Advertisement

5 Rekomendasi Peluang Bisnis di Tengah Pandemi

Rancakmedia.com – Pada masa pandemi masyarakat banyak mengisi waktu dengan memanfaatkan peluang bisnis, apa saja rekomendasi peluang bisnis di tengah pandemi yang menjadi tren?

Pandemi Covid-19 telah menghancurkan kehidupan orang di seluruh dunia selama setahun penuh. Kesehatan, industri, pariwisata, dan ekonomi semuanya terkena dampak buruk di negara-negara sekitar pandemi.

Sejak kemunculannya di Indonesia pada Maret 2020, Covid-19 telah menginfeksi lebih dari 1 juta orang Indonesia.

Situasi di negara lain tidak lebih baik daripada di Indonesia. Hal ini mengakibatkan jutaan orang menjadi pengangguran karena kurangnya kesempatan kerja atau dipecat dari pekerjaan mereka saat ini.

Beberapa orang beralih ke penjualan internet sebagai cara baru untuk menyelesaikan kesengsaraan keuangan mereka setelah krisis ini.

Tentunya hal ini sangat ideal di saat banyak bisnis dan retail mall yang tutup sementara atau mengalami pengurangan jam operasional selama masa pandemi.

Apalagi kemungkinan bisnis internet dalam beberapa tahun terakhir ini tentu kuat. Ada berbagai pasar yang beroperasi baik di dalam negeri maupun di luar negeri yang menyediakan barang dan jasa yang bahkan tidak dapat diakses secara umum di toko dan pusat perbelanjaan.

Generasi baru pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah dikabarkan telah muncul sebagai dampak dari pandemi Covid-19. Menurut statistik Tokopedia, pada tahun 2020 jumlah merchant berkembang cukup signifikan.

Ekhel Chandra Wijaya, Senior Lead Komunikasi Eksternal Tokopedia, mengatakan, “Tokopedia ditujukan untuk memudahkan orang memenuhi kebutuhan mereka dan menghasilkan kemungkinan melalui penggunaan teknologi.”

Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa, bahkan di tengah pandemi, memahami pola pasar sangat penting untuk memulai dan menjalankan bisnis yang sukses.

Ekhel mengungkapkan beberapa orang yang membuka mata yang dapat menjadi motivasi bagi mereka yang mempertimbangkan peluncuran bisnis mereka sendiri.

Daftar Rekomendasi Peluang Bisnis yang Tren di Tengah Pandemi

Dibawah ini terdapat daftar peluang bisnis yang tren di tengah pandemi, yaitu sebagai berikut:

1. Makanan dan Minuman

Di penghujung tahun 2020, kategori F&B menjadi kategori terpopuler di Tokopedia. Menjual makanan cepat saji, menurut Ekhel, menjadi pilihan bisnis yang layak di tengah pandemi.

Selama pandemi, penjualan madu, buah-buahan, telur, kopi panggang lokal, keripik, dan beras semuanya mengalami peningkatan yang signifikan.

2. Skincare dan Perawatan Tubuh

Di masa pandemi, banyak orang yang semakin memperhatikan kesehatan kulit wajah dan tubuhnya. Skincare lokal juga kerap menghasilkan produk-produk terbaru yang tak kalah bagusnya dengan produk internasional.

3. Tanaman dan Alat Berkebun

Menurut Ekhel, berkebun adalah salah satu hiburan paling populer di antara mereka yang terkena dampak pandemi. Akibatnya, bisnis pabrik mengalami masa pertumbuhan.

4. Produk Olahraga

Selama pandemi, perusahaan UMKM mungkin menghasilkan uang dengan menjual peralatan olahraga.

Beberapa orang yang tidak dapat mengakses klub kebugaran mungkin merasa lebih nyaman untuk berolahraga di rumah.

Beberapa peralatan olahraga terpopuler sepanjang tahun 2020 adalah sepeda, peralatan olahraga, joran, peralatan panjat tebing dan camping.

5. Alat Lukis

Banyak orang akan beralih ke melukis sebagai cara untuk menghilangkan stres saat pandemi sedang berlangsung. Pelanggan Tokopedia menyukai perlengkapan melukis termasuk kanvas, cat, dan buku gambar lainnya.

Kesimpulan

Demikian artikel ini semoga informasi yang kami sampaikan di atas dapat membuat kamu terinspirasi dan memunculkan ide lain untuk membuka peluang bisnis di tengah pandemi.

Kami harap artikel rekomendasi peluang bisnis dapat bermanfaat dan membantu kamu semua, jika kamu menjalankan peluang bisnis di tengah pandemi, jangan sampai lupa untuk mematuhi protokol kesehatan ya.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas