Pengertian Blog Menurut Para Ahli Paling Lengkap

Lovata Andrean

Pengertian Blog Menurut Para Ahli Paling Lengkap

Rancakmedia.com – Pada ulasan kali ini kami akan menjelaskan pengertian blog menurut para ahli, terdapat ciri serta fungsinya juga lho, maka dari itu simak informasi dibawah ini agar kamu lebih mudah memahaminya.

Menulis online sering dikenal sebagai blogging atau web blogging, baik dilakukan di situs web pribadi atau melalui sistem manajemen blog seperti WordPress atau Blogger.

Blog adalah konten situs web yang memiliki artikel-artikel yang sering disajikan dalam urutan kronologis terbalik, dari yang paling baru hingga yang paling lama.

Blog dengan cepat menjadi salah satu bentuk konten online yang paling banyak di baca. Bahkan, 77% dari semua pengguna internet adalah pembaca blog yang rajin, menurut survei baru-baru ini. Pada tahun 2020, ketika diproyeksikan ada 600 juta blog, hal ini harus diantisipasi.

Apa Itu Blog

Blog adalah situs web yang berbentuk postingan terdiri atas item-item baru yang ditulis oleh satu atau beberapa penulis dan diperbarui secara teratur dengan konten baru (teks, foto, tautan atau link, dan video). Bisa dikatakan blog adalah situs web yang sebagian besar berisi konten tertulis.

Ketika berbicara tentang blog, tidak hanya mengacu pada konten blogger.com, tetapi juga platform lain seperti medium, WordPress, Typepad, dll. yang membuatnya mudah untuk menyiapkan situs web yang akan diperbarui secara teratur dengan artikel baru.

Blogging mengacu pada praktik menulis blog, sedangkan blogger adalah orang yang mengelola blog. Blog adalah buku harian online di mana orang dapat berbagi segala sesuatu mulai dari peristiwa kehidupan pribadi hingga refleksi yang lebih ringan tentang kehidupan sehari-hari.

Blog niche, di sisi lain, dikhususkan untuk konten yang lebih spesifik. Salah satu contohnya adalah mencakup topik blog tertentu seperti SEO, teknologi, pertanian, kesehatan, dan pendidikan.

Blogger memiliki dua tujuan dalam pikirannya ketika mereka menulis posting untuk blog mereka sendiri. Dua hal pertama, itu hanya minat yang sepintas karna hobi saja, kedua adalah upaya serius untuk menghasilkan uang melalui iklan, penjualan konten, atau pemasaran afiliasi.

Pengertian Blog Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa definisi blog yang telah dikatakan oleh para ahli:

Menurut Harvard University

Weblog adalah buku harian berbasis web yang mencakup hierarki, postingan, gambar, file, dan materi lainnya dalam format yang dapat diakses browser dan dicap waktu.

Menurut Wikipedia

Sederhananya, blog adalah situs web di mana postingan baru ditambahkan secara teratur dan disajikan dalam urutan kronologis terbalik.

Menurut Marketingterms Dictionary

Blog adalah jurnal online di mana penulis mencantumkan tanggal dan memberikan komentar dalam bentuk komentar dan tautan ke konten relevan lainnya di Internet.

Ciri-Ciri Blog

Beberapa fitur penentu blog adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki identitas nama dan alamat yang mudah ditemukan internet
  2. Melayani suatu tujuan
  3. Membawa konten tertulis dalam bentuk artikel, catatan, dan data lainnya.
  4. Mengarsipkan entri blog atau konten lainnya (disimpan sesuai dengan tanggal, bulan, dan tahun posting)
  5. Jumlah konten yang disajikan dalam blog, atau frekuensi pembaruannya, terus berubah untuk mencerminkan audiens blog yang dituju.

Kelebihan dan Kekurangan dari Aplikasi Blog

Kelebihan dan kekurangan menggunakan perangkat lunak blog mencakup yang berikut ini:

Kelebihanan blog

Di bawah ini hanya beberapa dari sekian banyak manfaat yang dibahas dalam blog:

  1. Penggunaan weblog memungkinkan kita untuk memperluas jaringan pertemanan dan kenalan yang ada menjadi kelompok orang yang jauh lebih besar.
  2. Weblog lebih unggul daripada surat elektronik (email) karena komentar kamu pada posting weblog dapat dilihat oleh orang yang jumlahnya tak terbatas. Tidak seperti email, yang hanya dapat dilihat oleh penerima yang dituju, weblog dapat dibagikan kepada siapa saja. Selain itu, pembaca dapat dengan cepat bereaksi terhadap postingan dengan meninggalkan komentar di blog itu sendiri.
  3. Blog memiliki beberapa potensi penggunaan, seperti platform untuk penerbitan, iklan, penawaran bisnis, renungan harian, dan banyak lagi. Sementara sebagian besar blog ditulis dan diperbarui oleh satu orang, yang lain ditulis dan diperbarui oleh sekelompok orang.

Kekurangan blog

Jika ada kelebihan pasti ada kekurangan, jika dijabarkan kekurangan pada blog, yaitu:

  1. Rentan terhadap virus.
  2. Pengintai atau pencuri
  3. Sangat mudah untuk menyalahgunakan tujuannya.
  4. Tulisan blog kurang dapat dipertanggung jawabkan

Fungsi Blog

Membuat blog mirip dengan membuat situs web dasar, yang berarti banyak orang dapat melakukannya. Keramahan pengguna blog membuatnya menjadi taruhan yang aman bahwa banyak orang akan mengunjunginya secara teratur. Blog dapat melayani berbagai tujuan, termasuk:

Sarana Untuk Berbagi Inspirasi, Catatan Hidup atau Pengalaman

Selama isi blog tidak melanggar peraturan dan konvensi bangsa pembacanya, blogger bebas menulis tentang apa pun yang menarik minatnya, termasuk usaha pribadi, keluhan, catatan singkat, pengalaman pribadi, dan hal-hal lain semacam itu.

Sarana Bertukar Informasi

!function(){"use strict";if("querySelector"in document&&"addEventListener"in window){var e=document.body;e.addEventListener("mousedown",function(){e.classList.add("using-mouse")}),e.addEventListener("keydown",function(){e.classList.remove("using-mouse")})}}()