Advertisement

Daftar Industri Kreatif Bisnis yang Takkan Tergantikan Robot

Rancakmedia.com – Perlu kamu ketahui inilah industri kreatif bisnis yang takkan tergantikan oleh robot, menjadi wirausahawan yang kreatif sangat berguna bagi masa depan, yuk simak infonya dibawah ini.

Pernahkah pertanyaan tentang “masa depan seperti apa yang ingin diraih?”dan terlintas di benak kamu: keuntungan apa lagi yang bisa kamu tawarkan? Kedua pertanyaan tersebut mungkin bisa kami jawab kali ini jika selama ini kamu belum bisa melakukannya.

Pentingnya Menjadi Wirausahawan Kreatif

Manusia tidak diciptakan dan hidup untuk dirinya sendiri. Hanya dengan bergantung pada orang lain, atau setidaknya makhluk lain, manusia adalah makhluk sosial yang dapat melewati hari tertentu.

Siapa yang hidup apa yang mungkin terjadi pada seorang individu yang menemukan diri mereka sendiri di tengah-tengah sebuah pulau tanpa makhluk lain? Hanya sebulan, itu akan punah tanpa kontribusi pemikiran dan tindakan kreatifnya.

Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial, namun banyak dari kamu masih memilih untuk menghabiskan hidup kamu dalam keterasingan. Dia hanya bangun untuk dirinya sendiri, dia bekerja untuk dirinya sendiri, dan dia tidur untuk dirinya sendiri.

Dia mengisi tujuh hari waktu bangunnya dengan apa-apa kecuali hal-hal yang membantunya. Pada kenyataannya, manusia bisa berbuat lebih banyak.

Meningkatkan dampak seseorang dapat dicapai dengan berbagai cara. Membantu orang lain adalah salah satu pilihan. Namun, belum diketahui dengan baik bahwa ada metode alternatif untuk berbagi pendapatan, antara lain dengan menjadi wirausaha.

Menjadi seorang pengusaha tidak hanya memungkinkan kamu untuk menjadi kapten hidup kamu. Menciptakan lapangan kerja adalah cara lain yang dapat kamu lakukan sebagai saluran bagi cerita dan kehidupan orang lain untuk mengalir.

Mengapa Perusahaan Kreatif?

Bukan pekerjaan mudah menjadi seorang pengusaha. Akan ada banyak pengalaman pertama kali di toko untuk kamu.

Memahami pasar, menyesuaikan diri dengan perubahan, memenuhi harapan konsumen, dan menghasilkan lebih banyak pendapatan adalah bagian dari menjadi pengusaha sukses. Pertanyaan seperti itu terus mengganggu mereka yang ingin mendirikan perusahaan.

Sebenarnya, sebagian besar perusahaan besar terbentuk dari kelalaian. Mereka hanya dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan ini jika mereka cukup tabah dan bermata jernih.

Lihat saja Elon Musk, yang mengembangkan perusahaannya dari mesin pencari alamat sederhana menjadi seperti sekarang ini, termasuk roket raksasa dan mobil listrik.

Membangun perusahaan yang menguntungkan membutuhkan waktu dan kerja keras. Untuk menjadi sukses, kamu akan membutuhkan banyak waktu dan dedikasi.

Teknologi perlahan tapi pasti masuk ke lebih banyak bidang aktivitas, terutama di zaman yang berteknologi maju seperti kamu. Awalnya, tugas-tugas duniawi seperti karyawan di jalur perakitan akan dikelola oleh teknologi.

Kemudian, ketika kecerdasan buatan meningkat, pekerjaan kerah biru lebih lanjut akan otomatis dan dihilangkan. Mesin mungkin dapat melakukan aktivitas tertentu yang tidak dapat lagi dilakukan manusia.

Menurut Michio Kaku, seorang astronom dan futuris, masih ada pekerjaan yang tidak bisa diambil alih robot, terutama yang menuntut kepemimpinan, hati nurani, dan kreativitas yang hanya dimiliki manusia.

Usaha kreatif merupakan salah satu kegiatan yang menggabungkan ketiga komponen tersebut. Perusahaan seluler didirikan berdasarkan kapasitas manusia untuk mencerna informasi, memahami kemungkinan, berpikir kreatif, dan memiliki tujuan yang tulus untuk membantu orang lain.

Nilai usaha kreatif tidak akan pernah berkurang, tidak peduli seberapa cepat waktu berubah. Selera mungkin berubah, tetapi bisnis kreatif akan tetap memiliki konsumen yang setia.

Tentu saja, karena sifat manusia untuk mengagumi sesuatu yang menarik, kreatif dan bermanfaat. Jadi bisnis kreatif sangat cocok bagi kamu yang ingin mengembangkan perusahaan yang langgeng di tengah perubahan teknologi yang cepat.

Selain mengembangkan perusahaan yang berkelanjutan, membangun usaha kreatif juga dapat membantu lebih banyak orang. Ini karena jenis perusahaan kreatif tertentu menuntut banyak pekerjaan.

Tidak semua kegiatan kreatif dapat dilakukan sendiri. Dengan begitu kamu pasti membutuhkan bantuan orang lain. Sebagai hasil dari usaha kamu, kamu telah berhasil memberikan jawaban atas tingginya angka pengangguran di Indonesia yang mengkhawatirkan.

Ada banyak ide bisnis kreatif yang mungkin bisa kamu coba terapkan. Beberapa membutuhkan banyak uang tunai, sementara yang lain tidak.

Beberapa dapat kamu capai sendiri, yang lain tidak dapat kamu lakukan sendiri. Jadi sebelum memilih untuk memulai upaya kreatif apa pun, nilai sumber daya dan kemampuan kamu sendiri.

Jangan biarkan kesalahan menggagalkan perusahaan pemula kamu. Jika kamu tahu siapa yang kamu tuju sebagai pelanggan, kamu dapat mempersempit jenis usaha kreatif apa yang ingin kamu mulai.

Dalam hal pengembangan produk, apakah kamu fokus pada pasar domestik atau luar negeri? Hal ini karena preferensi masyarakat Indonesia berbeda dengan preferensi penduduk dunia.

Namun, kamu tidak perlu bingung saat memutuskan perusahaan yang ingin kamu kembangkan. Berikut adalah beberapa contoh ide bisnis kreatif yang menarik yang dapat kamu manfaatkan.

Daftar Industri Kreatif Bisnis yang Tidak Bisa digantikan Robot

Berikut ini sejumlah pekerjaan yang tidak bisa tergantikan oleh robot:

  1. Pimpinan perusahaan
  2. Perajin
  3. Pekerja konstruksi
  4. Arsitek
  5. Desainer grafis
  6. Juru masak
  7. Dokter dan perawat
  8. Petani dan peternak
  9. Pengendalian mutu (quality control)

FAQ

Berikut ini bagian tanya jawab yang berkaitan dengan industri kreatif atau pembahasan artikel kami di atas, simak untuk mengetahui jawabannya dibawah ini.

Seperti Apa Industri Kreatif Itu?

Menurut Kementerian Perdagangan Republik Indonesia tahun 2009, ekonomi kreatif adalah industri yang muncul dari pemanfaatan keterampilan, kreativitas dan bakat yang dimiliki individu untuk menciptakan kekayaan dan kesempatan kerja.

Apa Tujuan Dari Industri Kreatif?

Ekonomi kreatif adalah industri yang muncul dari pemanfaatan keterampilan, kreativitas, dan bakat individu untuk menciptakan kekayaan dan lapangan kerja. Industri ini akan fokus pada peningkatan kreativitas dan kreativitas individu.

Bagaimana Perkembangan Ekonomi Kreatif?

Industri kreatif di Indonesia semakin berkembang setiap tahunnya. Berdasarkan data OPUS Creative Industry Report 2020, subsektor industri kreatif menyumbang Rp1.211 triliun terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional. Jumlah ini meningkat dari tahun 2019 yang menyumbang Rp 1.105 triliun.

Kesimpulan

Pada artikel di atas kami telah memberikan informasi mengenai seberapa pentingnya menjadi wirausahawan kreatif, dan mengapa perusahaan kreatif.

Demikian artikel tentang Inilah Industri Kreatif Bisnis yang Takkan Tergantikan Robot, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan membantu kamu semua.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas