Advertisement

Pengertian Human Capital Management, Manfaat dan 5 Strateginya

Rancakmedia.com – Pengertian human capital management atau HCM harus dipahami oleh semua pemilik bisnis. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini! HCM adalah singkatan dari Human Capital Management, yang mengacu pada seperangkat prosedur yang digunakan oleh organisasi dan perusahaan untuk merekrut, mengelola, mengembangkan, dan memaksimalkan karyawannya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan estimasi nilai perusahaan mereka.

Proses HCM Akan Menghasilkan Berbagai Hasil, Antara Lain:

  1. Memperoleh personel sesuai dengan keterampilan yang dibutuhkan
  2. Memiliki staf dengan semua kemampuan yang dibutuhkan dalam lingkungan kerja
  3. Tingkatkan hasil dengan mengelola karyawan dengan sukses.
  4. Selain singkatan HCM, ada tambahan perusahaan yang menggunakan istilah Human Resource Management.
  5. Untuk lebih memahami keduanya, simak uraian berikut!

Definisi Human Capital Management

Baik HRM maupun HCM bertanggung jawab mengelola komponen manusia di perusahaan. Namun, kedua departemen ini sebenarnya memiliki pendekatan yang berbeda dalam melihat individu. Ini berdampak pada cara perusahaan melihatnya.

Human Capital adalah departemen yang menangani orang dari sudut pandang modal. Selain itu, sumber daya manusia dapat ditingkatkan untuk meningkatkan laba perusahaan seperti halnya aset perusahaan lainnya. Intinya, perusahaan menganggap orang atau karyawan sebagai aset yang nilainya dapat dikembangkan.

Dengan sudut pandang ini, HCM mengevaluasi proses rekrutmen, pelatihan, dan pembayaran gaji sebagai bentuk investasi yang akan memberikan ROI (Return of Investment). Investasi juga dapat berbentuk menyediakan karyawan dengan kondisi kerja terbaik, serta memberi mereka beragam manfaat yang bermanfaat.

Tugas Human Capital Management

Secara umum, peran Human Capital adalah untuk meningkatkan nilai sumber daya manusia suatu perusahaan agar dapat memanfaatkan potensi yang dimiliki secara maksimal. Tugas yang dilakukan oleh HCM selama proses meliputi:

  1. Selama proses mencari karyawan yang mungkin, kompilasi database. Ketika saatnya tiba, perusahaan siap untuk merekrut setiap posisi terbuka dengan karyawan baru yang memenuhi persyaratan yang ditentukan.
  2. Pasca rekrutmen, HCM dipercaya untuk mempersiapkan karyawan untuk bekerja melalui proses onboarding.
  3. Persiapannya meliputi penyajian alat, barang, kebijakan perusahaan, hingga rekan kerja
    untuk meningkatkan kinerja karyawan, HCM juga berperan dalam program pelatihan dan pengembangan
  4. HCM mempertahankan keahlian terbaik perusahaan melalui program pelatihan dan penghargaan
  5. Melakukan penilaian kinerja karyawan dan mengelola semua data yang berhubungan dengan karyawan.

Manfaat Human Capital Management

HCM menganggap karyawan lebih dari sekadar alat untuk mencapai tujuan bisnis. Memiliki HCM dapat memberikan berbagai manfaat bagi karyawan individu dan bisnis itu sendiri. Apa pun?

  1. Peningkatan kepuasan kerja adalah produk sampingan dari upaya pelatihan dan pengembangan, seperti peningkatan produktivitas.
  2. Ketersediaan manajemen dalam bentuk pelatihan dan pengembangan dapat membantu meningkatkan retensi dan keterlibatan karyawan dengan perusahaan yang terlibat. Ini dapat meminimalkan tingkat turnover yang menghabiskan banyak biaya.
  3. Pengetahuan yang luar biasa tentang metode investasi dalam sumber daya manusia dapat membantu perusahaan meningkatkan ROI (Return of Investment)
  4. Proses perekrutan berjalan dengan baik karena kapasitas HCM untuk menarik pelamar yang hebat dan mengembangkan kemampuan mereka untuk kesuksesan perusahaan.

Strategi Dalam Pelaksanaan Human Capital Management

Ada lima teknik yang dapat digunakan untuk merancang HCM yang baik di perusahaan Anda, yaitu:

  1. Tetapkan visi yang jelas dan bermakna. Ini mencakup segala sesuatu mulai dari ukuran dan batasan anggaran bisnis hingga harapan pemangku kepentingan dan tuntutan karyawan dalam mencapai tujuan bisnis.
  2. HCM dapat lebih menutup kesenjangan antara tuntutan bisnis dan SDM dengan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang keduanya. Memprioritaskan inisiatif pelatihan dan pengembangan bagi calon karyawan.
  3. Putuskan strategi terbaik dan kebijakan yang diperlukan untuk merancangnya.
  4. Kembangkan strategi untuk menerapkan strategi, yang harus mencakup pengalokasian sumber daya yang cukup, penetapan jadwal waktu, dan pengalokasian dana yang memadai.
  5. Verifikasi kemajuan Anda secara teratur untuk memastikan semuanya berjalan sesuai rencana.

Kesimpulan

HCM adalah singkatan dari Human Capital Management, yang mengacu pada seperangkat prosedur yang digunakan oleh organisasi dan perusahaan untuk merekrut, mengelola, mengembangkan, dan memaksimalkan karyawannya.

HCM mengevaluasi proses rekrutmen, pelatihan, dan pembayaran gaji sebagai bentuk investasi yang akan memberikan ROI (Return of Investment). Memiliki manajemen modal manusia (HCM) di perusahaan Anda dapat memberikan berbagai manfaat bagi karyawan individu dan bisnis itu sendiri.

Ada lima teknik yang dapat digunakan untuk merancang HCM yang baik, yaitu:. Tetapkan visi yang jelas dan bermakna. Memprioritaskan inisiatif pelatihan dan pengembangan bagi calon karyawan.

Tombol kembali ke atas