6 Ide Konten Shopee video Menarik yang Bisa Kamu Gunakan

nafa cahyani

Ide Konten Shopee video Menarik yang Bisa Kamu Gunakan

Rancakmedia.com – Bagi kamu pengguna Shopee yang bingung dengan ide konten Shopee video apa yang bisa membuat calon pembeli kamu tertarik, kini kamu bisa mendapatkan 6 ide konten Shopee video yang kami sediakan di bawah ini.

Shopee berhasil meluncurkan fitur terbaru yaitu Shopee video untuk digunakan oleh pengguna Shopee supaya bisa bersosialisasi dengan sesama pengguna lainnya denga melalui video.

Aplikasi Shopee sekarang ini memang sedang menjadi salah satu aplikasi belanja online yang tengah tren dan memiliki banyak sekali pengguna.

Hal ini terjadi karena banyak sekali kemudahan yang telah di tawarkan oleh Shopee kepada pengguna nya, salah satunya seperti gratis ongkir seluruh Indonesia.

Apa Itu Shopee Video (Sumber: SeventyFour via Canva)

Sedangkan Shopee video ini adalah fitur terbaru Shop ee yang sering disebut mirip dengan aplikasi TikTok dan sejenisnya, karena berisikan video pendek.

Apa Itu Shopee Video

Seperti yang sudah kami jelaskan singkat di atas, Shopee video adalah fitur terbaru yang dirilis oleh Shopee, untuk bisa menjadi wadah bagi para pengguna Shopee bersosialisasi dan mengekspresikan diri dengan sesama pengguna lain.

Shopee video ini telah menjadi sarana hiburan bagi pengguna Shopee, karena video yang disajikan berduras pendek, seperti video di TikTok, reels Instagram, ataupun video short YouTube.

Dengan adanya Shopee video, pengguna bisa mengunggah dan membagikan video pendek yang telah disertai dengan filter dan musik.

Selain itu membuat dan mengunggah video sebagai creator, pengguna juga bisa menonton banyak video dari para kreator Shopee yang kamu sukai.

Fitur Shopee video ini menjadi sebuah ekosistem baru bagi para pengguna Shopee untuk bisa berbagi dan berinteraksi dengan jutaan pengguna aplikasi Shopee lainnya.

Content creator juga bisa mengunggah berbagai jenis video yang bisa meningkatkan brand awareness seperti video produk, video rekomendasi produk, video review hingga video testimoni.

Video yang kamu buat itu nantinya bisa kamu diedit secara langsung di aplikasi Shopee lho.

Cara Daftar Shopee Video dengan Mudah

Di bawah ini rancakmedia.com telah merangkum langkah-langkah yang bisa kamu gunakan untuk mendaftar Shopee video, yaitu:

  1. Pertama, masuk kedalam Shopee video yang berada pada tengah bawah beranda Shopee
  2. Lalu klik menu icon profil yang berada pada bagian pojok kanan atas
  3. Setelah itu tekan tombol daftar pada bagian pojok kanan atas
  4. Kemudian masukkan username untuk nama di akun Shopee kamu
  5. Selanjutnya, Shopee video juga menyediakan kolom untuk kamu isikan sebagai biografi kamu atau biografi toko kamu
  6. Lalu klik simpan dan selesai
Cara Daftar Shopee Video dengan Mudah (Sumber: Artem Varnitsin via Canva)

Cara Membuat Konten di Shopee Video

Sebenarnya terdapat berbagai macam video yang bisa kamu buat dan kamu temukan di Shopee video. Namun bagaimana cara membuat konten di Shopee video? Berikut caranya:

  1. Hal pertama yang perlu kamu lakukan ialah membuka aplikasi Shopee
  2. Lalu klik Shopee video yang berada pada tengah bawah beranda Shopee
  3. Jika kamu belum memiliki akun Shopee video, kamu bisa membuatnya dengan cara yang telah kami jelaskan di atas
  4. Jika sudah, klik tombol + (plus) pada bagian bawah untuk membuat konten video baru
  5. Sebelum kamu memulai merekam, pastikan kamu sudah mengatur batas durasi rekaman, filter, dan kecepatan video yang kamu inginkan
  6. Selanjutnya klik tombol rekam untuk merekam video
  7. Kamu juga bisa menambahkan element seperti stiker, teks, dan efek suara untuk membuat video kamu semakin keren
  8. Lalu klik lanjutkan
  9. Setelah itu kamu bisa menambahkan keterangan dengan hastag atau mantion teman sesuai dengan yang kamu inginkan
  10. Klik postingan untuk mengupload Shopee video

Daftar Ide Konten Shopee Video yang Menarik

Fitur Shopee video memang sangat cocok untuk menjadi tempat pengguna Shopee bisa mencari rekomendasi produk sebelum mereka melakukan perbelanjaan di Shopee.

Di bawah ini kami telah merangkum ide konten video Shopee yang bisa kamu gunakan untuk menarik calon pembeli, antara lain yaitu:

1. Informasi Produk

Video Informasi produk ialah jenis konten video yang bersifat edukatif, hal ini dapat menjelaskan berbagai hal seputar suatu produk tertentu secara rinci.

Contohnya seperti produk Skincare, kamu bisa membuat video informasi produk yang mencantumkan informasi mengenai kandungan, manfaat, keunggulan, cara pakai, hingga efek penggunaannya.

2. Shopee Haul

Video Shopee Haul merupakan video yang memperlihatkan produk yang dibeli kepada pelanggan melalui aplikasi Shopee, kreator juga bisa menunjukkan barang-barang dari toko Shopee Favorit.

Selain berisikan daftar produk, video Shopee Haul juga bisa memuat tentang review produk atau ulasan hari produk yang dibeli secara detail.

3. Catalog

Ketika kamu mengunjungi sebuah toko offline, hal apa yang pertama kamu cari? kemungkinan hal pertama yang akan kamu cari ialah catalog atau daftar menu.

Daftar Ide Konten Video Shopee yang Menarik (Sumber: twinsterphoto via Canva)

Mungkin kamu keseringan menemukan catalog dalam bentuk kumpulan foto di lembaran buku, poster ataupun etalase.

Namun secara, toko online kebanyakan memberikan informasi produk nya dengan melalui foto atau dalam bentuk video.

Jika kamu memiliki toko online seperti Shopee, kamu bisa mengenalkan produk kamu kepada calon pembeli dengan menggunakan video catalog yang disertakan dengan deskripsi.

4. Testimoni

Ide konten menarik yang bisa kamu buat di Shopee video ialah testimoni, cara membuat video ini pun sangat mudah.

Kamu hanya perlu mengumpulkan video atau foto produk dari pelanggan yang puas dengan barang yang kamu jual dan menyatukannya dalam bentuk satu video.

Selain untuk mempromosikan produk kamu, konten testimoni juga bisa membuat pelanggan lebih percaya dan lebih dilibatkan dalam penjualan kamu.

5. Packing dan Shipping

Selanjutnya kamu bisa membuat konten tentang packing dan shipping barang yang telah dipesan oleh pembeli di Shopee kamu lhoo.

Kamu hanya perlu menunjukkan proses packing orderan dengan kemasan produk yang sangat rapih dan menarik. Dan para pelanggan kamu pun akan lebih percaya dan merasa terjamin jika membel produk di toko Shopee kamu.

6. Day in My Life

Pasti kamu sudah tidak jarang bukan dengan konten day in my life? Ide konten ini juga bisa kamu jadikan ide untuk konten di Shopee video kamu.

Day in my life dapat membuat siapapun mengungkapkan sisi personal dirinya, mengenai rutinitas, kebiasaan, bahkan hingga mengajak penonton berada di dunia kamu dalam sehari.

Sebagai pemilik toko online, kamu juga bisa membuat konten ini dengan memberitahu tentang kegiatan harian kamu saat packing barang, kirim barang, dan semua yang berkaitan tentang toko online kamu.

Dan ini bisa menjadi salah satu promosi juga agar lebih banyak orang yang mengenal toko online kamu lhoo.

6. Content Tanya Jawab

Konsumen yang ada di toko online kamu sudah pasti sangat beragam, dan terkadang memiliki pertanyaan yang sama atau yang berbeda tentang produk yang kamu jual.

Content Tanya Jawab (Sumber: Oakazhan via Canva)

Kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk kamu jadikan ide konten, kamu bisa membuat video mengenai tanya jawab seputar produk kamu yang banyak sekali ditanyakan oleh para calon pembeli.

Tips Membuat Konten Video yang Benar

Beberapa dari kamu mungkin masih bingung dengan cara membuat konten yang dapat membuat penonton menyukai video yang telah kamu buat.

Setelah kamu mendapatkan ide konten video Shopee, berikut tips agar video kamu disukai oleh para penonton, sebagai berikut:

1. Berikan Konten yang Menarik

Hal pertama yang bisa kamu lakukan ialah membuat video konten yang menarik, pastikan bahwa video yang kamu buat memiliki kelebihan dibandingan dengan video orang lain.

Kamu bisa menyajikan konten yang berisikan tentang edukasi penggunaan produk, menghibur penonton dengan komedi atau challenge serta ide konten lainnya yang sudah kami sediakan sebelumnya.

2. Curi Perhatian Penonton

Konten video yang panjang tidak akan menjadi masalah jika kamu berhasil mencuri perhatian penton di detik-detik awal.

Sangat penting bagi kreator untuk membuat pembukaan yang menarik agar tidak membuat penontonnya beralih dari video kamu.

Salah satu cara untuk membuat pembukaan yang menarik ialah dengan memilih lagu pengiring atau backsound yang ceria dan disertai dengan background yang menarik.

Selain itu kamu juga perlu menambahkan judul yang mendeskripsikan isi video namun dengan penggunaan kata yang menarik. Contoh nya seperti “Nasi goreng pinggir jalan ini habis dalam waktu satu jam, apa rahasianya ya”

Penggunaan kata yang memancing rasa penasaran juga bisa membantu penonton untuk menonton video kamu hingga selesai lhoo.

3. Tambahkan Deskripsi Video

Walaupun sebuah video bisa menjelaskan pesan yang mau disampaikan dengan mudah, namun dengan adanya deskripsi video juga dapat membuat video kamu lebih menarik.

Cara ini bisa kamu lakukan mengingat durasi yang pendek pada video kamu, terkadang memerlukan penjelasan yang lebih lengkap di kolom deskripsi video.

Tips Membuat Konten Video yang Benar (Sumber: CarmenMurillo via Canva)

Hal ini juga sangat menguntungkan bagi para content creator untuk memperluas jangkauan video ke konsumen dengan tepat.

Kamu juga bisa menambahkan hastag tertentu yang bisa membantu video kamu ditemukan oleh pengguna media sosial hanya dengan menggunakan kata kunci yang sesuai.

Kesimpulan

Shopee video ini telah menjadi sarana hiburan bagi pengguna Shopee, karena video yang disajikan berduras pendek, seperti video di TikTok, reels Instagram, ataupun video short YouTube.

Demikian informasi tentang 6 ide konten shopee video menari yang bisa kamu gunakan, semoga artikel di atas daiat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Baca Juga

Bagikan:

nafa cahyani

Saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua.