Advertisement

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online dan Offline

Rancakmedia.com – Berikut ini adalah penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan bisnis yang online maupun yang offline yang perlu kamu ketahui jika kamu ingin memulai bisnis. Yuk simak artikel dibawah ini.

Berbicara tentang toko offline dan online saat ini memang sangat menarik. Sebagai akibat dari pergeseran kebiasaan konsumen, kehadiran toko ritel online dan bata-dan-mortir menjadi topik hangat.

Orang-orang semakin beralih ke pengecer online yang mendukung toko bata dan mortir tradisional karena kenyamanan yang disediakan oleh belanja online. Di sisi lain, toko offline tetap memiliki konsumen setia.

Tidak mungkin untuk mengatakan bahwa baik pengecer bata dan mortir atau online selalu memberikan pengalaman positif atau negatif. Keduanya memiliki keuntungan dan kerugian bisnis yang mungkin sering menyesatkan konsumen saat memilih tempat berbelanja.

Hal ini tidak hanya terjadi pada konsumen. Sebagai pemilik bisnis, kamu mungkin masih belum bisa menentukan apakah akan membuat bisnis offline atau online untuk membantu bisnis kamu terus berkembang.

Jika kamu masih bingung dalam mengambil keputusan, mungkin penjelasan kelebihan dan kekurangan kedua jenis toko di bawah ini bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk kamu.

Bisnis Toko Offline

Bisnis Toko Offline

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari toko offline:

Kelebihan

Berikut ini adalah kelebihan dari toko offline:

Kepercayaan Tinggi

Perusahaan offline memiliki toko aktual di mana konsumen dapat dengan cepat melihat produk yang kamu suplai. Ada beberapa model yang tersedia, dan konsumen dapat mengujinya untuk melihat seberapa cocok model tersebut sebelum melakukan pembelian.

Warna adalah masalah lain yang sering muncul dalam pembelian selain yang dilakukan melalui toko online. Warna pada foto produk seringkali berbeda dengan aslinya.

Dengan membeli langsung dari pelaku usaha, konsumen akan memperoleh produk yang sesuai dengan rona yang ditentukan. Pelanggan sangat percaya pada toko offline karena kamu dapat melihat dan menyentuh produk.

Pelayanan Konsumen Lebih Mudah

Dengan bisnis fisik, pelayanan kepada konsumen dapat dilakukan dengan mudah. Tuntutan dari pelanggan dapat segera dipenuhi, sehingga kamu tidak akan menjadi sumber frustrasi lagi.

Pemilik toko dapat mengurus hal-hal seperti sampel produk, layanan pelanggan, menangani keluhan, dan pengembalian.

Sistem Pembayaran Lebih Aman

Saat berbelanja di bisnis batu bata dan mortir, sebagian besar pelanggan membayar dengan uang tunai. Pembayaran langsung ini membuat pembelian di toko offline lebih aman.

Jumlah uang yang harus segera dibayarkan dapat dilihat dan diperkirakan oleh pemilik toko. Selain itu, tidak perlu khawatir dengan kegagalan pembayaran dan penipuan.

Tidak Repot Melakukan Pengiriman

Karena produk yang dipilih dipasok ke klien langsung setelah pembelian, pemilik toko tidak harus berurusan dengan pengiriman.

Konsumen juga tidak perlu khawatir tentang kapan barang yang kamu beli akan tiba atau tentang harga pengiriman, yang seringkali lebih mahal daripada biaya transportasi ke bisnis.

Persaingan Tidak Terlalu Banyak

Terlepas dari ledakan perusahaan online baru-baru ini, perusahaan bata-dan-mortir masih mempertahankan pengikut setia klien. Akibatnya, bisnis bata-dan-mortir harus bersaing satu sama lain untuk pelanggan.

Kekurangan

Berikut ini adalah kekurangan dari toko offline:

Jangkauan Pasar Terbatas

Toko offline tidak dinamis dan umumnya hanya dalam satu area. Akibatnya, toko offline memiliki pangsa pasar yang lebih kecil. Konsumen cenderung hanya datang dari sekitar toko.

Hal ini dapat menurunkan angka penjualan jika pemilik toko tidak memiliki analisis pasar yang benar untuk mengatur wilayah pelanggan. Pemilik toko juga harus memilih lokasi yang strategis sehingga dapat diakses lebih banyak konsumen.

Memerlukan Tempat Fisik

Karena yayasan toko offline merupakan lokasi yang nyata, maka membutuhkan tempat untuk menampung semua produk yang diiklankan.

Selain menyediakan tempat tinggal, harus ekstra hati-hati agar bangunan yang digunakan dapat bertahan lama. Pengelola toko juga harus memperhatikan penataan hal-hal yang disajikan secara estetis untuk menarik perhatian klien.

Memerlukan Karyawan yang Lebih Banyak

Banyaknya kegiatan dan tugas yang harus dilakukan untuk memajukan toko berarti membutuhkan lebih banyak staf juga. Waktu dan uang kamu dihabiskan untuk perekrutan sebagai pemilik toko ritel.

Walaupun hanya sebuah toko kecil, perekrutan harus dilakukan dengan hati-hati untuk mendapatkan sumber daya manusia yang dapat dipercaya dan bersemangat untuk bekerja sama untuk mengembangkan bisnis.

Modal Lebih Besar

Toko offline menuntut lebih banyak uang karena faktor-faktor yang disebutkan di atas. Dimulai dengan penyediaan barang fisik, ruang, biaya pemeliharaan tempat, mempekerjakan pekerja, dan pekerja itu sendiri.

Sebelum kamu memutuskan untuk memulai bisnis offline, pastikan kamu memiliki cukup uang untuk memenuhi beberapa syarat ini.

Waktu Penjualan Terbatas

Toko offline memiliki jam operasional sendiri. Toko offline biasanya beroperasi 10-12 jam sehari. Dan semua transaksi yang melibatkan pembelian atau penjualan barang harus diselesaikan dalam jangka waktu tersebut. Sisa toko ditutup dan tidak melayani konsumen.

Produk Terbatas dan Sulit Melakukan Pencarian Barang

Produk yang dapat diakses di toko bata-dan-mortir sering dibatasi sebagai akibat dari kurangnya ruang yang tersedia dan kebutuhan untuk meminimalkan kerugian.

Jika konsumen tidak memperoleh produk yang dimaksud, akan sulit untuk menemukan barang yang identik atau pengganti langsung. Konsumen harus mencari cabang lain atau pergi ke pengecer lain.

Bisnis Toko Online

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari toko online:

Bisnis Toko Online

Kelebihan

Berikut ini adalah kelebihan dari toko online:

Mudah Dijalankan

Karena pertumbuhan internet, saat ini sangat mudah untuk memulai bisnis online. Cukup dengan mendaftarkan akun di media sosial atau berbagai marketplace, toko online dapat diluncurkan.

Siapapun berpotensi untuk berjualan online, baik remaja, ibu rumah tangga, atau bahkan belakangan ini, banyak balita kecil yang meluncurkan perusahaan di dunia maya.

Jangkauan Pasar Lebih Luas

Tentu saja bisnis online dipengaruhi oleh jangkauan internet yang luas. Jarak antara pemilik toko dengan konsumen tidak menjadi penghalang bagi keduanya untuk melakukan transaksi jual beli.

Pemasaran untuk toko online tidak hanya terbatas pada area lokal; bisa juga dilakukan secara nasional bahkan internasional.

Modal yang Diperlukan Tidak Terlalu Besar

Kamu hanya dapat memulai toko online jika kamu memiliki ponsel dan akses ke internet. Memulai bisnis tidak membutuhkan banyak uang saat ini, berkat sistem reseller dan dropshipping sekarang tersedia.

Sistem reseller memudahkan orang yang ingin menjual sesuatu tetapi tidak bisa membuatnya sendiri. Seperti perusahaan ritel lainnya, pengecer akan menyimpan inventaris produk untuk dijual. Tetapi tidak banyak hal yang dapat dijual oleh pengecer online, dan ini hanyalah sebuah contoh.

Jika kamu cukup beruntung menemukan agen yang berada di lokasi yang sama, pemilik toko online tidak perlu melakukan stok sama sekali. Ketika konsumen sudah memesan, tinggal mengambil produknya. Selain reseller, ada mekanisme dropship yang semakin mempermudah.

Dalam metode dropship, kamu bahkan tidak perlu melakukan stok dan distribusi produk. Seorang dropshipper memadai untuk melakukan operasi promosi dan pemasaran. Pasokan dan pengiriman produk akan ditangani oleh perwakilan pemilik produk.

Pendekatan ini lebih sederhana dan membutuhkan lebih sedikit uang, tetapi imbalannya tidak terlalu signifikan.

Tidak Memerlukan Tempat

Toko online tidak memerlukan situs fisik untuk menampung segala macam produk dan sebagai tempat berdagang. Jual beli dapat dilakukan melalui akun media sosial dan toko di berbagai pasar online. Toko-toko ini dapat dioperasikan dari mana saja. Baik di jalan atau di rumah,

Memerlukan Karyawan yang Lebih Sedikit

Karena metode yang efisien, pemilik toko online tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan uang untuk mempekerjakan personel. Penimbunan dan pengangkutan barang biasanya dapat dilakukan oleh satu atau dua orang.

Mungkin saja kamu perlu mempekerjakan lebih banyak staf jika bisnis online kamu berkembang pesat dan menerima pesanan dalam jumlah besar.

Waktu Fleksibel

Aktivitas dunia maya berjalan 24 jam sehari, begitu juga toko online. Bahkan hingga dini hari, para operator toko online tetap bisa beraktivitas karena tidak ada batasan waktu kapan kamu bisa bertransaksi.

Produk yang Dijual Bervariasi

Ini adalah salah satu alasan utama mengapa begitu banyak orang sekarang berbelanja dalam format elektronik daripada secara langsung.

Ada berbagai macam produk yang tersedia. Pemilik toko juga harus memperhatikan hal ini. Banyak yang memilih berjualan online karena bisa memberikan barang apa saja dan dari instansi manapun asalkan diminati konsumen.

Kekurangan

Berikut ini adalah kekurangan dari toko online:

Persaingan Ketat

Karena kemudahan untuk membuat akun toko baru dan jangkauan audiens yang besar, persaingan bisnis online menjadi sengit. Pengecer online menghadapi persaingan baik dari vendor nasional maupun internasional.

Kredibilitas Diragukan

Salah satu unsur yang membuat kepercayaan pada toko online rendah adalah barang yang dibeli tidak dapat diuji terlebih dahulu oleh konsumen. Oleh karena itu, pemilik toko harus menjamin bahwa semua barang yang dijual memiliki kualitas yang sangat baik saat diangkut.

Pemilik toko harus bertanggung jawab atas setiap produk cacat yang masuk ke toko kamu. Fakta bahwa pemilik toko tidak melayani konsumen secara pribadi adalah kerugian lain, seperti banyak penipuan bisnis online yang meragukan keabsahan toko online.

Konektivitas Internet

Perusahaan online memiliki waktu transaksi secepat kilat. Bahkan sedikit gangguan dalam layanan internet mungkin memiliki efek yang signifikan. Pemilik toko online bisa merugi hingga jutaan rupiah karena konsumen cukup beralih mencari vendor lain yang mampu melayani kamu lebih cepat.

Putuskan jenis bisnis yang ingin kamu operasikan sekarang setelah kamu mengetahui pro dan kontra dari operasi fisik dan online.

Akankah produk kamu menjadi salah satu yang lancar pemasarannya jika ditaruh di toko online? Atau apakah produk kamu harus sangat spesifik sehingga hanya bisa dijual di toko?

Terlepas dari keputusan kamu, kamu masih memiliki tanggung jawab untuk memelihara toko dengan baik setelah toko tersebut berhasil didirikan. Gunakan perangkat lunak akuntansi online untuk membantu kamu menangani uang toko kamu dengan mudah.

Jurnal adalah salah satu software akuntansi online yang dapat membantu dalam mengelola bisnis kamu untuk bagian keuangan. Bergantung pada kebutuhan bisnis kamu, kuasai berbagai kemampuan program akuntansi dan manfaatkan dengan baik.

Kemampuannya yang canggih dan lengkap sebagai program akuntansi usaha kecil akan membantu berbagai masalah keuangan mulai dari pembuatan laporan keuangan, pembukuan toko, produksi faktur, pencatatan biaya, dan pemantauan inventaris.

Tanya dan Jawab

Berikut ini adalah tanya jawab yang membahas kelebihan dan kekurangan bisnis, antara lain:

Tanya dan Jawab

Mengapa Bisnis Harus Online?

Dibandingkan dengan perusahaan tradisional (beroperasi secara offline), bisnis online adalah jenis bisnis baru yang menawarkan beberapa keuntungan.

Apa Perbedaan Bisnis Online dan Offline?

Salah satu perbedaan paling mencolok antara bisnis online dan offline adalah waktu yang dibutuhkan untuk menjalankannya. Karena tersedia 24 jam sehari, tujuh hari seminggu, dan 365 hari setahun, bisnis online adalah bisnis bebas waktu untuk dibicarakan. kamu bahkan dapat menerima pesanan dan menanggapi percakapan klien saat kamu sedang beristirahat.

Siapa yang Tidak Tertarik untuk Memulai Usaha yang Menjanjikan?

Menjalankan bisnis sendiri, bagaimanapun, memiliki kesulitannya sendiri. Namun, kesulitan-kesulitan ini juga dapat memberikan bisnis dengan informasi yang dapat digunakan untuk mengubah bisnis menjadi salah satu yang memiliki potensi untuk berhasil.

Dalam beberapa tahun terakhir, prospek bisnis sebagai bisnis potensial semakin beragam. Jadi, keahlian khusus apa pun yang ditawarkan oleh banyak individu mungkin menjadi sesuatu yang harus dimanfaatkan untuk mencapai kesuksesan dalam menjalankan bisnis.

Kesimpulan

Pro dan kontra dari dua jenis toko dibahas di atas. Juga pertimbangkan fakta bahwa toko offline memiliki jam operasional sendiri dan tidak tunduk pada persaingan online. Demikian artikel yang telah kami rangkum semoga bermanfaat ya.

Tombol kembali ke atas