Advertisement

Cara Buat Toko di Shopee Terlengkap untuk Pemula

Rancakmedia.com – Apakah kamu ingin buat toko di shopee? Inilah beberapa cara mudah untuk membuat toko di shopee yang bisa kamu lakukan di rumah dengan santai, simak detail informasinya dibawah.

Sangat mudah untuk membuat toko di Shopee, siapapun yang ingin membuat bisnis online melalui marketplace tentunya harus memahaminya dengan benar. Seperti yang sudah kamu ketahui, selain Bukalapak, Tokopedia dan lainnya, shopee juga termasuk sejumlah marketplace yang banyak dipilih oleh pembeli Indonesia.

Tidak hanya pembeli, penjual juga bisa mengandalkan shopee, terlepas dari apakah merek tersebut sudah terkenal atau baru memulai. Banyak penjual baru yang masih bingung tentang cara membuat toko online di shopee karena membutuhkan beberapa langkah yang cukup mudah untuk memiliki toko online sendiri.

Didalam artikel ini kita akan membahas cara untuk daftar toko di shopee sebagai penjual tanpa ribet yang bisa kamu ikuti langkah demi langkahnya. Simak pada artikel berikut ini untul informasi keseluruhannya ya.

Sejarah Singkat Shopee

Mungkin sebagian dari kalian menganggap sejarah Shopee tidak penting. Bahkan, banyak pengguna Shopee yang penasaran dengan sejarah Shopee di Indonesia. Shopee adalah pasar dengan jangkauan di Asia dan Amerika Selatan. Shopee hadir di Indonesia pada Desember 2015 bersama 6 wilayah Asia lainnya.

Sejarah Singkat Shopee

Shopee diluncurkan oleh Chris Feng dengan visi dan misi menjadi #1 di Indonesia yang dapat menyatukan penjual dan pembeli melalui satu platform. Bertujuan untuk mengarahkan dunia ke arah yang lebih baik, Shopee percaya teknologi transformatif yang ada dapat membantu pemilik UMKM berkembang.

Langkah-Langkah Buka Toko di Shopee

Sebelum membuka toko di Shopee, kamu perlu mempersiapkan hal-hal berikut.

  1. Sebaiknya gunakan alamat email dengan nama toko kamu agar lebih profesional dan tidak mengacaukan email pribadi kamu. Kemudian pastikan kamu melakukan verifikasi dua langkah bahwa kamu memiliki alamat email dan nomor kontak untuk pemulihan penyimpanan email.
  2. Pastikan nomor handphone masih aktif dan selalu aktif. Jangan lupa untuk isi ulang dompet karena jika nomor ponsel kamu mati, kamu juga harus mengganti nomor ponsel yang terdaftar di Shopee.
  3. Identitas atau Kartu Tanda Penduduk (KTP) terkadang diperlukan untuk mengaktifkan beberapa fitur di Shopee, misalnya Shopeepay.

Bagi kamu yang ingin jualan secara online, tentunya kamu berpikir bahwa berjualan di Shopee merupakan cara berjualan yang efektif dan ampuh. Shopee sudah memiliki identitas merek yang sangat kuat bagi masyarakat Indonesia untuk membeli berbagai barang. Penasaran bagaimana cara buat toko di Shopee? Yuk simak pembahasan selengkapnya di sini!

Buat Akun Shopee

Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah langkah-langkah yang perlu kamu ikuti untuk membuat toko di Shopee:

  1. Buka aplikasi Shopee atau situs web Shopee
  2. Klik Daftar
  3. Masukkan nomor telepon yang aktif (nomor yang sebelumnya belum pernah terdaftar di Shopee)
  4. Periksa SMS dan kamu akan menerima kode konfirmasi
  5. Masukkan kode verifikasi di tempat yang disediakan dan klik Next
  6. Masukkan nama pengguna (sesuai dengan nama bisnis) dan kata sandi. Klik Berikutnya untuk menyelesaikan proses

Profil Toko Lengkap

Jika kamu sudah membuat akun, langkah selanjutnya adalah melengkapi profil toko kamu. Kamu dapat melakukan ini di aplikasi atau di situs web Shopee itu sendiri. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah-Langkah Buka Toko di Shopee

Melalui Situs Shopee

  1. Buka Seller Center, pilih “Profil Toko”
  2. Masukkan nama, gambar dan deskripsi toko

Melalui Aplikasi

  1. Klik pada profil kamu
  2. Pilih Menu Toko kami dan kemudian Asisten Penjualan
  3. Klik pada profil toko, isi gambar dan deskripsi

Tentukan Layanan Pengiriman Toko

Langkah selanjutnya adalah menentukan layanan pengiriman cabang yang diinginkan. Saat ini tersedia JNE (YA, REG dan OKE), J&T Express, Pos Indonesia, Grab (hari yang sama) dan GoSend (hari yang sama)

Pastikan juga jika kamu mengaktifkan layanan pengiriman baru di tingkat toko, layanan pengiriman baru juga harus diaktifkan di tingkat produk.

Memilih Jasa Kirim Level Toko

  1. Via Seller Center : Masuk ke Seller Center, pilih menu “My Delivery Service” lalu pilih jasa pengiriman yang diinginkan
  2. Melalui aplikasi Shopee: Buka aplikasi Shopee, pilih menu akun kamu dan klik “Toko kami”.
  3. Pilih menu “Layanan pengiriman kami” lalu pilih layanan pengiriman yang diinginkan

Memilih Jasa Kirim Level Produk

  1. Melalui Seller Center: Masuk ke Seller Center, pilih “Produk kami”. Pilih produk yang ingin kamu ubah layanan pengirimannya. Ketika kamu telah memilih layanan pengiriman yang kamu inginkan.
  2. Melalui aplikasi Shopee: Pilih menu akun kamu di aplikasi, masuk ke menu “Toko saya” Pilih “Selling Assistant” > “Produk kami”> pilih produk yang ingin kamu ubah layanan pengirimannya. Jika kamu mengklik “Simpan”.

Tambahkan Rekening Bank

Pada langkah selanjutnya kamu perlu menambahkan rekening bank, nanti uang hasil penjualan akan ditransfer ke rekening bank ini. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pilih menu “Rekening Bank” di Seller Center atau “Pengaturan Saldo Penjual” di aplikasi Shopee.
  2. Pilih menu Add Bank Account atau Bank Account untuk menambahkan informasi ke rekening bank kamu.
  3. Setelah kamu menambahkan data, klik “Simpan”

Menambahkan Produk ke Toko

Ketika semua data dan profil toko sudah lengkap, kamu bisa mulai berjualan dengan memasukkan produk ke dalam toko. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka menu “Toko kamu” di Seller Center atau klik kami > “Toko saya” di aplikasi Shopee.
  2. Klik menu Tambah Produk Baru.
  3. Pilih kategori produk yang ingin kamu jual
  4. Tambahkan gambar produk, deskripsi dan harga
  5. Klik simpan dan lihat
  6. Produk kamu telah memasuki toko

Pilih untuk Menjual Produk Kamu Sendiri, Jadi Reseller atau Dropshipper

Pilih untuk Menjual Produk Kamu Sendiri

Sebelum membuka toko di Shopee, kamu harus terlebih dahulu menentukan jenis barang yang ingin kamu jual. Apakah kamu ingin menjual produk kamu sendiri, menjadi reseller pemasok utama atau memutuskan untuk menjadi dropshipper? Masing-masing tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan.

Jual Produk Kamu Sendiri

Tentunya jika kamu ingin memiliki produk sendiri, kamu sudah mengetahui kelebihan menjual barang sendiri dibandingkan dengan produk pesaing atau membedakan diri dari produk mereka. Tentunya sudah memiliki departemen produksi, bisa bekerja dan siap pakai. Mungkin kamu menjual secara offline atau bisa juga langsung menjual dengan sistem online.

Keuntungan menjual produk sendiri adalah manajemen persediaan yang mudah, kualitas produksi yang terkendali, dan kemampuan untuk membangun hubungan dengan reseller dan dropshipper untuk mendukung penjualan.

Namun sisi negatifnya adalah kamu membutuhkan tenaga dan modal untuk memproduksi produk, riset pasar, memperkuat brand melalui kegiatan pemasaran, hingga berisiko merugi jika barang yang dijual tidak menguntungkan.

Menjadi Reseller

Pengecer berarti menjual kembali suatu produk dari pihak pertama tanpa persediaan untuk pendapatan yang ditentukan sendiri atau oleh pemasok. Jadi tugas kamu hanyalah menjual kembali produk tersebut dengan syarat membeli produk mereka dengan jumlah minimum order.

Nanti dapat diskon reseller, lalu jual dengan harga tertentu dan sesuai kesepakatan dengan supplier. Kelemahan menjadi reseller adalah modal yang dikeluarkan untuk membeli produk dengan jumlah minimum order yang cukup besar.

Menjadi Dropshipper

Jika kamu ingin mencoba berjualan tanpa stok, kamu bisa mencoba menjadi dropshipper. Kamu tinggal mencari pelanggan yang siap memesan, kemudian mengirimkan detail pesanan ke supplier terbaik kamu, maka dengan cara ini kamu bisa mendapatkan pendapatan penjual di Shopee.

Keuntungan menjadi dropshipper adalah kamu bisa berjualan di Shopee tanpa stok dan tanpa modal. Sebagai dropshipper, yang harus kamu lakukan adalah memasarkan terus menerus. Kelemahan menjadi dropshipper adalah tidak bisa mengatur sendiri persediaan produk, kualitas produk tergantung supplier, dan keuntungan tidak sebesar reseller.

Tips Jualan di Shopee

Berikut panduan yang bisa membantu kamu berjualan langsung di Shopee:

  1. Pastikan produk yang dijual bukanlah produk yang dilarang untuk dijual. Daftar produk yang tidak boleh dijual di Shopee bisa kamu lihat di situs resmi shopee.
  2. Pada halaman profil, ketuk tombol Jual untuk mengambil foto produk atau mengunggah foto produk yang sudah ada ke galeri kamu. Kamu juga dapat langsung mengunggah foto yang diposting di Instagram tanpa mengambil tangkapan layar. Maksimal foto untuk satu produk adalah 9 buah.
  3. Isi deskripsi produk secara detail seperti kategori, harga, stok, variasi, berat dan juga ongkos kirim.
  4. Untuk produk yang pengemasannya lebih lama, kamu bisa mengaktifkan fitur pre-order dengan waktu pengemasan 7 sampai 15 hari.
  5. Jangan lupa untuk menambahkan hashtag pada deskripsi produk untuk memudahkan konsumen dalam mencari produk.
  6. Klik tanda centang atau “Simpan” setelah semua informasi terisi dan barang kamu akan muncul di platform Shopee secara otomatis.

Tips Agar Barang Kamu Laris di Shopee

Selanjutnya, kami ingin memberikan beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar barang kamu laris di Shopee:

Mendaftar Gratis Ongkir XTRA

Berikut ini beberapa syarat yang harus kamu lengkapi untuk mendaftar di program ini:

  1. Toko memiliki minimal 1 produk aktif dengan stok minimal 1
  2. Toko masih menerima pesanan dari 7 hari terakhir
  3. Toko aktif dan tidak mengaktifkan fungsi toko liburan
  4. Toko telah mengaktifkan salah satu layanan pengiriman: Shopee Express Standard, Shopee Express Sameday,
  5. SiCepat REG, J&T Express, Ninja Express
  6. Poin penalti toko tidak boleh lebih dari 3
  7. Toko tidak memiliki riwayat pesanan ganjil
  8. Jika toko kamu memenuhi persyaratan di atas, ikuti langkah-langkah berikut untuk mendaftar di program

Pengiriman Gratis XTRA:

  1. Buka aplikasi Shopee
  2. Pilih menu XTRA Gratis Ongkos Kirim.
  3. Pilih menu “Semua pengiriman gratis”.
  4. Klik “Daftar sekarang”
  5. Masukkan nomor KTP, foto e-KTP dan foto selfie dengan e-KTP
  6. Setuju persyaratan
  7. Selesai
  8. Kiriman toko ditinjau oleh Shopee. Jika toko kamu terpilih, kamu akan menerima notifikasi dari Shopee.

Rajin Upload Produk Minimal 10 Kali Setiap Hari

Untuk membangun kepercayaan toko kamu, kamu harus mengunggah 10 produk baru per hari. Tujuannya adalah agar sistem Shopee mengenali bahwa toko kamu aktif dan memberikan peluang bagi produk kamu untuk muncul di mesin pencari Shopee.

Isi Informasi Produk dengan Lengkap

Memberikan informasi produk yang jelas juga penting untuk membangun kepercayaan dengan calon pelanggan. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan:

  1. Judul Produk: Merek + Model Produk + Spesifikasi + Ukuran
  2. Foto Produk: Berikan beberapa foto dari sudut yang berbeda
  3. Deskripsi Produk: bahan yang digunakan, fungsi dan informasi lebih lanjut
  4. Kategori dan variasi: warna, desain, dan lainnya

Buat Kupon

kamu dapat membuat kupon dengan membuka aplikasi Shopee dan masuk ke menu profil kamu > pilih menu Toko kami > pilih menu Penawaran kami > pilih menu Kupon. Kemudian kamu dapat memilih diskon, jumlah maksimum produk dan durasi promosi.

Promosikan di Media Sosial

Kemudian kamu dapat menggunakan media sosial sebagai sarana untuk mempromosikan bisnis kamu. Jangan lupa untuk menambahkan tautan ke toko Shopee kamu di media sosial!

Harga yang Kompetitif

Menetapkan harga yang kompetitif merupakan salah satu strategi agar barang kamu laku di Shopee. Sesuaikan modal dan lihat berapa banyak yang dibebankan pesaing. Ingatlah untuk memberikan harga yang wajar agar pelanggan tertarik untuk membeli produk dari toko kamu!

Kelebihan dan Kekurangan Berjualan di Shopee

Jika kamu ingin memulai bisnis online di Shopee, kamu bisa memulainya dengan menjual berbagai produk. Mulai dari pulsa, paket data, produk fashion, peralatan rumah tangga dan lain sebagainya. Manfaat yang akan kamu terima akan banyak dan beragam.

Kelebihan dan Kekurangan Berjualan di Shopee

Misalnya, kamu bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan kredit toko di Shopee jika kamu tahu cara menghasilkan keuntungan di Shopee.

Kelebihan Buka Toko di Shopee

Nah, untuk manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari Shopee, langsung saja simak di bawah ini.

Program Menarik Bagi Konsumen dan Penjual

Keuntungan berjualan online di Shopee adalah kamu bisa merasakan banyak program yang ditawarkan. Program-program ini tentunya sangat menguntungkan baik bagi pembeli maupun penjual.

Dari sekian banyak program di Shopee, program gratis ongkos kirim masih menjadi primadona di Shopee. Faktanya, hingga saat ini belum ada marketplace yang mampu menandingi program gratis ongkos kirim dari Shopee.

Pasar yang Luas

Penghasilan yang bisa kamu peroleh dari berjualan di Shopee bisa sangat banyak karena jika kamu memasarkan produk kamu di Shopee, otomatis pasar yang kamu jangkau akan semakin luas. Kamu tidak dibatasi oleh wilayah atau usia. Kelompok orang yang berbeda dari daerah yang berbeda dapat membeli produk yang kamu tawarkan.

Sistem Mendukung

Misi Shopee adalah memajukan UMKM di negara-negara Asia. Oleh karena itu, Shopee serius menawarkan berbagai fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh para penjual.

Di Shopee Seller Center Indonesia, penjual dapat membaca banyak panduan untuk memudahkan transaksi jual beli online di tokonya. Sistem seperti ini tentunya sangat menguntungkan bagi para penjual Shopee.

Transaksi Nyaman dan Efisien

Jenis transaksi yang disediakan oleh Shopee sangat beragam oleh karena itu aspek ini akan menentukan seberapa besar keuntungan yang akan diperoleh dari penjualan di Shopee kamu.

Semakin mudah transaksi dilakukan, semakin banyak pembeli yang mau membeli lebih banyak. Ada banyak metode pembayaran di Shopee. Mulai dari transfer bank, melalui mini market bahkan dengan fungsi cash on delivery.

Modal Kecil untung Besar

Keuntungan lain berjualan online di Shopee adalah modal yang minim. Saat kamu berjualan di Shopee, kamu tidak perlu membayar sewa toko. Kamu dapat dengan mudah membuat produk kamu di rumah. Bahkan, kamu bisa memulai bisnis di Shopee tanpa modal dengan menjadi dropshipper Shopee.

Kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan dengan sedikit modal, lho. Usaha yang kamu lakukan untuk berjualan dengan sistem dropship juga sangat sederhana. Inilah salah satu alasan berjualan di Shopee bagi sebagian orang. Siapa yang tidak suka dengan tawaran seperti ini?

Kekurangan Berjualan di Shopee

Selain memiliki banyak kelebihan, seperti marketplace pada umumnya, Shopee juga memiliki kekurangan. Kekurangan yang terdapat di Shopee terkadang membuat penjualan di Shopee menjadi rugi. Namun, jika kamu bisa mengatasi kekurangannya, kamu tetap bisa mendapatkan keuntungan.

Persaingan Ketat

Karena Shopee juga memiliki jangkauan yang luas di luar negeri, persaingan antar penjual pun tak terhindarkan. Banyak penjual yang menjual produk sejenis dengan harga bersaing. Tentunya hal ini membuat persaingan di Shopee semakin ketat setiap harinya.

Pesaing dengan Akun Shopee Lama

Tidak hanya bersaing dengan seller luar negeri, tapi seller yang baru bergabung di Shopee akan bersaing di sini dengan OG Shopee, yaitu seller yang sudah lama bergabung dengan Shopee.

Produk penjual baru cenderung muncul di halaman pencarian yang jauh dari penjual lama. Namun, kamu dapat mengatasi masalah ini dengan mengetahui cara memperbarui produk Shopee.

Syarat Terlalu Banyak untuk Program Gratis Ongkir

Jika kamu checkout dan ingin menggunakan kupon pengiriman gratis, terkadang ada kupon pengiriman gratis yang tidak dapat digunakan. Ini biasanya karena kamu tidak memperhatikan saat membaca persyaratan. Terlalu banyak persyaratan terkadang membuat beberapa voucher tidak dapat digunakan.

FAQ

Berikut ini tanya jawab seputar aplikasi shopee:

Berapa Biaya Buat Toko di Shopee?

Buka toko di shopee tidak dipungut biaya alias gratis, kecuali saat jualan, keikutsertaan program xtra/cashback gratis dapat dikenakan biaya oleh admin yang ditetapkan oleh kebijakan shopee.

Berapa Potongan Jualan di Shopee?

Biaya admin non-star (kategori A): diskon 20% normal 3,2% biaya admin Star dan Star+ (Kategori A): Diskon 20% normal 4% biaya layanan gratis ongkos kirim  XTRA untuk penjual non-Star (Kategori A): diskon 20% biaya 5% biasa.

Ongkir di Shopee Siapa yang Bayar

Gratis ongkos kirim ditanggung Shopee sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku, sehingga tidak ada biaya tambahan yang dibebankan kepada penjual.

Siapa yang Memberi Diskon di Shopee?

Siapa yang memberikan diskon di Shopee? Secara umum, diskon yang telah ditentukan tetap ditanggung oleh masing-masing penjual di Shopee. Shopee tidak pernah membayar diskon yang diberikan oleh masing-masing penjual. Jika kamu telah menurunkan harga barang-barang tertentu, kamu harus menanggung sendiri diskonnya.

Baca juga:

Kesimpulan

Sangat mudah untuk menbuka toko online di Shopee, siapa saja yang ingin membangun bisnis online melalui marketplace harus memahaminya dengan baik. Pada artikel ini, kita sudah membahas cara mudah mendaftarkan toko di Shopee sebagai penjual, yang dapat kamu ikuti langkah demi langkahnya di atas ya.

Itulah artikel yang dapat kami sampaikan di atas, semoga informasi tersebut bisa membantu kamu untuk memulai bisnis barunya, semoga berhasil ya!

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas