Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS hari ini, Kamis 1 April 2021. Nilai tukar rupiah diprediksi masih condong tertekan pada Kamis (4/1/2021) sesudah ada dalam kisaran Rp14.500 per dolar AS. Berdasar data Bloomberg, nilai tukar rupiah di pasar spot ditutup pada Rabu (31/2/2021) sejumlah 45 point atau 0,31 % ke tingkat Rp 14.525 per dolar AS.

Saat itu, indeks dolar AS terlihat turun 0,1 % atau 0,09 point ke tingkat 93,207. Data yang diterbitkan Bank Indonesia tempo hari mengatakan suku bunga referensi Jisdor di tingkat Rp 14.572 per dolar AS, turun 91 point atau 0,63 % dibanding posisi Selasa (30 Maret 2021) di posisi Rp 14.481 per dolar AS.

Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi dalam laporannya menjelaskan tingginya keinginan valas korporasi mendekati akhir kuartal ikut menggerakkan gerakan rupiah. Keperluan valas (valas) di akhir triwulan ini memang lumayan tinggi karena mempertimbangkan kewajiban pembayaran deviden, hutang jatuh termin, dan keperluan yang lain.

🔥TRENDING:  Cara Membaca Candlestick yang Sangat Membantu untuk Menentukan Arah Candle Berikutnya

Tukar Rupiah “Banyak sekali rupiah yang dilepaskan untuk diganti dengan mata uang asing, khususnya dolar AS. Faktor angin-anginan berikut yang mengakibatkan rupiah menurun,” katanya. Ibrahim memprediksi untuk perdagangan Kamis (4/1/2021) Tukar Rupiah, rupiah akan dibuka berfluktuasi tetapi akan ditutup kembali menurun di kisaran 14.530-14.590 rupee.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. Di lain sisi, salah satunya aspek terpenting yang mendasari pelemahan rupiah ialah tren positif dolar AS. penguatan mata uang greenback didukung oleh percepatan vaksinasi AS dan paket stimulan khusus yang diperkirakan, yang menggerakkan harapan inflasi dan tingkatkan imbal hasil obligasi.

Disamping itu, imbal hasil obligasi Treasury AS sepuluh tahun naik ke tingkat paling tinggi 14 bulan pada hari Selasa, satu hari saat sebelum Presiden Joe Biden menerangkan bagaimana gagasan infrastruktur sebesar $ 3-4 triliun akan didanai.

Ia punya niat untuk buka program vaksinasi COVID AS untuk 90 % orang dewasa Amerika di awal minggu yang usai 19 April. Nilai tukar rupiah

🔥TRENDING:  Cukup di Sini Potongan Harga Biaya Listrik Sampai Juni

Indeks keyakinan konsumen CB Konferensi Board naik jadi 109,7 pada hari Selasa pada bulan Maret, tingkat paling tinggi semenjak COVID diawali. Prediksi www.rancakmedia.com ialah 96,9, sedang indeks masuk di 90,4 pada bulan Februari.

Saat itu, investor menanti laporan ketenagakerjaan AS untuk bulan Maret, terhitung non-farm payroll Jumat ini. Investor akan memperhatikan beberapa angka itu dengan jeli sesudah Federasi Reserve mencuplik pasar kerja yang lemas karena sikap waspada yang berkepanjangan pada suku bunga.

Sementara sikap Fed sudah tingkatkan prospek ekonomi, hal tersebut tingkatkan kecemasan inflasi. Saat itu, gagasan stimulan tambahan dari Amerika Serikat berpengaruh negatif pada pasar Indonesia.

Nilai tukar rupiah. Ia menerangkan, tambahan stimulan itu mengakibatkan ekonomi AS lebih baik bisa lebih cepat dari prediksi riset hingga berpengaruh pada naiknya inflasi dan imbal hasil obligasi AS bertenor 10 tahun, hingga berpengaruh pada ekonomi negara berkembang seperti Indonesia.

Back to top button