Advertisement

Harga Kopi Termahal di Dunia Bernilai Jutaan Rupiah

Rancakmedia.com – Yuk cari tahu harga kopi termahal di dunia yang bernilai jutaan Rupiah! Preferensi kopi termahal dari kopi panas tradisional hingga es kopi trendi. Namun, tahukah kamu bahwa ada deretan kopi termahal di dunia?

Salah satu minuman paling populer di dunia adalah kopi. Minum kopi mungkin memberi kamu dorongan energi untuk menjalani hari kamu.

Kopi tidak lagi dikenal sebagai minuman. Aksi minum kopi sudah menjadi kebutuhan, adat, gaya hidup, dan budaya.

Melansir Kementerian Perindustrian Republik Indonesia(Kemenperin), lebih dari 70 negara di dunia telah menanam tanaman kopi, yang menunjukkan tingginya permintaan masyarakat akan minuman pahit ini.

Hal ini ditunjukkan dengan semakin menjamurnya kedai kopi di perkotaan, tingkat konsumsi kopi robusta dan arabika di kalangan masyarakat perkotaan terus meningkat sebesar delapan persen setiap tahunnya. Namun, pernahkah kamu mempertimbangkan, seperti apa rasanya kopi termahal di dunia?

Daftar Kopi Termahal di Dunia

Untuk secangkir kopi yang ideal, serangkaian langkah yang ketat harus diikuti dari awal hingga akhir. Beberapa varietas kopi mahal karena biji kopi bermutu tinggi dipasangkan dengan prosedur pemrosesan yang ekstensif. Ada beberapa jenis kopi, masing-masing dengan rasa, aroma, dan harga yang berbeda.

Semakin besar harganya, semakin baik kualitasnya secara alami. Banyak dari sekian banyak jenis biji kopi yang tersedia di pasaran dengan harga yang murah.

Kopi Luwak

Kopi luwak, kopi spesial Indonesia yang sangat berharga, adalah salah satu kopi termahal di dunia. Varietas ini dianggap sebagai salah satu kopi termahal di dunia.

Tidak ada cara untuk memproduksi kopi Luwak secara artifisial perlu melalui proses alami untuk melakukannya. Kopi ini dibuat dari kotoran, atau lebih tepatnya dibuat dari biji kopi yang dicerna sebagian. Kemudian, dicampakkan oleh musang atau musang sawit, yang merupakan mamalia mirip kucing.

harga kopi termahal

Seorang hanya bisa mengonsumsi ceri kopi luwak paling enak dan paling baru. Setelah ditelan, buah kopi ini mengalami proses fermentasi paling alami dalam sistem pencernaan luwak.

Dengan demikian menghasilkan karakteristik rasa tertentu yang tidak dapat diduplikasi dengan cara lain. Biji dikeluarkan dari musang, dicuci, dipanggang, dan kemudian diseduh setelah dikeluarkan oleh musang.

Di Amerika Serikat, secangkir kopi luwak mungkin dibandrol dengan harga US$80 atau setara dengan Rp. 1.2 juta. Selain kopi termahal di dunia, kopi luwak juga paling sehat.

Kopi luwak murni mengandung asam malat yang lebih tinggi daripada bentuk kopi lain yang dievaluasi. Menurut Journal of Nutritional Medicine, asam malat membantu siklus Krebs.

Metabolisme lipid, karbohidrat, dan protein menjadi bentuk yang dapat digunakan oleh tubuh adalah apa yang terjadi di hati selama proses ini.

Kopi Hacienda La Esmeralda (Geisha)

Kopi geisha yang dibuat oleh perkebunan Hacienda La Esmeralda ini dibudidayakan di lereng Gunung Baru, di Panama. Banyak pohon jambu dapat dilihat di area tempat perkebunan ini berada.

Hal ini membuat rasa kopi menjadi buah. Selama penyimpanan sekitar 40-60 hari, jenis kopi termahal di dunia ini akan matang tetapi tidak akan diekspor.

Tanaman biji kopi Geisha terkenal karena buahnya yang panjang dan rasanya yang kaya akan madu dan jeruk. Saat dituangkan, Panama Geisha memiliki aroma bunga yang lembut (agak mengingatkan pada melati).

Blueberry, mangga, pepaya, dan bahkan jeruk mandarin kadang-kadang terdeteksi. Sedangkan after taste meninggalkan rasa jeruk bergamot.

Perpaduan yang tidak biasa inilah yang membuat kopi ini begitu mahal. Harga kopi Geisha ini melebihi US$350,25 per 450 kilo atau Rp. 5,2 juta.

Kopi Black Ivory

Kopi kotoran gajah, sering dikenal sebagai kopi hitam gading, adalah salah satu ekspor Thailand yang paling mahal.

Prosedur pembuatannya berbeda dengan Kopi Luwak, meski premis produksinya hampir sama. Awalnya gajah diberi ceri Arabika Thailand dengan menambahkannya ke dalam makanan mereka yang biasa.

Menurut situs Africa Geographic, gajah adalah herbivora dan proses fermentasi yang mereka gunakan untuk memecah selulosa dalam makanan gajah menghasilkan “rasa buah manis” di kotoran mereka.

Eksperimen ini menghasilkan minuman kopi hibrida dengan “rasa cokelat dan ceri”. Selain itu, penemu Black Ivory Coffee menghabiskan waktu sekitar 10 tahun untuk mendapatkan biji kopi terbaik.

Inilah yang menjadikan Black Ivory sebagai salah satu varietas kopi termahal di dunia. Untuk kopi Black Ivory 450 gram dibandrol dengan harga US$500 atau Rp. 7,4 juta.

Kopi Hacienda El Roble

Jika varietas kopi di atas dapat diakses dalam jumlah tak terbatas setiap tahun, kopi Hacienda El Roble hanya tersedia dalam jumlah terbatas setiap tahun. Singkatnya, jenis kopi termahal di dunia ini hanya bisa diakses 22 kilogram setiap tahun.

Seorang ahli agronomi atau lainnya harus mengawasi prosedur yang cermat untuk menumbuhkan biji kopi ini. Hacienda El Roble sendiri dibudidayakan di daerah pertanian selatan Kolombia.

Hanya ada satu lokasi untuk mendapatkan kopi ini, khususnya di sebuah roaster bernama Proud Mary, di Melbourne, Australia. Hacienda El Roble dijual sekitar Rp 1,4 juta untuk 450 gram.

Ospina Dynasty Gran Café Premier Grand Cru

Daftar kopi termahal di dunia selanjutnya adalah Ospina Dynasty Gran Café Premier Grand Cru. Kamu mungkin sulit untuk percaya bahwa jenis kopi ini dikembangkan oleh sepasang saudara yang melarikan diri dari penjara dan kemudian memiliki perkebunan kopi di pegunungan vulkanik.

Berasal dari Antioquia, sebuah provinsi di Kolombia, kopi ini memiliki cita rasa yang khas dengan aroma almond, gurih dan agak pedas. Tidak banyak informasi yang diketahui tentang salah satu varietas kopi termahal di dunia.

Namun menurut rumor yang beredar, Ospina Dynasty Gran Café Premier Grand Cru akan dipasarkan dengan harga US$150 atau Rp. 2,2 juta hanya untuk 450 gram biji kopi.

Kesimpulan

Beberapa varietas kopi mahal karena biji kopi bermutu tinggi dipasangkan dengan prosedur pemrosesan yang ekstensif. Kopi luwak, kopi spesial Indonesia yang sangat berharga, adalah salah satu kopi termahal di dunia.

Kopi luwak mengandung asam malat yang lebih tinggi daripada jenis kopi lainnya. Panama Geisha memiliki aroma bunga yang lembut (agak mengingatkan pada melati). Demikian artikel yang dapat kami sampaikan, nah disini kami juga rekomendasikan informasi yang harus kamu baca tentang Isyana Sarasvati dan Nicholas Saputra jadi bintang iklan untuk kopi kenangan, untuk lebih detailnya silahkan klik link disini.

Back to top button