Advertisement

Jenis Pekerjaan di Bidang Pariwisata yang Menguntungkan

Rancakmedia.com – Berbagai jenis pekerjaan di bidang pariwisata tentu saja tersedia, jika kamu ingin mencoba nya maka kamu wajib membaca informasi yang akan kami bahas berikut ini.

Bagian penting dari kesejahteraan ekonomi suatu negara adalah pengembangan industri pariwisatanya. sehingga kehadiran industri pariwisata sangat bermanfaat bagi perkembangan ekonomi di Indonesia, termasuk masyarakat setempat.

Hal ini berkaitan dengan manfaat ekonomi yang dibawa oleh tujuan wisata kepada masyarakat setempat. Dalam industri pariwisata yang sedang berkembang, mereka memiliki banyak bisnis.

Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan, pengertian dari usaha pariwisata adalah usaha yang menyediakan barang dan/atau jasa bagi pemenuhan kebutuhan wisatawan dan penyelenggaraan pariwisata.

Bahwa usaha pariwisata membantu mengurangi pengangguran merupakan informasi penting yang harus kamu miliki juga. karena semakin banyak lapangan pekerjaan yang tercipta akibat dibukanya tempat-tempat wisata.

Namun, dalam proses menumbuhkan pariwisata, juga harus mempertimbangkan aspek lain di luar ekonomi. Misalnya, masalah lingkungan harus diperhitungkan. Sebab, tanpa memahami bahwa pariwisata juga erat kaitannya dengan lingkungan, kenyataannya masih banyak pengelola pariwisata, wisatawan, dan lain-lain yang tidak sadar akan masalah lingkungan.

Perlindungan sumber daya alam dan warisan budaya dapat dipastikan melalui pemanfaatan industri pariwisata secara bijaksana. Akibatnya, lapangan kerja terkait pariwisata dapat diciptakan untuk ekonomi lokal sebagai hasilnya.

Untuk melakukan ini, diperlukan strategi pariwisata yang dapat mencakup semua basis, mulai dari finansial hingga lingkungan hingga sosial. Ide pariwisata tersebut diistilahkan dengan “Sustainable Tourism” atau lebih dikenal dengan istilah “sustainable tourism”.

Pariwisata yang layak secara ekonomi dan bertanggung jawab secara lingkungan dan sosial adalah apa yang kami maksudkan ketika kami berbicara tentang pariwisata berkelanjutan. Pertimbangan diberikan untuk saat ini dan juga masa depan.

Untuk mewujudkannya, tidak hanya dari pemerintah, tetapi juga perlu pendampingan dari masyarakat, wisatawan, dan pengelola pariwisata. Dalam beberapa tahun terakhir, sektor pariwisata di Indonesia telah mengalami ekspansi yang luar biasa.

Tak disangka, peluang karir di industri pariwisata semakin meningkat. Ditambah lagi, Indonesia juga sudah banyak mendapatkan hadiah pariwisata.

Salah satunya adalah Globe Travel and Tourism Council (WTTC) yang menempatkan Indonesia pada posisi ke-9 sebagai negara dengan peningkatan wisman tercepat di dunia, seperti dilansir Antara. Menarik, bukan?

Daftar Jenis Usaha di Bidang Pariwisata

Liberalisasi industri pariwisata dapat menawarkan prospek bisnis bagi masyarakat setempat, sehingga akan lebih banyak kesempatan kerja. Dengan membuka lebih banyak lapangan pekerjaan, akan lebih mudah untuk mengurangi jumlah pengangguran.

Daftar Jenis Usaha di Bidang Pariwisata

Berikut adalah beberapa jenis usaha di industri pariwisata yang dapat kamu manfaatkan sebagai kemungkinan untuk membuka lapangan kerja baru dan tentunya meningkatkan pendapatan kamu.

Nah, jika kamu bertanya-tanya seperti apa peluang kerja di bisnis pariwisata, berikut ini kami akan merinci beberapa alternatifnya.

Manajer Akomodasi Pariwisata

Jika kamu tertarik untuk bekerja di industri pariwisata, kamu dapat menjadi manajer akomodasi. Akomodasi ini sudah termasuk transportasi, penginapan, dan akses ke tempat makan. Lokasi yang populer di kalangan wisatawan menunjukkan permintaan dan kesesuaian jenis wisatawan tertentu.

Kemudian, modifikasi tuntutan tersebut dengan ide-ide baru dan kreatif agar wisatawan tertarik untuk memilih penginapan kamu. Banyak orang percaya pariwisata Indonesia kurang terlayani oleh kurangnya penginapan yang tersedia di negara ini.

Hasilnya, kamu dapat membantu pariwisata Indonesia tumbuh dengan menjadikan diri kamu sebagai pengelola akomodasi wisata yang andal.

Jenis Usaha Konsultan Pariwisata

Karier sebagai konsultan di industri pariwisata adalah salah satu yang diminati banyak orang. Konsultan pariwisata bertanggung jawab untuk menyediakan layanan, memberikan saran, dan mengatasi berbagai tantangan yang berkaitan dengan bisnis pariwisata.

Jenis Usaha Konsultan Pariwisata

Jika kamu bekerja di industri ini, kamu harus memiliki pemahaman menyeluruh tentang studi kelayakan, perencanaan, penelitian, manajemen bisnis, dan pemasaran pariwisata. Kamu akan dapat memberi mereka konsultasi mendalam dengan cara ini.

Biasanya, pelanggan konsultan pariwisata adalah orang-orang yang memiliki usaha di industri pariwisata, seperti agen perjalanan, hotel, maskapai penerbangan, dan lokasi wisata.

Tour Guide

Jika salah satu alasan utama kamu mempelajari pariwisata adalah hasrat kamu untuk bepergian, kamu dapat memilih untuk menjadi pemandu wisata atau pemandu wisata.

Prospek karir pemandu wisata cukup luas. kamu dapat bekerja untuk biro perjalanan, museum, objek wisata, atau bahkan pemerintah jika kamu mau.

Tentu saja, kamu perlu tahu banyak tentang pariwisata dan budaya, dan kamu juga harus bisa menjelaskan apa yang kamu ketahui.

Untuk menjadi seorang pemandu wisata, kamu membutuhkan keterampilan komunikasi yang baik karena kamu akan bertemu dan berkomunikasi dengan wisatawan.

Selain itu, memiliki kemahiran dalam bahasa daerah dan bahasa asing lebih disukai. Sebagai bonusnya, kamu dapat menjadi juru bahasa di objek wisata.

Travel Writer

Karier sebagai jurnalis perjalanan atau blogger perjalanan adalah pilihan lain di industri pariwisata. Setelah mendapatkan gelar di bidang pariwisata, kamu berpengalaman dalam banyak aspek sektor ini.

Cara terbaik untuk mengomunikasikan informasi ini adalah melalui pembuatan cerita yang menarik. Menurut Hostel World, mengikuti tren perjalanan saat ini adalah bagian penting untuk menjadi penulis perjalanan yang sukses.

Awasi bagaimana bisnis pariwisata berubah dan gunakan informasi itu dalam tulisan kamu. Kamu juga bisa membekalinya dengan keterampilan fotografi dan pembuatan film selain menulis.

Orang-orang akan tertarik dengan apa yang kamu katakan dan apa yang kamu tunjukkan tentang tempat-tempat wisata.

Kamu bisa menjadi penulis perjalanan sebagai pekerja lepas atau bekerja untuk perusahaan seperti surat kabar atau jaringan TV.

Jenis Usaha Agen Biro Perjalanan

Banyak orang enggan mengambil alih pengaturan perjalanan mereka sendiri. Mereka lebih suka bepergian dengan rencana perjalanan dan penginapan yang sudah ditentukan.

Jenis Usaha Agen Biro Perjalanan

Agen perjalanan sering kali menjadi tujuan pertama mereka. Membuat paket liburan termasuk hotel, tempat wisata, pilihan wisata, transportasi, dan detail lainnya adalah bagian dari pekerjaan kamu sebagai agen perjalanan.

Jika kamu menginginkan kesepakatan terbaik untuk setiap paket yang kamu beli, kamu memerlukan jaringan kontak yang luas.

Potensi karya pariwisata yang satu ini memang sangat menarik, namun kamu harus bersaing dengan banyak agen perjalanan wisata lainnya agar dapat merebut hati para wisatawan.

Usaha Penginapan

Kamu dapat menjalankan bisnis hotel di properti kamu sendiri jika dekat dengan tujuan wisata populer. Hotel, homestay, vila, dan jenis akomodasi lainnya semuanya dapat digunakan.

Buat penginapan yang bagus dengan semua fasilitas yang dibutuhkan wisatawan untuk membuat mereka menginap di sana saat bepergian melalui area tersebut. Kamu dapat menggunakan keterampilan desain dan perencanaan kamu untuk membantu kamu membangun rumah yang indah.

Pastikan untuk menjaga kebersihan penginapan agar wisatawan bisa menginap dalam waktu yang lama. Jangan lupa juga untuk menetapkan harga yang murah bagi wisatawan, agar mereka lebih tertarik untuk menyewakan rumah kamu.

Jenis Usaha Jasa Sewa Mobil

Tentu saja, jika kamu sedang berlibur, kamu akan membutuhkan sebuah mobil untuk berkeliling. Pekerjaan di bidang pariwisata ini juga menawarkan potensi yang sangat besar, mengingat banyak sekali wisatawan yang membutuhkan jasa rental mobil ini.

Jenis Usaha Jasa Sewa Mobil

Biasanya wisatawan menyewa kendaraan atau motor saat berlibur di kawasan tersebut. kamu mungkin juga memiliki sopir yang siap mengantar wisatawan ke mana pun mereka ingin pergi sambil menyewa kendaraan.

Namun pastikan kendaraan yang akan disewakan kepada wisatawan memiliki kualitas dan keamanan yang terjamin. Menjaga kebersihan mobil akan mendorong pelanggan untuk menyewa kembali dari kamu ketika mereka kembali ke daerah di kemudian hari.

Pastikan pengemudi yang menjemput dan mengantar wisatawan juga bersih dan enak diajak bicara. Sehingga bisa mencairkan suasana sekaligus mendatangkan wisatawan.

FAQ

Contoh tanya jawab tentang pekerjaan di bidang pariwisata, sebagai berikut:

Berapa Gaji Seorang Pemandu Wisata?

Pemandu wisata mendapatkan gaji sekitar Rp 4.000.000 hingga Rp 7.000.000 per bulan.

Mengapa Usaha di Bidang Pariwisata termasuk Usaha di Bidang Jasa?

Karena perusahaan di bidang pariwisata tidak menjual barang atau benda, melainkan menyediakan jasa.

Mengapa Usaha Jasa Pariwisata sangat Diperlukan?

Karena usaha pariwisata dapat membantu perekonomian suatu negara berkembang.  Sebab usaha pariwisata memiliki dampak yang signifikan terhadap perekonomian Indonesia, serta kehidupan warganya. Hal ini berkaitan dengan manfaat ekonomi yang dibawa oleh tujuan wisata kepada masyarakat setempat.

Kesimpulan

Bagian penting dari kesejahteraan ekonomi suatu negara adalah pengembangan industri pariwisatanya. Perlindungan sumber daya alam dan warisan budaya dapat dipastikan melalui pemanfaatan industri pariwisata secara bijaksana, sebagai hasilnya, lapangan kerja terkait pariwisata dapat diciptakan untuk ekonomi lokal.

Liberalisasi industri pariwisata dapat menawarkan prospek bisnis bagi masyarakat setempat, sehingga akan lebih banyak kesempatan kerja. Nah itu dia beberapa pekerjaan di bidang pariwisata yang dapat kamu manfaatkan sebagai kemungkinan untuk membuka lapangan kerja baru dan meningkatkan pendapatan kamu.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas