriman akan dikembalikan. Pihak shopee akan menginstruksikan pembeli untuk mengambil foto barang setelah diterima.

Ketentuan Umum Pengembalian Barang di Shopee

Bagaimana cara mengembalikan barang yang saya terima di Shopee? Mungkin kamu sering bertanya-tanya apa yang harus dilakukan ketika menerima paket yang tidak sesuai dengan harapan kamu, bukan? Namun sebelum itu, alangkah baiknya untuk mengetahui syarat dan ketentuan yang tertera di marketplace Shopee terlebih dahulu.

  1. Kamu dapat meminta pengembalian jika barang sampai kepada kamu, produk cacat, rusak atau salah
  2. Permintaan pengembalian barang dagangan harus disetujui oleh masing-masing penjual
  3. Penjual dapat menolak untuk mengembalikan barang karena “berubah pikiran”.
  4. Penjual dan kamu telah membuat kesepakatan terlebih dahulu, jika produk yang diterima tidak sesuai, kamu dapat meminta pengembalian
  5. Kamu harus memiliki bukti berupa foto produk saat kamu menerimanya
  6. Kamu belum menyelesaikan proses transaksi. Untuk mengetahuinya, kamu dapat melihat status pesanan. Jika
  7. Kamu belum mengklik pesanan diterima, kamu masih dapat meminta pengembalian produk
  8. Barang yang dikembalikan tidak melebihi masa garansi Shopee
  9. Uang akan dikembalikan kepada kamu ketika penjual telah menerima barang yang kamu kembalikan
  10. Jumlah yang dikreditkan ke akun kamu akan terdaftar sebagai saldo ShopeePay atau saldo kartu kredit.
  11. Jumlahnya akan disesuaikan dengan metode pembayaran yang kamu pilih saat proses pemesanan produk.

Tanggung Jawab Biaya Pengiriman

Dalam hal terjadi kesalahan yang tidak diharapkan dari pihak penjual (yaitu produk rusak, cacat atau salah dikirim ke pembeli), penjual atau pembeli akan menanggung biaya pengiriman untuk pengembalian barang sesuai kesepakatan antara penjual dan pembeli.

Tanggung Jawab Biaya Pengiriman

Dalam skenario di mana penjual dan pembeli berselisih mengenai siapa yang bertanggung jawab atas biaya pengiriman barang yang dikembalikan, Shopee akan, atas kebijakannya sendiri, menentukan pihak mana yang bertanggung jawab atas biaya pengiriman barang yang dikembalikan.

Ada beberapa ketentuan mengenai ongkos kirim (ongkos kirim) saat pengembalian barang, yaitu:

Untuk Pesanan Lokal atau Domestik (non-Shopee Mall)

Shopee menanggung ongkos kirim untuk pengembalian barang jika pengguna menggunakan jasa pengiriman dengan batasan ukuran sebagai berikut.

  1. J&T Express
    Ukuran : Panjang 50cm x Lebar 50cm x Tinggi 50cm
    Berat: 50kg
  2. Alfatrex
    Dimensi : Panjang 100cm x Lebar 100cm x Tinggi 100cm
    Berat: 20kg

Jika pengguna menggunakan layanan pengiriman lain, pastikan untuk menggunakan layanan pengiriman dengan pengiriman yang dapat dilacak.

Setelah itu, unggah informasi pengiriman (misalnya nomor resi, dokumen pengiriman, atau resi) menggunakan tombol “Masukkan Informasi Pengiriman” pada halaman detail pengembalian di aplikasi Shopee.

Untuk Pemesanan Mall Shopee

Shopee akan membayar ongkos kirim untuk pengembalian produk yang dibeli dari penjual Shopee Mall, tidak termasuk pesanan internasional.

Untuk Pesanan Internasional atau Luar Negeri

Shopee tidak menanggung ongkos kirim untuk pengembalian produk ke luar negeri. Alamat lokal akan diberikan kepada pengguna untuk mengirimkan pesanan yang akan dikembalikan. Perlu dicatat bahwa dilarang mengirim paket yang langsung dikembalikan ke alamat asing.

Namun, ketentuan di atas tidak berlaku jika pengguna telah memilih opsi “Pesanan diterima”. Permintaan pengembalian barang yang diterima dari Shopee tidak dapat dilakukan karena garansi Shopee sudah tidak berlaku.

Namun, jika pengguna mengalami masalah dengan pesanan setelah mengkonfirmasi penerimaan, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Hubungi penjual langsung melalui fitur Obrolan Shopee untuk membahas cara mengatasi masalah tersebut. Hubungi “Layanan Pelanggan Shopee” di aplikasi untuk bantuan lebih lanjut jika penjual tidak merespons setelah 2 hari.

Pengembalian Dana

Uang pembeli akan dikembalikan hanya setelah Shopee menerima konfirmasi dari penjual bahwa penjual telah menerima barang yang dikembalikan. Jika Shopee tidak menerima kabar dari penjual dalam jangka waktu yang ditentukan.

Shopee bebas mengembalikan uang sejumlah yang relevan kepada pembeli tanpa pemberitahuan lebih lanjut kepada penjual. Pengembalian dana akan dilakukan ke kartu kredit pembeli atau akun ShopeePay sesuai kebutuhan.

Komunikasi Pembeli dan Penjual

Terlepas dari ketentuan Pasal 4 di atas, Shopee mendorong pengguna untuk berkomunikasi satu sama lain jika ada masalah dengan transaksi sebelum mengajukan permintaan pengembalian uang atau barang ke Shopee.

Karena Shopee hanyalah platform tempat pengguna berdagang, pembeli harus terlebih dahulu menghubungi penjual secara langsung melalui situs web atau aplikasi Shopee untuk masalah apa pun yang terkait dengan barang yang dibeli sebelum mengajukan pengembalian uang atau permintaan barang ke Shopee.

Pengembalian Barang di Shopee yang Aman

Pengguna Shopee dapat meminta pengembalian jika barang yang diterima tidak sesuai dengan pesanan. Pengembalian barang ke Shopee mudah dilakukan selama pesanan masih dalam masa garansi Shopee dan opsi “pesanan diterima” belum ditekan.

Garansi Shopee adalah fitur ketika pembayaran kepada penjual ditahan sementara oleh Shopee selama masa garansi. Uang diteruskan ke penjual ketika pesanan diterima dan tiba di tempat pengiriman.

Jangka waktu dihitung berdasarkan hari pengiriman dan perkiraan waktu pengiriman sejak tanggal konfirmasi pembayaran.

Hari pengiriman adalah jumlah hari yang dibutuhkan penjual untuk mempersiapkan pengiriman, sedangkan perkiraan waktu pengiriman adalah waktu pengiriman rata-rata yang diperlukan oleh mitra logistik.

Pada artikel ini, kamu akan mempelajari lebih lanjut tentang cara cepat mengembalikan barang di Shopee, mulai dari syarat hingga pengajuan dan prosesnya dan juga berikut ini informasi cara download video di shopee, simak leboh detailnya dengan mengklik link yang sudah kami sediakan.

Syarat dan Ketentuan Pengembalian Barang di Shopee

Pengguna Shopee yang ingin meminta pengembalian barang akan dimintai buktinya oleh Shopee. Ketentuan pengembalian barang di Shopee adalah sebagai berikut.

Semua Toko Kecuali Shopee Mall

  1. Dana ditahan di Shopee ketika pembeli mengajukan klaim untuk menerima barang dalam kondisi berbeda. Misal barang salah kirim, tidak berfungsi dengan baik atau rusak, tidak original/asli, barang berbeda dengan foto atau deskripsi di etalase toko.
  2. Pembeli harus memberikan bukti foto atau video dengan jelas yang menunjukkan alasan pengembalian. Masalah dilacak jika penjual tidak setuju atau menolak dan Shopee memberikan bantuan.
  3. Tim Shopee mengumpulkan bukti-bukti yang diperlukan dari pembeli, termasuk foto atau video yang menunjukkan cacat atau kerusakan barang dan foto kemasan barang dengan tanda terima yang terlampir pada kemasan.

Shopee Mall

  1. Dana akan ditahan di Shopee jika pembeli mengembalikan barang karena menerima barang dalam kondisi berbeda.
  2. Pembeli dapat mengembalikan barang hingga 5 hari setelah persetujuan pengajuan.
  3. Tim Shopee akan melakukan pengecekan barang terlebih dahulu 3-5 hari kerja setelah barang dikembalikan ke gudang Shopee.
  4. Pembeli harus memberikan bukti foto atau video dengan jelas yang menunjukkan alasan pengembalian.

Jika penjual setuju untuk mengembalikan barang tetapi tidak menerima barang yang dikembalikan, pembeli harus menyiapkan dokumen-dokumen berikut.

  1. Bukti pengiriman resmi, misalnya nomor resi yang masih berlaku.
  2. Foto paket dengan informasi pengiriman seperti kurir, nomor resi, nama pembeli dan penjual, nomor kontak, dan alamat pengiriman.

Proses Pengembalian Barang di Shopee

Ini adalah cara yang aman dan mudah untuk mengembalikan barang di Shopee yang tidak sesuai dengan pesanan. Cara pengembalian barang yang tidak sesuai Shopee adalah sebagai berikut.

Proses Pengembalian Barang di Shopee

Buka Aplikasi Shopee

Buka aplikasi Shopee yang terpasang di ponsel, lalu pilih menu “Saya” untuk membuka profil riwayat pembelian dan proses pengiriman barang pesanan.

Pilih menu “Dikirim.”

Selanjutnya pada halaman profil, pilih menu Terkirim.

Pilih Barang yang Akan di Retur

Klik opsi “Detail Pesanan” lalu pilih menu “Usulkan Pengembalian” untuk produk yang akan dikembalikan. Kemudian pilih salah satu alasan pengembalian untuk mendapatkan otorisasi pengembalian barang. Berikut adalah beberapa alasan pengembalian barang untuk dipilih.

  1. Tidak menerima pesanan.
  2. Produk yang diterima tidak lengkap. Misalnya, ada bagian produk yang hilang atau hilang.
  3. Produk yang diterima salah. Misalnya salah ukuran atau warna, produk yang berbeda.
  4. Kamu telah menerima produk dengan kerusakan fisik. Misalnya, produk penyok, tergores atau retak.
  5. Menerima produk rusak. Misalnya, produk tidak berfungsi dengan baik.
    Tidak menerima produk non-asli.

Kirim Bukti dan Penjelasan

Deskripsikan barang yang akan dikembalikan, setelah memilih alasan pengembalian barang, berikan bukti dan keterangan barang yang akan dikembalikan. Kemudian pilih solusi yang sesuai pada opsi “Choose a solution” lalu klik “Kirim”.

Melakukan Pengembalian Barang

Hasil query pengguna diberitahukan melalui notifikasi aplikasi Shopee dan email. Setelah disetujui, pengguna akan diminta untuk mengembalikan barang shopee sesuai prosedur pengiriman barang yang tercantum dalam aplikasi Shopee.

Sementara itu, bagaimana cara saya meminta pengembalian barang dari Shopee yang sudah selesai? Menurut halaman bantuan Shopee, permintaan pengembalian hanya dapat dilakukan jika pengguna belum memilih “Pesanan Diterima” di halaman “Rincian Pesanan”.

Pasalnya, garansi Shopee atas pesanan akan dihentikan dan pembayaran akan dilepaskan ke penjual setelah pengguna melakukannya.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa pengguna telah menerima pesanan dalam kondisi baik sebelum memilih “pesanan diterima”.

Mengembalikan Barang COD Shopee

Shopee memiliki beragam metode pembayaran dan pengiriman untuk memudahkan pengguna berbelanja, termasuk cash on delivery atau cash on delivery.

Shopee Cash on Delivery atau bayar di Lokasi memungkinkan pembeli untuk melakukan pembayaran pada saat barang yang dikirimkan oleh kurir telah diterima oleh pembeli. Berbelanja di Shopee COD sangat nyaman, sehingga banyak pengguna yang menggunakan metode pembayaran ini.

Apakah mungkin untuk meminta pengembalian barang dari Shopee yang diterima dengan COD Shopee? Seperti metode lainnya, jika barang yang diterima tidak sesuai dengan pesanan, pembeli dapat melakukan pengembalian.

Prosedur pengembalian dengan cara cash on delivery sesuai dengan prosedur pengembalian yang disebutkan di atas. Pembeli dapat meminta pengembalian barang dan penjual akan menerima pemberitahuan.

Mengembalikan Barang COD Shopee

Setelah itu, pembeli dapat mengkonfirmasi kepada penjual bahwa barang yang dibeli akan diganti dengan barang lain, atau memilih untuk mengembalikan uang kepada pembeli.

Perhatikan bahwa pengembalian barang ke Shopee menggunakan sistem COD juga hanya dapat dilakukan sebelum pembeli memilih opsi “Pesanan diterima”.

FAQ

Berikut adalah tanya jawab yang akan kami berikan detailnya dibawah ini:

Berapa Lama Pengembalian Dana Shopee?

Pembeli dapat mengembalikan produk maks 5 (lima) hari setelah permohonan disetujui. Tim Shopee akan memeriksa produk terlebih dahulu selama 3-5 hari kerja setelah produk dikembalikan ke gudang Shopee.

Bagaimana Jika Penjual Shopee Menolak Pengembalian Barang?

Jika penjual menolak permintaan pengembalian dan mengajukan masalah ke Shopee, tim Shopee akan memprosesnya dengan meminta penjual untuk memberikan dokumen pendukung berikut:

  1. Riwayat obrolan dengan pembeli.
    Bukti bahwa penjual berusaha menyelesaikan masalah dengan pembeli.
  2. Bukti pengiriman yang valid
    Bukti ongkos kirim dan nomor pelacakan, jika ada.
  3. Foto atau informasi paket yang dikirim
    Termasuk informasi layanan pengiriman, nomor pelacakan, nama penjual dan pembeli, nomor kontak, alamat pengiriman, dan cap pos.

Jika bukti pengiriman yang diberikan valid, permintaan pengembalian dana pembeli akan ditolak. Di sisi lain, jika penjual tidak dapat memberikan bukti, Shopee akan mengembalikan uang pembeli secara penuh.

Berapa Hari untuk Retur di Shopee?

Total waktu yang dibutuhkan tim Shopee untuk mengambil keputusan pengembalian barang dan dana adalah 3 hari untuk: Mengumpulkan data pendukung yang diperlukan untuk memperkuat aplikasi pembeli. Periksa dan hubungi penjual.

Kesimpulan

Apakah kamu sudah memahami dengan informasi yang kami berikan di atas? itulah artikel yang dapat kami berikan semoga pembahasan di atas bisa kamu gunakan ketika pesanan kamu tidak sesuai dengan yang di inginkan, semoga proses pengembaliannya dapat berjalan dengan mudah, jangan lupa untuk baca informasi terbaru yang ada di situs kami ini, sekian dan terimakasih.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas