Advertisement

Harga Tiket Masuk Tanah Lot Bali Terbaru

Rancakmedia.com – Dibawah ini kami akan merekomendasikan tempat liburan dengan daya tarik yang unik, yaitu tanah lot bali. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkapnya silakan baca artikel yang telah kami sediakan dibawah ini.

Lokasi pura sangat penting bagi umat Hindu Bali karena terletak di atas batu besar di lepas pantai. Pura Tanah Lot Bali adalah tempat yang wajib dikunjungi wisatawan.

Selain itu, tempat wisata unggulan pulau Bali yang wajib dikunjungi. Karena tempat wisata di Bali ini begitu populer, hampir setiap hari tempat wisata ini selalu dipadati pengunjung wisata.

Aktivitas wisatawan yang berada di kawasan candi ini beragam. Kebanyakan dari mereka akan berjalan-jalan, mengambil foto. Beberapa wisatawan berbaring dan bersantai sambil makan jagung rebus sambil menunggu pemandangan matahari terbenam Tanah Lot yang menakjubkan.

Sejarah Tanah Lot Bali

Menurut tradisi lokal, Tanah Lot di Bali, Indonesia, memiliki masa lalu yang kuno. Salah satu kisah menyebutkan bahwa pada abad ke-15, Bhagawan Dang Hyang Nirartha yang juga dikenal dengan nama Dang Hyang Dwijendra, mengemban misi untuk menyebarkan agama Hindu dari pulau Jawa ke pulau Bali.

Raja Dalem Waturenggong memerintah selama waktu di pulau Bali. Untuk memastikan bahwa agama Hindu sampai ke desa-desa yang paling jauh di Bali, dia senang melihat Dang Hyang Nirartha datang untuk membantunya mencapai tujuannya.

Menurut mitologi Dang Hyang Nirartha, yang menjadi dasar sejarah Tanah Lot, ia menggunakan kekuatan spiritual untuk memindahkan sebuah batu (yang berfungsi sebagai tempat meditasinya) ke tengah pantai. Karena letaknya di tengah lautan, batu ini diberi nama Tanah Lot.

Sejarah Tanah Lot Bali

Sejak kejadian itu, Bendesa Beraban Sakti telah mengakui bahwa Dang Hyang Nirartha memiliki kemampuan supranatural. Selain itu, Bendesa Beraban Sakti juga menjadi murid Dang Hyang Nirartha dan menerima agama Hindu, bersama dengan seluruh masyarakat setempat.

Dalam sejarah Tanah Lot, sebelum meninggalkan dusun Beraban, Dang Hyang Nirartha mempersembahkan keris ke desa Beraban. Semua penyakit tanaman dapat dibasmi oleh keris.

Keris disimpan di Puri Kediri, dan ritual keagamaan dilakukan di Pura Tanah Lot setiap enam bulan. Karena hal ini dilakukan secara konsisten oleh masyarakat Desa Beraban, kesejahteraan penduduk meningkat secara substansial, dengan hasil pertanian yang melimpah, dan mereka hidup dengan saling menghormati.

Daya Tarik Utama Wisata Tanah Lot Bali

Terdapat berbagai penginapan di sepanjang jalan menuju destinasi wisata. Hingga restoran bintang lima yang mewah, kamu akan menemukan semuanya di sini. Tempat wisata di pulau Bali ini sangat ramai dikunjungi wisatawan, terutama pada sore hari, menjelang matahari terbenam.

Banyak bisnis yang menjual beragam barang Bali mengapit lahan yang mengarah ke pura. Misalnya, pasar seni Sukawati Bali menawarkan patung, lukisan, handuk pantai, pernak-pernik, dan barang-barang lainnya.

Harganya juga cukup terjangkau untuk wisatawan lokal maupun internasional. Selain itu, ada penjual makanan dan minuman, serta persewaan toilet.

Beberapa hotel di kawasan tempat wisata juga menyelenggarakan kegiatan dan acara malam hari di sepanjang pantai. misalnya pertunjukan tari kecak, sunset dinner, dan pesta pernikahan.

Daya tarik utama pura Tanah Lot Tabanan sebagai tempat wisata adalah di keunikan lokasi candi yang berdiri di atas batu karang besar, pada saat air pasang, candi dapat terlihat mengapung di air.

Daya Tarik Utama Wisata Tanah Lot Bali

Kemegahan pemandangan matahari terbenam dipercantik dengan siluet candi. Jika kamu sedang berlibur di Bali dan ingin melihat pemandangan matahari terbenam.

Foto prewedding di Bali sering diambil di tempat wisata populer ini. Pemotretan lokasi prewedding di pulau utama Bali populer di kalangan wisatawan yang bersiap-siap untuk pernikahan mereka.

Pura Tanah Lot Tabanan Bali

Dua candi terpisah didirikan di sisi berlawanan dari candi utama. Satu pura diletakkan di atas batu karang raksasa, sedangkan pura lainnya berada di tebing yang menjorok ke laut, mirip dengan tempat wisata Pura Luhur Uluwatu Bali. Kuil dan seluruh pulau dapat dicapai dengan tebing ini. Selain desain seperti jembatan dari tebing melengkung,

Pura Tanah Lot adalah bagian dari Pura Kahyangan Jagat di Bali, dibuat sebagai situs untuk memuja dewa penjaga laut. Kuil akan benar-benar tenggelam saat air pasang. Di bawahnya ada sebuah gua kecil yang di dalamnya terdapat banyak ular laut. Sementara itu, kamu bisa lebih dekat ke lokasi pura saat air pasang.

Harga Tiket Masuk Tanah Lot Bali

Tanah Lot memiliki dua macam tiket masuk yang dapat dipilih wisatawan untuk mengaksesnya, yaitu:

Tiket Masuk Wisatawan Lokal di Tanah Lot

Tanah Lot dapat diakses oleh pengunjung dari segala usia, termasuk anak kecil, membuat musim perayaan semakin menyenangkan bagi semua orang.

  1. Biaya tiket untuk dewasa adalah Rp 20.000 per orang.
  2. Biaya tiket untuk anak-anak berusia 5-10 tahun adalah Rp 15.000 per orang.

Tiket Masuk Wisatawan Mancanegara di Tanah Lot

Biaya tiket untuk wisatawan internasional lebih besar dibandingkan dengan tiket untuk wisatawan lokal.

Tiket Masuk Wisatawan Mancanegara di Tanah Lot

  1. Harga tiket untuk anak-anak usia 6-12 tahun adalah Rp30.000 per orang.
  2. Harga tiket untuk dewasa adalah Rp 60.000 per orang.

Tiket Masuk Parkir Kendaraan di Tanah Lot

Biaya tiket kendaraan bervariasi sesuai dengan jenis yang digunakan di destinasi wisata yang satu ini.

  1. Biaya parkir untuk kendaraan roda dua, Rp 2.000 untuk per satu sepeda motor.
  2. Biaya parkir untuk kendaraan roda empat adalah Rp 5.000 untuk per satu mobil.
  3. Biaya parkir bus adalah Rp 10.000 untuk per satu bus.

Waktu Terbaik Berkunjung ke Tanah Lot Bali

Karena daya tarik utama dari objek wisata ini terletak pada keindahan pemandangan matahari terbenam dengan siluet candi. Jadi waktu yang optimal untuk berkunjung adalah sekitar pukul 17.00 WITA. Sebagian besar wisatawan akan menghabiskan waktu liburannya mengunjungi situs ini selama rata-rata 1 jam 30 menit.

Musim Terbaik Liburan Ke Pura Tanah Lot

Jika kita berbicara tentang musim liburan terbaik ke Tanah Lot Bali, maka jawabannya sering satu, yaitu liburan saat low season. Lalu kapan low season terjadi di pulau Bali?

Musim Sepi di Bali

Banyak wisatawan Indonesia yang tidak menyadari apa itu low season untuk perjalanan wisata ke Bali. Untuk diketahui, low season kunjungan wisatawan ke pulau Bali berlangsung dari pertengahan Januari hingga pertengahan April. Selain itu, low season di pulau Bali juga terjadi pada pertengahan September hingga pertengahan Desember.

Ada beberapa keuntungan yang didapat wisatawan saat berlibur saat low season di Bali dibandingkan dengan liburan saat peak season di Bali. Keuntungannya termasuk hal-hal seperti kemacetan lalu lintas yang berkurang, lebih sedikit keramaian di tujuan wisata dan, biaya kamar hotel yang lebih rendah.

Musim Ramai Di Bali

Musim utama kunjungan wisatawan ke pulau Bali datang pada bulan Juli, Agustus, akhir Desember dan minggu pertama Januari. Selama musim sibuk di pulau Bali, lalu lintas jalan sangat padat, dan lokasi wisata di Bali cukup ramai. Selain itu, harga kamar hotel agak mahal jika dibandingkan dengan harga kamar hotel saat low season.

Fasilitas Tanah Lot Bali

Wisata Tanah Lot merupakan salah satu tujuan wisata yang paling populer di Bali. Ini menunjukkan daya tarik yang dapat menyenangkan para wisatawan yang sedang menikmati masa-masa indah mereka. Alhasil, fasilitas wisata Tanah Lot menjadi primadona. Termasuk dalam daftar ini adalah fasilitas berikut:

Fasilitas Tanah Lot Bali

  1. Tempat parkir yang luas dan terang
  2. Restoran
  3. Toilet bertaraf internasional
  4. Penginapan atau hotel
  5. Pusat informasi dan
  6. Restoran terdekat dengan galeri seni.

Selain fasilitas umum yang disebutkan sebelumnya, juga ada pedagang klepon dan gerabah, penjual tato dan gambar, serta penjual makanan dan minuman lainnya.

Banyak penjual kartu pos dan fotografer juga dapat ditemukan di sini. Tanah Lot juga memiliki fasilitas kebersihan yang memadai. Bahkan fasilitas keamanan, baik manusia maupun peralatannya, cukup lengkap.

Alamat Dan Rute Lokasi Tanah Lot Bali

Alamat lokasi kawasan ini di Jalan Tanah Lot di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali adalah alamat jalan untuk lokasi ini. Jarak dari Tabanan, kota terdekat, sekitar 13 kilometer. Jika kamu terbang ke Ngurah Rai, sediakan waktu tempuh 1 jam 20 menit.

Sangat mudah untuk sampai ke sini. Sebab, ada beberapa plang yang akan mengantar rekan perjalanan kamu ke Tanah Lot. Jika kamu masih bingung, kamu dapat mencoba memanfaatkan program peta di smartphone kamu.

Kesimpulan

Di tanah lot bali banyak fasilitasnya yang menjadi primadona bagi semua wisatawan yaitu toilet yang berkelas internasional dan mempunyai lahan parkir yang luas.

Tanah lot bali juga memiliki daya tarik utama yaitu pura Tanah Lot Tabanan keunikannya adalah sebagai tempat wisata di lokasi candi yang berdiri di atas batu karang besar, pada saat air pasang, candi dapat terlihat mengapung di air.  Jadi untuk kamu semua jangan ragu lagi untuk berlibur ketanah lot bali ya!

Back to top button