Advertisement

UMKM PT Pertamina Raih 4 Miliar di Pameran INACRAFT

Rancakmedia.com – Sebanyak 24 UMKM PT Pertamina (Persero) mendapatkan total transaksi hingga Rp. 4 miliar pada The International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) 2022 yang resmi berakhir pada Minggu (27/3/2022).

Di hari terakhir penyelenggaraan INACRAFT 2022, 24 stand UMKM Pertamina mendapat sambutan yang meriah dan banyak dikunjungi calon konsumen baik di dalam maupun luar negeri.

“Secara keseluruhan transaksi di pameran UMKM Pertamina tembus 4 miliar, meningkat hingga 107 persen dibandingkan event INACRAFT sebelumnya di tahun 2019.

Prediksi efeknya selain penjualan selama pameran, diharapkan ada sustainability order dari pelanggan baru. Selama INACRAFT dan UMKM akan terus tumbuh ke depan,” kata VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fajriyah Usman.

24 UMKM PT Pertamina di Pameran INACRAFT

24 UMKM Pertamina berasal dari berbagai tempat di Indonesia, antara lain Jakarta, Banten, Bandung, Bantul, Sleman, Kediri, Surabaya, Denpasar, Lombok Timur, Situbondo, Banjarmasin dan Balikpapan dengan jenis perusahaan yang terdiri dari fashion, kriya dan kosmetik.

Ke-24 UMKM tersebut dipilih melalui prosedur yang cukup panjang, setelah mengkurasi 103 UMKM yang mendaftar dengan kriteria kualitas, mutu dan level produk yang harus sesuai dengan tuntutan pasar global.

Banyak orang yang datang untuk melihat kerajinan dari akar jati yang dipajang. Pesanan untuk produk ini untuk dijual di Denmark masuk setelah dimasukkan ke dalam stok pajangan.

Ketika dia tidak berharap untuk mendapatkan pesanan senilai itu, dia terkejut. Bahkan produk meja dan kursi yang hanya dipamerkan langsung ludes hanya dalam beberapa menit.

Silakan memesan 10.000 toples kayu dengan saya. Insya Allah, kami mampu memberikan produk. Innani, pemilik Galeri Akar Dewa Jati Situbondo, menggambarkannya sebagai “seperti mimpi.”

Mitra Binaan Pertamina di Rumah BUMN Situbondo, Innani telah menjadi anggota sejak tahun 2019. Produk yang dibuat antara lain dekorasi rumah, kursi, meja, sendok, garpu, gelas, sumpit dan gelas yang semuanya berbahan dasar akar jati dengan corak khas yang beragam. tetapi masih memiliki kekuatan. Untuk dimanfaatkan dengan baik.

Agar tahan lama dan aman bagi tubuh, produk ini dicat menggunakan bahan alami yang terbuat dari beeswax. Jika dikonsumsi bersamaan dengan makanan, zat tersebut tidak hanya food grade tetapi juga aman untuk dikonsumsi.

The International Handicraft Trade Fair 2022

UMKM dari seluruh tanah air akan berkumpul di Booth 2022 di INACRAFT 2022 untuk melihat apa yang ada di Pertamina untuk mereka tahun ini. Salah satu UMKM ini akan menjual kosmetik produksi sendiri antara lain lulur Bali, minyak, masker, dan losion, serta sabun alami dan garam mandi.

Ia tak menyangka produknya begitu diminati pengunjung hingga ia melakukan tiga kali pengiriman dari Bali dalam acara ini. Semua produk terjual sehari sebelum acara berakhir.

“Pada hari terakhir saya pada dasarnya memberikan brosur dan kartu nama sambil membahas produk yang dijual,” ungkapnya.

Dia memperoleh banyak pelanggan baru selama acara INACRAFT 2022, termasuk pelanggan ritel, distributor, dan pelanggan yang memanfaatkannya. Beberapa pelanggan ritel sudah mulai memesan produk untuk dijual kembali.

Salah satu cara BUMN membantu pencapaian SDGs adalah dengan keikutsertaannya dalam acara INACRAFT yang melibatkan UMKM binaan (Sustainable Development Goals). Khususnya pada poin 8 terkait penyediaan lapangan kerja dan pembangunan ekonomi serta pelaksanaan program berbasis ESG (Environment, Social and Governance) di seluruh lokasi operasi Pertamina.

Diharapkan dengan mengikuti kegiatan ini, UMKM Pertamina dapat menampung ambisi dan tujuannya serta mendorong semangat kemandirian untuk menjadi wirausahawan yang tangguh dan profesional, tutup Fajriyah.

Misi Pertamina adalah senantiasa menyediakan energi yang dapat menggerakkan roda perekonomian melalui inisiatif UMK dan semangat Energizing Your Future. Energi yang merupakan sumber energi sekaligus sumber pertumbuhan yang dapat dipertahankan. Dan berusaha untuk terus mendorong setiap Mitra Binaan menjadi UMK untuk maju kelas dan Go Global.

Kesimpulan

UMKM PT Pertamina (Persero) mendapatkan total transaksi hingga Rp. 4 miliar pada Pameran Perdagangan Kerajinan Internasional 2022 (INACRAFT). Acara tersebut resmi ditutup pada Minggu (27/3/2022) dengan peningkatan 107 persen dibandingkan acara INACRAFT sebelumnya.

Misi Pertamina adalah menyediakan energi yang dapat menggerakkan roda perekonomian melalui inisiatif UMK dan semangat Energizing Your Future. Salah satu cara BUMN membantu pencapaian SDGs adalah dengan keikutsertaannya dalam acara INACRAFT yang melibatkan UMKM (Sustainable Development Goals).

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas