Advertisement

2 Cara Membuat Toko di Shopee Lebih Dari Satu

Rancakmedia.com – Bagaimana cara buka toko di shopee ke dua? jika kamu ingin tahu cara membuat toko di shopee lebih dari satu maka kamu wajib baca artikel ini sampai akhir, selamat membaca.

Dengan berkembangnya teknologi dan internet yang semakin canggih tentunya cara jual beli masyarakat telah berubah menjadi sistem online. Saat ini masyarakat menginginkan hal yang mudah dan instan, maka belanja online menjadi pilihan terbaik.

Jika kamu sebagai penjual, kamu juga bisa memanfaatkan cara yang akan kami berikan ini, terutama berjualan di marketplace seperti Shopee yang terkenal ini. Mungkin saja kamu bertanta-tanya berapa banyak toko yang bisa dikelola oleh seorang penjual Shopee?

Jika kamu seorang pembisnis, tentu saja pasti kamu ingin terus mengembangkan bisnis online kamu dengan berbagai cara, salah satunya dengan membuka 2 toko di Shopee. Sama halnya dengan toko offline, membuat toko kedua di Shopee merupakan salah satu strategi pengembangan bisnis online kamu.

Seperti yang sudah kamu ketahui, untuk mendaftar akun shopee diperlukan data yaitu email dan nomor handphone. Nomor HP ini digunakan untuk mengirimkan kode OTP saat masuk di perangkat lain atau untuk kebutuhan lainnya, misalnya lupa PIN shopeepay, lupa password shopee, dan lain sebagainya.

Manfaat nomor hp di shopee sangatlah penting. Jika nomor ponsel tersebut tidak lagi digunakan, kadaluarsa, atau hilang, maka segera ganti nomor tersebut. Jika keadaannya seperti itu, tidak akan ada masalah di kemudian hari saat kamu ingin menggunakan aplikasi Shopee.

Jualan Online di Shopee

Shopee hadir dengan berbagai fitur yang dapat memudahkan kamu sebagai penjual ataupun pembeli. Sejak kemunculannya di Indonesia, Shopee telah berhasil masuk dalam daftar marketplace dengan pengunjung terbanyak.

Tandanya, sebagian besar masyarakat Indonesia mempercayai Shopee dan menjadikannya sebagai platform jual beli online nomor satu. Kenapa hal tersebut bisa terjadi kepada shopee? mungkin saja karena Shopee selalu memberikan layanan terbaik dengan fitur-fiturnya.

Contoh keunggulannya yaitu: Shopee Mall, Shopee Star Seller, Shopee Loyalty Member, fitur free ongkir, cashback, potongan harga, fitur upgrade produk, My Ads, dan masih banyak lainnya yang mungkin saja kamu sudah menggunakan fitur itu. Jika kamu baru ingin memulai dunia bisnis atau baru mengenal bisnis, berjualan online melalui Shopee tidak ada salahnya jika kamu ingin memulainya.

Bahkan, cara ini bisa menjadi sumber uang yang sangat kami rekomendasikan. Lagi pula, cara untuk membuat toko di Shopee sangatlah mudah. Kamu hanya perlu membuka aplikasi Shopee atau mengakses via website resmi Shopee (Shopee Seller Center), lalu ikuti langkah-langkah yang tertera di Shopee.

Contohnya seperti memasukkan username, nama toko, alamat email, verifikasi nomor ponsel, dan melengkapi informasi toko online agar mudah berjualan! akan tetapi, bagaimana jika kamu ingin mengembangkan bisnis dengan membuka cabang toko online baru di Shopee? nah silahkan simak informasinya disini ya.

Syarat dan Ketentuan Membuat Akun Toko Shopee

Bisa jadi karena ingin menjual produk lain atau ingin menjadi reseller atau dropshipper untuk produk yang sedang trend di pasaran, namun tidak ingin menyamakan jenis produk yang dijual di toko pertama. Jika kamu ingin melakukan hal tersebut maka kamu harus mengetahui persyaratan yang sudah kami berikan informasinya dibawah ini:

Syarat dan Ketentuan Membuat Akun Toko Shopee

Jika kamu ingin membuat lebih dari satu akun, maka kamu harus terlebih dahulu memahami syarat dan ketentuan yang berlaku di Shopee terkait pembuatan akun toko online lain. Berikut penjelasannya.

Wajib Melengkapi Administrasi

Jika kamu sudah mendaftarkan toko online di Shopee, maka sudah saatnya kamu memastikan toko online kamu telah memenuhi persyaratan administrasi yang ditentukan oleh Shopee.

Data administratif ini mencakup profil pribadi dan informasi yang diperlukan untuk memberikan kejelasan kepada kamu sebagai penjual yang telah setuju untuk memenuhi persyaratan sebagai penjual Shopee.

Jika proses login dan administrasi akun kamu sudah selesai sebagai bahan pengajuan untuk daftar di Shopee, maka kamu sudah bisa mulai mempromosikan produk kamu di Shopee. Jangan lupa manfaatkan semua fitur Shopee agar produk kamu laris manis.

Foto Produk Harus Asli

Saat kamu memutuskan untuk berbisnis online, calon pembeli kamu secara otomatis tidak akan bisa melihat atau merasakan langsung produk yang kamu jual. Mereka membutuhkan penjelasan dan foto asli untuk dapat mengkonfirmasi bahwa produk yang akan mereka beli memang sesuai yang mereka inginkan.

Jadi, kamu harus mengunggah foto produk yang super jernih beserta deskripsi yang lengkap dan sesuai. Tips mengambil foto adalah kamu bisa mencoba menggunakan angle dan lighting yang tepat dan jelas saat memotret produk. Yang penting kualitas juga harus diperhatikan ya, jangan sampai hasil akhir foto jadi blur.

Sudah Memenuhi Peraturan atau Format Penjualan dari Shopee

Selanjutnya, pastikan kamu telah mematuhi aturan atau format penjualan yang disebutkan oleh Shopee sebelum kamu benar-benar bisa berjualan secara online. Nantinya, jumlah toko yang bisa kamu miliki disesuaikan dengan format yang kamu pahami, seperti deskripsi produk, nama produk, merek, kata kunci, sub kata kunci, hashtag, dan sebagainya.

Bagaimana Cara Membuat Toko di Shopee yang Ke Dua

Yang penting semua syarat di atas sudah terpenuhi, baru bisa membuka 2 akun Shopee. Bahkan Shopee menyediakan hingga 5 akun sekaligus untuk satu penjual lho. Namun, jika kamu ingin memiliki lebih dari 5 toko, Shopee akan memberlakukan batasan, sehingga kamu tetap perlu mengatur strategi yang paling efektif untuk berjualan di setiap toko online.

Bagaimana Cara Memiliki 2 Akun Shopee

Untuk membuat akun toko shopee lainnya, jangan lupa nama toko Shopeenya berbeda ya, jangan sampai toko yang satu dengan yang lain memiliki nama yang sama, bisa-bisa Shopee melihatnya sebagai pelanggaran. Jadi, apakah kamu sudah siap untuk berjualan online di Shopee dengan lebih dari satu akun?

Untuk membuat 2 toko di Shopee atau lebih syarat utamanya harus memiliki 2 nomor hp yang berbeda. Atau lebih dari 2 nomor jika ingin membuat lebih dari 2 toko. Selain hal di atas, disarankan untuk mematuhi hal ini juga:

  1. Setiap toko menggunakan perangkat yang berbeda (ponsel, laptop), karena jika penipuan terdeteksi oleh sistem shopee, akun shopee akan dibekukan atau di band.
  2. Tidak disarankan membuka 2 akun shopee dalam 1 hp, baik iphone maupun android, karena beresiko terkena pembatasan akun shopee.
  3. Tidak melakukan transaksi antar toko sendiri, misalnya melakukan pemesanan palsu.

Nah, untuk membuat toko sendiri, kamu hanya perlu membuat akun shopee menggunakan perangkat yang berbeda. Setelah membuka akun, masuk ke shopee seller center, pengaturan toko, upload produk, dan sebagainya.

Jangan lupa untuk mendaftar program gratis ongkir dan gratis ongkos kirim tambahan agar penjualan laris manis di shopee.

Melalui HP

Jika kamu ingin membuat toko di Shopee melalui ponsel Android, kamu dapat melakukannya dengan langkah-langkah yang akan kami berikan berikut ini:

  1. Buka aplikasi shopee yang sudah kamu install dan daftarkan.
  2. Klik menu saya (kiri bawah) -> Klik “mulai menjual” (kiri atas) pilih “tambah produk”.
  3. Nanti akan muncul pilihan foto, kamera dan Instagram.
  4. Nah, jika kamu ingin mengunggah dari Instagram, klik Instagram. Jika kamu ingin mengunggah melalui galeri, klik foto.
  5. Namun jika tidak ada foto produk, silahkan pilih langsung kameranya.
  6. Kemudian klik “centang” untuk menu deskripsi produk.
  7. Nah, kamu tinggal memasukkan segala sesuatu yang berhubungan dengan produk kamu. Seperti, deskripsi produk, jenis barang, ukuran, berat, dll.
  8. Jangan lupa untuk mengaktifkan opsi “ekspedisi”, aktifkan satu per satu hingga sakelar berubah menjadi hijau.
  9. Jika semuanya sudah terisi dengan benar, jangan lupa klik “save”.

Melalui Laptop

Untuk cara diatas merupakan cara yang singkat, karena langsung mengupload produknya. Jadi kamu juga bisa merubah profil toko melalui seller center shopee agar kamu bisa mengelola toko dengan baik.

Kamu dapat mengaksesnya melalui browser melalui HP dan PC. Nah, berikut ini beberapa cara membuat toko via laptop atau PC:

  1. Pertama kamu mengunjungi toko shopee, “buka browser”.
  2. Kemudian login ke akun kamu.
  3. Lihat di pojok kiri atas, lalu klik “sell options”.
  4. Kamu langsung ke pusat penjual shopee. Di sini kamu dapat mengubah spanduk, memasukkan akun, deskripsi toko, alamat toko, dll.
  5. Di sini, kamu juga dapat melihat produk yang telah dijual, kinerja toko, dan analisis kinerja.

Cara Melengkapi Profil Toko Shopee

Apa yang perlu dilakukan setelah mengetahui cara buka toko di Shopee melalui HP? Tentunya melengkapi profil toko agar calon pembeli dapat melihat informasi dan deskripsi toko dengan jelas. Pengisian profil toko dapat dilakukan melalui aplikasi atau seller center (PC browser). Berikut beberapa data yang harus kamu lengkapi:

Cara Melengkapi Profil Toko Shopee

  1. Nama toko : lengkapi nama toko sesuai dengan merk yang diinginkan. Gunakan nama yang mudah diingat dan memiliki ciri khas di telinga pendengar
  2. Deskripsi toko: gambarkan toko dengan kata-kata yang mudah dicerna. Mulai dari produk yang dijual, jam buka toko, opsi pengiriman, hingga voucher yang kamu berikan
  3. Gambar deskripsi toko: berikan gambar yang menggambarkan merek kamu. Bisa berupa program promo dan voucher yang diadakan.

Melalui Aplikasi

Jika pada awalnya kamu hanya menjadi pembeli dan kemudian ingin berjualan di Shopee, kamu tidak perlu membuat akun baru. Apalagi jika kamu sudah memverifikasi KTP karena satu KTP hanya untuk satu akun Shopee.

kamu hanya perlu mengganti nama kamu dengan nama toko yang akan digunakan di Shopee. Selanjutnya tinggal upload produk yang ingin dijual baik melalui aplikasi maupun melalui seller center di website shopee. Apakah kamu tahu cara mendaftar Shopee sebagai penjual?

  1. Pertama, buka aplikasi Shopee melalui smartphone.
  2. Pilih saya lalu toko saya.
  3. Selanjutnya pilih sales assistant, store profile, lalu lengkapi store name, image description, description.
  4. Klik ikon periksa di sudut kanan atas menu.

Melalui Pusat Penjual

Kamu juga harus mengetahui berbagai strategi berjualan di Shopee setelah mengetahui cara buka toko di Shopee melalui HP. Fitur-fitur yang tersedia di Shopee dapat kamu manfaatkan agar konsumen yang ingin berbelanja online juga tertarik untuk membelinya. Berikut cara berjualan di Shopee bagi pemula agar cepat laku.

  1. Masuk ke seller center, pilih store profile, lengkap store name, image description, description lalu klik save.
  2. Pilih nama toko yang khas dan mudah diingat.
  3. Masukkan deskripsi gambar. Unggah hingga 5 foto dan video untuk memberi toko kamu identitas merek yang kuat.
  4. Buat deskripsi toko dengan penjelasan singkat dan padat untuk menarik pembeli mengunjungi toko. Kamu dapat menambahkan berbagai informasi seperti riwayat toko, jenis produk, atau waktu balasan obrolan.

FAQ

Berikut ini pertanyaan seputar shopee yang dilengkapi dengan jawabannya, simak informasinya dibawah ini ya:

Bisakah Membuka 2 Toko di Shopee?

Yap, kamu bisa membuat hingga 5 akun shopee dengan KTP yang sama. Jadi kalau mau jualan di shopee, dengan 1 KTP bisa buka 5 toko di shopee yang berbeda.

Berapa Banyak Toko yang Bisa dibuat di Shopee?

Setiap akun hanya dapat membuat 1 toko, sedangkan setiap pengguna dapat memiliki maks. 5 akun menggunakan ponsel/komputer atau rekening bank yang sama. 1 KTP/KITAS dapat digunakan oleh 5 akun berbeda untuk mendaftar program Free Shipping Shopee.

Berapa Banyak Toko yang Bisa dibuat di Shopee

Apakah Satu Nomor Bisa digunakan Untuk 2 Akun Shopee?

Nomor handphone hanya dapat didaftarkan dalam 1 (satu) akun Shopee (sama untuk alamat email).

Bagaimana Cara Membeli 2 Produk Dalam 1 Toko di Shopee?

Untuk membeli produk dari Penjual yang berbeda dalam urutan yang sama, cukup tambahkan produk ke troli kamu melalui tombol Tambahkan ke Keranjang saat mencari produk yang diinginkan sehingga kamu dapat membayarnya bersama saat checkout.

Kesimpulan

Shopee adalah platform jual beli online terkeal di Indonesia. Untuk mendaftar akun Shopee, kamu memerlukan data berupa email atau nomor ponsel. Kamu juga harus mematuhi syarat dan ketentuan Shopee terkait pembuatan akun toko penjual.

Jika kamu sudah memenuhi persyaratan yang telah kami sebutkan di atas, kamu sudah bisa mulai menjual produk di Shopee. Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, semoga artikel kami di atas bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas