Advertisement

Harga Minyak Goreng Curah Meroket Rp 22.000 Per Liter

Rancakmedia.com – Kenaikan harga minyak goreng curah akhir-akhir ini memang banyak menyita perhatian. Bagaimana mungkin harganya tidak lebih tinggi dari harga eceran tertinggi pemerintah (HET) Rp 11.000/liter?

Data Jakarta Food Info menunjukkan, harga rata-rata minyak goreng curah saat ini berada di level Rp 19.636/kg pada Rabu (22/12/2021). Sedangkan harga tertingginya sudah mencapai Rp. 22.000/kg, atau naik 100 persen dari HET.

Harga tertinggi terjadi di Grass Market. Pal Meriam memiliki harga terendah, yaitu Rp 14.000/kg, naik level Rp 18.000/kg dari penawaran terendah berikutnya.

Kementerian Perdagangan sebelumnya mengatakan, tingginya harga minyak goreng karena harga CPO atau minyak sawit mentah masih tetap tinggi.

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan menegaskan tingginya harga CPO akan bertahan hingga kuartal I 2022.

“Saya pastikan sampai akhir triwulan I 2022 masih ada (kenaikan harga CPO) trennya akan berlanjut sehingga (harga) masih bisa terjadi,” ujarnya dalam jumpa pers virtual, Jumat (10/12). /2021). Menurut laporan itu, harga CPO dunia sekitar $1,305/ton di awal tahun 2021, naik 27,17 persen. (dtf)

Harga Minyak Goreng Curah Meroket

Pedagang makanan di Kota Bandar Lampung kebingungan mendapatkan minyak goreng curah dengan harga eceran tertinggi (HET) Rp. 14 ribu per liter.

Demikian disampaikan Yusuf, seorang pedagang di Way Halim, Kota Bandar Lampung. Bahkan jika ada pasar untuk minyak goreng curahnya di dekat tempat dia menjualnya, dia mengklaim harganya lebih tinggi dari HET.

Setelah harga minyak goreng kemasan naik, Yusuf mengatakan dalam wawancara Selasa (22/3/2022), “Sebenarnya saya berencana memanfaatkan ini sebagai alternatif minyak goreng curah.”

Ia juga menambahkan, pasokan minyak goreng kemasan kini cukup banyak, setelah subsidi ditiadakan. Harga, di sisi lain, telah meningkat dengan cepat.

“Sekarang kemasan yang murah sudah diganti dengan yang lebih bagus. Kayaknya belum selesai. Selain niat puasa,” lanjutnya.

Seorang pedagang minyak di Pasar Way Halim, sementara itu, menyatakan bahwa pemasok belum mengirimkan barang ke tokonya selama berhari-hari dalam hal pasokan minyak goreng curah.

Nani berkata, “Minyak curah ini sudah lama tidak masuk.” Disebutkan terkait harga jika ada stok minyak curah, harga jualnya mencapai Rp. 22.000 per liter.

“Awalnya Rp 18.000, hari ini kalau ada barang naik jadi Rp 22.000,” ujarnya.

Sementara itu, Ikhsan, seorang pedagang di Pasar Way Kandis, meminta agar masalah minyak goreng curah segera ditindaklanjuti. “Mari kita imbangi, jadi seenaknya ada penggantian ketika harga packing lebih mahal,” kata Ikhsan.

FAQ

Berikut ini adalah pertanyaan yang banyak ditanyakan yang akan kami jawab dibawah ini.

Berapa Harga Minyak Curah Per Kilo?

Rata-rata harga minyak goreng curah di pasar tradisional Indonesia hari ini, Senin (7/11/2022), mencapai Rp 16.850 per kilogram.

Apakah Minyak Curah Aman?

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan minyak goreng aman dikonsumsi dan tinggi vitamin. (CNN Indonesia/Sapphire Makki). Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan minyak goreng memiliki banyak vitamin dan aman untuk dikonsumsi.

Perbedaan Minyak Goreng Curah dan Kemasan

Minyak curah hanya melewati penyaringan. Minyak goreng kemasan kini telah disaring dua kali. Dengan demikian, tingginya jumlah peroksida minyak curah disebabkan oleh kerusakan yang disebabkan oleh oksidasi.

Kesimpulan

Kenaikan harga minyak goreng curah akhir-akhir ini memang banyak menyita perhatian. Bagaimana mungkin harganya tidak lebih tinggi dari harga eceran tertinggi pemerintah (HET) Rp 11.000/liter?

Kementerian Perdagangan sebelumnya mengatakan, tingginya harga minyak goreng karena harga CPO atau minyak sawit mentah masih tetap tinggi.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas